Google Ad

Friday, September 5, 2014

Donat Kentang..Menul Menul Empuk Tanpa Di Uleni


Pagi2 nggak sabar pengen laporan nich ke teman2..hasil bikin donat kentang pakai kentang seduh yang nggak perlu di uleni..super..duper..praktis..cepat..dan hasilnya..enak..menu menul..empuk bingits dan lembut di dalam , garing di luar. Cara buatnya ..mudah..bisa di sambi nyiapin persiapan Yodha sekolah..campur bahan2 sebentar, diamkan 30 menit..pas Yodha sarapan dll..donat di goreng..dan taraa..donat menul menul anget siap masuk ke kotak bekal Yodha hari ini. Berasa jadi Emak hebat dech..hihi..bisa bikin bekal Yodha dalam sekejap..karena minggu2 kemaren Yodha protes bekalnya cemilan kering melulu...bosan katanya..pengen donat dll. Ya udah..beberapa hari ini tiap pagi..nguplek resep2 dengan tepung kentang seduh...praktis dan cepat dech bikin bekal Yodha sekarang.

Nah..kalau sekarang, resep donat kentang super praktis tanpa di uleni ini, aku kombinasikan resepnya..dengan tepung kentang khusus yang cara pakainya tinggal di seduh..yang jadi andalan jualanku. Hasilnya jadilah donat kentang yang praktis dan menul2..empuk ..lembut di dalam..garing di luar. Pokoknya sipp dech teman2. Mau buat bekal anak sekolah..pasti di suka..buat ide usaha jualan donat..ya oke bingits juga nich karena lebih praktis bikinnya. Cuma memang harus punya sutil khusus donat ya..yang kayak gini nich..buat nyetak adonannya. Karena resep donat praktis yang nggak pake di uleni ini hasil adonannya nggak kalis..tapi agak lembek kayak gini..jadi musti di spuit ke sutil cetakan donat kayak gini..baru dech di masukin ke minyak panas, lalu di goreng seperti biasa. Sebelumnya sutil donatnya di celup minyak panas dulu ya. tenang nggak lengket kok..karena sutil donat ini dari bahan anti lengket. Cuma ya itu..yang jual masih agak jarang ya..aku nemu alat ini di Ace Hardware. tapi pas aku ke Ace lagi mau beliin teman2 kemaren2..eh udah habis..hihi. Jadi..silahkan kalau mau berburu di cabang2 Ace seluruh Indonesia ya teman2..hihi.


Tapi jika nggak punya sutil donat khusus ini ya tetep bisa kok..di sendokin aja..bulat2 gitu..hihi. Hasilnya nggak secantik kalau di cetak sich..tapi yang penting kan rasanya..sama enaknya. Yukk mari di coba ya teman2..resep mudah dan simpel ini. Yang mau order tepung kentangnya..juga..di tunggu lho ya..hihi..*sisan buka lapak pagi2...lol ! *..tinggal isi Contact Form di samping kanan atas itu atau mau inbox di fb juga boleh atau mau email aku langsung sambil tanya2..silahkan bingits..di bundadidi@gmail.com.
Jadi..slogan baru hari ini...biarpun sibuk..siapin bekal fresh dan enak buat anak2 sekolah..pasti bisaaa..Semangattt ya teman2..!  ^_^
Resep Donat Kentang Praktis Tanpa di Uleni

Bahan 1, aduk rata dengan whisk :
50 - 75 gram TEPUNG KENTANG SEDUH, seduh dengan 200 ml air panas kira2 ya..boleh di tambah atau di kurang sampai jadi adonan kentang kukus yang lembut . Timbang kentang  yang sudah di seduh, sejumlah 100 gram saja.
2 butir telur
50 gram mentega ( harus mentega ya..kalau margarin menggumpal nanti )
50 gram gula pasir

Bahan 2 , aduk rata :
200 gram susu cair ( misal ultra putih kotak tuch yang baisa di minum anak2 )
1/2 bungkus fermipan ( ragi instan )

Bahan 3, ayak :
300 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Aduk rata bahan 1, masukkan bahan 2 , aduk rata.
Tambahkan bahan 3, aduk asal rata saja..jangan terlalu kuat.
Diamkan 30 menit di tutup plastik.
Adonan siap di cetak dan di goreng sesuai selera. Kalau pakai cetakan sutil donat..celup dulu ke minyak panas ya cetakannya. Kalau nggak ada sutil donat ya di sendokin aja bentuk bola2 gitu.
*Atau jika perlu sutil donat..aku jual lho..email aja di : bundadidi@gmail.com atau inbox fb ku Diah Didi atau inbox page fb  ku Diah Didi's Kitchen..like dulu pagenya..ya.:) atau isi contact form di samping kanan web ini..jangan lupa tinggalkan no hp ya..buat jag2 kalau email teman2 kadang udah kadaluwarsa..hihi.
Goreng di minyak yang sudah di panaskan dulu tapi dengan api kecil hingga matang sempurna.
Noted : Tekture donat yang tanpa di uleni ini berbeda ya dengan donat kentang yang di  uleni..tapi sama2 enak, lebih empuk bahkan dari donat biasa, di simpan hingga 2 hari masih awet empuknya..jadi menurutku..lebih baik di coba dua2nya ya teman2..hihi. Jika mau lebih awet dan keset donat kentang tanpa di uleni ini, gorengnya pakai minyak padat, hasilnya lebih awet lagi, bisa tahan 3 harian. Tapi jika tidak ada, pakai minyak biasa juga bisa. Kalau yang donat kentang pakai Tepung kentang seduh yang versi di uleni....bisa di liat di SINI  ini hasilnya. Sama hasilnya menul2 dan enak ..cuma bedanya di rasa dan tekture..karena tehnik pembuatannya berbeda ya. 


Cara menyeduh tepung kentang seduh, sesuaikan kebutuhan ya tingkat kelembutan ya..jika untuk donat ini agak lemes dan lembut ya teman2 nyeduhnya..jangan terlalu keset kering , biar lebih mudah di campur adonan cair. Setelah di seduh..cukup kira2 50 gram saja yang di pake ya, seduh dengan air panas hingga lembut. Yang penting hasil akhir seduhan di timbang 100 gram saja ya.


Adonan akhirnya yang siap goreng, setelah di fermentasi 30 menit begini ya teman2..agak lembek, tapi nggak halus, kayak berserat gitu bagian dalam..itu tandanya adonan mengembang sempurna.


Selain untuk campuran donat..roti dll. Tepung kentang ini juga enak untuk membuat aneka cemilan atau lauk gurih..misal perkedel, kroket, kentang panggang dll. Contoh resep perkedel yang pakai tepung kentang seduh ini..bisa di lihat di SINI ya teman2. Lebih praktis, cepat dan ekonomis lho..nggak perlu ngupas2 atau menggoreng atau ngukus kentang lagi kalau mau buat perkedel...tinggal di seduh aja, di bumbuin, goreng. Jadi dech, untuk 100 gram tepung kentang..bisa jadi kira2 10 perkedel..lumayan  kan..hemat energi..hemat gas..dan super praktis serta irit..hihi.

Tepung kentang ini banyak banget lho manfaatnya, selain buat campuran donat, bisa buat perkedel praktis dan cepat, bisa buat kroket, kue lumpur, pom pom potatoes, dll. Atau bisa juga di buat skotel kentang kayak gini nich..resepnya mudah banget di klik saja resepnya di SINI


Oh ya..jika teman-teman butuh sutil donat..aku jual lho. Yang aku jual seperti ini ya..sekarang dari bahan stainless. Jika minta bisa inbox aku di fb, email di bundadidi@gmail.com atau jika serius mau order..bisa langsung sms  089654712500 ( SMS only...)

 

41 comments :

  1. Aduh mba...aku n anak seneng bgt makan donat:-) tergoda deh bikin lagi... Tapi di t4 ku susah cari cetakan donatnya...aq cari di ace jg ga ada je.. Flake kentang nya jg dah abis :-)
    Oh ya mba, resep dari tepung kentang nya tambah doong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok mba..siappp ntar di posting satu per satu ya..:)

      Delete
  2. udah direngekin anakku nih mba bikin donat qiqiqi dia seneng banget beli donat dan ternyata kalo pake flakes ini ngga perlu nguleni, soale males nguleni qiqiqi tfs mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera di coba ya Mba..hihi..mudah bingits..:)

      Delete
  3. Mbaa...klo pake margarin tp dicairin dulu bisa gak ya? Dulu pernah nyoba resep org yg gak diuleni, dia jg pake mentega, tp bisa pake margarin yg dicairkan dulu spy mudah tercampur. Kira2 diresep mba bisa gak? Mau eksekusi tp gak nyetok margarin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bs tpi jgn sampai mencair ya mba..cukup sampai lumer aja..:)

      Delete
  4. ahhh,,,jadi ngiler... mari ah inbox mak Diah :D

    ReplyDelete
  5. pakai cetakan gitu jadi ukurannya sama ya mbak

    ReplyDelete
  6. Mba diah...kalo pake cetakan donut mini listrik bisa nga yah?? Soalnya nga punya cetakan kyk mba diah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain mba..bisa kayaknya ya..kan adonan lembut..:)

      Delete
  7. Mba, aku dah coba pake margarin. Enak, menul2 dan dlmnya empuk bgt...hehehe, mantep mba. Klo lg males nguleni, ya ini resep yg uenaakk. TFS yo mbaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Riani..:) Cobain yang versi di uleni juga mba..:)

      Delete
  8. Mbak resep ini bisa dibuat utk donat frozen tak? Klo bisa caranya gimana ya? Hehehe

    Trims,
    Dwi

    ReplyDelete
  9. Mbak, saya mau pesan potato flour n flakes nya..gmn caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. email aku di bundadidi@gmail.com..atau isi contact form di pojok kanan atas itu ya Mba..nanti tinggalin no hp aja..:)

      Delete
  10. Klo dipanghang bisa ndak mbak, adonan ini

    ReplyDelete
  11. mbak diah, aku udah nyoba resepnya..enyaaak pake banget donatnya, empuk dan menul2, mana gak pake acara "gobyos" nguleni hehehe..udah buka kah mbak lapakonline-nya? kalo udah buka, minta alamatnya donk
    *hugforthebestrecipe*

    ReplyDelete
  12. mbak diah aku dah nyoba, jadi sih bisa menul tapi kok adonannya engket banget ya jd aku gak bs bentuknya trus mau diisi coklat susah banget, gmn ya salahnya kok bs lengket banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya nggak salah mba..adonan memang lembek..kan ini donat yang nggak pake di uleni..kalau mau isi coklat pakai resep yang di uleni biasa ya..:)

      Delete
  13. Mba Diah akhirnya dapat juga sutil donatnya di Daiso :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sippp mba..di Daiso mana tuch mba..banyak temen yang masih cari2 soalnya..:)

      Delete
  14. Mbak TEPUNG KENTANG SEDUH nya murni dari kentang atau ada bahan tambahan lain? misalnya pengembang dll ? Terus ngebedain mentega sama margarin gimana ya? yang suka dijual sachet an di supermarket itu margarin, kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murni mba..coba search beda mentega dan margarin di cooking trik & tips udah pernah ku ulas :)

      Delete
  15. Mbak diah, ngile nihh penhen nyoba bikin...beoi tepung kentang seduhnya dimana yaaa? Tq

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum mbak Diah, Plz cek email yah, sy mau order Thx u :-)

    ReplyDelete
  17. salam kenal mbak Dyah... Mbak mo nanya nih... sutil yang stainles udah pernah mbak coba , gmn hasilnya? samakah dgn yang mbak beli di Ace? Kalo sama aku mau ya mba...

    ReplyDelete
  18. mantap nih, cocok buat makanan dirumah ..
    coba buat donat kentang di dapur ah dengan resep ini :)
    thanks

    ReplyDelete
  19. Hai mba...kayaknya aku udah telat bgt. Sutil donat msh ada gak? Dan harga berapa. Aku udah nyari2 di ace ga ketemu.

    ReplyDelete
  20. seneng bgt baca resep mbk diah, kreatif2 bgt, aku pengen buat donat nih mbk tp toping coklat blok nya di ganti pake coklat bubuk bs gak ya? trus resep membuat toping dari coklat bubuk nya gmn ya?..thanks mbak diah...

    ReplyDelete
  21. mba diah yg baik hati....donat nya enak bgt, aku dah coba, tapiiii...pake sutil nya koq di cetak lari2 ya adonan nya, ga bisa diem, jadi ga bagus deh bentuk ny...

    ReplyDelete
  22. Salam kenal Mbak Diah..Kemarin saya temukan Sutil donat Alm.Mami saya,tapi saya tdk punya resepnya,Alhamdulillah saya temukan resep Mbak Diah,saya mau coba resepnya tp saya blm ada tepung kentangnya,bisa tidak diganti dengan kentang rebus/halus biasa,harus pakai tambahan fermipan/ Sp tidak,Sukses selalu Mbak..Trim's 🙏

    ReplyDelete
  23. Mlm mba diah. Misal ngga pake tepung kentang apa bisa mba? Maturnuwun.

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel