Google Ad

Sunday, December 4, 2016

Lentho Singkong Tempe Semangit


Olahan Singkong lagi...hihi. Kalau beli singkong itu aku suka lupa masak kadang teman-teman..jadi kadang lebih suka beli singkong masih kulitan agar lebih awet di simpan. Namun...kadang di pasar sudah di manjakan ya kita sekarang...banyak di jual singkong udah kupasan gitu. Jadi..kadang tergoda juga untuk beli...walaupun kadang-kadang akhirnya lupa juga masak..hihi. Nah nggak sengaja aku nemu tehnik menyimpan Singkong agar lebih awet..yaitu di rendam pakai air. Aku nggak sengaja juga sich. Beli singkong Minggu lalu, udah kupasan, aku cuci bersih. Lalu aku masukin wadah dan aku rendam air, biar nggak membiru maksudnya. Eh..sampai malam kok lupa masak. Akhirnya aku masukin kulkas aja dalam posisi terendam.

Dan sampai semingguan kok lupa mau masak singkongnya hihi. Baru  ingat kemaren..ternyata masih punya singkong di kulkas. Akhirnya aku tiriskan...aku cicipi sedikit..kok nggak pahit atau berubah rasa singkongnya...dan masih tetap keras..nggak lembek. Dulu aku pernah menyimpan singkong di freezer itu jadi lembek..nggak bisa di parut. Setelah aku coba parut..masih oke dech. Paling lebih berair dikit, tapi nggak masalah..bisa di peras. Akhirnya aku buat Lentho aja..tapi pakai Tempe Semangit.

Kedengeran aneh ya..Lentho kok pakai Tempe Semangit..hihi. Tapi percayalah ini enak kok teman-teman. Dapat resep ini dulu dari mba Ertiana waktu aku ada event Give Away. Rasanya enak sekali. Tapi kali ini aku sedikit modifikasi, aku tambah ketumbar di bumbunya...hem..tambah enak dech. Jadi rasanya itu seperti makan combro..tapi bukan di pisah isiannya..tapi di campur sekalian di adonan..hihi. Beneran enak kok teman-teman. Pilih tempe Semangit dari tempe yang sehat ya...jadi rasanya itu khas enak ada sedikit manisnya malah. Jangan yang udah jadi tempe bosok ya..nanti aromanya terlalu kuat.

Oke...Langsung aja ini dia resepnya ya teman-teman...
Lentho Singkong Tempe Semangit

Bahan :
2 buah singkong kupas dan parut
50 gram tempe semangit, hancurkan ( ulek agak kasar )
Bumbu halus :
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih, 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
5 buah cabai rawit merah ( sesuai selera )
2 ruas lengkuas, parut
1/2 sendok teh kaldu bubuk & garam secukupnya
1 1/2 sendok teh gula pasir

Cara membuat :
Campur singkong parut, tempe semangit dan bimbu halus, aduk rata dengan tangan. Cicipi rasanya dan sesuaikan selera.
Bentuk adonan berbentuk bulat pipih ( seperti perkedel kentang ) sambil agak dipadatkan supaya tidak hancur ketika digoreng. Apabila takut hancur adonan bisa ditambahkan 1 sendok makan tepung terigu ( kalau aku lebih suka asli singkong aja )
Panaskan minyak di wajan agak banyak dan goreng adonan sampai kuning kecoklatan

5 comments :

  1. Sama seperti camba mbk diah.aku simpan camba dr kacang ijo direndam air gt jg lupa , seminggu tak liat dikulkas masih bagus.itu dalam keadaan kecambanya sdh tak rebus tak simpan ditupperware terendam air rasanya seperti kecamba br direbus meski udah seminggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih infonya mba..asyik..iya suka nggak awet ya nyimpan kecambah di kulkas :)

      Delete
  2. mbak di kasih parutan kelapa setengah muda setengah tua makin maknyus,klo di trenggalek biasanya gitu enak low mbak.

    ReplyDelete
  3. Mbak Di, tempe semangit itu yg kyk gmn? Apa beda sm tempe2 pd umumnya?

    ReplyDelete
  4. Mbak Di, tempe semangit itu yg kyk gmn? Apa beda sm tempe2 pd umumnya?

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel