Google Ad

Tuesday, April 25, 2017

Oseng Jamur Kancing


Pulang liburan di sambut kerjaan setumpuk..jadi masak yang simple aja untuk hari ini. Kalau Burasnya sich bikinnya udah kemaren sore..tadi cuma manasi aja..hihi. Resep Buras isi Oncom sudah aku posting di SINI. Kebetulan belum belanja juga...jadinya nggak banyak bahan di kulkas. Tapi nengok kulkas masih ada sedikit Jamur Kancing segar. Tumben juga awet segar walau belum aku rebus..pas beli hari Kamis atau Jumat masih fresh tadi. Wah..lumayan bisa buat menu makan siang..hihi.

Kemaren di Bandung makan di warung makan Sunda Mak Uneh, ada Oseng jamur juga. Oseng Jamur ala Sunda khas bumbu minimalis, rasa gurih manis..putihan nggak pakai kecap. Langsung aku coba dech sendiri, rasanya enak..ya mirip-mirip gitu dech sama yang aku makan kemaren di Bandung. Bedanya aku tambahin jumlah cabenya, jadi pedes seger..hihi.

Jamurnya bisa pakai jamur kancing atau merang Jamur seger lebih enak..gurih alami dan masih teras kenyil-kenyilnya jika di masak. Jamur ini mengandung penyedap rasa alami ya teman-teman..jadi coba aja dech rebus Jamur dengan sedikit garam, rasanya gurih banget enak..seperti daging. Kaldu jamur juga..enak..walau tanpa penyedap buatan gurih banget jika masak. Aku sekarang juga suka masak paai Kaldu Jamur.

Untuk resep Oseng Jamur ini tradisional banget, bumbu dasar aja. Tapi jika pakai jamur segar, rasanya enak banget kok..nglawuhi..hihi. Di makan sama Nasi anget gitu enak banget.

Oke, karena  masih banyak kerjaan..ngebut aja ya postingnya..biar bisa menyelesaikan kerjaan lain...hihi.

Oseng jamur Kancing

Bahan :
300 gram Jamur Kancing segar, rebus dengan sedikit garam sebentar hingga layu, potong tipis-tipis
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh kaldu jamur dan garam sesuai selera 
6 buah bawang  merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
3 buah cabai hijau, iris serong
5 buah cabai rawit merah, iris serong
200 ml air

Cara membuat :
Tumis bawang merah, putih dan cabai
Tumis hingga harum dan matang
Masukkan Jamur, air dan bumbu lain
Tutup panci dan masak hingga meresap , tapi masih sedikit berkuah ya 
Cicipi rasanya. Sajikan hangat


2 comments :

Google Ad

Visit Our You Tube Channel