Google Ad

Tuesday, October 25, 2011

Orange Tartlets

Dah lama pengen coba resep ini, tapi belum kesampaian juga..sibuk coba2 resep lain..catet dulu ah resepnya..takut hilang..karena sudah ku potong dari majalah, tapi belum sempat di kliping.

Bahan :
75 gram mentega
30 gram gula halus
125 gram tepung terigu
1 butir kuning telur

Bahan Vla :
2 butir kuning telur
40 gram gula pasir
20 gram tepung maizena
200 ml susu segar
1/4 sdt teh vanila

Hiasan :
1 kaleng jeruk Mandarin
3 sdm selai jeruk

Cara Membuat :
Kulit : campur terigu, gula halus dan mentega, aduk dengan garpu hingga mentega tercampur rata dan berbutir2. Masukkan kuning telur , uleni dengan ujung jari hingga adonan menyatu dan bulatkan.
Bungkus dengan plastik dan simpan di lemari es selama 30 menit. Giling adonan tartlet di atas plastik setebal  0,5 mm, cetak bentuk bulat uk 8 cm. Olesi loyang pai kecil uk 7 cm dengan margarin dan lapisi bag dalam loyang dengan adonan tartlet.
Panaskan oven suhu 180 'c , tusuk bagian dasar pai dengan garpu, lapisi dan beri pemberat, panggang kurang lebih 15 menit. dinginkan, keluarkan dari loyang.

Vla: Cairkan maizena dengan sebagian susu , aduk rata. Rebus susu , gula hingga mendidih,masukkan larutan maizena ,aduk hgg kental. Ambil sedikit adonan ,campur dengan kuning telur hingga rata, masukkan kembali ke adonan, aduk rata. dinginkan.

Penyelesain :
Semprotkan vla ke dalam kulit tertlet secukupnya,susun jeruk kaleng di atasnya, lalu oles dengan selai jeruk / aprikot yang sudah di panaskan hingga mengkilat. Simpan di kulkas,hingga saat akan di hidangkan.
0

Monday, October 24, 2011

Marmer cake


Marmer cake adalah jenis cake jadul yang tetap disukai , walaupun sekarang banyak cake2 modern yang lebih enak dan tampilannya lebih menarik. cake jadul ini dulu biasa di suguhkan di acara2 hajatan di kampung. bikinnya pun masih pakai kocokan tangan manual, pakai loyang dari besi tebal yang langsung bisa di panggang di atas kompor..pokoknya jadul banget dech..kadang suka masih kangen sama rasa cake ini.

Sekarang sich marmer cake udah bisa di modifikasi rasanya juga, misal ditambahkan tape, jadi dech marmer cake rasa tape, seperti foto marmer cake ku yang ini..pakai tape, jadi warnanya bisa tambah cantik..kuning cerah, atau bisa di tambahkan buah pisang yang sudah di lumatkan, jadilah marmer cake rasa pisang. ..atau tambahin bumbu spekuk dan parutan jeruk lemon..wangi dech cakenya.

Akhirnya kemaren kesampaian bikin marmer cakenya Yasaboga..cuma karena cuma bikin setengah resep , kayaknya kurang maksimal dech..rasanya sich udah lumayan ok. Sebenernya dulu pernah punya resep marmer cake yang ok..moist dan empuk dari tabloid saji..tapi gara2 ku gunting2 resepnya, sekarang malah hilang..hiks..hiks..belum nemu lagi resep yang cocok. Nich lagi hunting2 resep dan ujicoba lagi macem2 resep marmer cake.

Marmer cake sebenernya bisa di buat dengan metode sponge cake, butter cake, chiffon cake atau cotton cake,namun lebih bagus sich menggunakan resep yang tipe butter cake, kalau sponge cake..motif marmernya gak keliatan, karena warna coklatnya sering tenggelam. Tai ada juga sich di majalah Sedap resep marmer cake chiffon gulung..tapi..belum sempat coba..ntar dech cobain..kapan2..^^

Untuk membuat motif marmer, sebagian adonan tanpa warna harus diambil, lalu di beri coklat bubuk atau coklat pasta. Jumlah adonan yang di ambil bisa 1/3 atau kurang dari itu, jangan lebih dari 1/3 adonan, supaya motif marmer yang terbentuk bisa cantik.

Cara membetuk motif marmer :
* Kalau cuma ingin motif marmer di bagian atas cake saja, ambil adonan coklat , lalu taruh di bagian tengah atas adonan,lalu bentuk marmer menggunakan lidi atau garpu.
 *Adonan coklat di tuang di tengah bergantian dengan adonan kuning sampai habis , atau di taruh di loyang  bergantian secara acak setelah itu di buat motif marmer dengan bantuan lidi atau garpu.
* Adonan coklat di tuang dalam adonan sebelum di masukkan ke loyang, lalu di goyang2 sebelum di tuang keloyang adonannya, tapi ini cuma cocok untuk tipe sponge cake yang adonannya ngalir, gak cocok untuk tipe butter cake yang adonannya kental.

Next... resep yang akan ku coba adalah dari saji juga, cuma ini pengocokan telurnya sekalian, gak di pisah kuning dan putihnya. Kalau resep favoritku dulu yang dari resep saji juga, kuning telur dan putih di kocok terpisah, jadi hasilnya moist dan empuk. Atau , mungkin sama resep ini juga ya..cuma kuning dan putihnya di kocok terpisah..kapan2 ku coba lagi ah..pakai tehnik itu..^^

Marmer cake

Bahan :
250 gram Margarin
200 gram gula halus
5 butir telur
250 gram terigu prot sedang
30 gram maizena
1 sendok teh BP
60 ml susu cair
1/4 sdk teh essens vanila
2 sendok makan coklat bubuk dan 2 sendok makan air panas,di larutkan.

Cara Membuat :
Kocok margarin,gula sampai lembut.
Tambahkan telur satu persatu , sambil dikocok rata, bergantian dengan sebagian tepung terigu
Masukkan sisa tepung terigu,maizena,BP bergantian dengan susu cair dan essen vanila.
Ambil 200 gram adonan,tambahkan larutan coklat bubuk.
Tuang adonan putih di loyang, lalu tuang beberapa adonan coklat di atasnya..bentuk marmer dengan lidi atau garpu. Tuang lagi adonan putih, lalu coklat, bentuk motif marmer lagi, begitu seterusnya sampai adonan habis.
Oven 50  menit dengan api bawah 180' C.
7

Friday, October 21, 2011

Kulit pastel kripsi


Pastel..gak pernah bosan sama cemilan ini..enak gurih..mengenyangkan dan padat nutrisi. Kalau lagi malas makan yang berat2, biasa papa minta di bikinin pastel. Kalau isian pastel sich tergantung selera ya..ada yang sayuran aja, banyak daging atau ayamnya , tergantung selera dech..kalau aku seringnya isi wortel, kentang sama ayam dan telur rebus. bikinnya gampang..

Mau share aja nich resep kulit pastel yang krispi, yang renyah..dan nggak letoy dan alot pas udah dingin..hehehe...aku juga suka kulit pastel yang gak pakai telur, jadi biar dingin tetap renyah dan tidak ada bau telurnya.
ini dia yang sering ku pakai untuk membuat kulit pastel, catet di blog..biar gak lupa dan gak usah bongkar bongkar resep lagi kalau mau bikin...hehe.

Kulit pastel renyah :

100 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sendok gram
1/4 sendok kaldu bubuk
15 gram margarin
35 ml air hangat

Cara buat kulit pastel:
Ayak terigu, garam dan bumbu kaldu,masukkan margarin,aduk sampai berbutir. Tuang air hangat sedikit demi sedikit,aduk sampai bergumpal. gilis tipis. siap digunakan .

15

Lumpia Sayur

Kalau lagi bosan dengan lumpia isi rebung a la Semarang yang berbumbu kuat dan manis ..aku suka bikin lumpia isi sayur ini yang rasanya lebih gurih dan netral..jadi biarpun makan banyak gak eneg..
resepnya ini nich :

Bahan:

15 kulit lumpia siap beli
1 bungkus bumbu kaldu kecil
4 buah wortel
2 buah bengkoang
taoge
2 tahu putih, potong kecil2
irisan daging ayam rebus secukupnya
daun bawang
1 bawang putih dan 2 bawang merah 
merica bubuk
gula pasir sedikit
putih telur untuk  perekat
Cara Membuat :
Iris wortel dan bengkuang bentuk korek api,
tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah di haluskan, tambahkan ayam,wortel,bengkuang, tahu ,daun bawang,dan bumbu lain dan sedikit air.terakhir masukkan taoge dan masak sampai air habis.
dinginkan,bungkus isi dengan kulit lumpia,rekatkan dengan putih telur. Goreng hingga matang.
0

Carrot Cake


Akhirnya setelah sekian lama ingin coba bikin carrot cake alias cake wortel..kesampaian juga kemaren. Dulu penasaran banget rasanya gimana. Pas di panggang sich harum banget kemaren..wangi gula palem dan kayu manis menyerbak di dapur....hasilnya ok..bagus..cake mengembang sempurna..texture ok..moist dan lembut rasanya enak,but bukan favorit Yodha dech kayaknya..apa dia tahu ya banyak wortelnya ..hehe..lidah nya kan sensi banget soal rasa cake..kalau suka dia akan minta terus..kalau gak suka ya cuma sepotong..udah...
( sama kayak Papanya..hihi..)

Lha anehnya aku juga gak terlalu suka ma rasa cake ini..walaupun enak..gak pengen nambah2 lagi..gak kayak cake tape kemaren..yang semua doyan dan habis banyak..yodha..papanya..aku sendiri..pengen bikin terus..hihi..

Tapi gak pa2..akhirnya cakenya bisa di bagi2 ke orang lain..dan bisa tetep diet tho..kerena gak cemal cemil melulu, tapi paling tidak pengalamanku dah bertambah,dgn mencoba cake wortel ini..jadi next kalau di butuhkan paling gak udah pernah bikin dan sukses..hehe..

Resepnya sich pakai resep dari cake fever.com, buat yang suka cake wortel..enakk kok.........

Next mungkin aku pengen coba jenis dan resep cake ini lagi..tapi wortelnya mau ku ganti dengan apel parut..pasti seger tuch..karena aku suka cake buah yang seger..ada rasa asem2 gt..
0

Next project....fruit cake

Setelah berhasil ujicoba berbagai resep cake tape keju yang enak..dan nemu resep yang pas..next..mau coba lagi resep fruit cake..secara dari dulu coba berbagai resep..belum nemu yang sreg..
Kemaren bongkar bongkar resep..nemu buklet resep dari Blue band jadul hasil hunting buku2 resep jadul di Pasar Johar Semarang....liat komposisi bahan..kayaknya ok...jadi tergelitik untuk mencoba..karena resep2 jadul kadang malah enak  loh..

ini dia resepnya :

Bahan :
200 gram Blue band
200 gram gula halus
200 gram terigu
3 kuning telur
1 putih telur
1 sendok teh backing powder
1/2 sdk makan moka pasta
100 gram kenari
100 gram kismis
100 gramcherry
1/2 sendok teh vanili

Cara membuat :
Blue band dan gula halus di kocok sampai putih. masukkan telur satu persatu,sambil terus di kocok. buah2 an di campur dgn sdkt terigu, sisihkan.
Tepung terigu dan backing powder di ayak jadi satu, masukkan ke adonan, kocok dgn kec rendah. terakhir masukkan buah2an ,sambil diaduk pelan dan rata.Oles loyang loaf dengan blueband, masukkan adonan. oven 170' c sampai kuning dan matang.

Satu lagi resep fruit cake yang teknik pengocokan kuning dan putih nya di pisah,biar tau beda rasanya nanti :

Bahan :

250 gram margarin
100 gram gula halus
1/2 sendok teh esen vanili
6 butir kuning telur
300 gram terigu prot sedang
1 sdk teh backing powder
100 ml susu cair
150 gram fruit mix
6 putih telur
1/4 sdk teh garam
100 gram gula pasir halus.

Cara membuat :

Kocok margarin,gula pasir dan esen vanili sampai lembut. tambahkan kuning telur satu persatu, sambil dikocok rata. masukkan terigu, backing powder sambildi ayak dan di kocok perlahan bergantian dengan susu cair. tambahkan fruit mix,sisihkan.

Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang, masukkan gula pasir , kocok  sampai mengembang . Masukkan sedikit demi sedikit ke campuran margarin,aduk perlahan.
tuang ke loyang tulban, diameter 20cm,tingggi 10 cm. Oven 50 menit suhu 180' c.

Setelah itu..pengen coba cake labu kuning juga,karena penasaran juga rasanya gimana:

bahan :
10 butir kuning telur ( banyak amat yach..hehe..gak terlalu suka cake banyak bgt telur sebenernya..^_* )
4 butir putih telur
150 gram terigu
100 gram kismis
100 gram blueband
300 gram labu kuning kukus yang sudah di haluskan
100 gram gula pasir
100 gram gula palm
50 gram kenari cincang
2 sendok makan gula halus

Cara membuat :

Kocok margarin sampai putih, masukkan labu kuning,sisihkan. Kocok kuning telur dan putih telur ,serta gula hingga mengembang. masukkan terigu dengan kec rendah,tambahkan kismis, aduk rata, tambahkan margarin dan labu,aduk rata.taburi kenari, panggang sampai matang.
0

Monday, October 17, 2011

tulisanku di detikfood........

Selasa, 04/01/2011 16:15 WIB

Resep Udang: Rempah Udang

Diah Didi - detikFood
Resep Udang: Rempah Udang Foto: Diah Didi  
 
Jakarta - Rempah udang ini rasanya komplit, gurih, sedikit manis, dan pedas. Enak dimakan sebagai lauk pakai nasi hangat enak. Atau untuk camilan juga gurih-gurih enak. Bisa juga buat pengganti perkedel di menu nasi k
Bahan:
1/2 butir kelapa setengah tua parut panjang
100 g udang,kupas,haluskan
1 butir telur ayam
Bumbu, haluskan:
2 siung bawang putih
½ sdt ketumbar
2 butir kemiri, sangrai
3 buah cabai rawit
¼ sdt merica butiran
½ sdt gula pasir
1 sdt garam

Cara Membuat :
  • Campur kelapa, udang, telur dan bumbu halus hingga rata.
  • Bentuk adonan menjadi bulat pipih atau bulat lonjong, sesuai selera.
  • Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecokelatan dan kering.
  • Angkat dan tiriskan.
Untuk 8 buah
0

tulisanku yang lain..di detikfood...

Senin, 07/02/2011 11:57 WIB

Resep Daging: Tongseng Praktis

Diah Didi - detikFood
Resep Daging: Tongseng Praktis

Foto: Diah Didi
Jakarta - Dulu saya males banget bikin tongseng karena harus dua kali masak. Sekali bikin gulai, bumbunya banyak dan ribet. Sekarang saya punya resep praktis ini. Rasanya tetap enak dan sedap lho meskipun pakai bumbu instan. Buktikan aja!

Bahan:
300 gram daging kambing/sapi,potong kecil
1 bungkus bumbu  gule instan
750 ml air untuk merebus daging
500 ml santan encer
Bumbu tambahan untuk tongseng:
6 butir bawang merah, iris tipis, goreng
3 siung bawang putih, iris tipis
3 buah cabai rawit, iris kasar
100 g daun kol, iris kasar
1 batang daun bawang, iris kasar
1 buah tomat merah, iris kasar
1 sdt garam
1 sdt garam
3 sdm kecap manis

Cara Membuat :
  • Rebus daging kambing dengan bumbu gule instan dan air.
  • Masak sampai daging empuk dan kuah menyusut.
  • Tambahkan santan encer, masak sampai mendidih.
  • Masukkan bumbu tambahan dan sayuran kecuali cabai rawit dan tomat.
  • Masak sampai sayuran layu, tambahkan bumbu jika ada yang kurang.
  • Masukkan cabai rawit dan tomat. Aduk sebentar, angkat.
  • Sajikan hangat dengan nasi putih.
Untuk 4 orang


0

re post lagi dari detikfood........

Rabu, 08/12/2010 15:08 WIB

Resep Kue: Putu Ayu Ketan Hitam

Diah Didi - detikFood
Resep Kue: Putu Ayu Ketan Hitam Foto: Diah Didi  
Jakarta - Putu ayu dengan tepung ketan hitam ini rasanya manis gurih. Biasanya saya buat untuk camilan sore hari dan kadang buat sarapan dengan secangkir kopi.
Bahan :
150 g kelapa parut kasar
1/4 sdt garam
3 butir telur ayam
1/4 sdt garam
75 g gula merah, sisir halus ( bisa juga pakai gula pasir uk sama )
25 g gula pasir
1 sdt SP ( emulsifier )
100 g terigu protein sedang
50 g tepung ketan hitam
100 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara Membuat :

  • Olesi cetakan putu ayu dengan minyak tipis-tipis.
  • Aduk rata kelapa parut dan garam,pipihkan di dasar cetakan putu ayu.
  • Kocok telur,garam,gula merah,gula pasir,dan SP sampai mengembang.
  • Tambahkan tepung terigu dan tepung ketan hitam sedikit demi sedikit secara  bergantian dengan santan, sambil aduk rata.
  • Tuang di cetakan yg sudah dilapisi kelapa parut.
  • Kukus dalam kukuasan panas  di atas api sedang selama 10 menit hingga matang.
  • Angkat, dinginkan.
0

Re post tulisanku di detik.food

Rabu, 11/05/2011 16:48 WIB

Resep Kue: Onde Onde Ketawa Keju

Diah Didi - detikFood

Resep Kue: Onde Onde Ketawa Keju
Foto: Onde Keju (Diah Didi) 
 
Jakarta - Camilan ini mudah dibuat. Rasanya beda banget dengan onde-onde biasa. Bentuknya merekah. Rasanya lebih renyah dan gurih banget karena memakai campuran keju. Bahannya murah dan mudah lho. Yuk, cobain!

Bahan:
100 ml Air
175 g gula pasir
1 butir telur ayam
2 sdm minyak sayur
100 g keju cheddar,parut
100 g wijen
Minyak untuk menggoreng
Ayak jadi satu:
300 g tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue

Cara Membuat :

  • Didihkan air dan gula sampai larut,dinginkan.
  • Kocok telur dan minyak sampai rata,masukkan sirup gula sedikit demi sedikit sambil di kocok rata.
  • Tambahkan campuran terigu, aduk rata.
  • Tambahkan keju, aduk lagi.
  • Bentuk bulatan-bulatan sebesar bakso.
  • Celup ke air,gulingkan ke wijen sampai terbalut rata.
  • Panaskan minyak goreng, goreng onde-onde hingga merekah dan matang.
  • Jaga api jangan sampai terlalu besar karena akan cepat gosong.3






0

re post lagi..dari tulisanku di langsungenak.com

Puding Pisang 12



Punya pisang raja masak pohon..rasanya sayang klu cuma di makan langsung..enaknya di bikin kudapan dech..mau di goreng udah biasa ya,di bikin pisang keju..biasa juga,di kolak..sering bgt..hemm..coba di bikin puding..ternyata enak juga lho..seger..bisa buat stock puasa nich..hehe..klu di bikin kolak kan gak awet ya..tp klu puding..lumayan..bisa tahan 2 -3 hari di kulkas..jadi..klu bosan makan kolak sebagai hidangan buka puasa..coba dech resep puding pisang ku ini..yang serasa makan kolak juga kok..cm lebih lembut..krn ada agar2nya..^_^..Ini dia resepnya :
Bahan :
1. Agar2 Swallow Globe warna putih 1 bungkus ( merk lain boleh jg,tp takaranku pk merk ini ya ..^_^..)
2. Gula Merah 200 Gram ( jika gak sk manis,kurangi sdkt boleh kok..jd 150 gram saja..),gula merahnya cr yg warnanya coklat tua / hitam pekat ya Moms..biar warna pudingnya cantik..^_^..
3.Santan sedang ( tidak terlalu kental,tidak terlalu cair) 800 Ml dr 1/2 butir kelapa parut
4.Pisang RAJA yang mateng( Klu belum mateng bgt nanti sepet rasanya klu di masak..hehe)..7 buah atau lebih boleh ( Pisang ini paling harum aromanya buat puding klu gak ada pisang kepok juga bisa, tp kurang wangi aroma pisangnya ya...)
5. Daun pandan 1 lembar( klu gak ada ganti vanili aja 1/2 sendok teh ,sm wanginya..hehe..
6.Garam 1/4 sendok teh untuk lebih memantabkan rasa manisnya..
Cara Membuat :
1. Kukus pisang raja asal mateng sj,jgn terlalu lembek ( kira2 5 mnt cukuplah..)
2. Cairkan gula merah dgn 100 cc/ml air, saring ya..
3. Campurkan santan,gula merah cair,agar2 bubuk,garam dan daun pandan
4. Panaskan di atas kompor sambil di aduk,agar santan tidak pecah
5. Jika hampir mendidih,masukkan pisang kukus yang sudah di potong kcl2 ya..sisakan st buah pisang utk hiasan di dasar cetakannya nanti..
6. Tunggu sampai mendidih,aduk sebentar biar aroma pisang menyatu dgn pudingnya,matikan api.
7.Potong sisa 1 buah pisang bulat serong utk hiasan,letakkan di dasar cetakan yg berbentuk bunga ya,taruh st iris di setiap kelopaknya, tuang rebusan agar sdkt sampai menutup pisang hiasannya..diamkan sebentar,kira2 5 menit ( agar hiasan pisang menempel dl di dasar cetakan dan tdk bergeser ktk di tuang sisa pudingnya )
8.Lalu tuang sisa puding pelan2 ya Moms..pakai sendok sayur,jgn langsung di tuang..nanti hiasannya rusak..^_^..tp klu gak sabar ya..langsung tuang bareng aja stlh mendidih,rasanya sama aja ,cuma penampilan kan kurang cantik ya..hehe..jd hrs sabar ya Moms..
9.Dinginkan dalam kulkas sampai mengeras ya,abis itu balik ke piring saji, Puding pisang yang cantik dan segar siap di hidangkan..
Tips,jika gak suka pisang,bisa di ganti kok pakai nangka, tentu akan lebih harum ya...
0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel