Google Ad

Thursday, January 24, 2013

Sayur Lompong / Batang Talas


Wah..hari ini libur ya..tanggal merah..selamat liburan teman2..kalau libur gini aku suka ke pasar dech...mumpung santai...sambil cari2 kebutuhan dapur yang habis. Tapi..seperti biasa..kalau ke pasar..bawaannya laper mata..hihi..semua di beli....lha kalau lauk pauk daging2 ..ikan dsb nya masih bisa di simpan di freezer ya..tapi kadang sayur mayur pun  di borong....padahal gak tahan lama ya..lagian juga tiap hari udah langganan 2 tukang sayur yang nyamperin ke rumah..hihi..beginilah..si tukang masak kalau ke pasar...borong..apa aja yang ada. Apalagi kalau nemu sayuran atau bahan makanan unik yang jarang di bawa tukang sayur..wis langsung dech di beli..kayak tadi..tumben ada yang jual lompong...itu lho..batang talas yang biasa di masak sayur..duch dari kemaren pengen sayur  ini..tapi kok gak pernah nemu ada yang jual..eh tadi pucuk di cinta ulam tiba..ada yang jual..walau cuma tinggal seikat..langsung..angkut...hihi. Jadi hari ini menunya lagi kangen sama masakan rumahan kampung..yang dulu jaman kecil sering di masak ibu ku. Kalau dulu mah tinggal ambil di kebun ya..lha di rumahku di Yogya..kebunnya lumayan masih luas di sekitar rumah yang di tanami bermacam2 tanaman..jadi kalau dulu..sayur buat masakan sehari2 mah gak usah beli..tinggal metik di kebun..seperti nangka muda..pepaya..daun singkong..dll..semua ada..kalau sekarang mah..harus beli semua..^_^...oh ya..buat yang suka sayur lompong..ini dia ya resep dan tips2 mengolah batang  talas / lompong ini....

Sayur Lompong / Batang Talas

Bahan-bahan :
 

1 ikat batang talas ( lupa nimbang..tadi..tipsnya..kupas kulit ari lompong dengan cara di gurat bagian atas..lalu tarik kulitnya ke bawah sampai terkelupas, lalu cuci bersih, potong2 dan taburi garam sedikit kemudian peras sampai kandungan airnya habis / keset, jadinya semangkuk beasar lompong yang siap olah tadi )
6 butir bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, dimemarkan
1 sendok makan rese ( udang kecil2 yang udah kering ), pete jika suka secukupnya

50 gram tempe semangit, potong kecil
5 buah cabai merah besar, dipotong serong
2 buah cabai merah di ulek kasar + 1/2 sendok teh terasi
1 bungkus kecil bumbu kaldu sapi dan garam secukupnya
½  sendok makan gula merah ( atau sesuai selera )
1000 ml santan encer dari 1/2 butir kelapa



Cara Membuat:
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan rese, cabai merah besar iris dan cabe ulek, daun salam dan lengkuas, tumis lagi sebentar sampai harum.
  3. Tuang santan. Masukan lompong dan bumbu2 lain. Masak sampai lunak dan bumbu meresap.
  4. Tips dari ibuku..setelah semua bahan masuk..tutup panci dan masak sampai sayur matang dan bumbu meresap. Jika suka santan yang lebih kental..bisa di tambahkan terakhir, waktu mau di cicipi dan mau di angkat, tambahkan santan kental..lalu masak sebentar lagi sampai meresap. 
  5.  

1 comment :

  1. Lompongnya kalu sudah dikasih garam apakah sudah tidak gatal kalu dimakan?

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel