Google Ad

Showing posts with label Give Away. Show all posts
Showing posts with label Give Away. Show all posts

Sunday, January 24, 2016

Gulai Jantung Pisang Bumbu Kacang


Wah...cepat sekali weekend berlalu, kok ya sudah sore aja..baru sempat posting. Buat teman-teman yang tunggu pengumuman pemenang give away kloter terakhir, sabar ya..segera kok. Ini..seharusnya sich udah berakhir, tapi lanjut dulu coba resep - resep ya..harusnya kan sehari posting dua resep, untuk kloter terakhir nich, karena kesibukan cuma bisa satu resep tiap hari..jadi terpaksa mundur pengumuman pemenangnya ya teman-teman.

Hari ini ke pasar aku nemu jantung pisang bagus-bagus, jadi ingat salah satu resep yang berbahan jantung pisang kiriman mba Irene. Resep ini adalah resep teman mba Irene dan sering di masak bareng ketika libur kerja. Nah..aku pengen coba resep ini, karena unik, pakai bumbu kacang tanah yang di haluskan. Aku jadi penasaran rasanya seperti apa. Mba Irene pun awalnya heran,  masakan berkuah santan kok pakai bumbu kacang tanah, tapi setelah di coba, ternyata enak. Resep ini katanya berasal dari Medan.

Beneran aku tadi coba, memang unik dan enak. Tapi aku nggak berani sebanyak di resep kacangnya..takut terlalu kental, jadi aku pakai separo aja. Rasanya seperti gulai, tapi lebih gurih dan kental, karena memakai kacang halus di bumbunya. Nah..aku tadi kan bikin sate sapi bumbu kacang juga..jadi..waktu makan lontong ini..pakai bumbu kacang manis sekalian..wah..enak juga lho memang..hihi. Mungkin jika kacangnya sebanyak di resep, akan sekental bumbu kacang gitu kali ya.

Untuk maizena aku juga nggak pakai, soalnya aku suka masih berkuah, gulainya. Di sajikan dengan lntong, memang pas dan enak rasanya. Masaknya api kecil ya teman-teman, agar bumbunya benar-benar meresap. 
Oke.....selamat mencoba ya, jika suka, ini aku copiin resep asli dari mba Irene..:)

"LONTONG GULAI JANTUNG PISANG BUMBU KACANG"
Bahan :
3 buah jantung pisang
250gram tetelan sapi 
Bawang goreng untuk taburan
Lontong secukupnya
 
Bumbu halus:
5 buah cabe merah besar 
6 butir bawang merah
3 butir bawang putih
1 sendok teh ketumbar
Sedikit terasi (di goreng dulu)
2 cm kunir (di goreng dulu)
5 btir kemiri (di goreng dulu) 
1 buah serai di geprek
Lengkuas 2 cm di geprek
Jahe 2 cm di geprek
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk 
Garam, gula merah dan penyedap jika suka
1sendok makan tepung maizena
dilarut kan dg air untuk mengental kan kuah sayur
500gram kacang tanah sangrai di haluskan 
1000 ml santan kelapa sedang kentalnya 

Cara membuat: 
Rebus jantung pisang sampai empuk, tiris kan potong2 
Panas kan wajan kasih sedikit minyak goreng bumbu2 halus hingga harum 
Masuk kan tetelan sapi,daun salam,daun jeruk aduk sebentar masukan kacang tanah halus stelah itu masukan santan 
Rebus sampai mendidih masuk kan jantung pisang masak sampai empuk.
Masukkan larutan maizena. Masak sebentar matikan api.
Sajikan dengan lontong serta taburan bawang goreng


3

Thursday, January 21, 2016

Bubur Manado


Menu kali ini...kedua kalinya aku masak bubur Manado..pas Yodha sakit kemaren aku buatin untuk dia..dan sekarang aku masak lagi buat sarapan..sendiri..versi komplet..hihi. Lha Yodha sama papinya pilih sarapan roti..aku malas makan roti. Akhirnya..aku ingat masih punya ikan asin goreng sore kemaren..wah sipp nich..buat makan bubur Manado..Yummy..di makan anget-anget  plus sambal tomat..wah..sak piring bubur Manado hangat langsung habis..:D
8

Wednesday, January 20, 2016

Nasi Tiwul Kuah Sayur Telo


Wah..akhirnya bisa mengudara lagi teman-teman..Yodha udah sehat dan mulai berangkat ke sekolah lagi. Kalau lagi sakit itu..dia nempel kayak perangko..hihi. Di tinggal ke dapur bentar udah teriak..sakit..sakit..minta ini..itu..minta di temani, dll. Wis..ya namanya anak-anak ya..kita aja orang tua kalau sakit ya beneran tersiksa..apalagi mereka. Ya penting sekarang udah sehat..alhamdulillah...jadi bisa mulai masak-masak lagi dech.

5

Monday, January 18, 2016

Bolu Kambu Khas Makassar


Yodha agak meriang lagi hari ini..jadi nggak masuk..aku masak bubur Manado buat dia. Tadi agak bingung juga lauk yang cocok apa..secara Yodha nggak suka ikan asin, akhirnya ingat resep kiriman mba Mardhiyah yang belum aku coba, yaitu Bolu Kambu dari Makassar. Olahan ikan ini kayaknya cocok buat makan bubur Manado Yodha. 
7

Sunday, January 17, 2016

Nasi Balap khas Lombok


Lanjut lagi menu give awaynya ya teman-teman. Resep ini kiriman mba  Ummy dari Lombok. Nasi Balap adalah salah satu menu nasi bungkus aslinya ya..dari Lombok. Tapi karena ke populeran menu ini akhirnya, jadi menu khas di salah satu warung makan yang terkenal. Indonesia, kaya akan variasi nasi bungkus yang enak-enak..sebut saja  Nasi kucing dari Jawa Tengah, Nasi Ponggol khas Tegal, nasi Jinggo khas Bali, dll. 
10

Saturday, January 16, 2016

Dempel ( Perkedel Ikan )


Menu lauk buat Yodha hari ini..perkedel ikan..atau kalau di Cirebon, kata mba Sri Makin namanya Dempel. Lauk ini adalah lauk andalan ibu mertua mba Sri, yang memang tinggal di daerah penghasil ikan seger. Wah senengnya ya..tiap hari bisa makan ikan segar langsung dari laut. Di sana harga ikan sampai murah lho harganya teman-teman, karena tangkapan ikan melimpah. Wah..pastinya anak-anak di sana tumbuh sehat..bisa makan ikan segar tiap hari. Sebenernya sudah lama mau coba resep ini, tapi setiap ke pasar nanya ikan cucut kok nggak pernah ada, kemaren nggak sengaja penjual ikan langgananku nawarin ikan cucut, akhirnya bisa coba dech.
3

Friday, January 15, 2016

Oseng Gori Teri



Hari ini lanjut menu give away, hingga akhir Minggu ini ya teman-teman..mau ngebut kok ya ada kendala aja..kemaren ndak enak badan lagi..gara-gara begadang ngerjain kerjaan..hihi. Badan dan beda ya..dari jaman muda dulu..:D. Dulu tuch ya.kayaknya..pas umur-umur 20 an ke atas tuch jaman kerja..tidur 3 jam aja nggak apa-apa ya..sekarang udah umur kali ya..hihi..jadinya kalau kurang tidur..cepet meriang..:D. Kemaren itu waktu aku panggil tukang pijit, aku di tawari obat herbal dari teripang yang bisa buat tidur nyenyak..aku beli dech. Eh tapinya..bukannya bisa tidur nyenyak..malah nggak  bisa tidur aku..huhu..apa obatnya yang terlalu bagus, jadi aku jadi sehat terjaga nggak ngantuk..hahah.

4

Wednesday, January 13, 2016

Apem Putih Telur



Hari ini menu jajanan ya teman-teman. Kali ini aku coba resep kue apem..tapi nich kue apemnya spesial. Kenapa spesial..pakai telur ?..:D Nggak telur utuh sich..tapi pakai putih telur...jadi rasanya itu unik..dan hasil apemnya jadi menul-menul awet empuk hingga dingin. Apalagi jika di makan hangat..hemm..seempuk pukis lho..padahal bahannya tepung beras aja..nggak pakai terigu.
10

Tuesday, January 12, 2016

SOGOL Khas Bumiayu





Hari ini..telat lagi posting..maaf ya teman-teman..udah mulai sibuk ngerjain persiapan buku jajanan, terus ribet urusan di rumah..art ku sakit..huhu..repot sekali, mengerjakan semua sendiri. Alhamdulillah masih bisa mencoba satu menu baru resep give away kiriman teman, yaitu resep SOGOL, dari Bumiayu Brebes. Resep kiriman Mak Riski ini unik banget..aku baru pertama denger dan mencoba menu ini.
9

Sunday, January 10, 2016

Lodeh Cemplung Ubi


Tadi pagi kami jalan ke pasar Babadan...iseng..mau cari roti kelapa favoritku dan cari kue cucur kesukaan Yodha..hihi. Tapi ternyata..oh kecewa..roti kelapanya nggak semenul ( empuk ) dulu..sekarang seret kering kayak roti kolomben. Kata yang jual sich..mungkin kelapanya nggak sebanyak biasanya..karena kan lagi mahal kelapa..huhu. Jadi nggak terasa sama sekali memang kelapanya. Hemmm..kapan-kapan memang harus di niatin bikin kue ini sendiri. Kalau kue cucurnya Kak Yodha tetep suka..di pasar cemal cemil dech kita bertiga nyicip aneka jajanan. 
3

Friday, January 8, 2016

Soto Pacitan


Resep Give away hari ini menu kiriman dari mba Eka Trisnawati dari Pacitan, Jawa Timur. Menu ini merupakan menu warisan dari Nenek mba Eka, yang hanya di sajikan di keluarga mba Eka jika Lebaran tiba. Sebenernya di sajikan di hari lain juga nggak masalah..tapi sudah menjadi tradisi di keluarga mba Eka..jika Lebaran tiba..pasti, membuat soto ini ramai-ramai di rumah Nenek mba Eka, dan di sajikan untuk sanak saudara, bahkan para tetangga juga kebagian. Kata mba Eka..ratusan mangkuk Soto beredar setiap Lebaran. Hihi..pasti seru dech Lebaran di rumah mba Eka..dapat Soto Pacitan ini gratis..:D
3

Thursday, January 7, 2016

Rawon Iga Penyet


Ngebut posting menu give away ya teman-teman..moga-moga bisa selesai minggu ini. Kali ini resep kiriman mba Ussi dari Madiun. Sudah tau kan menu-menu dari Madiun Jawa Timur itu banyak yang terkenal ya, seperti Pecel Madiun, tahu telur dan juga rawon.
2

Rendang Keripik Kentang


Postingan hari ini telat banget..siang pulsa internet kok muter-muter nggak bisa upload..sore hingga malam mati lampu alias listrik di rumah. Ya udah..seharian coba beberapa menu give away aja..jadi telat postingnya. Mumpung listrik udah nyala dan nggak ngantuk, tadi udah tiduran bentar,  ya udah rekap orderan hari ini sekalian posting. Jadi ini postingan tengah malam..hihi.

10

Tuesday, January 5, 2016

Nasi Lesah Khas Magelang


Sesuai janjiku..minggu ini lanjut menu-menu give away ya teman-teman..jadinya telat banget hingga awal tahun..karena keterbatasan waktu dan tenaga..serta warga yang menikmati masakan di rumah cuma bertiga ini..jadi maksimal hanya bisa masak 2 menu. Tapi karena banyaknya resep yang masuk..dengan terpaksa sekali aku benar-benar pilih yang unik dan masih belum banyak di kenal ya agar misi melestarikan menu-menu tradisional khas daerah di Indonesia..sedikit tercapai.
6

Wednesday, December 30, 2015

Barongko


Alhamdulillah masih bisa posting satu menu give away lagi sebelum mudik. Aku jadinya besok mudiknya..soalnya ternyata tukang yang kerja di rumah..baru bisa selesai hari ini..ngerjain renovasi taman belakangnya. Ya udah, selesaikan dulu aja sekalian. Sekalian tukang satunya juga udah sembuh dari sakit, jadi ada yang jaga rumah dech selama kami pergi. Yodha udah heboh minta liburan..hihi..maaf ya Kak..telat..:)
6

Tuesday, December 29, 2015

Sambel Pecel Kediri


Masak apa hari ini teman-teman..atau nggak masak ya..lagi liburan pastinya di luar kota. Hemm..membayangkan kalau liburan itu tempat makan yang terkenal pasti antri dan penuh sesak ya..hihi. Jadi yang masih setia di rumah..mari masak aja yukk..nggak perlu antri dan berjubel, tetep bisa makan enak di rumah. Menu dapurku kali ini..baru sambel pecel tapi je..sayurannya belum matang. Tapi enak buat cocolan gorengan juga kok..jadi siapa yang mau nyuwil sambel pecelnya..silahkan..di kasih air panas, *di jeri*..istilah Jawanya..buat cocolan gorengan..hemm..enak. Sambel Pecel kali ini spesial, khas Kediri. Ada beberapa kota yang memang terkenal dengan sambel pecelnya ya teman-teman, antara lain Madiun dan Kediri. Masing-masing punya keistimewaan sendiri-sendiri. Nah kali ini yang aku buat, itu sambal pecel khas Kediri..kiriman resep dari mba Marisa. Resep ini otentik lho..resep warisan dan dari dulu ya seperti ini nggak berubah resepnya. Tapi resep dalam jumlah banyak sekalian ini teman-teman, jadi bisa buat nyetok sambel pecel sebulan, atau mau buat usaha..mungkin..oke juga kayaknya.
16

Monday, December 28, 2015

Telur Kukus


Alhamdulillah bisa posting dua menu hari ini. Menu kedua Give away, kiriman mba Rika..dari Kalimantan. Menunya telur kukus, yang kata beliau merupakan menu yang terkenal di masyarakat Tionghoa di Kalimantan Barat. Hemm..unik dech..aku taunya telur kukus ala Korea, yang mirip-mirip gini, tapi taburannya daun bawang. Jadi iseng tadi biar nggak sepi..aku taburi daun bawang juga selain ebi..hihi. Maaf ya mba Rika..nyalahin aturan..:D
14

Pangek Pisang Khas Solok Sumatra




Ngebut posting resep give away lagi ya teman-teman..nanti lanjut habis tahun baru dech jika belum selesai mencoba resep2nya..masih ada waktu dua hari ini, karena Rabu aku mudik ke Yogya dulu ya. Gara-gara sakit ndak berani liburan jauh-jauh dech, tapi kasihan Yodha juga jika nggak ke mana-mana, ya udah pulang aja. Mau pulang teman-teman yang nitip macam-macam udah banyak..gaplek..rambak Yogya..abu mrang..hahah..dasar tukang dagang..mau mudik aja..yo tetep kulakan....lol..! Besok tak ganti mobil yang muat barang banyak dech..soale kalau pergi-pergi mesti kulakan sekalian..hahah.
6

Sunday, December 27, 2015

Cobek Ikan Gurame Khas Sunda




Alhamdulillah...badan sudah enteng. Beneran enteng lho..karena sakit 2 hari aja turun beberapa kg..hahah. Asyik gak usah diet..lol..! Tapi memang belum bisa makan banyak beberapa hari ini..cuma beberapa sendok gitu udah kenyang duluan dech..tapi aku coba makan cemilan juga begitu..biasa cemal-cemil..eh ini makan satu..udah gak minat lagi. Memang mulut masih rada pahit kali ya..kalau habis sakit. Yang perlu di waspadai itu justru setelah pulih..biasanya..langsung pengen makan ini..itu..hihi.
3

Wednesday, December 23, 2015

Mie Ongklok Ayam


Judulnya unik ya..Mie Ongklok Ayam..teman-teman. Aslinya sich resep kiriman Ummu Salma ini ya Mie Ongklok, tapi untuk membedakan dengan resep Mie Ongklok yang udah aku posting dulu, aku kasih judul Mie Ongklok Ayam. Mengapa demikian..karena Mie Ongklok kiriman Ummu Salma ini, memakai daging ayam yang di potong kecil-kecil, dan di sajikan bersama kuah mie ongkloknya. Sedang yang aku buat dulu..Mie ongkloknya nggak pakai ayam tapi di sajikan bersama sate daging sapi. Semuanya enak sich menurutku, jadi sesuaikan selera saja ya teman-teman.
4

Google Ad

Visit Our You Tube Channel