Google Ad

Tuesday, July 30, 2013

Tips Membuat Ketupat Yang Enak


Wah..enggak terasa sebentar lagi Lebaran ya teman2. Menu masakan apa yang biasa di sajikan buat Lebaran di rumah teman2..pasti salah satunya ketupat ya. Ketupat..mudah sich membuatnya..nggak perlu repot2 ngayam sendiri selongsong letupatnya. Cukup beli di pasar banyak ya biasanya deket2 hari lebaran. Cuma kadang memasak ketupatnya yang perlu trik khusus supaya hasilnya enak..soalnya..kadang2 kalau bikin ketupat ada yang keras..atau lembek..dll.

Nah..mumpung masih ada waktu kita belajar dulu yukk..sama2..cara bikin ketupat yang enak...^^..biar sipp nanti hasil ketupat lebarannya..dan jadi lebih sepesial dech buat merayakan Lebaran nanti.

Tips Membuat Ketupat Yang Enak
  • Pilih selongsong ketupat siap pakai yang rapat, ukurannya sama.
  • Gunakan beras jenis IR 42 , karena beras ini bisa mengembang dan lebih banyak hasilnya untuk ketupat. Atau gunakan jenis beras yang sedang, yang tidak terlalu pera atau pulen. Kalau terlalu pulen berasnya ketupatnya cenderung lembek..
  • Cuci beras hingga bersih..lalu rendam beberapa saat, sebelum di masukkan ke selongsong ketupat.
  • Mengisi selongsong ketupat harus di perhatikan jenis beras yang di gunakan. Jika memakai jenis beras yang pulen, isikan 2/3 bagian. Namun jika memakai jenis beras yang pera..isikan 1/3 bagian kapasitas selongsong ketupatnya saja..karena nanti akan mengembang.
  • Masukkan ketupat yang sudah di isi beras di air yang sudah mendidih dan harus terendam semua bagiannya. Panas juga harus merata dan stabil..jadi lebih baik gunakan panci besar. Jika air menyusut, tambahkan lagi air, tapi jangan air dingin, melainkan air mendidih agar suhu tetep stabil.
  • Proses merebus ketupat ini bisa membutuhkan waktu minimal 4 jam atau lebih..tergantung jumlah ketupat yang di masak..jadi jika masak ketupatnya dalam jumlah kecil..lebih enak pakai slow cooker..bisa di tinggal tidur..paginya udah mateng sendiri dech..hihi.
  • Tiriskan ketupat dengan di angin2 kan dan di gantung..supaya lebih tahan lama.


7 comments :

  1. mbak diah blognya oke banget nih, trims ya udah share tips n trik yg menarik ;) jadi seneng bacanya, ohya ak mau tanya kalo masak ketupat di rice cooker bisa ga ya ? apa bisa jadi pengganti slow cooker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,..kayaknya nggak bisa dech Mba Meidina..soalnya kan perlu air dalam waktu lama ya..kalau rice cooker kan panas sekali..airnya cepat habis..sementara..klu pakai slow cooker..walau masak lama..tapi airnya cuma berkurang sedikit..^^

      Delete
  2. mbak diah, klo bikin ketupat dipanci presto pake air panas ato ga ? liat iklan panci presto katanya bs sejam aja masak ketupat, suwun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba kayaknya..tapi aku belum pernah coba..hihi..aku sukanya pakai slow cooker..:)

      Delete
  3. Mbak Di, klo pke slow cooker berapa lama masaknya?
    Mita , Kalteng

    ReplyDelete
  4. klo di presto saya biasa nya cm 30 menit ..lansung masukin tupat sama air dingin aja ..

    ReplyDelete
  5. 30 menit dihitung dari mulai udara keluar dari puncak nya

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel