Google Ad

Monday, January 9, 2017

Tekwan..Resep Baru



Tekwan, mungkin memang tak sepopuler Empek-Empek ya teman-teman jika di luar Palembang. Menu ini biasa di jual di gerai atau resto Empek-Empek khas Palembang ini. Kalau aku sering makan Tekwan di Empek-Empek Ny. Kamto. Suka aja seger kuahnya. Cuma kadang aku campur sama kuah cuko..hahah. Karena aku penasaran bikin sendiri Tekwan yang segar..aku jadi suka bereksperimen dengan berbagai resep dan belajar dari sana sini. Terakhir aku bandingkan beberapa video cara membuat Tekwan, dan aku kombinasikan sendiri sesuai seleraku. Alhamdulillah udah enak ini..dan mirip sama Tekwan di Ny. Kamto..dan aku lebih suka Bakso Ikan nya versi yang aku buat ini...nggak amis.
8

Sunday, January 8, 2017

Tempe Koro Bacem


Beberapa hari lalu, kita ke Yogya..menengok Eyang Yodha yang lagi sakit. Tiap ke Yogya...aku pasti belanja bahan-bahan yang tidak ada di Semarang. Salah satunya Tempe Koro ini. Tempe jadul...mungkin hanya ada di Yogya dan sekitarnya. Dulu Tempe Koro banyak di jual di pasar-pasar dalam kondisi mentah atau matang, bersanding dengan Tempe Benguk, yang masih kerabatnya. Bedanya, Tempe Koro lebih empuk di bandingkan dengan Tempe Benguk.
0

Saturday, January 7, 2017

Sate Salmon


Sekali-kali masak Salmon ya teman-teman..hihi. Ini gara-gara Yodha sering nonton AFC, Chef-Chef nya yang dari luar kan biasa masak makanan wewah seperti Salmon ini. Jadi Yodha mau coba juga. Dulu pernah beberapa kali makan Steak Salmon di hotel dan dia suka. Jadi kemaren pas ke supermarket lihat salmon masih fresh, langsung ambil dia..hihi. Lumayan sepotong 49 ribu..hihi. Beli dua udah hampir 100 ribu. tapi ya nggak apa-apa yang penting Yodha suka.

2

Friday, January 6, 2017

Kol Gulung Kukus Isi Ayam & Udang



Menu Diet lagi ya teman-teman. Tapi tetap enak rasanya...hihi. Kok nggak tega juga sama lidah yang terbiasa makan enak, jika harus benar-benar diet yang ekstrim dengan mengkonsumsi misal hanya bahan makanan tertentu. Jika diet ala aku..sebisa mungkin tetap bisa makan berbagai makanan, namun di olah dnegan cara yang lebih sehat. Itu saja..simple kan..ayuk..siapa yang mau ikutan..hihi.

Dengan menu-menu begini kan tetap yang lain bisa makan. Misal, kemaren aku buat Kol Gulung ini, sebagian isinya aku isikan ke kulit pangsit, terus di goreng, jadi dech menu Batagor Ayam Udang untuk Yodha dan papinya. Jadi nggak perlu repot masak menu lain ya. Dengan bahan dan adonan yang sama bisa jadi dua menu. Satu menu sehat buat yang diet, satu adonan bisa jadi menu lain buat keluarga. Jadi..sama-sama enak tho..hihi.

Jadi adonannya seperti adonan Siomay Ayam sebenernya, namun aku kombinasikan dengan kol, agar ada sayuran juga. Di makan dengan Saus kacang atau saus Dim Sum merah yang pedas manis itu juga enak rasanya. Pokoknya ini bisa jadi  kudapan atau menu makan malam ringan yang sehat. Jika mau lebih kenyang, bisa di tambah kentang kukus, juga cocok di makan dengan saus kacang, jadi seperti Siomay ya..tapi dari Ayam dan Udang.

Agar menggulung kol lebih mudah, di celup air panas dulu ya teman-teman..jadi kolnya lebih lemas. Kol ini jika di kukus rasanya manis. Sangat enak rasanya. Harganya juga masih relatif murah dan banyak manfaat. Jadi..ayuk...kita masak kol menjadi hidangan sederhana, namun enak ya teman-teman. Jika tidak punya food processor, cincang halus sekali ya daging ayam dan udang agar menyatu. 

Untuk saus Kacangnya, agar lebih sehat aku oven kemaren, jadi tanpa minyak sama sekali. Oven kacang dnegan api kecil sekitar 150 C hingga kering. Jangan terlalu panas ya ovennya, nanti mudah gosong. Atau jika mau sedikit repot bisa di sangrai. Atau jika lagi tidak diet, di goreng seperti biasa juga bisa, lebih cepat ya..hihi. Ini takaran bahan agak njlimet, karena sesuai stok bahan di kulkas..untuk ayam dan udangnya..hihi. Ini jenis adonan yang banyak Ayam dan udang di banding tepungnya ya, jadi mirip adonan Dim Sum. Jika mau yang versi ekonomis dan sedikit kenyal, hasilnya adonan lebih banyak..juga bisa pakai adonan Bakso Ayam & Udang yang memakai lebih banyak tepung, sudah pernah aku share resepnya di SINI. Ok... Selamat mencoba ya, jika suka....
Kol Gulung Kukus Isi Ayam & Udang

Bahan adonan isi  :
110 gram daging ayam bagian dada
80 gram udang kupas
1/2 sendok makan tepung maizena
1/2 butir telur
1 siung bawang putih ukuran kecil, haluskan
1/4 sendok teh garam ( sesuaikan selera, aku ganti kaldu ayam Alsultan yang no msg dan rendah garam karena lagi mengurangi garam )
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh saus tiram

Cara Membuat :
Cincang halus ayam dan udang atau masukkan ke food processor
Campur dengan bahan dan bumbu lain,aduk rata hingga lembut
Cicipi rasa dulu dengan merebus atau menggoreng sedikit adonan agar rasanya pas sesuai selera gurihnya
Siapkan beberapa lembar kol lembaran yang lebar
Celup kol sebentar saja di air mendidih agar lebih lemas
Beri isian adona Ayam dan Udang
Gulung
Kukus 20 menit hingga matang

Sajikan dengan Saus Kacang. resep Sau Kacangnya sama dengan resep Saus Siomay di SINI, namun bedanya, cabai dan bawang aku kukus. Buat yang nggak diet, di goreng seperti biasa ya jika mau warna sausnya lebih merah menarik.
Selamat mencoba 

DD

2

Wednesday, January 4, 2017

Spicy Korean Chicken Wings ala Yodha


Masih terinspirasi dari acara Korean food Made Simple by Judy Joo. Kali ini Yodha yang masak tadi. Dia ingin  mencoba Korean Spicy Chicken Wing. Tapi nggak mau terlalu pedas katanya. Akhirnya aku suruh dia goreng ayamnya sendiri, lalu aku kreasikan saus yang rasanya sedikit pedas manis aja, dengan bumbu sederhana yang ada di rumah. Rasanya tetap enak dan sesuai lidah kita..hihi. Jadi resep ini hampir sama dengan resep yang sudah pernah aku posting dulu. Bedanya..sausnya saja..ini lebih cocok untuk selera anak-anak. Tidak terlalu pedas.
2

Panfried Tofu ala Korea


Hari ini posting  menu diet lagi ya teman-teman...tapi ada juga nanti menu biasa yang di masak Yodha tadi. Jadi ceritanya, beberapa hari lalu kita nonton AFC..ada Chef Judy Joo..Chef dari Korea yang acaranya itu menu-menu Korea yang mudah dan simple. Yodha juga suka nonton. Pas episode kemaren itu lagi membahas tentang Anju atau aneka gorengan ala Korea. Ternyata di Korea juga ada aneka gorengan lho teman-teman. Aku suka nonton acara Chef Judy Joo ini, karena selain berbagi resep menu Korea yang mudah, sebelumnya Chef Judy Joo jalan-jalan dulu di Korea, lalu masak di dapurnya di London. 

Jadi acaranya seru dan menarik, resep-resepnya juga simple..walau kebanyakan tetap memakai bumbu khas Korea, tapi kalau buat aku sich nggak masalah, tehnik dan menunya saja yang aku adaptasi, kalau bumbu dan rasa, tetap ala Indonesia..hihi. Soalnya aku pernah mencoba bumbu-bumbu asli Korea seperti saus Gochujang, dll kok malah kurang cocok di lidahku..doyan..cuma nggak bikin nagih pengen makan lagi gitu..Lol..! Jadi jika mencoba menu-menu ala Korea di webku..sudah pasti palsu..nggak ori teman-teman..tapi di jamin lebih enak dan cocok untuk lidah lokal..seperti aku...hahah. Misalnya, waktu aku buat Korean Rolled Egg...tetep aku pakai bumbu ala Indonesia.
4

Tuesday, January 3, 2017

Onde-Onde Gepeng Panggang Isi Pisang


Onde-Onde, tak harus bulat kan..hihi. Ini aku buat Onde-onde Gepeng, karena pengen mencoba aku panggang Onde-Ondenya. Jadi otomatis kan harus gepeng agar lebih mudah matang. Dan uji coba berhasil lho teman-teman. Bisa matang juga Onde-Ondenya tanpa minyak sedikitpun. Sipp dech..jadi misi berhasil..membuat cemilan sehat tanpa minyak. Walau Yodha belum mau makan Onde-Onde..hihi.Baik di goreng atau di panggang aku belum berhasil membujuk Yodha untuk mau makan Onde-Onde, apalagi isi Pisang...hahah. Nggak tau kenapa Yodha kurang suka pisang. Apa mungkin udah bosan, karena dari bayi kebanyakan aku kasih makan Pisang..Lol !
9

Sunday, January 1, 2017

Balado Terong Bakar Sehat


Sesuai janjiku, aku akan selang seling share resep-resep sehat tanpa minyak ya teman-teman, atau jika pakai minyak sekedar untuk menumis, aku ganti pakai minyak jagung yang leboh sehat. Jadi..pelan-pelan saja kalau diet ala aku..bukan terus ekstrim makan cuma buah atau *raw food dll. tetap makan biasa, 3 kali sehari..hihi. Jika bisa tetap makan enak..cuma cara masaknya saja yang aku buat lebih sehat begitu. Jadi selain kita yang niat diet, keluarga lain di rumah juga masih bisa menikmati kan.

Tapi nanti aku akan share juga menu-menu biasa favorit Yodha dan papinya kok, tenang aja teman-teman..yang suka makan enak, tetap ada menu-menunya di sini. Tapi lama-lama mereka akan mengikuti juga kali ya, jika kita biasakan makan menu sehat..hihi. Tadi aku test ke Yodha dan papinya, aku kasih Ayam Goreng yang aku goreng pakai Air Fryer..eh mereka tetap suka. Katanya nggak ada beda kok rasanya sama ayam goreng biasa yang di goreng pakai minyak. Malah lebih keset nggak berminyak..kata Papinya Yodha. Sipp lah..pelan-pelan, nanti di biasakan gorengan ala Air Fryer, kan malah irit minyak..hahah.

Untuk menumis, aku sudah ganti dengan  minyak jagung dengan pemakaian minimal saja. Jadi tetap bisa makan enak, tapi sedikit lebih sehat, itu aja sich ya tujuan utama kita. Semisal, biasanya aku bikin Terong Balado ini, biasanya kan Terong aku goreng dulu....itu kan menyerap banget minyak. Sebagai gantinya sekarang aku masak Terong baladonya aku bakar atau panggang aja pakai teflon anti lengket tuch teman-teman, mudah kan. Nggak perlu alat khusus kok. Untuk bumbunya nggak usah di goreng dulu, langsung di  haluskan, lalu di tumis dengan sedikit minyak jagung. Jadi tetap enak, tapi lebih berkurang pemakaian minyak gorengnya.

Oke, karena banyak yang request, aku share ya resep Balado Terong lebih sehat ala aku :
Balado Terong Bakar

Bahan :
3 buah Terong, potong sesuai selera
1 sendok teh garam
200 ml air untuk merendam
Rendam potongan terong dalam air garam, lalu panggang atau bakar hingga matang

Bumbu Halus :
10 buah cabai merah
5 buah cabai rawit
1 sendok teh terasi bakar
1 bua tomat ukuran kecil
8 buah bawang merah
2 siung bawang putih
Ulek semua bahan di atas, tumis hingga matang dan harum
masukkan 1/4 sendok teh garam dan 1 sendok teh gula merah ( sesuai selera )
Tambahkan 100 ml air
Masak sebentar hingga meresap
Koreksi rasa hingga pas gurih manisnya
Masukkan Terong atau tuang sambal ke atas Terong bakar
Sajikan hangat
Selamat mencoba teman-teman

DD

Untuk lauknya yang pas, aku goreng Bandeng Presto pakai Air Fryer juga, seperti ini nich hasilnya teman-teman, tetap enak dan bisa kering luarnya, dalemnya tetap lembut. Jadi Tips memnggoreng dengan Air Fryer ini agar rasanya nggak sepo atau terlalu kering, jangan terpaku pakai lama memasak di mesinnya ya teman-teman. Sebisa mungkin harus kita cek waktunya sudah separuh jalan timernya, tujuannya agak kita tahu sudah cukup matangnya atau belum, karena kan bahan-bahan yang kita goreng berbeda, jadi perlakuan juga berbeda. Misal Bandeng presto ini, kan sebenernya sudah matang. Jadi kita cukup menggoreng sebentar saja. Jadi kuncinya harus kita cek sebelum timer waktu habis, karena nggak kelihatan dari luar selama proses menggoreng, sering kita cek ya, dengan cara pencet tombok *stop, buka dan lihat hasilnya. Jika kita rasa sudah matang, angkat dan keluarkan dari mesinnya. Jika belum, kembalikan ke dalam, lalu goreng kembali. Mudah dan praktis kok.





6

Ubi Madu Panggang Pakai air fryer



Lanjut ya review tentang alat dapur baruku ya teman-teman. Nggak maksud apa-apa kecuali kasih review ke teman-teman..agar punya pandangan, kira-kira yang kepincut ala ini, perlu beli atau tidak ya. Kalau aku sich memang niat buat pendukung program diet..hihi. Dan...diet tanpa minyak beneran di mulai hari in ya teman-teman. Oh iya, sebelumnya aku  mau mengucapkan Selamat Tahun Baru ya. Semoga tahun ini memawa berkah dan kebaikan untuk  kita ya teman-teman...amin.

Resolusi diet ku..mulai hari ini. Selain masa menu tanpa minyak dan santan, aku juga mengurangi gula pasir. Jadi untuk minum teh atau kopi aku ganti paka gula aren. Enak kok minum teh pakai Gula aren, cobain aja teman-teman...asal gula arennya yang kualitas bagus, rasanya tetap seger. Sebisa mungkin untuk cemilan pun menggunakan Gula Aren. Karena lebih sehat ya di banding gula pasir. Oh iya, Nasinya aku ganti juga pakai Nasi Merah. Diet ala siapa tuch ?..Ala aku sendiri..hihi. Soalnya aku sudah membuktikan dulu setelah hamil Yodha aku kan beratnya tuch sampai 70 kg lebih lho. Setelah umur Yodha setahun, aku mulai diet. Ya diet seperti ini, dan alhamdulillah berhasil langsing lagi dalam jangka waktu beberapa bulan saja. 

Tapi akhirnya kesibukan sebagai Food Blogger membuat berat badanku naik lagi...hahah. Lha tiap hari ada aja uji coba resep ini, itu..dan jika enak hasilnya sudah pasti kan cemal-cemil tiada henti...hihi. Jadilah sekarang nich mulai mikir. Usia semakin bertambah, jika kelebihan gula, lemak, kolesterol juga nggak bagus buat badan. Jadi tujuan utama diet juga selain misalnya bisa langsing lagi, alhamdulillah..jika susah langsing lagi, paling tidak bisa lebih sehat kan ya. Mengurangi lemak, gula dan kolesterol. Begitu saja sich, nggak  muluk-muluk cita-cita dietku..hihi. Semoga berhasil..doakan aku ya teman-teman.

Nah buat cemilan sehat nich, yang bagus yang seperti ini...Ubi rebus, Ubi panggang, Jagung rebus, Kacang, dll. Nah,..kali ini aku coba panggang Ubi Cilembu pakai Air fryer, ternyata berhasil..dan hasilnya lebih oke di banding di oven. Jika di oven itu perlu 1 jam manggangnya. Nah..jika pakai Air Fryer ini cukup 20 - 30 menit saja udah empuk dan lembut banget ubinya. Madunya juga keluar semua. Ngga gosong atau kering lho luarnya..*just perfect...pas aja semua. Jadi selain untuk menggoreng tanpa minyak, Air Fryer ini juga bisa untuk memanggang ubi, kentang, muffin juga lho teman-teman. Karena ukuran kecil dan panas tinggi serta merata, maka lebih cepat matang di banding di oven.


Oke, tunggu review aku yang lain ya tentang Air Fryer ini teman-teman.
6

Google Ad

Visit Our You Tube Channel