Google Ad

Monday, June 29, 2015

Pipes Kopyor



Pipes Kopyor..adalah kudapan manis dari Temanggung  Jawa tengah..yang biasa di sajikan untuk menu buka puasa. Selain di Temanggung, daerah lain ada juga mungkin. Nama aslinya Pipis Kopyor..tapi di baca Pipes..hihi..jadi aku lebih sreg sebutnya Pipes aja dech..hihi. Pada dasarnya Pipes ini mirip sama carang gesing yang terbuat dari pisang dan roti tawar, namun carang gesing pakai telur kadang..kalau pipes ini nggak pakai. Pipes kopyor ini seharusnya juga berkuah..tapi punyaku asat..alias kehabisan kuahnya waktu di kukus...hihi. Soalnya tadi daunnya cuma kecil..jadi nggak bisa nampung kuah banyak di waktu di kukus..otomatis kuah santannya terserap semua ke rotinya. Next time kalau buat lagi mau pakai daun yang lebih lebar ah. Padahal tadi sudah membayangkan buka puasa makan pipes kopyor berkuah yang seger dan legit..hihi. 
17

Keripik Kulit Melinjo


Pagi-pagi menyempatkan diri ke pasar, mau beli macam-macam buat stock menu Yodha..eh lha kok daku tergoda sama kulit melinjo yang ranum-ranum. Hem..langsung kebayang dech..oseng kulit melinjo pedas, jangan gori pakai kulit melinjo, lodeh tempe kulit melinjo atau brongkos pakai kulit melinjo. Tapi melihat ranumnya di kulit melinjo kok jadi berubah haluan..pengen bikin keripik kulit melinjo aja. Pasti banyak yang heran..kulit melinjo emangnya enak di buat keripik ?..Jawabannya enak aja..jika suka..hihi. Rasanya unik..paling enak jika di bumbu pedas manis seperti bumbu kering tempe itu lho teman-teman. Mungkin buat teman-teman yang masa kecilnya seumuran denganku pernah makan keripik kulit melinjo ini kali ya. Dulu jaman aku SD suka di jual di kantin sekolah..di bungkusin plastik kecil-kecil ada yang asin atau yang yang di buat pedas manis gitu. Rasanya..tentu saja enak..jaman dulu mah apa yang nggak enak ya..hihi. Makanan jaman dulu itu justru alami dan nggak neko-neko bahannya, nggak pakai macam-macam bahan berbahaya seperti sekarang ya teman-teman.

Buat yang belum tau kulit melinjo..kayak gini nich. Kalau udah matang dan ranum gini..enak di masak dan juga di buat keripik. Di oseng pedas sama tempe semangit aja sudah enak banget kulit melinjo ini. Duch aku kok lidah ndeso tenan, suka banget apa aja yang berasal dari pohon melinjo..baik itu daun mudanya ( daun so )..bunganya ( kroto ) atau buah melinjonya yang sudah di olah jadi emping melinjo juga suka. Di pekarangan rumahku..rumah Simbah dulu,..Pakde..Bulek..di kampung semua punya pohon melinjo..jadi dari kecil ya akrab dulu sama olahan melinjo dan saudara-saudaranya..hihi. Buah melinjo yang udah tua aja..enak lho di bakar teman-teman. Jaman kecil dulu...kan kalau masak nasi dan lauk pauk..kan di liwet ya teman-teman..pakai  kayu bakar..nah..kalau dapat tugas jagain masakan..kalau punya melinjo tua..pasti dech sambil bakarin melinjonya..abis itu di pukul..pakai ulekan..keluar dech melinjo bakar..yang enak..langsung buat cemilan..hahaha. 


Buah melinjo ini nilai ekonomisnya cukup tinggi juga ya teman-teman..apalagi jika sudah di buat emping melinjo...wah tambah mahal harganya. Nah..emping-emping melinjo dari kampung inilah yang banyak di jual di kota-kota..lumayan jadi emping elit..dengan harga selangit..hihi. Padahal kalau di rumahku mah..sampai *mblenger kadang makan emping melinjo..karena suka buat sendiri ibuku..kalau pas panen melinjo. Kalau emping melinjo..aku paling suka emping melinjo klatak..yang kecil-kecil empingnya, masih agak keras, cara membuatnya sekali pukul aja..wah itu rasanya enak banget. Masih otentik jadul dan ndeso. Jadi cara buatnya..melinjo tua di sangan ( si sangrai ), kemudian tinggal di *thutuk pakai munthu*.....hihi..duch bahasaku..maksudnya tinggal di pukul pakai palu atau ulekan gitu teman-teman..jadi pipih dan pecah kan melinjonya. Udah..habis itu di jemur hingga kering, kemudian di goreng. Setelah di goreng tinggal di bumbuin pedas manis. Wah...itu super enak rasanya. Kalau di toko oleh-oleh..harganya sudah mahal banget.

Keripik kulit melinjo inipun masih ada kok di beberapa toko oleh-oleh teman-teman..tapi ya itu...penganan apapun kalau udah mask toko oleh-oleh kok jadi mahal semua ya..hihi. Kemaren aku sempat lihat di toko oleh-oleh di sini 30 ribu per bungkus. Makanya mari kita buat sendiri saja di rumah...beli kulit melinjo 5 ribuan aja udah dapat buanyak..! ^^

Oke dech mau tau cara buatnya..super gampang kok

Keripik Kulit melinjo

Bahan :
400 gram kulit melinjo, cuci bersih
Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :
2 siung baang putih
1/2 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh kaldu ayam, jika suka

Cara membuat :
Campur bumbu halus dengan 50 ml air. masukkan kulit melinjo, aduk arta
Diamkan 15 menit
Goreng di minyak yang sudah di panaskan dengan api sedang hingga matang dan renyah. 
Kecilan api jika keripik sudah hampir kering agar tidak gosong, lalu goreng hingga kering dan renyah. Simpan di toples jika sudah dingin.

Jika mau bisa di teruskan jadi keripik kulit melinjo di bumbu pedas manis


8

Sunday, June 28, 2015

Sayur Asem Bumbu Kemiri



Buka puasa itu paling nikmat minum yang seger dan dingin ya teman-teman..habis itu lanjut makan makanan yang berkuah dan segar,..hemmm hilang sudah lapar dan dahaga. Nggak perlu menu yang mahal-mahal..cukup sayur asem hangat yang seger..lauk tempe dan sambal pun udah nikmat banget. Apalagi jika di tambah ayam goreng atau ikan goreng..ya tambah mantab..hihi.

3

Saturday, June 27, 2015

Wedang Belimbing Wuluh Gula Aren


Buka puasa masak apa tadi teman-teman ?..Daku..cuma masak balado terong sama ikan bakar request Yodha..sama bakwan. Masaknya super praktis dan cepat..lha wong masaknya 1 jam sebelum buka..hihi. Akhirnya..pas buka puasa matang dech semua. Alhamdulillah kerjaan ndak habis-habis. Rencana sore mau buka puasa di luar pun gagal..karena nanggung kerjaan masih banyak. jadi buka yang cepat dan simple aja masaknya. 
3

Friday, June 26, 2015

Puding Coklat Lembut


Alhamdulillah Yodha masih rajin puasa..sekali-kali habis main bola di dalam rumah..bilang.." Aku sangat hausss !"..gitu..hihi..tapi tetep di tahan hingga buka. Untuk mengisi waktu luang liburan di rumah karena Emaknya sibuk belum sempat ke mana-mana...akhirnya aku jadikan assisten aja..hihi. Dan alhamdulillah..Yodha udah mau rajin bantu-bantu tiap hari. Kadang bantu potong-potong dan tempel stiker di tepung. Makanya jika teman-teman..yang pesan tepung dari aku..jika stiker sedikit mencong atau kurang lurus masangnya..harap maklum ya..hahaha. Kerjaan favorit Yodha itu nyusun barang-barang stock aneka tepung di rak..atau bantuin sealer plastik dobelan untuk tepung yang mau di packing dia udah bisa..hihi. Ya latihan wira usaha ya Nak..pasti ada manfaatnya ketika kamu besar nanti.  Dia nyebut dirinya *Store Manager* toko tepung Mami..hahaha. Minta gaji juga lho teman-teman..padahal kerjanya semaunya..kalau lagi mood ya mau bantu..kalau ndak ya asyik main game aja..hihi. Gajinya minta di beliin baju bola tiap bulan..katanya. Saat ini Yodha memang lagi gila bola..duch tiap hari nontonnya bola terus..sampai Emaknya yang biasanya ndak pernah tau bola..jadi apal sekarang club-club bola dan pemainnya..hihi. 
12

Thursday, June 25, 2015

Aneka Olahan Kue Hungkwe Untuk Takjil



Alhamdulillah..pengiriman buku yang kemaren menumpuk karena re stock dari gudang distributor yang telat hingga hampir 2 minggu selesai juga...jadi yang harusnya kirim buku dari awal bulan mundur banget dech..terpaksa aku urutkan tanggal transfernya, karena keterbatasan tenaga nggak mungkin bisa packing ratusan buku perhari. Sekarang tinggal ngurusin order harian orderan tepung, dll , yang lebih mudah aku kontrol pengirimannya..karena stock barang jualan..aneka tepung dll aku sendiri yang mengontrol stocknya. Kalau buku kan harus berkoordinasi dengan pihak luar. Makanya kemaren waktu benar-benar tersita untuk orderan buku. Tapi alhamdulillah ya..udah sold out yang buku masakan..tinggal kue kering yang masih ready stock. 3 hari kemaren tidur cuma 2 - 3 jam tiap hari..tadi malam udah nggak kuat..jam 10 tidur..eh bablas sampai jam 5 baru bangun..itu pun suami yang juga kaget kesiangan bangun duluan..hihi..jadilah hari ini kami nggak sahur..haha. Jadi tadi Yodha tetep aja tak suruh sarapan..kasian jika ndak sahur..hihi. Yang penting tetep lanjut puasa katanya.

15

Wednesday, June 24, 2015

Sup Buah Praktis


Maaf ya teman-teman..kemaren absen posting...gara-gara pulsa internet habis..huhu..suami udah terlanjur berangkat ke kantor..dakunya malas keluar rumah..karena kerjaan juga super banyak. Jadi 3 hari terakhir nich tidur cuma  2-3 jam an..tapi alhamdulillah..berkah puasa ya kuat. Nggak pusing..kalau nggak puasa itu kadang malah suka pusing kan ya teman-teman..tapi kalau puasa malah tahan banting. Lha tidur jam 12 malam..jam 3 udah bangun nyiapin sahur..abis itu bablas dari Subuh sampai sore ngurusi packingan barang. Begitu seterusnya..jadinya menu buka dan sahur kami apa yang ada di freezer stock ayam ungkep dan lauk stok lain..hihi yang udah aku buat sebelum puasa kemaren. 
4

Monday, June 22, 2015

Lapis Susu


Wah udah tengah hari..udah masak apa baut buak nanti teman-teman..? Pastinya udah nyiapin menu komplet ya buat buka puasa. Salah satu menu buka puasa yang di sukai banyak orang adalah jajan pasar. Makanya nggak heran..di bulan puasa ini..kalau sore hari nich banyak ya..yang jualan kue-kue basah atau kue-keu yang khusus di jual di bulan puasa. Memang..kalau puasa itu paling enak berbuka dengan yang manis-manis. jadi yang pengen niat   usaha kue-kue selama bulan puasa ini..ayuk..masih lama kan puasanya..semangat ya menjemput rejeki tambahan.
6

Sunday, June 21, 2015

Perkedel Jamur & Rawon Iga *Nyemek*



Hari minggu pastinya teman-teman yang biasa sibuk kerja, pengen masak spesial di rumah ya. Masakan apa yang jadi favorit warna rumah teman-teman ?..Kalau di rumahku..banyak..hahah...tukang makan semua. Kalau di rumahku nich sukanya menu-menu yang berbumbu dan nendang kalau buat saur...jadi saurnya jadi semangat dan nggak malas-malasan. Yodha juga..sudah mulai suka masakan Jawa tradisional yang berbumbu seperti gule, tongseng, sambal goreng, pindang , dll. Salah satu favoritnya adalah Rawon. Kami semua di rumah memang suka sekali rawon..apalagi jika di masak hingga dagingnya empuk..dan di inapkan dulu..wah..Yodha bisa lahap makannya.

Nah..mau buat rawon yang beda dari biasanya..kemaren aku coba buat rawon yang versi agak *nyemek* atau nggak berkuah banyak Jadi kuah mengental atau dalam bahasa jawa di sebut : Nyemek. Bumbu-bumbu jadi lebih meresap ke dagingnya...dan tambah mak nyuss dech. Cocok banget buat menu saur..yang biasanya lidah suka ogah-ogahan ya..nerima rasa yang nanggung-nanggung karena masih ngantuk..hihi. Nah..kalau makan pakai rawon yang legit dan berbumbu gini..langsung pada semangat dech warga rumahku. Selain rawon..tongseng juga enak di buat agak nyemek gini..hihi..pokoke..kalau  masakan Jawa itu istilahnya *overcook* itu malahan..makin enak..! lol...

2

Saturday, June 20, 2015

Udang Goreng Balut Kelapa


Wuaa..udah hampir jam 3 sore aja...baru istirahat bentar packing buku kloter terakhir yang masakan ya teman-teman..di tunggu buat teman-teman yang belum kebagian...buku re stock kloter terakhir sudah datang kemaren sore. Insyaallah  kebagian semua..buat yang udah pesan minggu-minggu sebelumnya. Buat yang belum pesan dan minat buku ini, mohon maaf..silahkan cari ke Gramedia atau Gunung Agung ya..untuk buku resep 62 MASAKAN LEZAT UNTUK MENU SEHARI-HARI..udah sold out dan terpesan semua..alhamdulilah dalam waktu 3 minggu aja...baik di gudang penerbitku atau yang di kirim ke aku..udah nggak ada stock lagi. Untuk yang kue kering yang masih ready stock aman, karena baru terbit. Untuk yang buku resep masakan, tinggal ada stock buat teman-teman yang udah konfirm order minggu-minggu sebelumnya tapi belum terkirim kemaren, di tunggu ya..tak lembur lagi nanti packing. Tadi habis packing hampir puluhan buku..kok ngantuk banget hihi, dari habis Subuh packing hingga siang...jadi di selingi masak dan posting ajah..hihi..biar nggak bosan.
2

Friday, June 19, 2015

Puding Coklat Kaya Rasa


Yeey..hari kedua puasa..Yodha tambah bersemangat. Katanya seru ya..puasa Mi..hihi. "Kenapa nggak dari tahun-tahun kemaren Kak puasa ?"..Ku tanya begitu..dia pinter *ngeles.."Lha kan dulu aku masih kecil ! " katanya..hihi. Ya udah dech..ya penting sekarang udah mau puasa ya Kak..Mami udah seneng. Jadi mau apa aja juga Mami buatin buat buka puasa. Request Yodha buat menu buka nanti takjilnya minta puding coklat. Oke dech..mumpung ada bahan-bahannya semua di dapur..langsung buat dech tadi..sama Yodha juga bantu-bantu masak di dapur. Lucu..liat puding yang menggoda, dia sampai..ngomong ke diri sendiri.."Aku harus kuat..aku kuat..tahan godaan puding ! "...hihi..lucu.

Puding coklat kali ini aku buat lebih kaya rasa..pakai coklat bubuk asli..susu dan juga pakai coklat blok..biar bergizi dech buat Kakak. Puding ini dulu pernah aku coba..tapi kayaknya belum sempat ku posting dech. Untuk puding seperti ini, akan lebih cantik jika di hidangkan pakai gelas-gelas kecil satuan ya..teman-teman agar lebih cantik penampilannya. Setelah itu bisa di hias dengan whip cream, buah-buahan atau biskuit favorit anak-anak..seperti astor..juga cantik untuk hiasan puding ini. Kalau Yodha karena sukanya oreo..maka minta di kasih hiasan oreo.


Untuk puding susu ini susu yang di pakai susu cair yang nggak manis ya teman-teman..susu uht gitu dech. Jika mau warna lebih genjreng coklat bingit, harusnya sich pakai agar-agar merk *agar rasa* warna coklat..tapi karena di rumah adanya agar-agar putih, jadi ya terpaksa pakai itu. Walau udah pakai coklat bubuk lumayan tapi warna coklatnya masih kalem2 aja. Tapi kalau rasanya udah nyoklat banget sich.

Oke dech..aku mau lanjut masak dulu buat buka..selamat mencoba ya teman-teman..jika suka ..atau mau cari ide menu takjil buat anak-anak di Masjid..cocok banget nich. Kalau untuk menu takjil, pakai aja cup kecil-kecil sekali pakai dari plastik tuch ya.

Puding Coklat Kaya Rasa

Bahan :
1 bungkus agar-agar bubuk ( kalau ada yang udah rasa coklat, jadi warnanya bisa cantik coklatnya )
1/2 sendok teh jeli bubuk
25 gram coklat bubuk, cairkan dengan 1 sendok makan air panas
100 gram coklat masak pekat, serut kasar ( pilih yang nggak terlalu manis )
100 gram gula pasir ( sesuaikan selera manisnya )
1200 ml susu cair ( tawar  / uht )
1/8 sendok teh garam ( sejimpit / seujung jari aja )

Cara membuat :
Rebus semua bahan hingga larut dan mendidih.
Tuang di gelas atau cup kecil. Dinginkan
Hiasa dengan whip cream ata hiasan lain sesua i selera.
Sajikan dingin

Nich Yodha gak sabar pengen makan pudingnya..tunggu beberapa jam lagi ya Kak..hihi.



14

Thursday, June 18, 2015

Sagu Mutiara Saus Santan dan Gula Merah



Wah..janji mau posting menu-menu puasa ke teman-teman..kok ya baru kesampaian jam segini bisa posting..itupun ninggal sms yang ku lirik ada puluhan di tab tadi yang belum terbalas. Maaf ya teman-teman..yang belum ku balas sms nya. Belum cek email dan inbox. Satu persatu ngerjain kerjaan lain dulu..nyiapin menu buka buat Yodha..update postingan dulu wajib dech..hihi..setelah itu packing barang pesanan harian..dll..semoga bisa cepat selesai. Mohon sabar ya untuk teman-teman yang sms..^^

Bagaimana puasa hari pertama teman-teman hari ini ?..Lancar kan..nggak terlewat sahur kan..?..Kalau aku,  alhamdulillah dengan sibuk begini puasa jadi nggak berasa berat..malah waktu kok cepat sekali berlalu..hihi. Yodha juga kuat puasa, paling agak bilang kehausan dll..hihi. Moga kuat ya Kak..puaa hingga tamat..amin. Ya udah dech..menu pertama dulu ya..nich menu pembuka atau takjil.
7

Wednesday, June 17, 2015

Tips Dasar Membuat Kue Kering


Puasa..sebentar lagi..wah..pasti yang punya usaha kue kering udah mulai sibuk ya di rumah teman-teman. Jadi inget..dulu aku  pernah juga usaha kue kering buat di jual pas Lebaran..nah..jauh-jauh hari menjelang puasa gini udah sibuk bikin tester dan di kasih ke banyak orang..nah pas awal-awal puasa..udah panen order dech..hihi. Tapi ya itu..super capek dan nggak sempat tidur selama sebulan..paling cuma 2 jam aja tidurnya..tapi karena semangat kok ya kuat dulu ya..hihi. Kalau sekarang..aduch..mikir dech...kuat apa ngga ya..begadang bikin kue puluhan toples tiap hari..udah tua..hahah. Sekarang aku lebih suka nulis resep-resep aja di web ini..dan juga ku tuangkan dalam bentuk buku cetak...semoga bisa menjadi inspirasi usaha atau paling tidak untuk konsumsi sendiri buat suguhan di hari Lebaran..buat yang suka bikin kue kering sendiri di rumah.


Nah..sekarang..yukk kita sebelumnya kita belajar sama-sama dulu ya..trik dan tips supaya sukses dalam membuat kue kering..terutama buat pemula..yang baru belajar ya..biar nggak gagal buat kue keringnya. Yapp..kue kering emang gampang-gampang susah..bikin kue simple aja kayak nastar..kadang banyak teman-teman yang bertanya via inbox ke aku...kok nastar ku keras..dll..nah..untuk menghindari hal tersebut simak sedikit tips berikut ya..semoga bermanfaat ^^

22

Tips Membuat Cocktail Buah Warna Warni



Alhamdulillah..besok sudah mulai puasa ya teman-teman. Selamat menjalankan ibadah puasa untuk teman-teman yang menjalankan. Semoga bisa lancar dan selesai tamat satu bulan ya. Mohon maaf lahir dan batin ya teman-teman semua..jika ada salah-salah kata..telat bales komen, email atau sms dll, becandaan, atau hal-hal yang lain yang nggak aku sengaja. Yang paling utama aku mohon maaf kepada teman-teman yang pengiriman bukunya telat..huhu. Ternyata re stock buku yang  masakan dari distributor baru kirim hari ini..padahal harusnya Jumat kemaren. Ya sudah sabar menanti saja...karena sejak minggu kemaren yang buku masakan sudah habis di rumah, yang ready stock buku kue kering.

Yodhaku gak sabar mau puasa katanya...hihi. Makanya tadi ke pasar beli macam-macam lauk dan buah favoritnya. Kemaren aku cerita tentanga menu-menu puasa.."Ya ayuk buat sekarang Mi "..katanya..hihi. Lha..puasa masih besok minta di buatin minuman dari buah-buahan sekarang Kak...hihi. Ya udah dech..gak apa-apa..besok buat lagi ya Kak.


Cocktail buah.pasti dong menu minuman yang sering ada di bulan puasa..selain kolak ya teman-teman. Biasanya..pakai minuman soda ya biar seger. tapi kan kurang bagus ya buat anak-anak. Nah..kita buat coktail yang lebih variatif yukk..dan tentunya lebih menarik untuk anak-anak. Air coktailnya..nggak perlu pakai soda..tapi pakai jus buah saja. Selain warnanya cantik alami..jug arasanya lebih segar lho..pasti dech akan di sukai anak-anak. Jadi pas buat coktail..misal yang buat  orang dewasa pakai soda jika suka, yang buat anak-anak di sisakan sendiri, lalu di beri jus buah-buahan. Hasilnya coktailnya lebih seger dan sehat tentunya. 

Jika mau warna merah, pakai jus semangka...atau bisa buah naga ya..tapi karena jus semangka dan buah naga warnanya cantik tapi rasanya kan cuma manis aja..maka akan lebih segar, jika di kombinasikan dengan air jeruk nipis secukupnya. rasa cotailnya kan semakin segar dan mantap.

Untuk coktail warna kuning, gunakan jus jeruk ya teman-teman. Pakai saja air jeruk manis yang di peras. Tips, jika memeras jeruk manis, gunakan pemeras jeruk yang bisa di putar pakai tangan itu ya..jangan langsung di peras di saringan..agar nggak pahit jus jeruknya. Jika jus jeruknya juga manis sekali, bisa di mantapkan dengan sedikit tambahan air jeruk nipis.


Dinginkan coktail sesaat sebelum buka puasa, agar lebih segar rasanya. Tapi nggak perlu di beri tambahan es batu ya teman-teman untuk anak-anak..agar nggak terlalu dingin...dan citarasa jus buahnya masih terasa. Jika masih sisa coktail bisa di jadikan es loli, tinggal di masukkan aja ke plastik panjang kecil, ikat dengan karet, masukkan ke freezer dech.

Nich Yodha gak sabar mau nyeruput buahnya..padahal niat pertama mau di foto pegang tulisan dia selamat puasa buat Tante..Om..Pakde..Budhe..Eyang semuanya..lha kok malah pose nyeruput coktailnya..hihi.



Okey teman-teman..selamat menyambut bulan suci Ramadhan dan selamat berpuasa besok. Tunggu menu-menu baru untuk puasa besok ya di sini..moga-moga bisa membuat menu yang lebih variatif

Cheers,

DD
1

Tuesday, June 16, 2015

Terong Kecap Pedas


Tadi di budhe sayur kehabisan bahan..tapi yo tetep mampir rumah..hihi. Memang aku selalu pesan..walaupun dagangan habis..misal lauk dan sayuran..wajib kudu mampir rumahku..siapa tahu aku sekedar kehabisan garam,..merica atau bumbu-bumbu remeh temeh lain..tapi jika nggak ada di rumah..suka bikin pusing kalau mau masak. Selain itu..kalau ada makanan yang berlebih ya pasti ku kasih ke Budhe sayur ini..sayang jika di buang. Dan juga seneng dech..kalau di beri makanan itu orang berterimakasih dan bersyukur sekali..karena budhe nya itu kerja keras buat buat nyekolahin anaknya di Pesantren Gontor..hemm hebat ya..teman-teman..pesantren lumayan punya nama gitu lho. Makanya setiap ke rumah..aku kasih apa-apa mau aja..jadi seneng dech ngasihnya. Tadi belanja budhe sayur cuma di tawari terong ungu, seger-seger karena baru metik katanya..ada orang yang nitip. Karena aku suka terong ungu..ya udah langsung ambil. Jadi hari ini aku cuma belanja terong ungu dan bumbu aja..hihi.

Tadi tuch cuma ada terong ungu. Duch...mau masak apa ya..secara yang suka terong ungu kok cuma aku. Palingan biasanya ku buat balado..hihi. Tapi kali ini pengen yang beda..aku masak berkecap aja. Untung Yodha masih punya stock ikan di freezer..jadilah aku masak terong ungu kecap pedas...sama ikan bakar. 

Semua menu hari ini..serba berkecap. Di rumahku..kecap adalah bumbu wajib ada. Dan kecapnya harus kecap cap Lele..hihi..kecap lain..gak laku di sini..*di rumahku maksudnya..hihi.* Makanya kemaren coba mengenalkan kecap lele ke dunia..*lebay*..eh banyak yang suka ternyata..dan banyak teman-teman yang order bareng tepung-tepung yang ku jual..dan rata-rata pada suka semua dech. Memang kecap Lele khas Pati itu kentel enak..jika di buat masakan..atau buat makanan itu jadi enak.  Kadang-kadang beli soto hambar..kalau di kasih kecap lele ini..jadi enak..hihi.

Nah..masakan berkecap memang favorit kami..lidah Jowo sejati. Yodha juga..suka kecap. Kalau makan bakso atau sup ayam..tanpa kecap pasti *klelat klelet*..alias malas malasan..tapi jika pakai kecap..langsung dech.. " Sikat gaes ! "..katanya..hihi. Kecap yang enak itu di buat melalui proses fermentasi secara tradisional yang cukup rumit..jadi citarasanya gurih dan manis enak. Tapi karena citarasanya cenderung manis, makan pemakaian sebaiknya jangan berlebihan, agar citarasa bumbu-bumbu lain tetap menonjol.

Okey..hari ini menunya serba kecap ya teman-teman..hihi, ini dia...terong kecap pedas dan gurame bakar kecap pedas juga, karena Yodha udah suka  yang pedas-pedas..sekarang...^^

Terong Kecap Pedas

Bahan
2 buah terong ungu, potong serong
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
6 buah cabai rawit, potong serong ( sesuai selera )
5 buah cabai merah, potong serong
2 cm lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
2 sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh kaldu ayam, dan garam sesuai selera
200 ml air

Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga hingga harum dan matang, masukkan cabe, lengkuas, aduk rata dan masak hingga cabai layu, masukkan air dan bumbu-bumbu lain serta terong. Tutup wajan dan masak hingga terong empuk dan bumbu meresap. Sajikan hangat

Gurame Bakar Kecap

Bahan-bahan :
1 ekor ikan gurame, dikerat-kerat
1 sendok makan air jeruk nipis
3/4 sendok teh garam
4 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
5 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
6 buah cabai merah keriting
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 cm kunyit
1/2 sendok teh ketumbar
1 cm jahe


Cara Membuat  :
Lumuri ikan gurame dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit. Cuci bersih
Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan air asam jawa. Aduk rata. Angkat. Tambahkan kecap manis, dan bumbu lain. Aduk rata.
Goreng ikan gurame hingga matang namun nggak kering
Lumuri ikan dengan tumisan bumbu. Diamkan 15 menit.
Bakar ikan gurame sambil dioles sisa bumbu sampai matang  ( aku pakai teflon anti lengket aja..praktis..^_^ )


5

Monday, June 15, 2015

Cookies Tabur Wijen



Wah..udah Senin lagi ya..selamat beraktifitas kembali ya teman-teman. Pasti lagi sibuk nich ya teman-teman yang punya usaha kue kering  menjelang puasa gini..pasti udah banyak pesanan. jadi ingat dulu awal-awal nikah..waktu aku terima pesanan kue kering selama beberapa tahun, wah..kalau udah mau dekat puasa gini..bisa-bisa..tidur cuma 2 - 3 jam perhari..hihi. Karena bulan-bulan sebelumnya udah nyebar brosur dan banyak pesanan, mana di kerjain sendiri semua pesanan..seru dech kalau ingat dulu..penuh semangat..kemrungsung..capek..tapi alhamdulillah kok ya sebelum Lebaran bisa menyelesaikan semua pesanan..bonusnya...rejeki lumayan...tapi pas Lebaran kusut karena kurang tidur dan nggak sempat ke salon..hahah. Jadi buat teman-teman yang nerima orderan kue kering Lebaran..semangat ya. Fighting..! Nah..biar melengkapi postingan aneka macam kue kering yang pernah ku posting di web ini..maka dalam waktu dekat-dekat nanti aku juga akan membahas banyak hal tentang kue kering ahh...! Semoga bermanfaat buat teman-teman yang baru mau belajar membuat kue kering atau baru mau mulai usaha ku kering ya. 

3

Sunday, June 14, 2015

Asem-Asem Daging Ala Demak


Happy weekend teman-teman.....mau liburan ke mana ?..Wah ngiri dech daku kalau pada liburan..ikut dong..hihi. Lha aku masih sibuk aja berkutat dengan box dan packingan. Alhamdulillah dech tapi..masih di  beri sedikit rejeki halal oleh YME..jadi tetap harus semangat. Moga-moga kiriman paket-paket buku segera selesai semua minggu besok..yang khusus buku resep masakan..jadi..bisa lebih banyak praktek resep-resep baru nich buat menu bulan puasa ya teman-teman. Kemaren beneran overload pesanan buku yang 62 RESEP MASAKAN LEZAT UNTUK MENU SEHARI-HARI..sampai jumlah pemesan melebihi stock yang di rumah..padahal dari penerbit udah kirim setiap minggu, selama 2 minggu promosi ini. Nah besok hari Senin..kloter buku ketiga baru di kirim dari Jakarta..mungkin baru datang Rabu..jadi buat teman-teman yang pesan buku masakan di atas tanggal 5 Juni, jika belum ku kirim berarti ikut kiriman yang besok ya teman-teman. Mohon bersabar, karena memang ada masalah re stocknya..karena sebagian kan sudah menyebar ke seluruh toko buku di kota-kota besar di Indonesia. Jadi jatah yang buat aku tinggal ratusan buku lagi yang datang minggu besok. Untuk yang masakan ya teman-teman. Kalau yang buku BIKIN KUE KERING YUK sich..ready stock banyak..baru datang minggu kemaren..hihi.

10

Saturday, June 13, 2015

Baceman Basah


Kalau teman-teman makan di warung-warung yang menyediakan menu rumahan ala Semarangan..pasti dech akan ketemu baceman versi basah ini. Yaitu bacem yang nggak pakai di goreng. Cukup di ungkep aja dengan bumbu-bumbu, lalu di ungkep hingga meresap. Jika mau gak kering, tinggal di tambah sedikit minyak goreng, lalu di gongseng sebentar hingga mengkilat.

Ada juga versi yang berkuah seperti semur. Dulu aku sempat heran juga..kok baceman di Semarang ada versi yang basah gini, terutama di warung-warung yang menyediakan menu Semarangan atau menu-meu sarapan ala rumahan. Tapi setelah di cicip, aku kok suka juga..hihi. Enak..jadi gurih dan masih berbumbu menempel di bahan yang di bacem, bisa tahu tempe atau telur. Untuk tahu..biasanya di pakai tahu yang berkulit. Jadi tekturenya kuat dan nggak hancur ketika di masak lama. Dan karena tahunya udah berkulit ( udah di goreng ) jadi ada sensasi kenyal enak ketika di gigit...hihi.

Untuk membuat baceman basah ini bumbu2 di haluskan, dan bisa di tambah kemiri, agar ada bumbu kental yang membalut bahan yang di bacem...jika suka bacem yang *nyemek ( bumbu-bumbu mengental menyelimuti bahan ). Tapi jika suka versi berkuah...bisa juga tanpa kemiri. Jadi..sesekali cobalah  bikin tahu bacem versi Semarangan ini teman..enak lho..cocok buat menu saur anak-anak juga nich. Kalau aku suka baceman yang nyemek agak kering berselimut bumbu ( foto atas ), enak banget di cemil sambi nyeplus cabe rawit. Kalau Yodha suka yang agak berkuah seperti semur ( foto bawah ). Biasa aku tambahkan telur puyuh atau telur rebus kalau buat Yodha...jadi biar komplit gizinya. 

Oke..mau coba teman-teman..yukk..simak resepnya ya :

Baceman Basah

Bahan :
10 buah tahu kulit
10 buah telur puyuh     ( jika suka )
500 air plus 300 ml air kelapa ( Secukupnya sampai semua bahan terendam  )
50 gram gula merah ( sesuai selera )
1 sendok makan kecap manis
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh garam ( secukupnya )
1/4 sendok teh kaldu bubuk

Bumbu Halus :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
½ sendok teh ketumbar
Cara membuat :
Ungkep semua bahan dalam panci tertutup hingga empuk dan meresap.
Koreksi rasa. Jika sudah pas, masak hingga mengental atau kuah habis jika mau baceman nyemek, beri 1 sendok teh minyak goreng, aduk rata hingga kuah mengering dan bumbu menyelimuti tahu.
Jika mau baceman berkuah, masak hingga kuah menyusut dan mengental saja, koreksi rasa hingga pas rasanya sebelum di sajikan. 

5

Friday, June 12, 2015

Mie Ayam Jamur Hot Plate


Membuat mie ayam jamur ala resto di rumah sendiri ?..Bisa banget teman-teman. Hemm..gara-gara sering jajan di luar kalau weekend....icip-icip resto atau warung baru...kerasa mahal ya sekarang teman-teman. Ya..mungkin karena harga bahan-bahan makanan juga tinggi. Tapi nggak apa-apa..makan di luar itu banyak manfaatnya juga buat aku..setelah full semingguan makan makanan rumah, buat refreshing sekali waktu pas weekend, kami suka makan di luar..ketemu banyak orang..icip-icip hal baru atau menu baru..biar bisa jadi ide menu masakan di rumah..dan standarisasi rasa. Apalagi jika icip-icipnya free di undang resto-resto untuk review menu mereka..wuaa..yang nggak bakalan nolak..hihi. Udah makan gratis..dapat *sangu..hahah. Kalau makan di luar..kami suka mencari sesuatu yang baru dan unik-unik. Kadang aku penasaran..kok ada resto atau warung makan yang laris manis..itu seperti apa rasanya. Jadi ketika mencoba di rumah..lidah udah terasah dech dengan rasa yang enak itu seperti gimana. Atau rasa yang di sukai orang-orang itu seperti apa. Dan alhamdulilah ketika ku tuangkan dalam resep-resep yang ku tulis di web ini..banyak teman-teman yang cocok juga ya.

2

Thursday, June 11, 2015

Bolu Sakura Karamel Labu Kuning




Hari ini posting telat..selain sibuk banget packing..buku stock baru yang baru datang, juga komputerku error. Modemku kena tendangan *Ronaldo*...eh Yodha ding..hihi. Gara-gara lagi suka main bola tuch..tiap hari main bola di ruang tengah. Nah karena pakai bola beneran bola yang berat tuch..jadinya..kena modemku..wassalam dech. Duch Kakak..udah salah..bisa ngeles pula..dia bilang gini.."Ya harusnya Mami tangkap bolanya tho ! " katanya..hihi. Lha..emangnya Mami kiper..lol..!

Jadilah nunggu di utak atik suami dulu baru bisa online...huhu. Tapi ndak apa2 lah..namanya juga anak-anak..mau di marahin juga percuma..hihi. Malah gantian ngeles kalau Yodha mah..sambil senyum-senyum..ya udah hukumannya aku bantu packing ( baca : nempelin stiker doang..dia bilang udah bantu packing..hihi ) ya mi..?" Aku bantu rapiin tepung ya mi..? "Aku pijitin ya mi.. ? Dia mah gitu anaknya..hihi..susah bikin ortunya marah..pinter ngerayu..hihi.

Ya udah dech..hari ini posting resep kue aja...kebetulan besok dapat jatah bikin snack buat rt..nyicil uji coba dulu bikin bolu karamel ini..tapi di kasih campuran labu kuning..ternyata tambah enak yo..jadi lebih lembut.

Oke dech cekidot resep ya :

Bolu Sakura Karamel Labu Kuning

Bahan :
3 butir telur
100 gram gula pasir
1 sendok teh emulsifier (sp/tbm)
150 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok teh baking powder
50 gram labu kuning kukus, haluskan

Bahan Karamel:
50 gram gula pasir
50 ml air hangat
1 sendok makan margarin, dilelehkan
2 sendok makan susu kental manis

Cara membuat : 
Panaskan gula di atas panci dengan api kecil. 
Gosongkan gula pasir. Tambahkan air hangat. Aduk sampai gula larut. Dinginkan.
Masukkan margarin leleh dan susu kental manis. Aduk rata. Dinginkan
Kocok telur, gula, dan emulsifier sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
Masukkan campuran karamel sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
Tambahkan labu kuning kukus, aduk perlahan dengan spatula
Olesi cetakan sakura dengan minyak goreng
Tuang adonan ke dalam cetakan bolu sakura hingga 3/4 tinggi cetakan.
Kukus di atas api sedang 10 menit sampai matang.


2

Wednesday, June 10, 2015

Berkreasi Dengan Kukis Potong


Cookies atau kue kering ada beberapa macam ya teman-teman. Dari tehnik pembentukkan aja ada beberapa jenis, seperti cookies yang di sendokkan ke loyang adonannya ( drop cookies ), cookies yang di bentuk dengan tangan, seperti nastar, kastengel , dll, serta cookies yang di gulung kemudian di potong-potong.  Aneka tips dasar dalam pembuatan cookies..sudah aku tuangkan komplet di dalam buku BIKIN KUE KERING YUK, yang udah terbit. Jadi memang buku ini sangat cocok untuk pemula yang baru belajar bikin kue sendiri. Selain tips-tips komplet juga ada tehnik mengatasi kegagalan dalam pembuatan kue kering, penjelasan tentang aneka bahan, dan di sertai resep-resep kue kering yang mudah di praktekkan di rumah. Jadi mau buat kue kering sendiri untuk lebaran tahun ini teman-teman..siapa takut ya ?..BIKIN KUE KERING YUK..! ^_^

Kali ini  aku mau bahas tentang kue kering potong ya. Kue kering ini, cara pembuatannya di gulung dahulu, kemudian di potong. Nah..jenis adonannya di butuhkan adonan yang agak lembab, jadi ketika di gulung nggak pecah-pecah. Setelah di gulung adonan di simpan dahulu di lemari es selama beberapa waktu agar adonan lebih padat dan set, baru di potong-potong. 

Cookies potong akan lebih menarik jika terdiri dari dua warna, jadi kita bisa membuat aneka kreasinya, seperti cookies potong spiral, lapi, domino atau jadi cookies potong hias seperti yang ku buat di bagian foto paling atas itu. Bentuknya apa nich ya ?..kayak wajah monkey kata Yodha..hihi. Iseng banget bikin bentuk seperti itu...hihi.

Dalam pembuatan kue kering yang di potong, mengocok gula dan mentega , jangan terlalu lama, agar hasil kue tidak terlalu mengembang. Ada juga resep cookies potong yang memakai telur utuh..agar adonan terikat dan nggak ngembang banget ketika di oven. Adonan bisa di buat dalam waktu bersamaan, jika memakai coklat pasta, tinggal bagi dua adonan, satu bagian di biarkan warna kuning, satu bagian di beri coklat pasta. Namun jika adonan memakai coklat bubuk, lebih baik, buat dua resep, agar adonan benar-benar merata coklat bubuknya.

Cara membentuk cookies potong kreatif seperti contoh-contoh berikut ini mudah kok teman-teman..cobain yukk :


1. Monkey Cookies
Siapkan adonan dasar cookies potong ( dalam buku ku ada adonan cookies potong dasar seperti ini ) atau bisa pakai resep lain juga bisa. Bagi dua adonan, coklat dan kuning.
Bentuk bulatan panjang adonan kuning, beri 2 bulatan adonan kecil panjang di sisi kanan kiri atas untuk telinganya. Tekan hingga menempel.  Lalu bungkus dengan adonan coklat yang sudah di tipiskan. Gulung dan padatkan. Jangan lupa isi bagian celah antara dua telinganya ya...dengan adonan coklat..atau bagian lapisan coklatnya di tebalin saja jika mau lebih mudah. Bungkus plastik adonannya, simpan di lemari es hingga padat, kira-kira 1/2 - 1 jam, potong-potong tipis, beri hiasan wijen hitam untuk mata dan hidungnya, lalu panggang dalam oven hingga matang.


2. Bentuk Spiral
Bentuk spiral seperti foto di atas paling mudah, tipiskan masing-masing adonan coklat dan kuning setebal 1/2 cm , tumpuk kedua adonan, gulung hingga rapat, bungkus plastik. Simpan di kulkas minimal 1 jam, potong-potong , lalu oven hingga matang.


3. Cokies Gulung Lapis
Bagi dua adonan coklat dan kuning, giling tipis setebal 1/2 cm, tumpuk bergantian atau buat hingga 5 layer, dengan warna berbeda bergatian, padatkan, bungkus plastik dan simpan di kulkas. Potong-potong dengan lebar sesuai selera, lalu panggang  hingga matang.

Nah..mudah bukan..berkreasi dengan bentuk kue kering teman-teman..pasti seru dech jika membuat kue kering bersama si kecil di rumah untuk Lebaran nanti. Mumpung mereka lagi liburan panjang nich ya..^^

Happy Baking ! ^^

DD
3

Tuesday, June 9, 2015

Menu Untuk Sahur Anak-Anak


Alahmdulillah..sebentar lagi sudah mau masuk bulan suci Ramadhan ya..teman-teman. Senangnya bisa menjalankan ibadah puasa lagi. Dan bulan puasa besok pasti nich akan terasa beda..karena *boss kecilku..berjanji akan puasa full sehari katanya. Semoga di beri kekuatan dan bisa tamat 1 bulan. Tiap hari udah tanya..puasanya kapan Mi ?..kata yodha..hihi..gak sabar dia. Jadi ingat waktu kecil...mungkin yang generasiku ngalamin kali ya..pas anak-anak..jika mau masuk bulan puasa itu seneng banget..karena akan selalu ada kemaraian di kampung..hihi. Masjid atau jaman dulu Langgar selalu ramai..ada banyak penjual makanan dadakan di sore hari. Setiap sore anak-anak ada acara takjilan di Masjid, buka puasa bareng. Tiap sahur banyak warga atau remaja berkeliling dari rumah ke rumah dengan aneka bunyi-bunyian...untuk membangunkan warga untuk sahur. Tiap pagi subuhan..selalu jalan-jalan ramai-ramai sama teman-teman..sore ngabuburit juga ramai..wah pokoknya terasa spesial banget kalau bulan puasa itu. Apalagi jika sudah dekat hari raya...ada tradisi * Oncor-Oncoran*..tradisi keramaian pakai *oncor bambu..haha..seru banget dech..*must have* dech dulu...oncor dari bambu dan minyak tanah ini untuk anak-anak...jika sudah dekat-dekat Lebaran. Baru nyadar..aku generasi jaman dulu banget ya..hihi. Beda dengan jaman sekarang..apalagi di kota nich..bulan puasa sama aja seperti bulan-bulan biasa suasananya. Paling acara tivi aja ya yang bernuansa bulan Puasa. Sama kalau sore..lumayan banyak menjamur pedagang-pedagang dadakan..tapi kebanyakan pedagang kelapa muda aja kalau di sini..hihi. Tapi..tetep semangat..semoga lancar bisa beribadah sebulan penuh. 

Nah..karena Yodha udah mau puasa penuh..otomatis biar dia semangat..harus memikirkan menu-menu favorit dia nich untuk sahur. Karena waktu sahur nich anak-anak kadang suka malas jika bangun pagi..terus di suruh makan gitu ya teman-teman. Makanya..harus pinter-pinter nich menyajikan menu-menu favorit mereka agar mau semangat   makan sahur. Kalau Yodha, pastinya..harus nyetok ayam ungkep..jadi sewaktu-waktu minta ayam goreng Juga daging ungkep..dan sosis, dll yang jadi favorit dia. Nah..untuk menu pendampingnya..tentu aja menu-menu yang tidak pedas, agar lebih nyaman buat anak-anak, karena di makan di pagi hari.

Menu-menu pendamping yang cocok untuk menu sahur anak-anak..contohnya menu aneka opor, semur, terik, sup, gulai, kare sayuran, cap cay, dll. Sediakan juga menu-menu kering favorit mereka ya teman-teman..misal kering tempe, kering kentang, abon, serundeng  dll, jadi bisa ada pilihan..misal hari ini malas sahur pakai lauk tertentu..masih ada pilihan lauk lain di meja makan. Jangan sampai kekurangan tenaga ya anak-anak pas puasa. Apalagi jika masih masuk sekolah. Tapi kayaknya sich pas libur panjang ini ya...anak-anak puasanya. Oh ya..jangan lupakan sayur atau buah-buahan ya teman-teman. Pagi-pagi makan buah ?..No problemo..kita bisa pilih buah-buahan yang aman di makan di pagi hari..seperti pepaya, melon..pisang, dll.

Contoh   lauk kering yang bisa di stock untuk menu sahur anak-anak, misalkan kering mustafa ini teman-teman..resepnya sudah pernah ku posting di SINI ya. atau bisa juga lauk kering serundeng . Resep serundeng..pernah juga ku posting di SINI. Tapi, jika malas buat serundeng sendiri..beli aja serundeng siap pakai..aku juga jual lho serundeng kering yang awet dan enak..hihi.


Contoh menu-menu favorit Yodha..ini nich teman-teman..ada semur soun , cap cay   Jawa dan ayam pok pok...serta sup bola bola daging..sup pangsit kuah. dll. Semoga bisa jadi inspirasi menu  sahur buat anak-anak ya. Menu-menu lain. Silahkan search di web ini..pakai kata kunci judul resep yang di perlukan..atau jika mau praktis..ada menu-menu harian komplet..yang ada dalam buku 62 RESEP MASAKAN LEZAT untuk menu sehari-hari yang pas banget untuk menyusun menu bulan puasa besok...karena ada padu padan 62 menu komplet dari menu daging, menu ayam, menu telur, menu ikan dan seafood, menu sayur, menu tahu & tempe..pas banget buat bekal menyusun menu dasar atau pelengkap untuk 1 bulan puasa..hihi. Jadi..silahkan cari di toko Gramedia terdekat ya..atau di Gunung Agung. Jika memerlukannya. Yang mau belajar  bikin kue kering buat Lebaran..juga sudah terbit..buku keduaku ya...yang berjudul..BIKIN KUE KERING YUK..ini buku panduan membuat kue kering untuk pemula..jadi dalam buku ini aku kupas tuntas semua tips dasar dalam pembuatan kue kering. Semoga bermanfaat buat teman-teman..yang mau belajar membuat sendiri kue kering untuk Lebaran ya. Atau mau coba-coba untuk menambah pemasukan menerima pesanan kue-kue kering mungkin. Jika mau pesan lewat aku juga bisa yang buku kue kering ini..hari ini semoga sudah datang..kemaren sudah di kirim dari penerbit Jakarta.

Oke..aku kasih contoh beberapa menu sahur praktis untuk anak-anak ya teman-teman..semoga bermanfaat ^^


Pangsit Kuah Rebus

Sup Pangsit udang ini bercitarasa gurih ringan. Di sajikan dengan kuah yang ringan dan segar, akan jadi hidangan ringan yang menyenangkan untuk sahur, biar cepat, pangsitnya bisa di siapkan malam sebelumnya. Pagi-pagi tinggal masak kuahnya dech.

Untuk  2 - 3 porsi

Kuah Bening
Bahan :
1000 ml air kaldu ayam
2 siung bawang putih goreng, geprek
½ sendok teh garam
1 sendok teh gula
¼ sendok teh merica
2 batang daun sledri, ikat
Cara membuat :
Rebus semua Bahan hingga mendidih dan bumbu mersap. Koreksi rasa
Bahan Pangsit
10 lembar kulit pangsit yang khusus kuah ukuran kecil
100 gram udang cincang
50 gram ayam cincang
1 sendok makan tepung sagu atau tapioka
¼ sendok teh garam
½ sendok teh gula
¼ sendok teh merica
½ sendok teh bawang putih bubuk
Pelengkap
1 batang daun bawang, potong kecil
4 lembar  pok coy
Cara membuat
Aduk rata semua bahan pangsit, isikan ke kulit pangsit, bentuk sesuai selera
Rebus di air mendidih hingga matang sekitar 10 menit
Angkat, tiriskan
Sajikan dengan kuah sup bening dan pok coy rebus
Selain itu ada menu seperti cap cay goreng Jawa berikut..juga cocok untuk menu sahur, resepnya mudah dan cepat. Kekian udang bisa di buat sore atau malam harinya..jadi pas waktu sebelum sahur, tinggal di tumis sebentar.


Cap Cay Jawa
Bahan Kekian Goreng :
150 gram tepung terigu protein sedang
50 gram udang kupas, haluskan
1 butir telur
150 ml air
1 sendok teh  bawang putih bubuk (2 siung bawang putih yang di haluskan )
¼ sendok teh merica bubuk
½ sendok teh garam
½ sendok teh gula pasir
Aduk rata semua bahan dan sendokkan ke minyak yang sudah di panaskan hingga adonan habis. Dinginkan, lalu potong serong

Bahan Sayuran & Pelengkap
2 lembar kol, potong kasar
3 lembar daun sawi hijau, potong kasar
1 buah wortel, potong serong tipis
100 gram kembang kol, potong kecil
3 butir bakso, iris tipis
1 pasang ati ampela, potong kecil
1 potong ayam rebus,   suwir  atau potong kecil
1 butir telur
½ sendok teh gula pasir
½ sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh kaldu ayam ( aku pakai Alsultan...dan garam secukupnya )

Bumbu halus :
1 sendok makan peres bumbu dasar putih, atau 2 siung bawang putih, 2 butir kemiri, ¼ sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis  bumbu halus hingga matang dan harum, sisihkan di pinggir pan, masukkan telur, buat orak arik
Masukkan bakso, air dan semua bahan lain serta bumbu, kecuali kekian goreng. Tutup sebentar agar bumbu meresap dan sayuran layu. Masukkan kekian goreng aduk rata dan masak hingga meresap sebentar  sebentar saja
Koreksi  rasa
Ada lagi menu yang pasti di sukai anak-anak..soun tumis kecap. Tumisan dengan citarasa gurih manis ini  bisa di variasikan dengan telur puyuh, jamur, kentang goreng, ayam, bakso, sosis, udang. dll. Pasti anak-anak suka teman-teman. Resep Soun Kecap silahkan di liat di SINI ya teman-teman..udah pernah ku posting kok.


Untuk lauk favorit anak-anak..jika suka yang kriuk-kriuk gurih..ayam pok pok ini juga bisa di stock di freezer lho...setelah di goreng setengah matang. Jika mau di sajikan..di biarkan suhu ruang dulu, baru di goreng kembali hingga renyah. Resep ayam pok-pok..juga pernah ku posting di SINI teman-teman. Oke..Selamat menyambut  bulan puasa ya..^^

7

Google Ad

Visit Our You Tube Channel