Google Ad

Thursday, May 11, 2017

Mie Yamien Pangsit Kuah




Mie Yamien, Mie Ayam ala Bandung..atau Jakarta ya..yang jelas ini biasa di jual di resto-resto yang menjual Miw kuah. Jadi biasanya di sajikan dua mangkuk terpisah. Mie dengan topingnya, lalu mangkuk satunya berisi kuah dan Pangsit rebus atau Baksonya. Bahkan ada di salah satu resto, kuahnya di tuang langsung pakai seperti perbus air, jadi masih panas, seger. Aku sering makan di resto Mie di Semarang.
Pas ke Bandung juga makan Mie Akung..porsinya super jumbo. Tapi yang jelas, bikin sendiri pun tidak susah kok teman-teman.

9

Wednesday, May 10, 2017

Cimplung Tepung Kentang



Cimplung....dulu aku belum tau menu ini adalah sejenis perkedel..karena kalau di Jawa Tengah Cimplung itu adalah Singkong yang di rebus dalam air Nira Kelapa. Di Jawa Barat, Cimplung adalah sejenis Perkedel yang unik, karena bukan bentuk bulat Gepeng seperti Perkedel Biasa, tapi  bentuknya bulat-bulat..hihi.
2

Tuesday, May 9, 2017

Es Pisang Ijo Resep Baru


Judulnya Es Pisang Ijo resep baru..bukan jenis Es Pisang Ijonya yang baru ya..tapi resepku yang baru..hihi. Karena sebelumnya aku udah pernah share dua macam versi Es Pisang Ijo di webku ini. Tapi seperti biasa, aku suka mengulik aneka resep itu nggak cuma satu resep, jadi bisa tau mana yang paling sip..hihi. Yang pertama yang adonan tepungnya di masak kemudian di balurkan ke Pisang, resep di SINI. Yang itu enak, tapi agak ribet, karena adonan kan lengket jadi kudu sabar membentuknya agar bentuknya cantik sebelum di kukus. Yang kedua aku pernah share yang versi di dadar, tapi pakai Tepung terigu saja...itu juga sudah enak..lembut...cuma kurang berasa gigitan Es Pisang Ijonya, karena setelah di dadar langsung di sajikan, jadi rasanya seperti dadar gulung pisang. resep yang  versi kulit dadar Terigu, di SINI ya.

2

Monday, May 8, 2017

Ayam Kecap Ala Padang



Masakan Padang ada yang berbumbu Kecap ? Ada lho..di Warung makan Padang dekat rumahku...hihi. Dulu itu kurang suka jajan di warung padang, karena Yodha nggak bisa makan..kan masakannya berbumbu kuat semua. Nah..pas kepepet mau pergi itu makan di salah satu warung makan Padang di sini, kok ada Ayam Kecapnya...wah..sejak itu Yodha ketagihan, jadi malah sering ngajak makan ke sana..hihi. Jadi Ayamnya itu Ayam yang di goreng dulu, terus di tumis pakai kuah Kecap. jadi Ayamnya nggak lembek, tetap keset dan bumbu Kecapnya juga ngga terlalu manis. Enak juga sich, aku pernah juga mencicipinya.

Nah..kemaren kok Yodha kepengen di buatin Ayam Kecap ala warung makan Padang itu. Wah..jadinya aku  penasaran..cari informasi di internet ternyata memang ada kok Menu Ayam Kecap ala Padang ini. Menu ini di daerah padang tertentu katanya jadi menu hidangan pesta  malahan. Okeh..berarti beneran ada..hihi. Kemaren aku posting di ig..memang ada juga beberapa teman yang dari Minang atau Padang bilang memang ada masakan ini. Okeh dech jadi kan nggak mengarang menu sendiri kan ya..hihi.

Setelah aku pelajari, ternyata benar dugaanku, Ayamnya di goreng dulu. Karena waktu makan di rumah makan Padang itu Ayamnya keset, nggak lembek seperti jika di masak langsung dengan kuahnya...seperti kalau kita buat Semur itu lho teman-teman..kalau itu mesti kan Ayamnya jadi empuk dan nggak keset. Jadi kalau Ayam Kecap ala Padang ini, Ayamnya di bumbuin dulu, di ungkep, lalu di goreng hingga agak kering, lalu di tumis dengan bumbu Kecap. Jadi memang dua kali proses. Tapi hasilnya memang enak. Jadi Ayamnya masih ada tekturenya kesat gitu. Alhamdulillah uji coba pertama Yodha langsung suka..hihi..udah mirip katanya sama yang di Warung makan Padang dekat rumah yang jual Ayam Kecap ini.

Oke, aku share aja ya resepnya teman-teman..semoga juga suka..bisa buat tabungan menu Sahur  nich..kan sebentar lagi masuk bulan puasa. Menu masakan seperti ini, enak berbumbu..dan pasti nglawuhi..jika di makan pas sahur di bulan puasa besok, karena biasanya anak-anak pada malas makan ya..jika di masakin yang enak dan berbumbu gini pasti dech pada semangat sahurnya. catat ya..resepnya. Oh ya...kadang menu search di webku suka bermasalah..jika mau cari menu tertentu di sini, bisa via google search ya. Ketik aja..misal resep Rendang Diah Didi...nanti akan langsung muncul link resepnya di webku..gitu lebih cepat dan mudah ya. Selamat mencoba ya. 

Menu luar daerah Jawa di webku memang masih sedikit..hihi...ntar aku ngulik lagi dech. Kemaren sering lihat acara di Wonderful Indonesia di Afc..yang hostnya Chef Marinka..jadi terharu dan bangga...Indonesia ternyata sangat kaya ragam menu kulinernya. Ntar aku coba satu persatu ya...makanya ayuk teman-teman dari semua daerah di Indonesia...ikutan give away aku ya..di instagram..di mulai hari ini. Silahkan kirim postingan menu tradisional dari seluruh Indonesia di akun instagram masing-masing, khas daerah masing-masing ya...lalu di tag ke akun aku @bunda_didi. Menu yang unik dan terpilih, nanti aku re cook dan aku posting di web serta di ig. Hadiahnya oke lho ada 20 Crepes maker atau wajan kewalik dan 10 buat pernak pernik Tupperware...oke..yuk kita seru-seruan sambil melestarikan aneka kuliner Nusantara ya...:D
Ayam Kecap Ala Padang

Bahan :
1 ekor Ayam Pejantan ukuran kecil, bagi jadi 5 atau 6 bagian
Rebus Ayam dengan 500 ml air dan bumbu halus : 6 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, dan 2 cm kunyit, sedikit 1 sendok teh garam ( sesuai selera ), serta 1 sendok teh gula pasir. Masak hingga meresap. Koreksi rasa udah gurih pas belum. Goreng ayam hingga matang.

Siapkan bumbu tumisan Kecap, 5 buah cabai merah, iris serong, 1/2 buah bawang bombay, iris panjang, dan bumbu halus :
6 butir Bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh  merica butiran

Tumis bawang bombay, cabai dan bumbu halus hingga harum, masukkan air sekitar 200 ml
Tambahkan 1/2 sendok teh kaldu ayam / garam dan kecap manis sesuai selera 
Masukkan Ayam, tutup dan masak sebentar hingga kuah mengental, tapi masih ada kuahnya ya
Sajikan hangat



6

Saturday, May 6, 2017

Jangan Kesrut Ayam



Jangan Kesrut ini adalah menu khas Banyuwangi Jawa Timur ya teman-teman. Dulu aku pernah masak yang versi pakai daging Sapi. Sekarang...aku coba yang versi Ayam. Rasanya ternyata sama enaknya..dan lebih murah. Aku pakai Ayam pejantan. Seger banget rasanya.
5

Friday, May 5, 2017

Risoles Makaroni Segitiga Balut Telur



Kemaren beres-beres dapur, manggil tukang lagi. Rumahku tingkat kelembaban tinggi..jadi warna cat suka cepat berubah..jadi musti teratur mengecat ulang jendela..dll. Sekalian aja dech kemaren panggil tukang kerja dua hari. Kalau ada yang kerja gini aku selalu bikin cemilan untuk mereka. Nah..karena bapak-bapak tetap kan sukanya gorengan..hihi. Kebetulan di rak dapur masih ada Makaroni sedikit, aku buat risoles Makaroni aja..jadi mengenyangkan dan enak buat pekerja.

Risoles Makaroni ini jika di jual lumayan ekonomis juga ya teman-teman, karena ada isian Makaroninya, jadi iisan bisa lebih banyak volumenya..hihi. Jadi walau kelihatan besar-besar, tetap ekonomis ya. Untuk rasa gurihnya bisa di tambaahkan daging Ayam rebus, sosis, atau daging cincang dll. Bahkan jika bumbunya pas, hanya isi makaroni dan sayurpun tetap enak. Jadi sangat ekonomis kan.

Untuk risol kali ini juga sengaja aku buat tanpa panir, agar nggak mblenger ya. Nanti terlalu  banyak karbo..hihi. Lha kan kulitnya udah terigu, isinya terigu, jika di lapis panir, berarti lapis terigu  lagi...hihi. Jadi menurutku jika risoles makaroni, lebih enak tanpa panir. Jadi kulitnya juga lebih lembut rasanya.

Nah kali ini aku bikin variasi beda lagi, aku celup kulitnya ke kocokan telur, waktu menggorengnya. Dan ternyata makin enak rasanya. Makin lembut dan juga mencegah jika ada lubang atau kulit risolnya sedikit sobek, lebih aman ketika di goreng. Jadi tehniknya seperti menggoreng Sosis Solo Balut Telur gitu lho teman-teman. Senengnya jika bereksperimen di dapur dan hasilnya oke..hihi. 

Oke..selamat mencoba ya teman-teman..ide baruku ini..semoga sesuai selera ya...:D
Risoles Makaroni Segitiga Balut Telur

Bahan kulit
150 gram tepung terigu protein rendah atau sedang
2 butir telur
400  ml air
1/4 sendok teh garam,
Aduk rata semua bahan hingga adonan halus, saring jika perlu. Buat dadar tipis. Aku pakai Wajan Kewalik, lebih mudah dan rata tipis hasilnya. Juga lebih cepat dan praktis untuk  membuat aneka dadar seperti ini.
Lakukan hingga adonan habis.

Bahan isian :
100 gram makaroni, rebus hingga matang
100 gram daging Ayam rebus, cincang
1 buah wortel, rebus sebentar, potong dadu
1 batang sledri, cincang halus
1 sendok teh kaldu ayam / sapi..sesuai dagingnya ( optional )
1/2 sendok makan gula pasir ( sesuai selera ), 1/4 sendok teh merica bubuk, 1/8 sendok teh pala bubuk
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 buah bawang bombay, iris halus
Garam secukupnya
Air 25 ml
1 butir Telur untuk pencelup
Cara membuat :
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan wortel, dan ayam. Aduk rata hingga matang
Masukkan wortel, makaroni, dan semua bumbu lain serta air. Aduk hingga bumbu merata, meresap dan kering. Koreksi rasa, rasa akhirnya gurih dan sedikit manis ya. Dinginkan.

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit, isi dengan bahan isian secukupnya. Lipat bentuk risoles segitiga, rekatkan ujungnya dengan putih telur atau sisa adonan kulit.
celup ke kocokan telur, goreng hingga matang
Note :
Cara melipat risoles bentuk Segitiga, silahkan di lihat di postinganku di SINI ya teman-teman..jika masih bingung.
Oh iya..teman-teman yang mau order Wajan Kewalik sekarang sudah ready lagi ya..ini tinggal tunggu datang aja di kirim dari pabriknya dari Jakarta. Minggu besok udah datang. Yuhu, yang minat juga silahkan sms atau wa ke 089654712500...buruan..biar nggak kehabisan seperti dulu...hihi. Ini salah satu alat dapur yang aku rekomendasikan banget, karena serba guna. Bisa untuk bikin kue leker, kulit risol, kulit lumpia, dadar gulung, crepes, dll...prlatis banget.....!
Contoh penggunaan Wajan Kewalik untuk membuat kue Leker, bisa di lihat di SINI ya teman-teman.

0

Wednesday, May 3, 2017

Klappertaart Kering / Panggang


Waktu jalan-jalan ke Bandung beberapa waktu lalu, aku mencoba salah satu Klappertaart yang terkenal di Bandung, di jl. Dago. Selain Klappertaart basah yang seperti custard di sendokin yang biasa kita makan tuch, ada juga Klappertaart versi kering...atau versi panggang. Jadi di jual dalam bentuk potongan seperti cake gitu. Rasanya enak...lembut dan lebih kering, namun tetap terasa Klappertaartnya.
7

Tuesday, May 2, 2017

Nasi Lemak ala Malaysia


Haloo....masak apa hari ini teman-teman ?

Aku bikin Nasi Lemak nich. Nasi gurih khas Malaysia. Gara-gara sering lihat ulasan di Afc tentang Nasi Lemak ini kok jadi kepengen buat juga..hihi. Dari beragam acara dari acara masak yang di bawakan Chef Malaysia hingga acara Taste with Jason,sering banget mengulas tentang Nasi Lemak ini.

6

Monday, May 1, 2017

Leker Rasa Coklat


Hari ini belum masak..udah belanja ke pasar sich tadi..tunggu ya teman-teman yang menunggu resep baru segera di update lagi ya. Mau posting aja varian Tepung Leker baru yang aku jual Tepung Leker rasa coklat. Adonan Tepungnya sudah di campur coklat bubuk, jadi rasanya coklat gitu..hihi. Jadi buat varian baru biar nggak bosan ya teman-teman yang suka bikin Leker, silahkan di coba.

Cara membuat Leker di rumah yang paling mudah adalah memakai wajan Kewalik atau Crepes Maker, karena bisa tipis merata dan bisa kering dengan lebih cepat. Nah..kabar baru nich teman-teman, kayaknya akan re stok lagi aku untuk wajan Kewalik ini, mungkin minggu depan datang dari pabriknya. Nah..yang mau pesan..boleh daftar dulu lho..nanti belinya jika sudah datang barangnya..silahkan sms atau wa ke 089654712500 ya. Mau coba Tepung leker varian barunya juga boleh kok.

Leker ini kriuk kering jika di panggang pakai wajan kewalik. Silahkan lihat di foto-foto berikut ya hasilnya. Varian Leker coklat ini cocok di isi isian manis ya. Jika mau awet renyah bisa isi meises atau keju aja itu tahan renyah hingga beberapa hari jika begitu dingin langsung aja di kemas ya. Untuk isian yang basah seperti pisang tentu saja kriuk pas anget aja, karena Pisang kan basah ya.
Yang mau varian Tepung eker original juga tersedia, itu bisa untuk Leker gurih atau asin. Untuk isian asin, contohnya..isi sosis, isi telur, dll..enak juga lho teman-teman.

Oh ya..nanti di bulan puasa juga aku mau ngadain event give away lagi nich, dengan hadiah Wajan Kewalik atau Crepes Maker ini..yuk gabung dulu akun instagram @bunda_didi agar tidak ketinggalan info. Nanti aku umumkan di sini juga ya...eventnya. Cara mengikuti eventnya seperti dulu ya...nanti teman-teman mengirimkan resep andalan keluarga..resep tradisonal ya...biar nanti aku coba juga, hasilnya aku share via instagram, facebook dan tentu saja akan aku tampilkan di webku ya.  Jadi bisa nambah ilmu dan bermanfaat untuk teman-teman lain. Ayuk siapin dulu resep andalan favorit di rumah ya..yang khas daerah masing-masing yang unik dan khas.




1

Google Ad

Visit Our You Tube Channel