Google Ad

Wednesday, May 24, 2017

Lumpia Semarang Gurih


Lama nggak bikin Lumpia...hihi. Beragam resep Lumpia udah pernah aku share di web ini, dari yang versi Lumpia semarang goreng, basah, manis, hingga penggantinya pakai Bengkoang jika tidak ada rebung, lumpia sayur, tahu, jamur dll..semua ada di webku. 

Aneka resep Lumpia silahkan cek di link berikut ya, siapa tahu bisa jadi ide menu untuk takjil buka puasa...buat penyuka gorengan. Jadi..kalau biasanya berbuka dengan yang manis itu sunnah...kalau berbuka dengan gorengan..wajib..hahah...kadang kalau guyonan penyuka gorengan gitu ya. Tapi memang nikmat, berbuka dengan gorengan anget-anget ketika sudah hilang dahaga dengan minum minuman manis, dll.


Jadi silahkan di pilih mau bikin Lumpia apa ya teman-teman. Untuk kulit Lumpia, jika yang tipis aku lebih suka beli, praktis di sini banyak. Karena jika buat sendiri, repot dan ribet. Aku yang bikin biasa yang di dadar jika ingin kulit lumpia yang beda. Kalau yang di beset itu agak susah prosesnya. Jadi adonan seperti adonan roti yang lembek gitu kemudian di besetkan ke wajan besi panas. Jadi hasil bisa tipis. Aku pernah lihat di sentra industri kulit lumpia di Kranggan, kalau melihat sich mudah, tapi prakteknya susah..hahah. Kalau mau kursus di sana juga bisa lho..tapi mahal aku pernah tanya..3 jutaan..hahah. Ah..mending beli kulit lumpia jadi mah kalau aku..3 ribu bisa dapat 15 lembar udah tinggal bungkus...hahah. 

Oke..jadi hari ini aku mau share resep Isian Lumpia Semarang yang versi gurih ya. Jadi di Semarang itu Lumpia di pinggir jalan kebanyakan itu manis sekali...karena over kecap atau gula. Menurutku malah mblenger rasanya. Apalagi yang beli di pinggir-pinggir jalan. Jika mau Lumpia yang enak dan soft rasanya bisa di coba di Lumpia Gang Lombok. Di situ ringan aja isinya enak. Nah..kalai ini aku mau share isian Lumpia Semarang  yang rasanya ringan gurih aja..nggak manis banget.

Isian kulit Lumpia rebung banyak yang mengeluhkan aromanya yang agak kurang sedap. Sebenernya jika fresh..rebung itu nggak bau lho teman-teman. Yang bau itu biasanya sudah lama di rendam di air, atau rebung kaleng. Alhamdulillah kalau di pasar dekat rumah banyak rebung fresh yang baru terus. Tapi jika buat teman-teman, jika menemukan rebung yang kurang segar, rebus bebeberapa kali ya agar berkurang aromanya. Bumbuin dengan lebih kuat, tapi tetap seimbang ya gurihnya.

Oke..aku share resepnya ya..semoga bermanfaat buat teman-teman..dan selamat mencoba ya...:
Lumpia Semarang Gurih

Bahan :
Kulit Lumpia Siap Pakai

Bahan Isian :
500 gram Rebung segar , potong korek api, rebus
100 gram Udang segar, kupas, cincang kasar
1 sendok makan gula ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu jamur / ayam dan garam sesuai selera
2 sendok makan saus tiram
2 - 4 butir Telur ( jumlah telur sesuai selera, makin enak jika banyak telurnya )
100 ml air

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang
Masukkan Udang, aduk hingga berubah warna, sisihkan di pinggir wajan
Masukkan telur, buat orak arik
Masukkan rebung, air dan bumbu lain, aduk rata
Masak hingga meresap dan agak kering
Siapkan kulit lumpia, beri isi secukupnya
Gulung, rekatkan ujungnya dengan putih telur
Goreng hingga matang
Sajikan hangat ya, agar tetap kres rasanya


7 comments :

  1. Dear mbk diah....
    Aku punya temen orang salatiga... katanya lumpia yang isian rebung kalo aromanya semakin kuat (pes*ng) lebih nampol. Hahaha... padahal aku kalo lewat penjual lumpia di jl.solo(jgja) sambil tutup hidung..😷

    ReplyDelete
  2. Dear mbk diah....
    Aku punya temen orang salatiga... katanya lumpia yang isian rebung kalo aromanya semakin kuat (pes*ng) lebih nampol. Hahaha... padahal aku kalo lewat penjual lumpia di jl.solo(jgja) sambil tutup hidung..😷

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..tuch tmn mba blm pernah nyicip yg seger rebungnya mungkin 😃😃

      Delete
  3. Hallo mba Diah Didi, salam kenal mba.. mau nanya nih tp maaf melenceng dr postingan, hehe,mba Diah ada review ga ttg magic com yg bagus, sehat dan awet itu pake merk/type apa? Kalau mba Diah sendiri dirumah pake magic com apa ya mba? Mhn dibalas ya, mksh mba sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pk sanken mba yg putih dan merah seri terbaru 😊

      Delete
  4. Mbak diah biar kulit kres garing g gampang mlempem gimana ya. Kyk d semarang kn padet tp kresss gitu mbak 😁

    ReplyDelete
  5. Mbak Diah, terima kasih resepnya. Saya sudah coba buat. Wedeww..enak pake banget. Malah tau2 pengen dikasi buat temen2 yang besok mau piknik..orang rumah malah kusisain dikit aja. Oh ya mbak, saya pernah makan lumpia semarang tapi pakai cocolan saus kental rasanya manis gitu. Itu gimana bikinnya ya? Terima kasih.

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel