Google Ad

Friday, September 19, 2014

Gluten Free Fried Chicken


Buat teman2 yang punya keluarga yang alergi gluten..tetep bisa lho..makan ayam krispi yang enak..renyah lembut banget. renyahnya itu empuk dan kres..ringan nggak keras..karena pakai tepung kentang pati..atau potaoes starch. Lama juga ndak update menu2 pakai tepung kentang pati ini ya..hihi. Nah..ini salah satu ayam goreng favorit di rumahku akhir2 ini. Kalau pakai terigu biasa..Yodha dan papinya selalu bilang..mau yang kayak kemaren..hihi. Iya..soalnya memang lebih empuk dan kresnya itu renyah ringan empuk gitu..dan lebih gurih serta lebih bergizi buat anak2 ya..karena 100 persen pakai tepung kentang aja..ndak pakai campuran tepung lain....jadi gluten free juga kan teman2. Ayam krispi ini aku adaptasi resepnya dari chicken karaage ala Jepang yang memang di sana udah biasa pakai  potato starch ya..buat bikin ayam goreng. Juga untuk aneka makanan lain. Dalam bahasa Jepang kalau nggak salah ya..tepung kentang/ potato starch ini di sebut *katakuriko*..biasa untuk aneka masakan lain juga. Begitu juga di Korea..banyak masakan sana yang juga pakai tepung kentang pati ini. Kalau di Indonesia memang belum terbiasa ya..dan memang jarang yang jual tepung kentang pati ini. Makanya..aku jualan dech tepung ini..kan masih langka..hihi. Bentuk tepung kentang pati ini putih bersih..kayak tapioka..tapi kalau di buat goreng ayam gini nggak alot atau keras..justru bisa renah empuk..lembut dan ringan gitu renyahnya dan terasa ada rasa2 kentangnya gitu..enak bingits pokonya..hihi..susah di jelasin nich teman2..musti coba sendiri dech.

Nah..kalau chicken karaage kan bumbunya minimalis..cuma pakai kecap manis aja buat perendamnya..udah pernah ku posting di SINI ya resep versi asli Jepangnya. Nah..kali ini aku bikin ayam goreng krispi pakai potatoes stacrh ini..yang versi Indonesia..hihi..versi aku tepatnya..aku bumbuin komplet..baik di rendaman ayamnya atau di campuran tepungnya..aku bumbuin..hihi. Jadinya ya tambah enak dan gurih dech.

Oke..mau coba teman2..ini dia resepnya..mungkin ada teman2 yang masih nyimpan stock tepung kentang pati yang beli di aku..bisa buat ayam goreng  krispi gini lho selain buat cookies vanilla tepung kentang yang lumer di mulut..dan enak bingits  udah aku share dulu resepnya di SINI. Ya mau pesan..udah ready stock lagi lho..tepung kentang pati ini...hihi.


Gluten Free Fried Chicken

Bahan :
½ kg ayam, aku suka bagian sayap

Bumbu perendam :
3 cm jahe, geprek
2 siaung bawang putih, haluskan
¼ sendok the merica bubuk
1 sendok makan saus tiram
Garam sedikit jika suka lebih gurih lagi, karena saus tiram udah agak asin ya
1/4 sendok the gula pasir
Air 50 ml

Bahan pelapis :
Potatoes starch / tepung kentang pati 150 gram
Garam sesuai selera
Kaldu ayam bubuk ½ sendok teh ( optional )
Merica bubuk ¼ sendok teh
Bawang putih bubuk ½ sendok teh

Cara membuat :
Campur semua bumbu perendam, lalu lumurkan ke ayam hingga rata, biarkan 15 menit hingga meresap.
Panasakan minyak goreng hingga panas di api sedang, ambil potongan ayam, gulingkan ke tepung pelapis sambil di tekan2 dan di cubit2 hingga tepung menempel ke semua bagian ayam,, lalu masukkan ke minyak panas. Minyak yang udah panas, tandanya jika ayam di masukkan akan terdengar bunyi berisik.
Goreng hingga matang dan renyah.


No comments :

Post a Comment

Google Ad

Visit Our You Tube Channel