Google Ad

Thursday, July 9, 2015

Oseng Daging Cabai Hijau Berkuah & Dawet Selasih


Posting menu kemaren lagi...sebenernya mau posting dari kemaren..kok ya bablas lagi..perasaan dari bangun saur..cepat banget jadi buka..begitu seterusnya..karena kerjaan nggak berhenti-henti..hihi. Tapi alhamdulillah..di syukuri sedikit rejeki buat THR..hihi. Yang penting tetep di beri kesehatan dan kekuatan...udah bersyukur banget. 
1

Wednesday, July 8, 2015

Sayur Pepaya Bumbu Rujak


Sayur pepaya yang masih muda..adalah salah satu sayur favoritku. Nggak pernah bosan dech..mau di masak apa aja..suka. kadang kalau makan sayur pepaya gak perlu nasi juga enak..hihi..di gado gitu dech.
Kemaren aku kok kepengen sayur pepaya lagi. Tapi kali ini aku buat sayur pepaya versi lain. Kalau biasanya kan di lodeh aja tau di oseng. Aku pengen coba bumbu rujak kemaren..jadi lebih kuat bumbu-bumbuya. ternyata enak juga. Apalagi jika sudah menginap semalaman sayurnya..tambah enak..hihi.

4

Monday, July 6, 2015

Tempura Jamur


Alhamdulillah..setelah sebulan lebih sibuk mengurusi pengiriman buku, sekarang ada waktu luang lagi untuk mencoba aneka masakan baru. Juga coba-coba menu baru dari bahan-bahan tepung yang aku jual...sebagai rasa tanggung jawab untuk teman-teman yang sudah order tepung dari aku...semoga besok bisa lebih sering memberi variasi menu ya. Juga untuk teman-teman yang sering mampir ke dapurku setiap hari...mohon maaf jika belum banyak menu-menu baru lagi...semoga segera bisa berkreasi dengan bermacam menu lagi besok-besok.
7

Pengumuman Pemenang Undian Buku Resep 62 RESEP MASAKAN LEZAT UNTUK MENU SEHARI-HARI



Alhamdulillah..akhirnya bisa mengumumkan pemenang undian buku hari ini..setelah beberapa hari tertunda. Sebelum trafic kurir padat mendekati Lebaran , agar segera bisa mengirimkan hadiah ke pemenang yang beruntung. Untuk teman-teman yang bukunya masih OTW..pemenang undian ini berlaku hingga akhir bulan Juli kok. Jadi masih ada waktu untuk cek no undian ya. Jadi buku-buku yang udah terkirim semua ada no undian di bagian belakang ya...silahkan di cocokkan dengan nomor-nomor berikut..siapa tahu teman-teman beruntung ya..mendapatkan hadian..berupa sutil donat dan hadiah utama 3 buah crepes maker.
14

Sunday, July 5, 2015

Es Ngariung


Menu es apa yang di buat untuk buka puasa tadi teman-teman ?..Pasti yang dingin-dingin ya..! ^^
Musim panas begini memang nikmat berbuka puasa dengan aneka es. Kalau ditempatku sini yang lagi nge trend adalah es oyen. Kemaren sempat penasaran juga nyoba es oyen ini..soalnya kalau lewat kok selalu di antri pembeli tiap sore. Setelah ku coba ternyata es campur biasa ya..yang paling dominan adalah rasa susu kental manisnya. Yodha dan papinya suka..tentu saja karena mereka penggemar susu. Sedang diriku..kurang suka...karena untuk es aku lebih suka yang pakai santan.

6

Icip-Icip Kuliner & Berburu Piranti Saji Vintage di Pasar Triwindu Solo



Weekend ini kami   jalan-jalan ke Solo..buat ngilangin suntuk dan lelah..setelah beberapa minggu full kerjaan. Walaupun tetap kerjaan masih banyak..tak ada salahnya ya..weekend kabur sejenak dari kesibukan. Tujuan kemaren pertama pastinya ke pasar Triwindu...yaitu pasar barang antik atau barang-barang kuno yang ada di daerah Ngarsopuran Solo. Masih daerah pusat kota Solo kok..pasar ini..mudah di jangkau. Walaupun pasar..tapi karena berada di tengah pusat kota Solo yang asri dan bersih..jadi asyik banget suasananya. Pasar Triwindu ini di kelilingi lingkungan yang bersih dan asri khas banget nuansa Solonya. Jika malam hari juga ada pasar malam yang di gelar di sepanjang jalan Ngarsopuran, di depan pasar Triwindu ini. Tapi sayangnya kalau malam sich sekedar pasar malam biasa..nggak ada yang spesial..misal kulinernya atau barang-barang yang di jual..cenderung barang-barang modern yang pasaran. Jadi menurutku kurang menarik pasar malamnya. Padahal..tempatnya  enak banget..rapi dan bersih...sayang aja..jika cuma buat acara pasar malam yang terkesan barang-barang murah gitu ya nggak bakalan bisa mendongkrak minat wisatawan untuk datang ke Solo. Coba aneka kuliner khas Solo yang biasa ada di Galabo , di pindah ke situ aja..pasti lebih menarik.

