Google Ad

Showing posts with label Tradisional. Show all posts
Showing posts with label Tradisional. Show all posts

Monday, November 20, 2017

Pindang Suwir Cabe Hijau


Masih memanfaatkan Ikan Pindang yang tersisa, aku buat tumis cabe hijau aja. Jika lagi ke pasar dan ketemu Pindang bagus memang suka kalap beli beberapa keranjang sekalian. Tapi karena memang suami suka, aku juga suka, jadi nggak pernah bosan di olah jadi apa aja Pindang itu.
5

Sunday, November 19, 2017

Sayur Pedas Buncis & Tempe



Hari ini masak sederhana aja..Sayur pedas santan, seperti sambel goreng sich, tapi ini lebih seger aja, Karena sebenarnya walau nampak merah merona, itu cabainya cuma sedikit. Kalau Sambel goreng itu cabenya musti banyak. Kalau Sayur pedes biasa itu rasanya, karena  cabainya nggak terlalu banyak dan ringan rasanya.

1

Saturday, November 18, 2017

Ayam Bacem Bungkus Daun pandan


Aku punya kebun kecil di belakang rumah, yang isinya kok kebanyakan pohon Pandan hihi. Udah sering di pakai buat aneka makanan , bubur, dll yang butuh Pandan, nggak habis-habis, malah tambah subur aja..hihi. 
2

Friday, November 17, 2017

Bolu Durian


Waktu ke pasar kok masih ada aroma Durian di penjual buah langganan. Iseng tanya harga, kok masih murah. Ya udah aku beli aja,  kayaknya stok terakhir kata yang jual...hahah..percaya amat ya aku. Dasar memang lagi pengen baking aja..jadi kepikiran bikin Bolu Durian, karena dari dulu penasaran, jika di buat Cake enak atau tidak Durian itu.
2

Lontong Gulai Kikil



Kemaren libur posting ya teman-teman, lagi ada acara, mengisi kuliah umum di UNNES jurusan PKK. Kemaren sibuk bikin materi dadakan. Lha awalnya tak kira materinya tentang usaha kuliner berbasis potensi  bahan lokal, jadi usah nyiapin itu..ternyata materinya Potensi lokal dan Pariwisata hihi...akhirnya malam bikin materi lagi dadakan...mau posting udah nggak sempat..hihi.

8

Wednesday, November 15, 2017

Taoge Goreng


Sudah lama aku penasaran sama Taoge Goreng khas Bogor. tapi dari dulu baca-baca resep itu kok pakai Oncom bumbunya. jadinya mau bikin kok nggak kesampaian terus karena belum ketemu Oncomnya. Waktu dari Bandung beli Oncom, keburu di masak menu lain..hihi.
0

Monday, November 13, 2017

Ayam Panggang Pedas Manis


Hari ini masak Ayam Panggang. Ayamnya utuh, aku ungkep dulu hingga bumbu mengental, lalu aku panggang di oven. Kebetulan dapat kiriman oven baru dari Mito, untuk di review kualitas ovennya..sip dech jadinya pakai oven baru manggangnya..hihi.
8

Sunday, November 12, 2017

Molen Ubi Ungu



Masih punya stok Ubi Ungu...mikir mau di buat apa lagi ya...karena di webku ini sudah banyak dech olahan Ubi Ungu...hihi. Aneka macam jajanan hingga Mie Ubi Ungu, Nasi Ubi Ungu, semua udah pernah aku posting. Akhirnya  mikir, sepertinya belum pernah bikin Molen isi Ubi Ungu aku, jadilah aku bikin itu aja dech kemaren. Oh ya, kalau mau cari resep olahan Ubi Ungu dariku, ketik aja di google ya judul resepnya, misal..Mie Ubi Ungu Diah Didi, ntar muncul linknya kok teman-teman. Jangan lupa, follow instagram aku @bunda_didi, jika mau tau behind the scene dari dapurku sehari-hari ya.
2

Friday, November 10, 2017

Misoa Goreng Versi Adonan Kukus


Misoa, salah satu cemilan favorit di rumah. Sering bikin, tapi yang versi prkatis, yang setelah di masak, langsung di dinginkan, di potong-potong, lalu di goreng dengan adonan tepung pencelup atau kocokan Telur. Jadi hasil Misoanya lembut dan masih terasa tekture Mienya.

3

Thursday, November 9, 2017

Mie ala Aceh


Kemaren aku mencoba bikin Mie pedas ala Aceh buat sarapan..alhamdulillah enak. Pertama ragu..Mie di bumbuin banyak dan ada rempah-rempahnya..hihi. Ternyata jika semua bumbunya balance, enak juga lho teman-teman. 
0

Tuesday, November 7, 2017

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, dan Kulit Melinjo


Hari ini hujan seharian, udah rencana mau motret banyak, karena udah nyiapin beberapa menu untuk Buku, gak jadi dech. Aku lebih suka ngandalin cahaya alami luar ruangan untuk motret. Nggak tau..kurang sreg aja..jika di dalam ruangan hasilnya, walau di dalam ruangan ya banyak tempat dan bisa pakai cahaya buatan.
0

Sunday, November 5, 2017

Sayur Daun Lembayung



Sayur ini favorit aku banget...Sayur Daun Lembayung, atau jika dalam bahasa Jawa kadang di sebut Mbayung..gitu aja. Sayur Mbayung..sayur harian jika  di rumahku di yogya dulu. Bisa di masak Sayur pedes biasa seperti Lodeh, di urap, di masak dengan kelapa parut, dll..enak semua.
2

Friday, November 3, 2017

Ikan Gurame Goreng Bumbu Acar Kuning


Yodha sekarang mulai bosan Ikan bakar..hahah. Yach begitulah, jika suka suatu menu, minta terus akhirnya *mblenger ( bosan ) sendiri dia menu berkecap. Nah..biar nggak bosan, Emaknya putar otak menu Ikan lain yang kira-kira dia suka. Kemaren waktu aku buatin Lele Kremes, dia suka. Resep Lele Kremes sudah aku posting di SINI ya teman-teman.
1

Sunday, October 29, 2017

Bubur SumSum Kuah Durian


Kemaren masih punya stok Durian, aku olah jadi Bubur Sumsum kuah Kinca Durian...wah enak sekali ternyata. Aku yang bukan penggermar Durian aja suka. Yodha juga, biasanya dia kurang suka Bubur Sumsum, tapi karena pakai kuah Durian...dia jadi suka..habis semangkuk..hihi.
1

Tuesday, October 24, 2017

Nasi Bogana



Indonesia tercinta kita ini kaya akan kekayaan kuliner ya teman-teman. Buktinya...nasi campur, banyak sekali ragamnya. Mulai dari Nasi Rames, Nasi Ponggol, Nasi Jinggo, Nasi Kucing, Nasi Tempong, Nasi Sudukan, dll..banyak dech yang sudah aku tulis resepnya di webku ini. 
0

Monday, October 23, 2017

Sate Usus, Ati Ampela, dan Telur Puyuh Campur Bumbu Kuning


Sarapan pagi ini, Bubur Ayam lengkap dengan aneka Sate. Satenya bikin dari tadi malam sich, jadi pagi-pagi tinggal di panaskan saja untuk lauk makan bubur Ayam. Sate jerohan, komplet dengan Telur Puyuh. Sate seperti ini di sini biasa di jual di warung Bubur Ayam kuah kuning. Itu Bubur ala mana  sebenernya, ala Jakarta atau mana, kurang tau juga ya hihi..yang jelas di Semarang sini banyak yang jual tiap pagi untuk menu sarapan..hahah. Di Sekitar tempat tinggalku aja ada kali 10 an warung bubur ayam gini di daerah Semarang atas. Semua udah aku coba satu-satu, rasa hampir sama, yang membedakan bumbunya aja... ada yang gurih, ada yang biasa.

2

Sunday, October 8, 2017

SAMBAL MANGGA


Tadi malam belanja ke supermarket, lihat Mangga Harum Manis yang tua-tua, langsung kepengen beli. Masih keras sich, aku pikir sudah kemapo, sudah kuning dalamnya gitu. ternyata masih mengkal alias mentah..hihi. Waduch...salah beli aku. Walau bisa di tunggu hingga matang sich, tapi aku ada ide lain aja, aku buat Sambel. kebetulan beli Ikan Bawal juga seger-seger.
2

Friday, October 6, 2017

Luti Gendang


Beberapa waktu lalu aku lihat acara Wonderful Indonesia lagi mengulas kuliner kota Batam dan sekitarnya. Nah salah satunya lagi bahas Mie Tarempa khas Anambas, di salah satu resto Mie yang terkenal di sana. nah selain bahas Mie, ada salah satu jajanan di resto itu yang terkenal sekali, katanya hingga jadi oleh-oleh khas di sana, namanya unik...Luti Gendang..makanya aku jadi penasaran.
8

Monday, October 2, 2017

Wedang Ronde Gula Merah


Beberapa hari lalu cuaca kurang mendukung, jadi mudah masuk angin ya teman-teman. Untung menu tradisional kita punya banyak jenis minuman hangat yang enak dan bermanfaat buat badan..hihi. Salah satunya Wedang Ronde ini. Sebelumnya bikin Wedang Bajigur, kesukaan suami. Kalau Wedang ronde ini favorit aku. Sayangnya Yodha belum suka minuman tradisional gini..suka sich dia minuman hangat, tapi ya, Susu Coklat hangat, Milo hangat , dll hahah.

Kali ini aku bikin Wedang Ronde, tapi pakai Gula merah. Lagi mengurangi gula pasir untuk minuman. Kalau minum teh aku lebih suka gula aren atau tawar. tapi untuk kue-kue belum bisa sich..hihi. Lha Yodha kurang suka misal cake di ganti gula merah semua, atau roti gula merah juga belum pernah coba sich..hihi. Biarin dech, nggak perlu maksain banget nggak pakai gula pasir, hanya mengurangi saja. 

Wedang Ronde pakai gula merah ini rasanya tetap enak dan seger kok teman-teman. Gula Merah, cocok dengan Jahe. Di padu adonan bola-bola ketan yang empuk lembut, enak. Apalagi jika di tambah kacang sangrai yang gurih, beneran enak banget menurutku. Selain itu aku paling suka pakai Kolang kaling juga. Di sini ada juga warung ronde yang menambahkan  potongan agar-agar gudir tawar, terus ada juga yang pakai potongan roti tawar. Sesuai selera saja sich. Hanya saja, jika isinya beragam, pastikan kuahnya tetap mendidih waktu di sajikan, jadi ketika bercampur bahan-bahan lain di mangkuk, akan tetap hangat wedang rondenya.

Oke, langsung saja ya ini dia resepnya teman-teman...selamat mencoba jika suka ya....
Wedang Ronde Gula Merah

Bahan Kulit:
100 gram tepung ketan, 1 sendok makan tepung sagu, 1/4 sendok teh garam, 50 - 100 ml air hangat ( kurang lebih ya ), 1 tetes pewarna merah muda, 1 tetes pewarna hijau tua

Bahan Isi (aduk Rata):
50 gram kacang tanah kupas, disangrai, dihaluskan, 1-2 sendok makan gula pasir

Bahan Kuah:
800 ml air , 100 gram jahe, dibakar, dikupas, dimemarkan, 2 lembar daun pandan, 100 - 150  gram gula merah ( sesuai selera ), garam ½ sendok teh

Bahan Pelengkap:
25 gram kacang tanah kupas, disangrai, 100 gram kolang kaling, dipotong-potong
Cara Membuat:
Kulit: aduk rata tepung ketan, tepung sagu, garam. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan licin.( air bisa ditambah atau di kurangi..yang penting adonan sudah kalis atau bisa di bentuk )
Bagi 3 bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah muda. Satu bagian tambahkan pewarna hijau tua dan sisanya biarkan putih.
Ambil sedikit adonan kulit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Tiriskan.
Kuah: rebus air, jahe, dan daun pandan serta daun jeruk. Masak dengan api kecil sampai beraroma.
Masukkan gula merah dan gula pasir. Aduk sampai larut. Saring.
Sajikan hangat ronde bersama kuah dan bahan pelengkapnya. 

Tips : Sebaiknya membentuk bulatan..langsung di masukkan ke air yang sudah mendidih, supaya bentuknya bisa bulat rapi..jika di bulatkan dulu dan di taruh di wadah..suka peyok2 bentuknya rondenya


1

Wednesday, September 27, 2017

RUJAK ES KRIM


Tadi malam udah full nulis resep..kok ilang sendiri tiba2..hihi. Ya udah tinggal tidur aja daripada jengkel. Pagi udah fresh, bisa nulis lagi dech. Kemaren mau nulis tentang Rujak Es Krim ( Es Cream )...kalau di Yogya kebiasaan di baca Es Krim sampai tulisan ikut gitu hahah. Rujak Es Krim ini mungkin nggak cuma di Yogya ya, tapi yang aku tau memang di Yogya dulu banyak sekali yang jual, dari jaman aku kuliah. Di Sekitar kampus UGM banyak yang jual. Kalau aku dulus ering beli di Sagan, yang dekat jual Pigura, tapi sering lewat akhir-akhir ini udah nggak ada..hihi. Kalau yang terkenal itu di daerah Pakualaman teman-teman jika mau coba paske Yogya ya. Itu udah jadi salah satu tujuan wisata kuliner kalau yang Pakualaman.
0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel