Google Ad

Saturday, April 29, 2017

Tempat Makan Kwetiau Enak di Semarang


Hari ini libur masak...seharian dari siang ngider ke Semarang bawah....besok ada acara..lha dress codenya ungu. Kebayang susahnya cari baju ungu...beneran dech muter ke butik langganan di Parisien..sampai 3 cabangnya aku ubek2 ngga nemu baju ungu..hihi.

Akhirnya hampir nyerah..mau pakai baju putih scarf ungu aja. Eh pas makan di Bayleaf resto kok iseng nengok di butik salah satu designer di loby Grand Edge..malah ada baju ungu..hihi..alhamdulillah.

Untung Yodha minta Kweatiau Goreng untuk makan sore. Mau ke Resto Sendok Bebek resto kok males macet..akhirnya makan di Bayleaf aja...sekalian searah jalan pulang. Di Semarang ada banyak resto yang ada menu Kweatiau Goreng favorit Yodha..Solaria...Resto Sendok Bebek dan Bayleaf ini yang favorit Yodha. Solaria dan Sendok Bebek setara rasa dan harga..kalau di Bayleaf lebih murah..23 ribu aja..murah dan enak. Kwetiau favorit Yodha itu jenis Kwetiau yang pakai Mie bening khusus Kwetiau...yang lembut sedikit kenyal itu lho teman2. Jadi lebih sering makan di luar jika Yodha pengen Kwetiau.

Tempat juga nyaman..berada di food city hotel Grand Edge Semarang jl.Sultan Agung. Tempat asyik buat nongkrong bersama teman atau keluarga. Lokasi mudah di jangkau dan nggak terlalu macet. Jadi jika mau cari tempat makan yang agak murah tapi tempat cozy dan oke..rekomended dech.

Walau resto selalu ramai, namun pelayanan juga cepat. Menunya juga variatif...ada Mie Ayam Jamur, dll lebih banyak Chinese food sich. Harga mie ayam jamur murah juga 16 ribu...๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ...pokoknya jajan di Semarang ngga bikin kantong jebol kok teman2 ...ayuk wiskul ke Semarang yuk ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹



11

Friday, April 28, 2017

Bitterballen Ayam & Sosis


Kemaren ada acara keluarga dadakan, keluarga besar pada ngumpul untuk  merayakan ultah Eyang Yodha. Karena mendadak dan kudu bawa makanan dari rumah, aku nggak punya stok bahan..belum belanja sich memang. Akhirnya tengok di freezer, untuk ada stok ayam..ada sosis...oke dech langsung aja bikin Bitterballen yang mudah dan cepat. Karena di kasih tau acaranya udah sore, maka bikinnya juga dadakan, cepat aja. Untung ada stok Tepung kentang terus di rumah..hihi. Ya iyalah lha jualan utamanya itu,Tepung kentang Flakes...hihi.

3

Thursday, April 27, 2017

Mie Kocok Bandung


Salah satu kuliner Bandung lagi yang aku coba sendiri resepnya di rumah setelah icip-icip kuliner di Bandung, adalah Mie Kocok. Kalau habis kulineran ke sutau daerah..pasti aku akan adaptasi resepnya dan aku coba di dapur sendiri..jadi bukan karena belum bisa move on dari liburan ya..memang begitulah kerjaan aku..berkreasi dengan resep-resep baru. Jadi sebelum rasanya lupa, pasti aku segera coba...agar jika nanti ingin membuat lagi sudah tau standar rasanya bagaimana seharusnya gitu. Aku memang lebih manteb coba resep khas suatu daerah itu jika mencobanya sendiri di rumah setelah tau rasa asli di daerahnya langsung. Jadi ada bayangan, hasil akhir rasa masakannya harus seperti apa. Atau jika mencoba resep pun aku biasanya...mencoba yang otentik misal dari teman yang asli dari daerah tersebut, jadi tau betul cara dan resep menu tradisioal dari daerah tersebut.
9

Wednesday, April 26, 2017

Mencicipi Mie Baso Akung bandung yang terkenal...


Kemaren waktu ke Bandung, aku sempat mencicipi salah satu kuliner Bandung khas yang terkenal..yaitu Mie Baso Akung.  Memang menyenangkan mencicipi kuliner baru di daerah lain, yang tidak biasa kita makan. Walau di sini ya banyak yang jual Mie Yamien, Siomay, Batagor, dll, tapi mencicipi langsung di Bandung memang memberikan pengalaman citarasa tersendiri. Ada yang cocok di lidah..ada juga yang bikin aku terkejut karena kok lebih enak yang di Semarang..hahah. Misalnya kemaren aku penasaran rasa Seblak yang asli Bandung itu seperti apa..akhirnya coba  di salah satu food court yang terkenal yang jual aneka kuliner yang sudah punya nama di Bandung..kok malah enakan Warung Seblak Bandung yang di sini di Semarang di dekat Undip..hihi. Ya begitulah..tapi seru dech mencicipi ankea kuliner di Bandung kemaren.

Salah satu yang aku coba adalah Mie Yamien Akung yang terkenal. Bayanganku itu mirip Mie Yamien ala Bakmi GM atau jika di Semarang ada juga yang terkenal seperti yang sering kita makan di Sendok Bebek resto. Itu Mie Yamiennya enak banget dan penyajiannya menarik, porsi pas. Sedang yang aku coba di Mie Baso Akung Bandung kemaren, sungguh membuatku kaget, pertama porsinya...hihi..super banyak satu porsi seharga 40 ribu. Terdiri dari dua mangkuk besar, satu isi Bakso komplet ada pangsit, Tahu. dll. Yang satu isi Mie toping Ayam dan porsi  banyak juga..jika di gabung..pasti membuat kita kita klenger bin mblenger waktu memakannya..hahah. Aku aja ngga habis seporsi.

Kalau dari rasa, lumayan aja menurutku...yang enak Mie nya. Kalau Bakso, pangsit dll, masih kategori biasa menurutku lho. Kuah juga cenderung tawar, kurang berasa kaldunya. Cekernya juga cenderung kelembekan menurutku dan kurang gurih..cuma empuk aja. Tapi cukup lah mencoba sekali jika ke Bandung..hihi. Mencoba Mie Yamien Baso yang legendaris kata teman-teman yang banyak merekomendasikan. Aku malah suka aneka jajanan Bandung di depan Bakso Akung ini...ada Combro dan Cireng isi Oncom yang enak banget..hihi.

Jika teman-teman ke Bandung, jika mau coba Mie Akung ini aku sarankan beli setengah porsi aja..itupun udah banyak...atau beli satu buat rame-rame aja..hihi. Di sana ramai sekalai juga, jangan datang waktu makan siang, bakalan antri tempat duduk nanti. Untuk harga, yang isi komplit, satu  porsi 40 ribu. Ya sama lah sama Mie Yamien komplet di resto Sendok Bebek Semarang, cuma beda porsi aja..hihi. Tapi untuk rasa aku lebih suka Mie Yamien Sendok Bebek Semarang...lebih gurih rasanya..cobain dech kalau ke Semarang teman-teman. Oke...aku share lagi nanti ya...kulineran lain di Bandung yang aku coba kemaren.








20

Tuesday, April 25, 2017

Oseng Jamur Kancing


Pulang liburan di sambut kerjaan setumpuk..jadi masak yang simple aja untuk hari ini. Kalau Burasnya sich bikinnya udah kemaren sore..tadi cuma manasi aja..hihi. Resep Buras isi Oncom sudah aku posting di SINI. Kebetulan belum belanja juga...jadinya nggak banyak bahan di kulkas. Tapi nengok kulkas masih ada sedikit Jamur Kancing segar. Tumben juga awet segar walau belum aku rebus..pas beli hari Kamis atau Jumat masih fresh tadi. Wah..lumayan bisa buat menu makan siang..hihi.

Kemaren di Bandung makan di warung makan Sunda Mak Uneh, ada Oseng jamur juga. Oseng Jamur ala Sunda khas bumbu minimalis, rasa gurih manis..putihan nggak pakai kecap. Langsung aku coba dech sendiri, rasanya enak..ya mirip-mirip gitu dech sama yang aku makan kemaren di Bandung. Bedanya aku tambahin jumlah cabenya, jadi pedes seger..hihi.

Jamurnya bisa pakai jamur kancing atau merang Jamur seger lebih enak..gurih alami dan masih teras kenyil-kenyilnya jika di masak. Jamur ini mengandung penyedap rasa alami ya teman-teman..jadi coba aja dech rebus Jamur dengan sedikit garam, rasanya gurih banget enak..seperti daging. Kaldu jamur juga..enak..walau tanpa penyedap buatan gurih banget jika masak. Aku sekarang juga suka masak paai Kaldu Jamur.

Untuk resep Oseng Jamur ini tradisional banget, bumbu dasar aja. Tapi jika pakai jamur segar, rasanya enak banget kok..nglawuhi..hihi. Di makan sama Nasi anget gitu enak banget.

Oke, karena  masih banyak kerjaan..ngebut aja ya postingnya..biar bisa menyelesaikan kerjaan lain...hihi.

Oseng jamur Kancing

Bahan :
300 gram Jamur Kancing segar, rebus dengan sedikit garam sebentar hingga layu, potong tipis-tipis
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh kaldu jamur dan garam sesuai selera 
6 buah bawang  merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
3 buah cabai hijau, iris serong
5 buah cabai rawit merah, iris serong
200 ml air

Cara membuat :
Tumis bawang merah, putih dan cabai
Tumis hingga harum dan matang
Masukkan Jamur, air dan bumbu lain
Tutup panci dan masak hingga meresap , tapi masih sedikit berkuah ya 
Cicipi rasanya. Sajikan hangat


2

Buras Isi Oncom


Hai..hai teman-teman..maaf absen 3 hari di dapur nich...yang punya dapur lagi jalan-jalan ke Bandung..hihi. Alhamdulillah bisa nuruti Yodha jalan-jalan ke Bandung..dia baru pertama ini. Kalau aku udah sering dulu..cuma kali ini tujuannya lebih ke wisata kota dan kulineran aja kemaren,...nggak ke obyek-obyek wisata pada umumnya. Kemaren awalnya mau ke Lembang, tapi resort-resort yang bagus seperti Sapu Lidi, Imah Seniman dll sudah full semua nggak dapat kamar, dan takut macet juga, akhirnya kita menginap di Ibis Braga aja..praktis di tengah kota bisa jalan-jalan ke sekitar kota lama di Bandung.
6

Thursday, April 20, 2017

KEPITING LADA HITAM PEDAS



All time favourite...untuk Yodha dan Papinya..Kepiting di bumbu lada hitam. Kemaren ke pasar di tawarin Kepiting sama ibu penjual ikan langgananku. Kepitingnya bertelur katanya. Langsung aku beli dech, karena beberapa hari kemaren memang pada reques Kepiting. Harga Kepiting memang agak mahal..tapi percayalah..di banding beli mateng di resto ratusan ribu seporsi, lebih murah kok jika masak sendiri teman-teman..hihi. Selain lebih murah, tentu juga lebih enak..bumbu bisa sesuai selera. Jadi ayuk..nggak usah nunggu ke resto untuk menikmati Kepiting, di rumah masak sendiri..lebih sip..! :D
22

Wednesday, April 19, 2017

Iwak Pe Masak Kecap


Lagi suka ikan-ikanan di rumah...suami udah mblenger daging dll. Ya udah malah lebih murah dan hemat tho..hihi. Walau buat Yodha ya tetap masak yang dia suka. Pokoknya apa aja lah ya yang di suka suami dan anak..mari kita masak. Karena masih ada Iwak panggang aku masak sekalian. Kali ini yang jenis Iwak Pe ya...atau ikan Pari asap. Kalau kemaren yang aku buat Sambel Kencur itu yang jenis Iwak Manyung, jadi beda jenis ikannya. Kalau Iwak Pe atau Pari ini, lebih cantik warna ikan asapnya..lebih gelap mengkilat eksotis menggoda. Dagingnya juga lebih lembut, dan tulang-tulangnya empuk bisa di makan. paling suka  bagian yang sirip-sirip gitu jadi empuk lembut berlemak..hihi.
0

Tuesday, April 18, 2017

Iwak Panggang Sambel Kencur


Iwak Panggang, atau Ikan asap..di Semarang melimpah ruah..hihi. Di pasar atau di tukang sayur setiap hari banyak yang jual. Paling enak sich di masak mangut...khas Pantura..dan di Semarang juga terkenal. Tapi kadang pengen coba olahan lain dari Iwak panggang ini. Iwak Panggang ada berbagai macam, yang biasa di Semarang di olah jadi menu Mangut itu Iwak Pe, atau ikan Pari panggang, atau Iwak Manyung, yang Kepalanya walau bentuknya seram juga malah menjadi salah satu daya tarik dan jadi kuliner khas Pantura. 
3

Google Ad

Visit Our You Tube Channel