7

Friday, July 3, 2015

Dawet Bunga Telang


Kemaren ada Pak tukang  bersih-bersih halamanku bilang.."Bu..bunga telangnya terlalu rimbun , di potong saja ya..jika tidak nanti pohon jeruk sambalnya mati..karena tertutup pohon bunga telang. Wuaa...sebenernya sayang sekali..karena aku suka sekali membuat aneka kue-kue atau makanan pakai pewarna bunga telang ini..dan pohonnya juga lagi rimbun-rimbunnya..dan banyak bunganya. Tapi tak lihat memang akan mati pohon jeruknya jika tidak segera di pangkas bunga telangnya...sayang juga. Jadilah kemaren terpaksa merelakan tanaman bunga telangku untuk di potong dulu.
9

Thursday, July 2, 2015

Barongko



Kemaren di dapur masih ada pisang kepok satu sisir dan matang pohon ranum-ranum, kiriman eyangnya Yodha. Saking banyaknya kok mulai bingung mau di buat apa lagi..kolak..udah..carang gesing..hingga pipes kopyor udah..pisang gorengan atau pisang rebus kok bosan. Sementara jika di buat cake, kan kurang mantep aromanya. Terus kemaren keingat dech sama salah satu kue yang bahan utamanya pisang kepok..yaitu kue Barongko. 
6

Wednesday, July 1, 2015

Tumis Sawi Asin & Tahu


Sawi asin..salah satu sayuran fermentasi yang jarang aku masak. Padahal di Semarang..yang notabene banyak daerah Pecinan ya..banyak banget sawi asin begini di jual. Dulu masih suka ragu aja mau masak sawi asin...karena biasanya lihat penjual sawi asin di pasar misal di Gang Baru tuch banyak banget...tapi aku nggak tertarik..liat sayur sawi berendam di air keruh dan di taruh panci-panci gitu..hihi. Pikirku..wah..udah berapa hari tuch si sawi berendam..di panci berisi air keruh itu. Tapi ternyata memang di awetkan dengan cara seperti itu ya..sawi asin ini. Sampai akhirnya suatu saat aku penasaran bikin sawi asin sendiri setelah melihat caranya di tivi..tapi kok ndak jadi..haha. Jadi cara membuatnya mudah sebenernya...sawi di rendam dalam larutan air cucian beras dan garam. Terus di tutup rapat dan di biarkan berhari-hari. Tapi sawi asin hasil uji cobaku bukannya terfermentasi..punyaku malah hancur dan lembek sawinya..hihi. Padahal seharusnya..sawi jadi layu aja..dan tetep ada tekturenya kres gitu ya teman-teman. Ya udah sejak itu belum niat lagi ngolah sawi asin.

Tapi waktu ke supermarket liat sawi asin dalam kemasan bersih dan sepertinya fresh gitu kemaren jadi minat beli. Akhirnya aku masak sawi asin juga..hihi. ternyat nggak asin banget ya. Aroma fermentasi yang khas membuat masakan sawi asin ini punya citarasa tersendiri. Waktu aku lagi mau motret sawi asin..Yodha tanya "Itu apa Mi ?"..Ku bilang sawi asin..terus Yodha mencium aromanya.dan katanya...hemmm..baunya kok aneh. Tuch sambil mengernyitkan hidung..waktu mencium aroma sawi asinnya...hihi. Yodha memang kalau mengenali bahan masakan baru pasti di cium-cium aromanya..hihi. Tapi kemaren akhirnya malah jadi tertarik sama sawi asin ini karena belum pernah makan dia..dan bantu potong-potong...katanya..hemmm..seperti kim chi katanya. Haaa..kim chi kan pedas kan..ku bilang..hihi..akhirnya kami masak sambil becanda dech.



Dan setelah matang dan pas buka mencicipinya..Yodha ternyata suka sawi asinnya..hihi. Hemm..enak..katanya...besok masak lagi sawi asin ya Mi..katanya. Nah lho..kok malah ketagihan..hihi. Memang unik sich rasa sawi asin ini..ada aroma khas..dan bener sesuai dugaanku. Walau di fermentasi..tekturenya tetep kres renyah batang dan daun sawinya. Hemmm..jadi heran..kenapa dulu aku buat sawi asinnya jadinya sawi lembek dan bau..haahah. Tapi ya..kalau di pikir-pikir kurang kerjaan banget ya..lha wong beli di pasar atau di supermarket banyak kok ya neko-neko bikin sawi asin sendiri..hihi. Ya..namanya juga penasaran...! ^^

Okey dech kali ini resep mudah mengolah sawi asin..ya di tumis aja..di padu tahu sutra tau tahu Cina yang lembut...hemm..enak..! Selamat emncoba teman-teman.jika suka sawi asin ya..

Tumis sawi Asin & Tahu

Bahan :
200 gram sawi asin, cuci bersh dan peras airnya, potong-potong
2 buah tahu Cina, potong-potong
1 sendok teh saus tiram
1 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh garam
1/8 sendok teh merica bubuk
150 ml air
6 buah bawang merah , iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
6 buah cabai merah ( sesuai selera ) , potong serong
Cabai rawit seckupnya jiak suka pedas

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan putih hingga harum
Masukkan cabai merah dan ebi, aduk rata
Masukkan tahu, sawi asin,  air dan semua bumbu
Tutup wajan dan masak sebentar hingga meresap
Koreksi rasa, sajikan hangat

2

Google Ad

Visit Our You Tube Channel