Google Ad

Monday, March 30, 2015

Oseng Mie Pedas



Hari ini kok sedikit rada pusing ya..hihi..efek mabuk durian berlanjut..karena setiap buka freezer..masih ada stock durian segar yang harumnya..beneran...bikin mabuk kepayang buat pecinta durian, dan bikin mabuk beneran buat aku yang jarang makan durian..hihi..*lebay..*. Tapi hari ini nanti mau bikin pie durian lagi..yang versi pie susu...hihi. Jadi tetep harus menaklukkan aroma si durian ini biar bisa deket-deket dengannya tanpa mabok.
21

Tips Memilih Durian



Pernah makan durian teman-teman ? Pasti pernah ya..dan banyak yang jawab sering..karena banyak pasti pecinta durian. Tapi kalau mabuk durian..pernah tidak ?..hihi. Aku..kemaren..mabok duren..beneran..bukan mabuk duda keren lho..hihi..tapi beneran mabok buah durian. Sampai kliyengan dan pusing dan mual..hihi. Karena seharian mengolah daging durian dalam jumlah banyak..dan duriannya kulitas super pula..jadinya maboknya kelas berat. Tapi   ya sekedar pusing aja..masih tahan sich. Tetep..mengolah durian lanjut..karena memang sudah komitmen untuk menerima job untuk develop aneka menu olahan durian.

Walaupun aku bukan penggemar durian..tapi alhamdulillah..dengan dapat kerjaan ini..jadi malah terbuka wawasanku tentang buat yang aromatik baunya ini..hihi. Kalau dari dulu di komporin Mba Elmi.."Mba..musim duren kok nggak bikin olahan duren ? "..atau ada teman yang minta request olahan duren..belum bergeming aku untuk mengolah duren. tapi..begitu dapat  job untuk develop produk2 olahan durian..jadi semangat mengeksplorasi aneka resep kue2 berbahan dasar durian ini. Dan ternyata...durian..jika di olah jadi aneka kue itu..lebih enak rasanya..di banding dengan di nikmati langsung..menurutku lho teman2..hihi. Buktinya memang kalau durian masih asli gitu aku nggak doyan..tapi..kalau sudah berupa es krim..dodol, atau kue2 lain..aku mau makan dan merasakan enaknya si durian.

Nah kemaren aku coba berbagai olahan durian..yang paling suka di buat wingko..enak banget ternyata..hihi. Jadi lebih legit dan harum, wingkonya. Selain itu di buat aneka kue2 lain juga enak. Nah..minggu ini..masih dapat tugas develop resep lain aneka olahan durian ya..awet untuk di jadikan oleh2..wah..siap2 mabok duren lagi nich..tapi..seneng juga..karena ini jadi tantangan baru buatku.

Nah..dari dulu yang aku nggak begitu antusias dengan durian..sekarang jadi banayk belajar nich tentang durian ini, bagaiman cara meilih durian yang baik, penyimpanan, serta  trik2 pengolahannya. Dapat ilmu baru dech. Jadi pelajaran yang ku dapat..jangan anti pati terhadap suatu hal..jadi misal nggak suka durian.terus nggak mau  menyentuh dan mengolahnya..hihi. Sekarang..semangat 45..untuk mencoba aneka olahan durian ya lain..^^

Tips memilih durian, yang aku dapat ilmunya dari sini , semoga bermanfaat buat teman2 yang suka beli durian nich ya..atau ad ayang mau nambahin..silahkan lho..
  1. Pilihlah durian yang bulat penuh, hindari yang durian dengan bentuk yang kurang simetris
  2. Perhatikan bagian bawahnya, pastikan durian belum pecah/ terbuka ( kebanyakan durian yang sudah pecah/ terbuka sudah kadaluwarsa)
  3. Periksa tangkainya. Untuk menentukan tebal dan tipisnya daging buah bisa dilihat dari tangkainya. Jika tangkai durian tebal dan pendek, sudah tentu dagingnya tebal, sebaliknya jika tangkainya panjang dagingnya tipis
  4. Cium aroma buah. Durian masak, bisa ditandai dengan mencium aroma buah
  5. Saat memilih durian jangan lupa tepuk-tepuk dengan benda tumpul, jika bergema berarti sudah masak dan bisa dikonsumsi
  6. Untuk menentukan padat dan lembeknya daging durian juga ada caranya, yaitu dengan memperhatikan kulit durian sendiri. Jika kulit terlihat berduri jarang dan besar-besar bisa dipastikan durian itu berdaging padat, tapi jika durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, daging durian pasti lembek. 
Daging durian itu jika di simpan di freezer bisa awet satu tahunan lho bahkan lebih, jadi buat teman2 yang punya usaha olahan duren..tak ada salahnya mumpung musin duren nich..simpan stock yang banyak di freezer ya..hihi. Biar bisa tetap lancar usahnya..nggak terkendala bahan baku.

Oke dech selamat hari Senin dan beraktifitas..semoga aku bisa posting resep2 lagi segera ya..^^



3

Saturday, March 28, 2015

Nutrisari W ' Dank Bajigur..Teman Lemburku..^_^



Sebagai seorang food blogger merangkap penjual online..merangkap kerjaan lain sebagai ibu rumah tangga. dll..mungkin jam kerjaku melebihi jam kerja kantoran teman-teman..hihi. Belum lagi jika dapat job lain seperti sekarang ini, aku dapat job membuat aneka resep olahan durian untuk kafe berbahan dasar durian di Semarang. Jadi, lembur hingga malam adalah hal yang sudah biasa, karena harus develop resep baru, update blog, mengurus orderan rutin produk jualan onlineku, dll..setiap hari. Jadi..di rumah selalu tersedia stock aneka minuman penghangat praktis siap pakai, sebagai teman lembur di cuaca yang tidak menentu ini. Ini aja..lagi hujan deres banget di rumah..jam segini baru sempat update blog..di temani..segelas Nutrisari W ' Dank Bajigur yang hangat. 

5

Friday, March 27, 2015

Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang



Sate jamur tiram....menu baru buat Yodha..dan langsung jadi favorit dia. Kenapa baru ?..Ya karena baru-baru ini aja dia mau makan jamur dan langsung suka banget. Selain pepes jamur..dia suka sama sate jamur ini. " Enak banget ya Mi..lebih enak dari sate ayam..! "..kata Yodha. Duch..Kakak Yodha..kemana aja ?..Bukannya dulu udah sering Mami tawarin sate jamur..hihi. Setiap..ke Yogya juga sering banget makan di Jejamuran..nggak pernah mau coba sate jamurnya..eh..begitu tau rasanya..ketagihan dia..hihi.

10

Thursday, March 26, 2015

Peluang & Tips Usaha Ayam Kremes


Kemaren beberapa teman yang order tepung kremesan dari aku minta saran untuk memulai usaha ayam kremes..beserta tips nya. Baiklah...biar bermanfaat buat teman - teman lain yang niat usaha serupa..aku tulis saja jadi satu postingan di web ya.
12

Wednesday, March 25, 2015

Tahu Gejrot Petis



Wah..udah siang aja ya teman - teman..waktu cepat banget berlalu..dan perut pun sudah lapar..tanda sudah waktunya makan siang. Tapi belum masak je..tadi pergi setengah hari ada urusan di luar..ngurusi paket, dll..jadilah..ini makan siangku...tahu gejrot..hihi. Bikinnya cepat..lha wong pakai tahu Sumedang siap goreng..tinggal buat bumbunya saja..itu pun..super duper..gampang dan cepat. 
8

Tuesday, March 24, 2015

Wedang Kacang Tanah


Wedang Kacang..mungkin banyak dari teman- teman yang baru mendengar nama minuman unik ini ya. Yapp..memang ini adalah menu minuman tradisional yang udah agak langka..khas beberapa daerah di Jawa Tengah..salah satunya di Semarang. Mungkin di daerah lain seperti di Solo..juga ada sepertinya wedang kacang tanah ini. Tapi beberapa resto terkenal di Semarang yang menunya banyak menu otentik tradisional khas Semarang menjadikan menu wedang kacang ini sebagai menu minuman otentik khas Semarang. Selain di resto - resto..di beberapa tempat warung wedangan khas Semarang juga masih ada beberapa yang menjual wedang kacang tanah ini.

14

Monday, March 23, 2015

Pesmol Ikan..Kurang Kunyit..Hihi



Di kulkas sudah nggak ada lauk tadi..belanja di budhe sayur nggak ada lauk tersisa..cuma ada ikan tawar kecil 1/2 kg..ya udah di ambil aja. Jadi ingat beberapa teman minta menu ikan kemaren2 ya..jadi aku niatin mau bikin pesmol ikan aja tadi. Eh..udah goreng ikannya..terus pas nyiapain bumbu2..lho..kok nggak ada kunyit..huhu..cuma tinggal 1 cm. Usut punya usut ternyata bumbu dapurku..kunyit dkk..di buang sama mba art ku di kira sampah..huhu.

8

Saturday, March 21, 2015

Icip Icip Menu Ala Kopitiam Di Madam Huang's Semarang


Weekend...waktunya icip - icip kuliner baru ya teman. Pas kebetulan tadi seharian ada acara..siang menjelang sore tadi kita mampir ke Madam Huang's..yang ada di Grand Edge..jl.Sultan Agung Semarang. Grand Edge ini nantinya merupakan hotel  dan food arcade yang berlokasi masih di Semarang atas...yang akan segera opening. Jadi memang nantinya akan jadi salah satu sentra kuliner modern di daerah Semarang atas. Nah..salah satu resto yang sudah buka di sana..dan kalau lewat itu kok sudah keliatan selalu ramai pengunjung adalah Madam Huang's ini. Jadi penasaran ingin mencoba mencicipi menu2 di sana dech. Kebetulan lokasi madam Huang's ini memang strategis, berada di depan food arcade Grand Edge nya..jadi tempatnya enak juga buat santai dan nongkrong.
14

Friday, March 20, 2015

Kroket Manis Keju



Maaf telat posting hari ini ya teman2..baru nyampai rumah nich..habis meeting sama calon klien baru..cey gaya banget ya..*klien...hihi. Iya..alhamdulillah rencana bulan depan mau dapat proyek kerjaan develop menu dan pengembangan resep untuk menu franchise kafe berbahan dasar durian. Jadi hari ini sibuk meeting tentang segala sesuatunya...semoga lancar dech..dan yang jelas harus menyelesaikan satu tugas deadline lagi hingga akhir bulan ini sebelum ngerjain proyek yang baru ini. Alhamdulillah..sibuk..tapi tetep menikmati semua pekerjaan ini...karena tetep urusannya sama dapur dan masak memasak..hihi. Dan beneran..ninggalin toko dunia mayaku sehari aja..banyak pending jawab email..inbox, sms..hihi..maaf ya teman2..jika telat balas2nya..Insyaallah aku lembur semua nich malam ini ya..sekalian packingnya juga lembur..hihi.
34

Wednesday, March 18, 2015

Iga Bumbu Bali



Beberapa hari nggak ke pasar..sampai kehabisan lauk di freezer..akhirnya bolak balik ayam, telur, tahu tempe maning..hihi. Lama2 kasihan suami dan anak jika bosan..akhirnya tadi pagi menyempatkan diri ke pasar..dan seperti biasa..freezer langsung penuh..abis ngeborong lauk..hihi. Memang sich banyak tukang sayur lewat..dan aku juga punya langganan budhe sayur. Tapi  karena pelanggannya banyak..budhe sayur ini laris manis..sampai rumahku itu udah siang..dan udah nggak punya apa-apa lagi. Jadi kalau beli di budhe sayur itu kadang cuma beli bumbu-bumbu aja atau sekedar nitip ini itu keperluan daapur..tapi tetep..mesti mampir ke rumah bentar. Tapi kalau beli lauk daging dll, aku lebih suka ke pasar..lebih komplit.
12

Tuesday, March 17, 2015

Bapel Kentang


*Live nich..laporan langsung dari dapurku teman2..hihi..aku tadi nyoba bikin bapel teman2. Bapel lho ya..bukan wafel..hihi. Emang apa bedanya wafel sama bapel ya ?..Kalau wafel tuch kan makanan Londo..kalau bapel ki kue Indonesia banget. Mungkin ya modifikasi dari wafel kali ya. Bapel itu adonannya pakai ragi dan lebih lembut dari wafel...dan ada aroma ragi yang khas gitu.

13

Tahu Ungkep Pedas Manis


Menu ini sebenernya variasi lain dari bacem tahu teman2. Tapi biar beda, aku ungkep dengan bumbu komplet...plus nekat tambahin cabai rawit di bumbunya. ternyata enak lho..hihi. Jadi ada rasa gurih..manis dan seger pedes udah merasuk ke tahunya, .unik dan enak. Tapi karena bumbunya komplet..jadi penampilannya nggak sebersih dan secantik jika di bacem biasa..jadi kita namakan tahu ungkep pedas manis aja ya teman2.
3

Monday, March 16, 2015

Risoles Tanpa Panir Ekonomis



Beberapa waktu lalu dapat email dari seorang teman pembaca web ini..request resep snack gurih untuk usaha rumahan..yang murah..meriah..tapi bentuknya besar. Hihi..bingung juga...aku ganti tanya..kira2 mau buat apa ? Target jualan harga berapa ?..katanya kalau di tempat tinggal temenku itu maksimal 1500 sudah di anggep mahal. Duch..tambah pusing kan..hihi. Aku kasih saran bikin gorengan aja yang umum2. Tapi katanya kurang di minati konsumen. Musti yang menarik dan beda dari gorengan biasa..seperti risol..atau lumpia gitu. Tambah bingung dech..hihi. Risol..itu biaya produksi lumayan tinggi ya jika buat usaha..karena pakai susu dll untuk isian ragoutnya, untuk kulit juga musti di lapis2 tepung panir..jika di jual murah..bukannya untung nanti malah dapet capek aja.

26

Sunday, March 15, 2015

Jajanan Jadul


Maaf ya teman2..dua hari libur masak..nggak ada apa2 sich..tapi lagi sibuk aja beres2 rumah..karena mba art ku lagi libur. Awalnya..cuma mau beres2 dapur..tapi keasyikan bersih2 hingga sore seluruh rumah...hihi. Eh malamnya lembur lagi..nonton drakor..hihi. Mumpung libur packing minggu...sengaja nonton drakor sampai larut malam..hasilnya..pusing dan sedikit meriang dech..hihi. Tapi..seneng..akhirnya nemu lagi drakor yang bisa membuatku nggak beranjak dari depan tivi semalaman..dan bisa ketawa atau berlinang air mata..setelah beberapa kali beli DVD drakor kecewa melulu. Tadi malam aku nonton *Pinocchio*..ih bagus dech ceritanya..ada lucu..sedih..campur..tapi endingnya..happy.  Ntar ya ku review jika aku nulis resep masakan Korea..hihi.

Nah..kalau sekarang ini mau cerita aja soal cemilan jadul nich..beberapa waktu alau di bawain suami dari salah satu umkm..yaitu sempe..dan arum manis yang bentuknya kayak rambut pirang..hihi. Ada yang masih ingat jajanan jadul ini..dulu...ingat waktu kecil..kayaknya enak banget ya..makan sempe..terus arum manis yang asli gula ini. Beda sama arum manis kapas yang banyak di jual di keramaian. tapi arum manis jaman dulu itu..bentuknya serpihan2 panjang kecil kayak rambut..dan jika di makan lumer di mulut. Manis sekali rasanya. Ya iya lah ya..kan dari gula murni. Arum manis jama dulu ini juga nggak pakai pewarna..jadi asli aja putih keemasan warnanya.

Arum manis..dulu di jajakan mbah2 keliling..di pikul gitu ya teman2. kalau sekarang beda..udah di jual di toko modern atau di  toko oleh2..jadi..serasa ada sensasi yang kurang..yaitu sensasi kenangan masa kecilnya...hihi...karena udah di jual di pasar modern. 

Kalau sempe..itu dulu juga salah satu jajanan jadul favorit anak2..rasanya itu tawar..renyah..sedikit manis..enak dech..dulu. Kalau sempe sekarang..kok berasa hambar gitu rasanya. Nah..sekali lagi pertanyaan menggelitik yang ada di pikiranku..benerkah sempe jadul itu kayak gini rasanya ?..Seandainya bisa..pengen mengulang kenangan masa kecil lagi..di mana dulu banyak penjual jajanan jadul yang otentik dan alami ya teman2 rasanya. Jadi penasaran..cara membuat sempe gimana ya..ah..kapan2 coba cari tau..dan mencoba membuat sendiri di rumah..biar nggak penasaran.

Ada lagi jajanan jadul yang aku dapat , tapi rasanya berbeda dari jaman dulu..yaitu bolu emprit..bolu dari gaplek..atau tapioka..rasanya walau agak keras, tapi itu dulu lumer di mulut dan ada aroma khas..karena terbuat dari tepung gaplek...sehingga warnanya agak buthek putihnya. Kalau yang aku temui sekarang ini..putih bersih atau di beri pewarna..dan kayaknya dari tepung tapioka biasa, dan rasanya super manis.



Jadi..tema hari ini jajanan jadul kenangan masa kecil. Adakah teman2 yang rindu jajanan jadul tertentu waku kecil dulu ?..Jika iya..tulis aja di komen..nanti jika aku punya resepnya..aku buatkan..dan di posting ya..biar bisa bernostalgia jajanan masa kecil..hihi.



21

Friday, March 13, 2015

Ayam Kuah Pedas



Hari ini hari terakhir mid test..jadi Kakak Yodha jam 12 kurang tadi udah pulang..padahal biasanya..sampai rumah jam 3 an sore. Jadi..biasanya aku masak santai2 aja..sebelum dia pulang. Eh tadi pas pulang langsung teriak.." Mi..lapar...! " Hihi..maaf ya Nak..jadi harus menunggu buat makan siangnya..akhirnya masak nasi kilat  nasi pakai presto , 6 menit mateng. Terus aku tanya Yodha mau makan apa..dia minta jamur rebus lagi..katanya..hihi. Maksud Yodha tuch pepes jamur..dia lagi suka banget pepes jamur tiram..yang cuma di kasih telur, sama garam..terus di kukus. Jadi kayak jamur di rebus katanya..tapi memang gurih..karena jamur kan sudah mengandung natural *umami* ya teman2,..jadi bumbu garam dikit aja udah enak.
3

Sup Rollade Ayam Udang



Punya daging ayam bagian dada..kalau langsung di masak biasa atau di goreng pasti pada kurang suka..jadilah harus di olah..jadi olahan lain dulu..misal..nugget, atau rollade gini..baru pada semangat makan dech warga di rumah. Ya memang daging ayam bagian dada itu lebih sehat..karena nggak banyak lemak ya teman2..tapi memang agak sepo dan kurang gurih. Yodha..kalau aku buatin ayam krispi pakai dada..pasti cuma di *krikiti* kulitnya..hihi...*padahal emaknya yo gitu juga..lol..*
10

Thursday, March 12, 2015

Bandeng Cabut Duri Krispi



Beberapa waktu lalu aku terima email dari seorang Bapak di luar Jawa yang menanyakan olahan bandeng krispi untuk usaha. Aku kira..bandeng kremes..jadi aku sarankan saja bandeng di presto terus di selimuti tepung kremesan. Ternyata..bukan itu yang di maksud bapaknya..tapi cara membuat bandeng krispi...yang bisa di kemas jadi olahan bandeng krispi fozen. Wah..kalau itu berarti bandeng kripi yang di lapis tepung seperti ayam goreng tepung gitu. Jadi olahan bandeng krispi ini bisa di goreng setengah matang, di kemas di wadah kedap udara..dan bisa di simpan di freezer jadi olahan frozen food. Hemm..sempat mikir juga dulu.." Bandeng segar..di buat krispi ?..Kan durinya banyak banget ya...? "
0

Wednesday, March 11, 2015

Ketoprak Bumbu Petis


Pengen makan sesuatu yang beda gitu tadi buat makan siang...karena buat sendiri..jadi bisa bereksperimen resep2 yang beda. Kalau aku serba doyan soalnya..hihi...makanan yang nggak sesuai pakem. Beda sama suami dan Yodha..yang suka protes misal..sayur ini nggak cocok..sama lauk itu..hahah. Jadi buat mereka yang masak lain lagi nanti sore. Kalau ibu ibu mah..pakai sambel aja..ayook makan..kalau para suami dan anak ya belum tentu mau ya teman2.
12

Tips Membuat Kulit Tortila



Yodha udah seneng ngemil..kadang nggak mau langsung makan..kalau pulang sekolah.mesti minta cemilan dulu. Kemaren dia cerita habis makan *lagsana di sekolah..hihi. Padahal biasanya kalau tak buatin makanan yang aneh2 gitu nggak mau coba..tapi..kalau makan di sekolah kok mau. Ya mungkin karena banyak teman rame2 makannya juga..terus laper kalau di sekolah apa2 jadi mau dech. Di Sekolah Yodha memang campuran ada murid warga asing juga..terutama dari Turki dll, jadi sering menu makannya malah unik2.

Selain itu dia juga cerita makan tortila..terus minta di buatin sendiri di rumah. Sebenernya aku nggak begitu suka sich tortila..itu..abis tawar rasanya gitu aja..hihi. Tapi karena Yodha minta..ya udah di buatin dech..eh pas mateng..kok protes..kok isinya nggak daging kebab..hahah. Ya memang cuma ku isi sosis aja kemaren.

Ya udah dech..ntar beli daging dulu ya Kak..hihi..jadi di simpan dulu dech kulit tortilanya. Jadi...karena di protes Yodha..tortilanya kok isi sosis..akhirnya nggak ku foto dech..nggak original..kata Yodha..hihi. Jadi aku posting dulu aja resep kulitnya ya teman2..isinya menyusul..jika udah punya daging..haha. Tapi sebenernya isian tortila itu ya bebas ya..bisa jadi tacos ala Mexico..atau jadi kebab isi daging...atau bisa isi ayam dan kacang merah tuch..jadi namanya chicken burritos..dll. Tapi karena Yodha pernah makannya yang isi daging..ya tetep ngotot..mintanya yang isi daging..hihi.

Membuat kulit tortila itu  mudah saja ya teman2..cuma tepung aja sich bahannya..sama sedikit minyak dan garam, di pipihkan lalu di panggang hingga muncul bintik2 bercak coklat dan matang. Kulit tortila ada yang dari tepung jagung..ada pula yang dari tepung terigu. Nah karena nggak punya tepung jagung..aku buat yang tepung terigu aja.

Kulit tortila ini rasanya yang gurih tawar aja..jadi harus di padukan dengan isian yang enak dan berbumbu ya teman2. Cara membuat kulitnya juga mudah...cukup di aduk hingga rata saja bahan2, jangan di uleni  kuat ya..agar tidak keras tortilanya.

Tortila..di masak dengan cara di panggang tanpa minyak. Jadi gunakan wajan tebal ya teman2. kalau andalanku buat manggang tanpa minyak ya..wajan besi jadul dech..hihi. Tahan banting dan nggak takut rusak. Tapi jika mau kulit tortila yang renyah..bisa juga di goreng..atau di oven..tapi rasanya mesti beda kali ya.jika di goreng.

Kulit tortila yang sudah jadi..juga bisa di simpan di freezer untuk persediaan.. jadi bisa di bungkus rapat, kemudian taruh freezer, jadi sewaktu2 mau makan tortila tinggal di panaskan kembali...dengan di diamkan dulu hingga suhu ruang kembali ya.

Oke dech ini dia resep dasar kulit tortila ya teman2..jika mau coba nich...resepnya isinya.sesuai selera saja  ya..soalnya kemaren aku cuma isi sosis..^^



Kulit Tortila

Bahan :
150 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh baking powder
1 sendok makan minyak goreng
Air hangat kira2 100 - 150 ml ( secukupnya hingga adonan bisa di bentuk )

Cara membuat :
Campur teirgu, garam, dan minyak, aduk rata
Tuang air sedikit demi sedikit hingga rata dan adonan bisa di bentuk
Bulatkan adonan kecil2
Giling hingga tebal 3 mm
Panggang di pan  sambil di bolak balik hingga kuning kecoklatan kedua sisinya.
Isi dengan isi sesuai selera

6

Tuesday, March 10, 2015

Sambal Korek & Tempe Goreng



Menu darurat paling enak sedunia nich teman2..haha. Dengan catatan..perut udah keroncongan..dan nggak ada lauk lain...lol..! Tapi memang enak kok...sambel korek mentah..di pakai buat cocolan tempe goreng yang gurih..super..enak. Misal di rumah cuma ada lauk telur atau sambal korek tempe goreng gini aku ya pilih ini dech.
14

Sambal Goreng Labu & Tahu


Sambel goreng labu siam..aku terbiasa makan dan masak masakan ini sejak tinggal di Semarang. Kalau di tempatku di Yogya..labu siam nich kurang populer..lebih sering masak pepaya muda di banding labu..hihi. Karena memang rasanya mirip ya..tapi kalau pepaya muda nggak perlu beli..tinggal petik aja di pekarangan..kepepetnya..bisa minta tetangga juga..hihi. Karena banyak di tanam di pekarangan rumah warga.
10

Monday, March 9, 2015

Churos Kentang



Ini dia hasil uji coba goreng churos pakai minyak padat yang aku posting ulasannya di SINI kemaren teman2. jadi minyak ini oke banget untuk menggoreng donat, ayam krispi dll. Tapi aku ndak jual lho ya..kalau minyak padat ini..takut di marahi JNE ntar kalau leleh di jalan gimana..haha. Bisa membasahi paket2 lain nanti. Jadi..jika mau mencoba..silahkan cari di toko bahan kue ya..biasanya yang besar ada kok..aku kemaren beli udah re pack dari merk terkenal minyak padat ini.
7

Sunday, March 8, 2015

Apa itu Minyak Padat ?



Sering banget dapat email atau inbox dari teman2..menanyakan..kalau goreng roti atau donat..kok berminyak banget..atau biar donat lebih awet gimana ya..? Nah..sebenernya..ada satu cara mudah agar donat..roti goreng atau gorengan lain yang biasanya di goreng dengan cara deep frying...agar tidak berminyak dan lebih tahan lama..yaitu menggoreng menggunakan minyak padat. Apa itu minyak padat ?
43

Satu Adonan Jadi Macam2 Lauk



Mau kasih judul resep ini bingung juga tadi..hihi..ya soalnya aku buat satu adonan ikan tenggiri dan udang..tapi bisa di jadiin macam2 lauk..hihi. Biasa mak Irit..selalu harus ada ide dong ngolah udang kupas yang tinggal 50 gram dan ikan tenggiri ukuran kecil dua buah yang aku beli kemaren cuma 10 ribu. Jadi modalnya kira2 15 ribuan nich..bisa jadi aneka macam lauk..atau untuk cemilan juga enak.

16

Saturday, March 7, 2015

Mendoan Rempah Bubuk



Beberapa waktu lalu dapat sample rempah bubuk dari Ibu Lily yang produksi kaldu bubuk non msg Alsultan. Karena kesibukan nich belum sempat banyak bereksperimen dengan rempah2 bubuk tersebut. Ada ketumbar bubuk, lada hitam bubuk, bawang putih bubuk, kunyit bubuk, kayu manis bubuk, dll. Memang rempah2 bubuk Alsultan ini super kualitasnya..harum alami semua...karena di buat dari bahan2 pilihan. Proses pengeringan dan penggilingan yang bagus..sehingga rempah bubuknya ini benar2 kering dan halus. Memang kelas premium sich..jadi harganya juga beda sama yang di pasaran. Jadi aku juga belum berani nyetok untuk aku jual langsung bumbu rempahnya..hihi. Yang berani nyetok cuma yang Alsultan kaldu bubuk non msg, karena paling laris juga.
11

Friday, March 6, 2015

Sego Gurih & Perkedel Daging


Yodha lagi sedikit demam..jadi libur ijin sekolah hari ini. Gara2 kemaren hujan2 an di sekolah katanya..jadi sedikit meriang dech. Tapi anehnya..malah doyan makan pas sakit ini..hihi. Jadi tenang dech. tadi pagi aja..makan dengan sambal goreng pedas lahap banget. Terus..aku buat brownies cup..habis 4 biji..makan jeruk..habis 5 biji..hahaha..sipp dech Kak...jadi malah cepet sembuh dech kalau suka makan.

12

Thursday, March 5, 2015

Tips Membuat Sagu Keju



Lagi lumayan sibuk baking nich teman2..jadi iseng tadi pas bikin sagu keju aku foto aja..waktu menyangrai sagu...dan jadi ingat banyak teman2 yang nanya seputar sangrai menyangrai tepung ini ya..baiklah..aku tulis aja..jadi satu postingan.
21

Bubur Mutiara

 
Suami lagi kangen sama bubur mutiara..jadi minta di buatin buat sarapan..ya oke lah..mudah saja ini. Dulu..ada tetangga yang asli Solo dan kontrak di dekat rumah..jualan bubur manis aneka rupa..ada bubur sum sum..bubur candil..bubur ketan hitam..bubur ubi dan juga bubur mutiara ini. Mungkin karena orang Solo..ya memang enak olahan bubur2nya..pas sesuai selera kami. Jadi kalau cuma pengen bubur manis pagi2..tinggal jalan kaki dech beli. Tapi sekarang orangnya udah pindah entah ke mana..hihi. Jadi..kalau mau makan bubur manis..ya harus buat sendiri dech. Karena..kalau beli di tempat lain kok kurang cocok rasanya.
25

Wednesday, March 4, 2015

Rollade Udang Balut Panir


Kalau ke pasar lihat udang seger2..nggak bisa nahan..pasti langsung beli..hihi. Aku suka banget sich sama udang nich..walau cuma sekedar di stock buat campuran aneka masakan..atau di olah apa saja pasti enak. Dan semenjak tinggal di Semarang ini bener2..udang tuch bukan kayak menu yang mahal lagi..hihi. Kalau dulu di Yogya..udang kan mahal..udah gitu nggak begitu seger2. Beda sama di Semarang..udang tuch selalu seger2 banyak tersedian di pasar..karena ya di sini banyak tambak ya..jadi kalau ke pasar salah satu bahan wajib yang di beli adalah udang ini. Apalagi Yodhaku juga udah mulai suka udang..tapi sebatas masing yang di olah lagi jadi bakso..kekian..dll.
21

Tuesday, March 3, 2015

Terik Tempe Semangit & Tahu


Beberapa hari masak oseng..pak Boss kurang berkenan..hihi. Soalnya suamiku itu sukanya menu2 berat seperti masakan Jawa sambal goreng..opor dll. Jadi kalau menu oseng2 kurang suka. Ya udah dech ngalahin ribet dikit masak yang bersantan2..sekalian bisa buat lauk Yodha juga..karena nggak pedas.

7

Monday, March 2, 2015

Pastel Isi Tumis Soun & Jamur

 


Tadi iseng ngabisin bahan seperti jamur kuping..ayam yang tinggal dikit..aku buat tumisan saja. rencana awal mau buat lumpia segitiga isi tumisan soun dan jamur ini..eh kok males ndadar2..ya udah bikin untuk isian pastel aja. tetep enak dan malah unik rasanya. Kalau biasanya aku kan bikin pastel suka isi ragout kentang dan wortel..nah kali ini  di isi tumisan soun dan jamur ini ternyata juga enak sekali. 
17

Sunday, March 1, 2015

Oseng Godong Kates


Hihi..judul menunya Jowo bangat ya teman2..aslinya oseng daun pepaya ini ..kalau bahasa Jawa daun itu adalah godong..biasa di singkat *dong*..unik ya..hihi. Jadi masih ingat dulu ibuku kalau nanya kami..mau masak apa..sayurnya..kami bilang..oseng dong kates..oseng dong so, bobor dong mbayung dll. Nah..salah satu sayur favorit rumahan kami adalah oseng dong kates atau oseng daun pepaya ini. Wah..jadi kangen ibuku..jadi aku masak oseng dong kates ala ibuku saja dech. Oseng daun kates ala ibuku ini bumbunya komplet..dan berani bumbu. Pedasnya harus berani..harus pakai tempe semangit..hihi..pakai pete ( petai ) dan rese ( rebon kecil2 ). Tapi karena aku nggak punya resep tadi..aku pakai udang segar kecil2..tetep enak juga..malah lebih gurih.
17

Ceker Kremes


Lama juga nggak bikin menu kremesan ya teman2..hihi. Kemaren2..saking seringnya bikin kremesan..sampai pada mblenger Yodha dan papinya. Nah..tadi karena udah lama nggak bikin kremesan..pada doyan lagi dech. Yodha...lahap tadi makan pakai kremesan. Tapi memang enak sich kremesannya..hihi..di makan anget2 pakai nasi putih kemebul dan sambal terasi..enak..kriuk2 gurih. Pas banget..apalagi jika yang di kremes ayam..ya tambah enak dech. Tapi tadi kok cuma punya ceker..hihi..yo udah..bikin ceker kremes aja...enak juga..malah seru makannya..sambil *ngrikiti* ceker yang gurih..hahaha.
9

Google Ad

Visit Our You Tube Channel