Google Ad

Friday, April 28, 2017

Bitterballen Ayam & Sosis


Kemaren ada acara keluarga dadakan, keluarga besar pada ngumpul untuk  merayakan ultah Eyang Yodha. Karena mendadak dan kudu bawa makanan dari rumah, aku nggak punya stok bahan..belum belanja sich memang. Akhirnya tengok di freezer, untuk ada stok ayam..ada sosis...oke dech langsung aja bikin Bitterballen yang mudah dan cepat. Karena di kasih tau acaranya udah sore, maka bikinnya juga dadakan, cepat aja. Untung ada stok Tepung kentang terus di rumah..hihi. Ya iyalah lha jualan utamanya itu,Tepung kentang Flakes...hihi.

Akhirnya aku bikin Bitterballen lagi tapi kali ini rasa Ayam dan Sosis, menyesuaikan juga bahan yang tersedia di rumah. Jadi penyelamat banget dech Tepung kentang Flakes ini jika ada acara mendadak dan harus bikin cemilan, karena tinggal seduh, campur-campur bahan, bisa di buat aneka snack dan olahan lain. Sebentar lagi mau puasa nich teman-teman, pasti akan sering bikin takjil, atau snack yang praktis ya..untuk berbuka puasa. Jadi yang mau menyetok tepung kentang Flakes di rumah, ayuk silahkan di order..hihi. baru datang stok baru kemaren..fresh..dan baru di buat Tepungnya sama produsennya.

Jadi Tepung Kentang Flakes yang aku jual ini fresh ya buatan umkm, jadi terjamin kesegarannya. Aku tiap bulan order stok baru terus, jadi nggak pernah menyimpan lama. Walau jika di simpan tahan hingga satu tahun, tapi nggak pernah bertahan lama sich di rumahku, lha laku keras..hihi. Jadi setiap bulan pasti datang stock baru untuk Tepung Kentang Flakes ini. yang mau order silahkan..sms atau wa ke 089654712500 ya..lumayan menghemat waktu lho teman-teman..jika mau menyiapkan menu-men praktis snack atau lauk atau cemilan seperti Perkedel, Kentang panggang,donat, kroket, Bitterballen, dll untuk bulan puasa nanti.

Okeh, aku share salah satu resep praktis dengan Tepung kentang flakes lagi ya..selamat mencoba jika suka..:)

Bitterballen Ayam & Sosis

Bahan :
100 gram TEPUNG KENTANG FLAKES , seduh dengan 200 ml air panas hingga jadi kentang tumbuk yang halus.
100 gram daging ayam rebus, cincang, 3 buah sosis Ayam, potong kecil
150 ml susu cair putih
50 gram tepung terigu protein sedang
1/2 buah bawang bombay
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh kaldu ayam / garam sesuai selera, 1/8 sendok teh Pala bubuk
Gula pasir 2 sendok teh / sesuai selera
Wortel rebus 1 buah, iris kotak kecil, 1 buah jagung manis rebus, serut kasar
2 batang daun sledri, cincang halus

Pelapis :
1 butir telur
50 gram terigu, 100 gram tepung panko / Panir kasar

Cara membuat :
Tumis bawang bombay dengan sedikit margarin, masukkan Ayam, sosis, dan sayuran, aduk rata. Kecilkan api. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga berbutir. Masukkan susu cair, aduk hingga jadi adonan yang kental dan licin. *nggak masalah jika awalnya keliatan bergumpal2..nanti akan halus dan licin sendiri ketika di aduk terus, kan lumer kena  cairan susu terigunya*.
Masukkan tepung kentang flakes yang sudah di seduh, aduk rata. Masukkan semua bumbu-bumbu lain. Aduk dan koreksi rasanya udah sesuai selera belum. Rasa akhir harus gurih, dan ada sedikit manis seimbang ya. Terakhir masukkan sledri. Aduk rata. Hasil jadi adonan keset tapi lembut mudah di bentuk ya.
Bentuk bulat kecil. Gulingkan ke tepung terigu, celup ke kocokan telur, gulingkan lagi ke tepung panir. Lalu goreng di api sedang hingga kuning keemasan.

3 comments :

  1. Tepung kentangnya bs buat mashed potato jg ngga mbak?

    ReplyDelete
  2. Tepung kentangnya bs buat mashed potato jg ngga mbak?

    ReplyDelete
  3. Mbak, terigu protein sedang contohnya apa ya?

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel