Google Ad

Wednesday, July 24, 2013

Stick Ubi Ungu Renyah


Masih..bertema ubi ungu..karena sekalian ngukusnya satu kilo tuch banyak ubi nya..daripada cuma di makan gitu aja..sayang warna ungunya yang cantikk..hihi..jadi di olah saja..jadi aneka makanan..salah satunya klepon ubi ungu udah ku posting di sini. Sekarang..stick ubi ungunya. rasanya enak..renyah dan terasa wangi manis dan gurih..khas aroma dan rasa ubi ungu..sayangnya..masih belum empuk kayak stick yang aku suka..jadinya renyah aja. 

Mungkin masih harus ku atak atik resepnya lagi..next time pakai kuning telurnya aja..atau pakai tepung ketan..pasti lebih enak. Tapi so far ini udah enak..cuma belum..*istimewa*...lebay lagi dah bahasanya..hihi. Yapp..aku  selalu bilang apa adanya ..kalau kasih tau rasa makanan..yang udah ku buat..jadi jika mau coba..ini bukan tipe stick yang bisa menggembung atau empuk ya..hihi..tapi versi yang renyah. Kalau rasanya sich udah pas..manisnya pas..gurih..dan wangi aroma dan rasa ubi ungu..warnanya juga..udah cakep..cuma..yang harus ku utak atik lagi..supaya bisa empuk..itu aja. Oke..nanti aku cobain lagi dech bikin stick ubi ungu versi lain.yang ini..aku posting dulu ya..sapa tau ada yang suka stick ubi ungu versi renyah dan kriuk2 gini..^^

Oke..jika suka stick ubi ungu dan mau coba..ini dia resepnya ya teman2..^^
Stick Ubi Ungu Renyah

Bahan :
Ubi ungu kukus 100 gram, haluskan
Tepung tapioka 100 gram
Tepung terigu protein sedang 150 gram
Gula halus 6 sendok makan
Telur ayam 1 butir
Garam 1/4 sendok teh
vanili bubuk 1/4 sendok teh
Margarin 1 sendok makan
Air 50 ml / secukupnya sampai adonan kalis
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
Campur semua bahan kecuali minyak goreng, aduk rata dan uleni hingga kalis.
Giling di gilingan mie bertahap hingga setebal 0.3 cm.
Potong2 menggunakan gilingan mie juga..pakai ukuran potongan mie yang paling besar.
Goreng di minyak panas api kecil sampai matang dan renyah.
Simpan di toples jika sudah benar2 dingin.




4 comments :

  1. mbak saya udah coba biki, trus kata temen2 yg coba rasanya udah enak. tapi kenapa ya mbak hasilnya kok agak kecoklatan?apa kebanyakan gula?padahal takaran udh sama. tapi kok gk sebagus punya mbk ya yg bisa ungu cantik gitu tanpa kecoklatan.boleh minta sarannya gk mbk?saran dr mbk sangat bermanfaat. terimakasih banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Vicka..proses dan peralatan yang di pakai juga bisa bikin hasil akhir masakan jadi beda Mba. Agar warnanya cantik..di goreng di api kecil dan minyak banyak..aku gorengnya juga pakai sistem deep fry pakai panci tebal berbahan stainless steel..jadi kalau goreng biar apinya kecil..panasnya stabil dan merata..hasil akhir gorengan nggak cepat gosong dan matang sempurna..:)

      Delete
  2. Mbak diah salam kenal :)
    saya uda coba resep ini jd nya enak sekali saya suka . Namun hasil jd nya pun kecoklatan pdhal resep dan intruksi di atas sudah saya ikuti . Sayapun memakai wokpan stainless dr bosch . Begitu stik masuk api saya kecilkan tapi ga kunjung garing , semntara dibesarkan apinya jadi kecoklatan . Salah nya dimana ya mbak ? Terimakasih .
    Shella-Bogor

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum mbak diah,,,makasih atas resep2nya y,,,saya suka baca resep blog mbak,,,,,terutama resep gorengan seperti stik,,,,,oia mbak saya mau tanya stik ubi saya koq kerasnya padahal sama sudh takaran bahannya,,,,,,yg buat keras apa ya mbak,,,,,mkah mbak (rika)

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel