Google Ad

Showing posts with label Recepis. Show all posts
Showing posts with label Recepis. Show all posts

Friday, March 17, 2017

Jejongkong Kelapa Muda



Kemaren aku buat jejongkong Kelapa Muda. Memanfaatkan Kelapa muda yang aku beli, dan hanya di minum airnya. Jadilah aku simpan di freezer dulu daging kelapanya. Kalau hanya untuk satu atau dua hari, masih oke kok daging kelapa muda di simpan di freezer teman-teman. Rasanya masih oke, nggak berubah.

6

Monday, December 14, 2015

Ayam Bakar Solo


Beberapa waktu terakhir banyak mencoba aneka olahan ayam tapi versi daerah lain..membuat Yodha protes. Katanya kok sekarang jarang masak ayam bakar manis lagi..hihi. Baiklah Nak...apa sich ya nggak di buatin jika Yodha pengen. Akhirnya tadi ke pasar..ke tukang ayam langganan..ada ayam kampung yang besar, tapi ada yang separo..wah bejo..kata Yodha yang ikut ke pasar. Dia udah mulai libur, jadi suka ikut aku ke pasar. Langsung minta ayam bakar manis. Kebetulan ada mba Utik yang kirim resep ayam bakar khas Solo. Dulu waktu jaman kerja..sering ke Solo..sering makan ayam bakarnya..memang manis gurih..enak. Ternyata resep rahasianya itu pakai air kelapa dan kecap waktu mengungkepnya. Dan uniknya lagi bumbu di tumis dulu. Jadi beneran meresap bumbu-bumbunya, seperti semur gitu, tapi pakai ketumbar juga..di ungkep hingga kuah habis, lalu di bakar. Hemm..rasanya enak sekali..Yodha langsung lahap makan dech tadi. Apalagi ayam kampung seger ya Kak..pulang dari pasar langsung di oleh..memang terasa lebih manis dan gurih ayamnya.
9

Tuesday, November 24, 2015

Dendeng Ragi Khas Bondowoso


Masih semangat jalan-jalan dan makan-makan menu khas daerah di Indonesia teman-teman..lanjut yuk jalan-jalan kita ke Bondowoso Jawa Timur. Waktu mendapat kiriman resep dengan judul *Dendeng Ragi*..aku kira itu seperti Dendeng Ragi yang biasa aku kenal dan masak selama ini, yaitu Dendeng Ragi yang seperti serundeng daging kering. Ternyata..sangat beda..resep Dendeng Ragi kiriman mba Fitria ini ternyata di goreng..nah..unik kan. Resep ini adalah resep andalan Ibunda mba Fitria.

6

Friday, November 29, 2013

Crakers Goreng


Pagi teman2..udah sarapan..? Udah pasti ya..jam segini..hihi. mau nawarin crakers goreng sich..jika mau..nich.
Jadi kebiasaan tiap pagi nich..udah selesai semua kerjaan..langsung dech..duduk manis di depan komputer..pertama buka2 email dulu..bales2 email teman2..terus edit foto..dan di posting di blog. Oh ya..colek Mba Evi dari Bandung ahh..yang nanyain keripik sagu..emailnya kok aku bales mail *doraemon* ya Mba..alias..failed..hihi..mungkin mba salah ya..nulis alamat emailnya..jadi..jika memang perlu banget infonya..bisa kirim alamat emailnya lagi yach..takutnya nunggu2 balesan..:)..juga teman2 lain yang nanyain sesuatu..jika belum aku bales..mungkin bisa re send ulang emailnya ya..soalnya kadang suka gitu...udah aku bales..tapi failed..jadi mungkin salah tulis alamat emailnya teman2 ya..^^
26

Wednesday, September 4, 2013

Muffin Pisang..Mudah dan Praktis..


Muffin...adalah salah satu kue yang mungkin paling mudah di buat ya teman2..kadang di resep di tulis aja..tinggal di campur2..semua adonan..jadi. Namun..kadang2 tidak semudah itu juga menghasilkan muffin yang empuk dan menul2..gitu. Kadang2..kalau salah penanganan..yang ada muffinnya jadi bantat atau keras.
41

Monday, May 27, 2013

Alhamdulillah..Renovasi *Dapur ku*..selesai juga..^^..



Pagi teman2..lagi happy nich..akhirnya selesai juga renovasi *dapur ku*..dapur online..blog ini maksudnya..hihi. Setelah seringkali di omelin suami..karena punya blog kok kayak blognya ABG katanya..hihi..rame banget..akhirnya kini bisa kesampaian punya blog yang kalem dan lebih profesional..^^

Suamiku emang sering suruh aku ganti template blog..maklum..suamiku kerja di media..jadi risi kali ya liat blog istrinya ya heboh abis dan rame banget..hihi..ya udah..beberapa kali aku cari web developer..dan tanya2 kira2 mereka bisa bikin web blog ya dinamis dan elegan seperti yang ku inginkan..eh...nggak pada bisa..sampai akhirnya aku masuk ke grup KEB..atas rekomendasi dari Mak Ovie Endra..makasih Mak Ovie..berkat dirimu aku ketemu Mak Shinta Ries ..seorang web designer handal yang bisa mewujudkan impian blog baru ku..thank banget mak Shinta..ya..hasilnya keren..aku suka...jadi nggak ngomel2 lagi nich suami..hihi.

41

Friday, May 24, 2013

Pecel Tumpang…Sarapan Ndeso Yang Sedep & Nyamleng..^^



Alhamdulillah..bisa menikmati pagi yang cerah lagi ya teman2..bisa menikmati sarapan pagi lagi..sebelum beraktifitas..seperti pagi ku hari ini..terasa indah..walau cuma sarapan menu ndeso..Pecel Tumpang, di temani dengan telur ceplok dan kerupuk gendar. Rasanya kok ya..nikmat luar biasa..hihi..* lebay *....

Tadi ceritanya lagi bosan dengan menu nasi goreng buat sarapan..jadinya pagi2..udah minta tolong suami buat ambil bahan2 sambel tumpang di tukang sayur langganan yang biasa mangkal pagi2 di ujung jalan raya dekat rumah. Kebetulan memang kemaren udah nitip bahan2 buat sambel tumpang..rencana mau di masak siang nanti..tapi wis..buat sarapan aja. Suami dan anak udah sarapan nasi goreng..jadi buat aku sendiri aja..soalnya suami emang kurang suka menu ndeso gini..hihi. Ada yang suka sambel tumpang..atau malah belum pernah makan?

Mungkin buat teman2 yang di luar Jawa masih asing ya dengan sambel tumpang. Yapp..karena sambel tumpang ini adalah sambal rebus khas Jawa..yang terbuat dari tempe semangit..hemm..bahasa indonesianya semangit apa ya..? Begini kira2..tempe itu sudah kadaluwarsa sebenernya buat di goreng..tempe yang over fermentasi..aka setengah..bu***..hihi..di sensor ya tulisannya..biar nggak bikin ilfeel teman2..hihi…tapi justru paling enak di buat masakan lain..seperti sambel tumpang ini. Tenang..aman kok..tidak berbahaya..belum pernah denger..ada yang keracunan makan tempe semangit..dan aku sampai umur dah tua gini..dari kecil terbiasa makan sambal tumpang dari tempe semangit..ya tidak masalah..hihi..lha memang..kalau di Jawa..tempe semangit dengan aroma khas kalau masih mentah ini..kalau udah di masak aromanya jadi sedapp..! 

Selain buat sambal tumpang tempe semangit enak juga buat campuran oseng2 atau sayur lodeh. Buat teman2 yang tidak suka tempe semangit..bisa bikin sambel tumpang ini dengan tempe yang masih segar kok..enak juga..cuma aroma khas tempe semangitnya nggak ada. Atau jika ragu2..mau coba rasa asli sambel tumpang kayak gimana..bikin sendiri tempe yang rada2 semangit gitu..hihi..jadi masih otentik..tapi nggak nyengat bau semangit tempenya. Kayak yang ku buat sekarang ini..tempenya belum semangit banget sich..jadi warna sambelnya masih fresh seperti tempe segar..tapi ini udah ada aroma semangitnya. Tenang..nggak perlu repot bikin tempe dulu kok..cukup beli tempe yang udah jadi tuch..sepapan..terus diamkan aja di suhu ruang beberapa hari..biasanya dalam hari ke empat atau lima udah berubah jadi kecoklatan kan tempenya..nah..itu dia..sudah bisa di olah menjadi sambel tumpang ini. 

Di Jawa sendiri sambel tumpang ada bermacam2 cara makannya..kalau di Solo biasa buat lauk bubur nasi..yang warna putih..jadilah bubur tumpang..atau di buat lauk nasi biasa. Ada juga yang dibuat untuk bumbu siram sayuran seperti yang ku buat pagi ini..jadi dech pecel tumpang..rasanya..tentu saja enak..sedeeppp dan nyamleng..teman2..pedes..gurih..sedikit manis dan ada aroma khas tempe semangit itu yang tambah bikin lahap makannya..hihi..untung tadi pakai nasi merah makannya..jadi nggak kalap pengen nambah lagi..kayak kalau pakai nasi putih..soalnya..kalau nasi merah..dikit aja udah beras kenyang..hihi. Oh ya..sambel  tumpang ini juga sehat lho..karena semua bahan direbus saja masaknya..nggak perlu repot numis2..dan rasanya justru otentik ndeso..asli..enakkk..^^..asli Jowo tenan..hihi

Oke..penasaran dengan rasa pecel tumpang ini..ayo siapkan bahan2nya. Kalau nggak nemu tempe semangit di pasar..bikin dulu ya..sendiri. Selamat mencoba teman2..Have a good day..^^


Pecel Tumpang
Bahan : sayur rebus sesuai selera aja..aku tadi pakai komplet, bayam, kecipir, wortel, taoge , kacang panjang.
Bumbu sambel tumpang :
1 papan tempe semangit ( kira2 300 gram )
5 buah cabai  merah
5 buah cabai rawit
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 cm kencur
1 sendok makan gula merah
Santan sedang 600 ml
1 sendok teh bumbu kaldu instan sapi
Garam secukupnya
1 lembar daun salam dan 2 cm lengkuas, memarkan.
Cara Membuat :
Rebus semua bahan sambel tumpang samapi empuk, kecuali santan dan gula, salam , dan lengkuas.
Haluskan bumbu rebus dan tempe , tapi tidak perlu sampai halus banget.
Masukkan kembali ke panci, tuangi santan dan bumbu2 lain. Masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut hampir kering. Sajikan sebagai siraman sayur rebus.
Paling enak di nikmati bersama keruuk gendar atau kerupuk puli..^^




12

Thursday, May 23, 2013

Lauk favorit Yodha..( Anak2 )..Sosis Krispi dan Bakso Bakar..^^



Pagi teman2..ada yang punya anak yang picky eater nggak..itu tuch..yang suka pilih2 makanan..wah Yodha banget tuch..susahnya makan makanan yang baru yang belum pernah dia makan. Tapi..jika udah mau coba dan tau rasanya enak..wah..bakalan minta terus dech. Tapi ..nggak separah dulu sich sifat picky eater nya si Yodha..paling parah pas TK dulu..cuma mau makan makanan yang bener2 dia suka..kalau sekarang sich udah lumayan ..mau mencoba menu2 baru. Sekarang nich dia lagi suka banget sama kulit ayam..baik di goreng krispi atau di bacem..terus suka juga sama sosis dan bakso bakar. Hemm..kalau sosis dan bakso..pasti semua anak2 juga suka ya. Memang sich..sosis..bakso..gurih dan enak ya..orang tua aja suka. apalagi kalau di buat sosis krispi atau bakso bakar kayak dua menu favorit Yodha ini..wah..lahap dech makannya. Eh..aku dan papinya juga suka lho..bakso bakarnya..hihi.

Cuma yang perlu kita pikirkan adalah memilih sosis dan bakso yang berkualitas ya..agar tetep aman buat di konsumsi anak2. Kalau beli kemasan di supermarket..kadang2 pake pengawet ya..dan juga kita harus perhatikan tanggal kadaluwarsanya..kalau itu buatan pabrik. Juga kadang2 aroma dan rasa bakso dari pabrik tuch suka rada aneh..kurang alami rasa daging gitu...nggak tau aroma gimana ya..yang jelas ada aroma pabrik gitu dech..hihi. Makanya aku lebih suka beli sosis dan bakso di bucther kecil2 an..toko daging langgananku. Tokonya kecil sich..nggak kayak supermarket gitu..tapi cukup komplet..karena toko daging ini..selain menjual daging2 segar..juga menjual berbagai olahan daging seperti sosis..bakso dll..tentu saja dengan bahan2 yang segar dan mutu terjamin..karena dagingnya motong sendiri..jadi bakso dan sosisnya selalu fresh...nggak tahan sampai berbulan2 kayak bakso kemasan gitu . Dah..rasanya..mantabb..alami daging gurihnya..kayak homemade gitu bakso dan sosisnya..bener2 gurih. Jadi..nggak was2 lagi dech sering2 kasih menu sosis dan bakso  ke Yodha..karena benar2 yakin produknya oke kalau beli di toko daging tersebut. Buat yang tinggal di Semarang..tau kan..toko daging Nandisari..enak2 dech olahan produk dagingnya..

Oke..kali ini aku mau kasih menu praktis olahan sosis dan bakso favorit Yodha..sosis krispi dan bakso bakar. Cara  masaknya praktis banget..nggak pake ribet...dan hasilnya yummy dech..kalau aku suka bakso bakar sich..enak di cemal cemil..gitu..hihi..*duch..kapan mau kurus yach..nyemilnya aja bakso bakar..*

Oke..ini dia resepnya...selamat mencoba ..^^

Sosis krispi

Bahan :
250 sosis sapi atau ayam
Putih telur 1 butir

Bahan lapisan : 
Tepung bumbu isntan atau tepung bumbu racikan sendiri ( tepung biasa yang ditambah bumbu kaldu, merica . bawang putih bubuk..dll )
( Tepung bumbu instan yang ku rekomendasikan buat  sosis krispi  ini : Tepung bumbu Sasa KFC..enak..nggak terlalu asin dan hasilnya renyah )

Cara Membuat :
Iris sosis serong setebal kira2 1 cm, celup ke putih telur, dan gulingkan ke tepung pelapis sambil di cubit2 supaya tepungnya menempel sempurna dan tebal. Goreng hingga renyah. Sajikan dengan saus sambal atau saus tomat sesuai selera..^^


Bakso Bakar 

Bahan:
10 buah bakso sapi ukuran besar
1/2 sendok teh merica bubuk
2 sendok makan kecap manis
1 sendok makan margarin

Cara membuat :
Rebus bakso sebentar di air mendidih..biar steril dan empuk lagi kalau sudah masuk freezer..hihi
Lumuri bakso dengan merica bubuk, mergarin dan kecap manis..lalu bakar dengan pan anti lengket atau happy cal..dll panggangan yang praktis aja..nggak perlu repot2 pakai arang..hihi..sampai kecoklatan dan ada aroma2 bakaran dikit.

Sajikan hangat ..yummy..!




8

Wednesday, May 22, 2013

Tongseng Iga Bakar...


Tongseng Iga Bakar..hemmm..menu yang aneh ya..mungkin teman2 baru denger ini ya..hihi..ya memang..ini menu karanganku sendiri..^^. Ceritanya tadi pagi liat Mas sayur langganan bawa iga sapi seger yang dagingnya tebel2..wis..langsung ijo dech matanya..angkut langsung. Terus sempat mikir..enak kali ya di buat iga bakar..tapi pengen juga makan tongseng yang seger. Akhirnya daripada bingung..yang udah bikin aja keduanya..di gabung aja..iga bakarnya di bumbu gule..pakai  bumbu gule instan aja..praktis..karena stock bumbu2 gulai fresh lagi nggak ada di dapur..adanya bumbu gule instan merk Bamboe tuch..lumayan buat gule. Iga bakar bumbu gule..aneh lagi ya teman2..?..Hemm ..kalau ini..ada yang jual sich..itu tuch di Ungaran..ada Iga Bakar Bu Tun..Iga nya di gule dulu..kemudian di bakar..rasanya..mak yoss..tentu saja. Nah..karena aku pengen tongseng juga..jadinya kuah gulenya nggak sampai habis kering gitu ngungkep iganya,..tapi di sisain untuk bikin kuah tongsengnya..pas kan..tinggal di tambah bawang merah dan bawang putih iris yang di tumis, terus di tambahin kol dan tomat buat sayurnya. Jangan lupa cabe rawitnya..cuma ku utuhin aja tadi..supaya Yodha bisa ikut makan kuah tongsengnya. Jadi dech..menu siang tadi..tongseng iga bakar..

Tapi..akhirnya menu tadi nggak jadi buat menu makan siang..tapi menu makan sore..hihi..lha tadi pas udah mateng..biasa kan..sebelum di makan..musti buat sajen *mbah kamera* dulu..hihi..tapi tadi lha kok hujan dan gelap..aku ambil beberapa jepretan..bener dech..kurang cahaya..mau pake cahaya lampu..kurang alami ya hasil fotonya..ya sudah..bersabar saja..menunggu hujan reda dulu..sapa tau matahari nongol lagi..dan beneran dech jam 2 an udah ada matahari lagi...jadi bisa foto2 tongseng iganya lagi.Yach beginilah nasib food blogger teman2..harus siap dan mau makan dalam keadaan makanan udah dingin..hihi..karena harus buat konsumsi kamera dulu. Udah gitu..walaupun kemecer pengen makan yang di masak dan laper..kalau belum dapet foto yang bagus yang di  tahan2 dulu makannya..hihi..tadi akhirnya makan siang pakai sayur lodeh maning..hihi..sama telor dan ikan asin saja..hihi. Makanya aku sangat mengerti..jika ada food blogger yang marah2 jika fotonya di copi atau di curi orang apalagi untuk kepentingan komersial..karena memang untuk menghasilkan foto yang lumayan bisa di nikmati..ya beginilah usahanya..hihi. Jadi harap maklum ya teman2..^^..kami ini memang kamera mania..hihi..jadi kalau makan2 atau wisata kuliner ke mana2 ya yang di tenteng kamera...kalau makan soto dll yang berkuah panas, nggak akan pernah menikmati dalam keadaan panas dan pakai acara tiup2 dulu..lha wong yang lain udah selesai makan..kita masih sibuk2 motret makanannya..hihi. Tapi..nggak pa2 kok..aku enjoy aja melakukan semua itu..it is my passion..^^

Dah..cerita pengantar menu hari ini segitu aja ya..yukk sekarang di simak  menu aneh ala aku ini..tapi rasanya uenakk lho..iganya mantab..ada aroma2 bumbu gulenya ..terus di bakar sambil di olesi margarin dan kecap manis..mak yuss..terus kuah tongsengnya juga gurih dan sedap. Jadi..bukan cuma sop iga bakar yang enak lho..tapi tongseng iga bakar juga enak..siapa yang penasaran rasanya..monggo di coba ya..^^..tongseng iga sapi bakar praktis ...ala aku..^^


Resep Tongseng Iga Bakar

Bahan:
500 gram iga sapi
1 bungkus bumbu  gule instan
750 ml air untuk merebus daging
500 ml santan encer

Bumbu tambahan untuk tongseng:
6 butir bawang merah, iris tipis,
3 siung bawang putih, iris tipis
5 buah cabai rawit, iris kasar atau utuh
100 g daun kol, iris kasar
1 batang daun bawang, iris kasar
1 buah tomat merah, iris kasar
1 sdt garam
1 sdt garam
3 sdm kecap manis

Cara Membuat :
  • Rebus daging iga dengan bumbu gule instan dan air.
  • Masak sampai air menyusut.
  • Tambahkan santan encer, masak sampai daging iga empuk, tapi jangan sampai kuahnya habis.
  • Tumis bumbu iris hingga harum dan matang, masukkan ke dalam rebusan iga dan masukkan bumbu tambahan dan sayuran kecuali cabai rawit dan tomat.
  • Masak sampai sayuran layu, tambahkan bumbu jika ada yang kurang.
  • Masukkan cabai rawit dan tomat. Aduk sebentar, angkat.
  • Sajikan hangat dengan nasi putih.


10

Pia Isi Coklat..Kali Ini Versi Pia Renyah..^^


Pia lagi..hihi..iya teman2..aku suka aneka ragam pia..mau pia basah.. bakpia ala Pathuk..bakpia telo, pia mrupul dan renyah..dll. Segala  macam resep pia udah ku coba, dan semuanya suka. Ini adalah proyek iseng tadi malam..sambil nunggu suami yang lembur dan pulang malam karena ada Raker kantornya di Bandungan..itu tuch daerah pegunungan yang berhawa sejuk di Semarang..jika teman2nya memilih menginap di Villa Boss di sana..suami ku lebih memilih pulang..dan kembali lagi ke sana pagi tadi..karena Rakernya 3 hari...*suami yang baik..*..hihi. Jadi setelah Yodha tidur, daripada aku tidur dan ntar terbangun lagi mbukain pintu..biasanya aku susah tidur lagi..ya udah..iseng aja buat pia ini..kebetulan lagi ada semua bahan2nya. Sebenarnya pengen bikin bakpia sich tadi malam..tapi kan udah sering bikin..jadi tidak ada tantangan baru lagi dalam prosesnya..jadi ku putuskan berubah haluan bikin pia renyah aja..yang versi nge prul kulitnya dan beremah..jadi bisa lebih awet juga..di simpan di toples. Kalau bakpia ala pathuk atau bakpia basah kan kurang awet. Sebenarnya udah sering juga bikin pia renyah gini..tapi selalu isi kumbu kacang hijau..jadi kali ini aku bikin isi coklat aja..biar beda dan dapat ilmu baru kan..jadi tau gimana rasanya.dan tarraaa...jadilah pia renyah isi coklat..rasanya ternyata..enakk..jadi sukses dech uji cobanya.

Bikin adonan kulit bakpia atau pia gini keliatannya ribet ya teman2..perlu dua kali kerja..apalagi yang bakpia ala pathuk tuch perlu di rendam2 segala di minyak..kalau yang pia renyah ini tidak perlu..karena memang nanti hasil akhirnya renyah. Tetapi sebenarnya kalau sudah di kerjakan ya mudah saja kok..cuma perlu telaten..asalkan di nikmati..bikin apapun terasa menyenangkan..ya nggak ?..Cooking... baking is fun..!

Oke..kalau teman2 suka pia renyah..silahkan di coba ya  resep berikut, jika tidak suka yang renyah..tapi suka pia isi coklat..ya pakai aja resep kulitnya ala bakpia pathuk atau bakpia basah..tinggal pilih sesuai selera, tetapi isiannya pake resep ini. Jadi..mudah kan..menyajikan aneka pia hangat dan fresh dari oven di rumah kita..nggak perlu beli lagi. Keluarga pasti suka..^^


Resep Pia Renyah Isi Coklat

Bahan Kulit 1:
Tepung terigu protein sedang 250 gram
Minyak goreng 125 ml
Air 75 ml
Gula halus 50 gram
Garam 1/2 sendok teh

Bahan kulit 2 :
Tepung terigu protein sedang 100 gram
Minyak goreng 50 ml

Bahan isi coklat :
Aduk rata semua bahan2 ini :
100 gram tepung terigu protein sedang, disangrai 5 menit, ditimbang 90 gram, dinginkan
30 gram cokelat bubuk
25 gram susu bubuk
1 sendok makan air es
125 gram gula tepung
50 gram margarin
Hasil adonan bahan isi coklat nantinya  lembab dan basah seperti foto berikut :


Cara Membuat :
Adonan 1, campur semua bahan kulit 1 hingga rata, uleni hingga rata, sisihkan ( adonan jadinya kalis dan lembab )
Adonan 2, campur semua bahan hingga rata, sisihkan ( adonan jadinya agak mawur, tapi lembab juga )
Bagi adonan 1 & 2 jadi 20 bagian.
Pipihkan adonan 1, beri adonan 2 di atasnya, bentuk amplop, lalu gilas , bentuk amplop lagi dan gilas lagi, lakukan hingga 3 kali ..^^..keliatannya ribet ya..tapi kalau sudah di lakukan..tidak kok..^^
Pipihkan adonan kulit pia, isi dengan bahan isi, lalu bentuk bulat pipih.
Oven 15 - 20 menit di suhu 180 C, sampai matang, bolak balik jika perlu.
Simpan pia dalam toples ketika sudah dingin.Pia ini renyah dan kering..jadi lebih awet dari pia model bakpia pathuk yang lembut kulitnya, tapi kulitnya mrupul dan beremah..jadi..jika suka kulit pia yang lembut dan empuk..pakai saja resep kulit bakpia Pathuk ini.
Selamat Mencoba..!


105

Tuesday, May 21, 2013

Menu Makan Siang..Sayur Lodeh dan Pepes Pindang saja..^_^




Hai2..sudah makan siang teman2..kalau belum..ayo mampir dapurku…tapi cuma ada menu sederhana saja sich hari ini..yaitu sayur lodeh bumbu iris..plus pepes ikan pindang. Biasa..menu ndeso teman2..tapi kok ya cukup nikmat lah buat santapan makan siang hari ini. Sayur lodehnya seger..karena bumbu2nya di iris saja..tidak di haluskan..di makan sama pepes ikan pindang yang gurih dan berbumbu pedas dan bumbu banyak kok ya pas banget rasanya. Cuma kurang tempe goreng aja nich..cuma lagi ngga punya stock tempe segar  nich..punyanya Cuma tempe yang sudah semangit..jadi paling enak yang di cemplungin aja ke sayur lodehnya…^^


Sayur lodeh…pasti semua udah bisa masak ya..tapi tetep ku tulis resepnya..sayur lodeh iris ala aku..siapa tahu ada yang mau coba. Kalau ikan pindang..tau kan..itu lho ikan olahan kecil2..yang di kukus bersama bumbu2 dalam keranjang kecil2 …sehingga di sebut juga pindang keranjang. Macam2 ikan yang di buat kan indang ini..ada ikan tongkol..bonggol dll. Semuanya sich enak menurutku. Ada ukuran ikan pindang yang agak gede2..atau kecil2. Aku suka yang kecil2..karena lebih gurih..dan jika di pepes juga enak..bumbu bisa meresap ke dalam ikannya..jadinya gurih dech pepesnya. Untuk pepes aku pakai bumbu standart pepes aja komplet..tapi yang nggak boleh ketinggalan adalah kemiri..aku suka pepes pakai kemiri..karena rasanya jadi semakin gurih. Dan..jangan lupakan kemangi ya..kalu kita buat pepes..supaya aroma pepesnya semakin sedap..jika suka rasa yang asem2 seger..tambahkan pula beberapa potong tomat di atas pepesnya. Dah..sedap dech..komplet rasanya..gurih..harum wangi kemangi dan asem seger dari tomat..ambil nasi sepiring..kurang dech..hihi..*kapan dietnya sukses kalau gini yach…*


Oke..selamat makan siang teman2..semoga cocok dengan menu hari ini. Mau coba resep sayur lodeh dan pepes ala aku..ayukk di simak resep2nya ya..


Sayur Lodeh Bumbu Iris


Bahan-bahan :
1 buah terong , kupas dan potong2 kotak kecil
50 – 100 gram kacang panjang, potong 3 cm, tempe semangit 50 gram, potong kotak
25 gram daun melinjo
6 butir bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, dimemarkan
1 sendok makan ebi, diseduh, dimemarkan, disangrai
2 butir cabai merah besar, dipotong serong
2 buah cabai hijau besar, dipotong serong
1 bungkus kecil bumbu kaldu sapi dan garam secukupnya
½  sendok makan gula merah ( atau sesuai selera )
1000 ml santan encer atau sedang dari 1/2 butir kelapa


Cara Membuat :

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan ebi, cabai merah besar, cabai hijau besar, daun salam dan lengkuas
  3. Tuang santan. Masukan sayuran, tempe serta bumbu2 lain. Masak sampai lunak dan bumbu meresap.



Pepes Ikan Pindang


Bahan :

2 keranjang ikan pindang kecil2, cuci dan buang kotorannya.

10 buah cabai merah

5 buah cabai rawit merah

6 butir bawang merah

3 siung bawang putih

4 butir kemiri

1 cm kunyit

1 sendok teh terasi

1 sendok teh gula merah

1 sendok teh bumbu kaldu / garam secukupnya

Kemangi 50 gram, petiki daunnya

Tomat merah 2 buah potong2 kecil


Cara membuat :
Haluskan semua bumbu2 pepes sampai halus, aduk dengan ikan pindang. Tambahkan kemangi aduk rata. Bungkus pepes dengan daun pisang, taruh 2 potong tomat di atasnya.Lalu bungkus seperti bentuk  pepes pada umumnya. Kukus 30 menit, lalu bakar sebentar sampai harum. Sajikan.


Eh iya..hampir lupa..ada bakwan udang juga buat maksi nya..yukk selamat menikmati..^_^..
























27

Monday, May 20, 2013

Skotel Makaroni Daging Asap


Selamat pagi teman2..jumpa lagi di hari Senin yang indah..kali ini aku mau posting resep yang ku masak weekend kemaren. Biasa..kalau weekend..kalau nggak jajan di luar kulineran..aku suka masak yang praktis saja..biasanya hidangan sepinggan yang sudah komplit gizinya..seperti skotel makaroni ini. Dalam skotel makaroni ini udah komplet ada karbohidrat dan proteinnya..cuma kurang sayur sich..kemaren lagi nggak punya stock kacang polong atau jagung atau wortel..enak padahal di campur di adonan makaroninya..ya walau nyalahin aturan kali ya, makaroni ala aku gitu yang komplet pakai sayuran juga biasanya. Kemaren buat makaroni ini juga pakai bahan yang ada aja..adanya daging asap..jadilah makaroni daging asap..enak..!

Buat yang suka makaroni..pasti udah tau donk cara masaknya. Sebenarnya ada dua jenis tehnik masak makaroni skotel ini..yaitu pakai sistem rough dan sistem custard. Kalau sistem rough itu..adalah sistem masak makaroni skotel yang bumbu di tumis terus di  masukin terigu sedikit demi sedikit sambil di tuangi susu, lalu di aduk sehinggan adonan cair halus dan licin, baru bahan2 lain di masukkan dan di panggang, jadi  adonannya sebenernya sudah di masak duluan, jadi memanggangnya nggak perlu waktu lama. Sedangkan sistem custard..semua bahan masuk dan di campur jadi satu, lalu di panggang. Perbedaan cara sistem custard atau rough adalah..kalau sistem rough..makaroni yang di hasilkan lebih padat dan mudah untuk di iris, kalau sitem custard, makaroni skotelnya jadi lembut . Aku sendiri lebih juga yang sistem rough..kayak yang ku buat kemaren, hasilnya lebih padat dan gampang di potong2 ketika menyajikannya. Tapi..sebenarnya yang paling suka makaroni skotel gini suami dan anakku..kalau aku sich..sesekali aja suka..kalau terus2san ya bosan..hihi..*lidah ndeso*..aku kok lebih suka makaroni skotel goreng...hihi..nanti kapan2 ku posting resep makaroni goreng kreasiku ya..lebih enak aja di makannya gitu, sambil nyeplus cabe rawit...hihi..

Ok..buat yang suka makaroni skotel..mau coba variasi lain..pakai daging asap..ala aku..ayo..di coba ya resepnya. Kalau nggak ada daging asap..bisa di ganti daging giling biasa..atau sosis..yang selalu ada di freezer kita pasti ya..jadi tetep praktis..nggak usah ribet dech..kalau mau masak enak..manfaatkan saja bahan2 yang sudah ada di dapur. Oh iya...kemaren aku masaknya langsung pakai pinggan keramik tahan panas..jika tidak ada teman2 bisa pakai loyang cake biasa atau loyang makaroni sekali pakai dari alumunium foil sekarang banyak tersedia di supermarket. Selamat mencoba..^^

Makaroni Skotel Daging Asap

Bahan:
2 sendok makan margarin
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 sendok makan  tepung terigu
300 ml susu cair
100 gram makaroni pipa, rebus matang
6 lembar smoked beef, iris kotak kecil
50 gram keju cheddar parut
1 1/4 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
2 butir telur, kocok lepas

Bahan Taburan:
100 gram keju cheddar, parut panjang

Cara membuat:
  1. Panaskan margarin. Tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan tepung terigu. Aduk sampai bergumpal.
  2. Masukkan susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin. Masukkan makaroni dan smoked beef. Aduk rata. Angkat.
  3. Masukkan keju cheddar parut, garam / bumbu kaldu, gula, merica bubuk, dan telur kocok. Aduk rata.
  4. Tuang di pinggan tahan panas .
  5. Oven 20 menit dengan api bawah suhu 170 derajat Celcius sampai 3/4 matang .
  6. Tabur keju. Oven lagi  20 menit sampai matang.

23

Monday, April 29, 2013

Sego Gudangan Tabur Sambal Kedelai..Sedapppp..........^^



Setelah nggak sarapan tadi pagi...waktunya memanjakan diri sendiri dengan membuat menu makan siang yang *istimewa*..tapi...jangan bayangkan aku buat steak daging impor..atau spaghetti ya...siang ini aku cuma masak Sego Gudangan..ikan asin layur goreng , telur rebus dan kerupuk gendar..sedappnya rek..^^..cuma kurang tempe goreng garitnya aja..tadi nggak kebagian di tukang sayur. Nah apalagi sego gudangannya ini yang versi sego gudangan ndeso..ala tempatku di Yogya..yang khasnya di makan pakai taburan sambal kedelai pedas..wah...tambah yummy dech...sadaaap..eh..sedaaap ^^....Hyun Bin lewat..nggak bakal ku lirik dech..hihi..*soalnya ya nggak bakalan lewat ya....* Aku memang lebih suka masakan kampung gini buat ku makan sendiri..jadi menu makan siangku..lha kalau Yodha dan Papinya mana mau..^^..akhirnya ya kalau kangen masakan kampung..buatnya pas makan siang aja..di nikmati sendiri. Jangan berpikir bakalan ribet ya..masak urap buat sendiri..trus nanti masak lagi buat suami sendiri..nggak..kan masak sayuran rebusnya sekalian tuch..nah..ntar sore buat suami..tinggal di jadikan pecel..dengan sayuran yang sama yang di rebus buat gudangan tadi..beres kan..sambel pecelnya yang instan aja..banyak tuch yang enak2 dari Blitar beli di supermarket..hihi..tinggal dech masak lauknya buat sore..^^

Oh ya..mau cerita sedikit tentang sego gudangan ini ya..kalau di tempatku di Yogya sana..menu sego gudangan gini banyak di jual untuk sarapan..yang jual juga bukan restoran atau warung makan..tapi cuma mbah2..tetangga yang kalau pagi jualan bubur sayur..sego gudangan ini..plus jajanan kayak tiwul, gathot dan sawut singkong dll..wis..pokoknya jajanan ndeso semua dech..tapi suer..enak  lho..apa karena dulu nggak ada yang jualan yang lain kali ya ..tapi..sekarangpun menurutku..tetep enak..^^..sayangnya..kalau aku mudik .Mbah2 yang jual nich udah meninggal..jadi nggak bisa menikmati lagi sego gudangan aslinya. Tapi..aku sering bikin sendiri..pasti bisalah..lha soalnya ibuku juga sering masak dulu..jadi udah pasti dong di ajarin ke aku. Ibuku masak sego gudangan dan sambal kedelai gini..kalau anak2nya neton / weton..itu tuch ultah kita tapi menurut tanggalan Jawa...atau untuk acara wiwitan di sawah. Nah..kalau ada yang neton..ibuku pasti akan masak sego gudangan gini..pakai sayuran komplet..ikan asin goreng...kayak gereh pethek..layur dll..di tambah telur dan pisang. terus nanti kita panggil anak2 tetangga tuch buat di bagi2 in sego gudangan ini. Padahal dapetnya ya cuma sego sepincuk..( pakai daun pisang )..trus ikan asin dan telur sepotong kecil..sama pisang 1..tapi anak2 tetangga tuch udah pada seneng banget lho..bahkan...tradisi ini adalah salah satu acara yang di tunggu anak2..lha dulu emang jarang yang jual jajanan ya..jadi cemilannya nasi..hihi..jika pun ada ya belum sebanyak sekarang aneka makanan buat anak2. Selain untuk upacara neton..sego gudangan plus sambal kedelai , ikan asin dan telur rebus gini juga buat acara wiwitan..itu lho..pas saat petani..memulai untuk panen padi. Nah...seru dan enak banget juga ..makan sego wiwitan gini di tengah sawah..sensasinya beda..^^. Kalau mau coba sego wiwitan gini..bahkan di Yogya sudah ada lho..resto besar yang menu utamanya sego wiwitan ini..namanya lupa..search aja di google..resto sego wiwitan di Yogya..udah ada kok..Sayangnya sekarang tradisi begitu udah luntur ya..kalau kita ya taunya ultah anak secara kalender..dan bagi2 nya kue tart..^^..indahnya tradisi ya..seadainya bisa tetep lestari..^^..

Sego gudangan ala tempatku di Yogya ini..sedikit berbeda ya..dengan urapan sayur pada umumnya..kalau sego gudangan ini..sayuran kukus / rebus yang musti ada yaitu daun pepaya segar  yang kita rebus sendiri..jadi masih fresh..ada sensasi pahit2nya dan buah pepaya mengkal yang di serut. Nah sensasi pahit2 dari daun pepaya dan pepaya mengkal kukus yang berpadu bumbu urap dan sambal kedelai inilah yang membuat gudangan berbeda dengan urap sayuran lain, kalau sayur pelengkap lain sich..bisa sesuai selera..bisa di tambah kol..wortel..tauge..dll. Sego  gudangan ini enak sekali...apalagi di tabur bumbu sambal kedelai..terus di makan sama kerupuk gendar dan telur rebus..wis..uenakk banget dech...*menurut lidah ku lho..hihi*..maklum lidah ndeso nich..sukanya yang tradisional..walau udah coba berbagai masakan modern..dari berbagai negarapun..akhirnya..tetap..kalau untuk menu sehari2..aku pilih menu ndeso gini..atau menu2 asli Indonesia..yang tiada tandingannya..* lebay ya..*.

Jadi mari kita lestarikan teman2..menu2 eksotik  khas Indonseia gini..biar tetap lestari..siapa tahu anak cucu kita..nanti kalau bosan makan ayam KFC dan burger..cari resep2 jadul gini..hihi..jadi ku simpan aja resepnya di blog ini..walau udah pada bisa semua ya..kalau cuma bikin urap2pan sayur..^^. Kalau sambal kedelainya..ini adalah sambal cabe bawang biasa..tapi di tambahin dari  kedelai goreng..yang ikut di ulek di sambalnya..jadi sensasi rasanya sangat unik..paling enak di makan sama gudangan ini..atau di buat taburan nasi panas aja dan ikan asin...juga udah enak..^^

Ini dia resepnya ya..selamat mencoba..jika suka.^^

Sego Gudangan & Sambal Kedelai

Bahan-bahan/bumbu-bumbu
3 lonjor kacang panjang, dipotong 2 cm
3 lembar kol, dipotong lebar 1/2 cm
1 buah wortel, potong korek api
25 gram taoge
50 gram daun pepaya segar yang di rebus, potong2
50 gram pepaya mengkal serut

Bahan sambal kelapa:
150  gram kelapa parut agak muda di parut kasar

Bumbu halus:
2 buah cabai merah keriting dan 3 rawit merah
2 siung bawang putih
1 cm kencur
2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1  sendok teh garam
3 sendok teh gula merah sisir

Cara Membuat  :
1. Rebus masing-masing sayuran di dalam air yag di tambah sedikit garam
2. Sambal kelapa: aduk rata kelapa parut dan bumbu halus.
3. Kukus 25 menit sampai matang. Angkat.
4. Campur sambal kelapa dan sayuran. Aduk rata. Sajikan dengan taburan sambal kedelai, ikan asin , telur rebus dan kerupuk gendar.

Sambal Kedelai 
Bahan :
100 gr kedelai, goreng
5 buah cabai merah
3 buah cabai rawit merah
4 siung bawang putih
1/4 sdt ketumbar sangrai
3 lbr daun jeruk purut
3 cm kencur
1/2 sendok teh  garam

Cara Membuat :
Goreng cabai dan bawang putih utuh hingga matang dan cabai kering, haluskan dengan menambah ketumbar daun jeruk purut, kencur dan garam.
Setelah semua bumbu halus, masukkan kedelai goreng, uleg lagi, tapi jangan sampai kedelainya jadi halus. 





2

Google Ad

Visit Our You Tube Channel