Google Ad

Showing posts with label Tradisional. Show all posts
Showing posts with label Tradisional. Show all posts

Sunday, January 21, 2018

Tumis Jantung Pisang Bumbu Kuning


Kemaren aku masak Jantung Pisang lagi. Aku tuch kalau ke pasar suka belanja ke mbah2 yang jual aneka hasil kebun sendiri gitu teman-teman, karena jualannya ya unik-unik, misal sayur kluwih, jantung pisang dll. Kalau di Semarang kudu beli, satu buah 6 k, kalau di Yogya mah tinggal petik di kebon...hihi.
3

Wednesday, January 17, 2018

Sate Usus Bumbu Rujak



Kemaren ke pasar, ke tukang ayam langganan..eh udah kehabisan ayam. Banyak sich penjual lain, atapi aku lebih suka beli di langganannku itu karena selalu fresh dan baru ayamnya. Banyak restoran atau catering yang langganan di situ jadi di pastikan ayamnya selalu baru, karena habis terus.

5

Thursday, January 11, 2018

Urap Sayur Cuciwis


Sayuran Cuciwis..tau kah teman-teman sayur itu ? Ada yang bilang namanya Ceriwis, Criwis, Keciwis, Ciwis, dll...banyak dech namanya. Sayuran ini seperti Sawi, tapi lebih kaku daunnya. Jika di rebus terasa kres renyah renyah.
2

Tuesday, January 9, 2018

Resep Sambal Brambang Asem Daun Ubi



Menu sehat tetap enak ? Bisa banget kok teman-teman. banyak menu tradisional Indonesia yang enak dan sehat. contoh..Gado-gado, Lotek, Pecel, dll. Mau lebih sehat lagi di rebus semua..ini nich menu tradisional dari Jawa Tengah, di Solo atau di Semarang pun menu ini jadi menu sehari-hari. Namanya Brambang Asem. 

Udah sering aku post juga sich dulu pakai kangkung, pakai bayam, nah kali ini aku posting yang pakai daun ubi ya. Walau bumbunya hampir sama, tapi kok kemaren fotonya bening kinclong gini, sayang aja jika nggak di posting..hihi.

Daun Ubi yang di pakai daun Ubi jalar, pilih yang bagian muda aja ya teman-teman agar rasanya kres manis. Merebus daun ubi jalar ini jangan terlalu lama, rebus dengan sedikit garam, hingga warna berubah aja, jadi hijau cerah cantik. Jika terlalu lama di rebus, Daun Glandir akan berlendir, jadi kurang enak.

Jika di rebus sebentar saja, rasanya kan kres-kres manis, dan sangat cocok di padu sambal Brambang Asem ini. Rasanya enak sekali, seger dan pedes manis..enak. Gunakan Terasi enak ya teman-teman kuncinya agar rasa sambelnya makin mantap. Aku selalu pakai Terasi Juwana dong..rasanya tak di ragukan lagi..hihi. Salah satu best seller jualanku juga ini Terasi. Kemaren awal bulan baru kirim 20 kg ke salah satu restoran besar di luar Jawa...alhamdulillah mereka cocok pakai Terasi yang aku jual. Dari semua yang beli memang alhamdulillah bilang enak. Yang mau coba silahkan wa aja 089654712500 ya teman-teman.

Selamat mencoba ya resepnya....
Resep Sambal Brambang Asem

Bahan :
Satu ikat daun Ubi Jalar, rebus sebentar di air mendidih yang di beri sedikit garam ( atau bisa pakai bayam )
3 buah cabai merah, 3 buah cabai rawit merah
4 butir bawang merah, di bakar atau di rebus
5 mata asam jawa
1/2 sendok teh terasi bakar
2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1/4 sendok teh garam 
Cara Membuat :
Ulek semua bahan sambal, koreksi rasanya, harus ada manis, asam dan segar rasanya ya teman-teman.
Sajikan dengan daun Ubi rebus

1

Monday, January 8, 2018

Nasi Goreng Ikan Asin Jambal


Kemaren ke pasar, mlipir ke tempat ibuk yang jual aneka ikan asin langgananku. Rencana sich aku kepengen beli Ikan asin Pedo buat di pepes, eh sama ibunya di tawar Ikan asin Jambal, bagus baru datang katanya. Sebenernya aku agak trauma beli Jambal, karena dulu pernah beli itu keras kayak karet, takut ada formalinnya. Tapi ibuknya menyakinkan aku ini versi yang empuk dan enak. Akhirnya aku towel-towel ikannya kok memang empuk..hihi. Akhirnya aku beli dech.

0

Saturday, January 6, 2018

Mendol Khas Malang


Tahun baru kerjaan kok menumpuk...jadinya mau posting dari kemaren sampai ketinggalan teman-teman. Karena lebih cepat postingnya di instagram...hihi, karena selesai masak langsung bisa post pakai hape, jadi praktis kapan aja bisa langsung posting. Jadi jika mau update resep terbaru harianku, follow instagram aku ya teman-teman, @bunda_didi. Padahal banyak materi menu baru yang belum aku posting di web. Ayuk..semangat..semangat...!

4

Thursday, January 4, 2018

Krengsengan Daging



Hallo semua teman-teman....wah..maaf ya liburnya lama banget hihi. Baru kemaren aja pulang dari Malang. Seharian kemaren istirahat aja, terus beres-beres rumah, pijet dll..jadi hari ini sudah pulih dan siap berkarya lagi. Masak lagi..jualan lagi..udah bisa order lagi nich teman-teman..hihi.
7

Thursday, December 28, 2017

Tumis Soun Jamur


Ini menu simple dan enak...jika lagi malas masak yang ribet-ribet. Tumis soun dan jamur kuping cabai hijau. Jika di sini jadi menu hajatan atau menu prasmanan kondangan..hihi. Tapi bikin sendiri lebih sedep menurutku, karena bisa sesuai selera bumbunya.

5

Wednesday, December 27, 2017

Bubur Gudeg



Kalau akhir tahun gini suasanannya masih males ya teman-teman..maunya liburan aja..hahah. Apalagi melihat foto-foto liburan dari teman-teman lain di media sosial...jadi pengen kabur gitu dari rutinitas sejenak ke mana gitu. Sayangnya baru dapat tiket minggu depan..hahah. 
0

Friday, December 22, 2017

Lodeh Campur Putihan



Selamat hari Ibu ya bunda-bunda semua...
Buat para Bapak,  jangan lupa Kadonya ya...hahah

Menu hari ini favorit ibu-ibu sedunia..hahah..lebay dech..se Indonesia..maksudnya..eh di persempit lagi se Jawa Tengah kali ya...karena yang kenal lodeh model begini mungkin hanya di Jawa Tengah dan sekitarnya.
 
9

Sunday, December 17, 2017

Kue Legomoro Khas Kotagede


Waktu ke Yogya kemaren, aku sempat main ke pasar Kotagede, mau cari Kipo. Eh pas liat banyak penjual jajanan pasar di depan pasar Kotagede, kok aku malah tertarik sama jajanan unik, Legomoro.

0

Saturday, December 16, 2017

Oseng Usus Pedas




Punya Usus sedikit yang sudah empuk di rebus di kulkas, harus segera di olah, biar nggak kelamaan numpuk bahan di freezer, hihi. Aku suka menyimpan bahan, tapi ya nggak lama-lama waktu nyimpannya. Jika kelamaan ya beda aja rasanya. Yodha juga terbiasa lauk fresh gitu jadi tahu bedanya huhu. Jadi paling lama nyimpan bahan beberapa hari aja.
1

Wednesday, December 13, 2017

Oseng Tomat & Ikan Asap


Menu kemaren...judulnya Oseng Tomat aja dech ya teman-teman, karena menu ini banyakan Tomatnya di banding Ikannya hahah. Ikannya cuma 2 ekor, aku pakai ikan asap atau ikan panggang, terus tomatnya yang buanyak sampai 200 gram...hihi.
0

Tuesday, December 12, 2017

Sayur Lompong Bumbu Kuning


Hallo semua...udah kembali lagi di dapur nich aku...banyak menu yang udah aku masak, aku upload satu persatu ya nanti. Bulan ini lagi banyak motret produk endorse..jadinya kejar banyak deadline. Alhamdulillah bisa buat liburan akhir tahun Yodha...hahah.
1

Thursday, December 7, 2017

Sayur Bening Campur



Yodha sudah agak bosan makan lauk dnegan sambal. Nah...aku coba dengan aneka sayuran yang ringan bumbunya seperti Sayur bening, kok sudah mau sekarang. Walau masih pilih-pilih jenis sayurannya...tapi lumayan lah, daripada makan keringan lauk aja..hihi.
2

Tuesday, December 5, 2017

Lodeh Bumbu Iris Tempe Semangit dan Kacang Panjang


Kemaren aku masak ini buat diri sendiri...hihi. Lha kalau masak tempe semangit gini yang doyan cuma aku di rumah. Paling aku bagi ke Bude sayur langganan jika nggak habis. Kemaren beberapa hari kok agak males makan. Gantian yang nge drop dech setelah suami dan anak.
0

Saturday, December 2, 2017

Kue Getas, Resep Baru


Hari ini tumben ada matahari ya teman-teman...langsung ngebut motret dech tadi. Biasa hujan-hujan males motret, karena aku lebih suka motret makanan itu di luar ruangan dengan cahaya alami. Keasyikan motret tadi seharian, eh tau-tau udah sore aja.
0

Tuesday, November 28, 2017

Bebek Goreng Bumbu Bacem


Akhir-akhir ini aku sering masak Bebek, karena Yodha sudah suka Bebek. Dan kebetulan di pasar juga sering ada yang jual Bebek mentah sekarang. Jadi sering beli dech...karena harga juga tak jauh beda dengan Ayam. Jadi buat variasi  lauk Yodha aku semangat masaknya.
4

Monday, November 27, 2017

Oseng Pepaya Muda Bumbu Ebi




Hari ini aku masak Bebek lagi untuk Yodha dan Papinya. Kalau Emaknya udah mblenger..jadinya masak Oseng Pepaya Muda aja..hihi. Oseng pepaya muda ini sebenernya udah jadi menu harian dari jaman kecil. Cuma ajaibnya kok nggak pernah bosan. Jika lama nggak masak ini, kadang kangen aja rasanya.

0

Friday, November 24, 2017

Sambal Bawang Terasi Kering



Kemaren sore aku masak Terik Ayam. Nah..lagi mikir Sambal apa yang beda biar nggak bosan Sambal Tomat, Sambal Korek, dll.  Nah, jadi ingat Sambal versi keringan gini. Dulu pernah di kirimin teman Sambal Bawang campur Terasi aja ala Cirebon, hem..langsung kepikiran..di Bali ada Sambal seperti itu ya, namanya Sambal  Embe.

0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel