Google Ad

Monday, November 14, 2016

Klappertaart Singkong



Resep ini sudah lama aku mau share...tapi lupa terus mau buat lagi untuk di foto. Sampai kemaren ada Miss ( Guru sekolah ) Yodha mau home visit ke rumah. Jumat sore Yodha udah wanti-wanti..besok Miss mau datang.."Tolong buatin Klappertaart singkong ya Mi..! " katanya. Aku kaget..lho kok Miss tau Klappertaart Singkong ?..Kata Yodha ternyata Miss nya pernah lihat video resep aku sama Yodha lagi buat ini..hihi..dan suatu saat Miss nya bilang..nanti mau nyicip jika ke rumah Yodha. Ternyata Yodha masih ingat request Missnya..hemm..perhatian banget dech Kakak..padahal udah lama Miss nya bilang gitu masih ingat dia..hihi.
7

Sunday, November 13, 2016

Tahu Krispi Tabur Bawang


Tahu Krispi...lagi...hihi. Tapi kali ini beda tehnik pembuatannya teman-teman..jadi lebih enak rasanya. Untuk tahunya...aku kukus dulu agar tidak berair. Nah sebelum di kukus itu di bumbuin dulu. Jadi  ketika  mau di goreng itu..tahunya sudah keset dan berbumbu..jadinya enak banget.
11

Friday, November 11, 2016

Sosis Selimut


Ini menu bekal Yodha tadi pagi...Sosis Selimut. Sosisnya kedinginan udah beberapa hari menginap di freezer dapurku..hihi..jadi di selimuti roti tawar..keju lembaran...terus di celup ke kocokan telur dan di gulingkan ke tepung panko. Masuk ke wajan berisi minyak panas...jadi hangat dech...dan masuk kotak bekal Yodha..hihi.
7

Thursday, November 10, 2016

Nopia Isi Gula Merah


Kemaren mati listrik seharian..bener-bener kacau semua kerjaan. Batere hape habis..kamera habis..air habis..pokoknya sengsara banget tanpa listrik..hihi. Mana orderan tepung Leker pas banyak banget..belum terpacking semua. Yang nyala di rumah cuma tab Yodha..isinya cuma buat you tube an sama buat main game..jadi tetep aja nggak bisa kerja juga. 

Sampai sore itu hujan lebat...belum nyala juga listrik..akhirnya cuma bisa leyeh-leyeh sama Yodha sambil buka You tube. Iseng lagi lihat-lihat You tube kok ada judul postingan Nopia..langsung aku lihat beberapa video. Dan salah satunya liputan langsung di pabrik Nopia..dari salah satu stasiun tivi.

Dan di syut juga cara pembuatan adonan dan isinya. Asyik..akhirnya tahu cara buat Nopia. Tapi..pas lihat juga jadi geli..lihat pegawai yang buat nggak pakai baju..hahah. Aduch..padahal aku suka banget Nopia ini dan sering beli. Jadi emoh dech beli lagi. Akhirnya pengen coba buat sendiri. Tadi di dapur bahan-bahan komplet..jadi langsung buat. Dan berhasil...walau    terlalu renyah sedikit kelamaan manggang..hahah. Tapi ya bener juga..kan Nopia memang Pia renyah dan keras kan ya kulit luarnya.

Karena di video takaran resepnya nggak ada, jadi di kira-kira saja..hasilnya seperti ini..pokoknya kuncinya itu adonan kalis tapi masih lentur, jadi mudah di bentuk-bentuk..begitu aja dech. Isinya selain gula merah bisa di kombinasi coklat juga..pakai coklat bubuk. Aku suka original gula merah aja. Aku pakai Gulanas..gula merah kristal atau gula semut yang praktis udah bentuk butiran..atau serbuk..jadi nggak perlu repot nyisir gula merah..hihi. Ok..langsung aja ini dia resepnya ya...selamat mencoba teman-teman....
Resep Nopia

Bahan Isi :
150 gram gula merah, sisir halus ( aku pakai Gulanas merah kristal yang praktis aja..udah bentuk bubuk..:D )
100 gram terigu ( sangrai )
1 sendok makan gula pasir
1 sendok makan susu bubuk
1 sendok teh margarin
1/4 sendok teh vanili
Air secukupnya

Cara Membuat :
Aduk rata semua bahan hingga bisa di pulung
Koreksi rasa, sudah manis atau belum sesuai selera

Adonan kulit :
150 gram tepung terigu protein rendah
1 sendok makan gula halus
50 ml minyak goreng ( secukupnya )
1/4 sendok teh garam
1/8 sendok teh vanili
Air secukupnya

Cara membuat :
Aduk rata semua bahan kulit sambil di tuangi air secukupnya, sedikit demi sedikit hingga adonan kalis, tapi lentur
Diamkan 15 menit
Adonan lentur dan kalis lalu di potong-potong, di pipihkan agak tipis, di beri isi dan bentuk setengah bulat
Letakkan adonan di loyang
Panggang hingga matang panas oven sedang yang sudah di panaskan sebelumnya

9

Tuesday, November 8, 2016

Kue Ku Lembut


Masih punya sisa Kumbu Kacang Hijau...sisa membuat Bakpao beberapa hari lalu...harus segera di manfaatkan, biar nggak kelupaan. Pilihan jatuh untuk membuat Kue Ku aja..karena lihat di rak dapur ada sedikit sisa tepung ketan putih. Pokoknya serba memanfaatkan bahan sisa...biar nggak terbuang. Jadinya buatnya dikit-dikit aja nich..hihi. Eh..masih ada juga sisa kumbunya..nanti di buat Onde-Onde dech.
9

Monday, November 7, 2016

Carabikang Jadul


Kemaren beli jajan pasar di pasar kok gemes...nggak ada yang sejadul dulu..hihi. Entahlah..sekarang kok pada jual jajan pasar itu banyak yang asal jadi..jadi kurang kukonoan rasanya...hihi..malah kekinian. Jadinya aku kurang suka. Misal Carbikang...kalau jaman dulu itu kan enak ada sedikit alot-alot liatnya...jadi malah teras jadul rasanya. Kalau Carabikang versi sekarang nich terlalu empuk..banyak terigunya.
7

Sunday, November 6, 2016

Kerang Hijau Lada Hitam


Menu Favorit Yodha nich teman-teman..Kerang. Pokoknya segala jenis kerang suka dia. Cuma kalau mau cari Kerang yang segar memang musti ke pasar Gang Baru sana..selalu ada Kerang yang masih hidup. Kalau di pasar-pasar biasa, kadang takut udah lama matinya..jadi amis. Ciri kerang hijau jika udah lama matinya..dagingnya jadi pucat putih. Nah..kalau masih segar, cirinya seperti di foto ini ya teman-teman..warnanya orang segar ya daging kerangnya.

1

Friday, November 4, 2016

Bakpao Isi Kumbu Kacang Hijau Pandan


Lama juga nggak bikin Bakpao...roti, dll. Bukan apa-apa sich...aku suka-suka aja buatnya, tapi kadang yang menghabiskan yang nggak ada. Maklum di rumah cuma bertiga, dan semua lebih suka yang gurih-gurih. Tapi kadang-kadang kangen juga..olah raga tangan..alias nguleni adonan..hihi. Menguleni adonan itu suatu tantangan...walau kelihatannya rumit, namun jika kiat sudah terbiasa, bukan hal yang susah kok teman-teman.

10

Thursday, November 3, 2016

Risol Isi Tumisan Udang & Jamur


Kemaren di pasar  lihat Jamur Kuping seger, kok ya main beli aja. Padahal belum ada niat mau di masak apa. Karena..kalau jamur Kuping gini Yodha kurang suka. Dia lebih suka jamur Kancing...jika di masak. Akhirnya aku coba buat isian risoles aja...di tumis aja campur bahan lain. Jadinya enak..dan Yodha doyan.

4

Google Ad

Visit Our You Tube Channel