Google Ad

Tuesday, November 6, 2018

Rempeyek Teri


Sudah mau masuk musim penghujan ya teman-teman. pasti keluarga di ruma tambah doyan makan nich jika musim dingin gini hihi. Waktunya nyetok lauk-lauk kering juga nich, jadi jika swaktu-waktu mau makan, tapi nggak ada lauk, sudah cukup bisa menemani sayur seng, lodeh, dll lho kalau ada stok lauk kering di meja makan.


Salah satu lauk kering favorit di meja makan di rumahku itu rempeyek. Rempeyek apa aja, enak. Pasti nggak akan bertahan lama di meja makan hihi. Rempeyek ada berbagai macam, kala di Yogya biasa Rempeyek jadul bentuk bulat. Kalau di Semarang lebih ke rempeyek tipis-tipis yang renyah dan kriuk ringan. Biasanya cara membuatnya di tipiksn di pinggir wajan, terus di siram-siram minyak hingga terlepas. Hasilnya peyek kriuk tipis dan cukup sekali goreng.

Kalau di Yogya tehnik yang di pakai dua kali goreng. Pertama di goreng hingga setengah matang, lalu kedua di goreng hingga kering. Karena di Yogya jenis rempeyeknya lebih tebal. Jika dua kali goreng, jadinya leboh cepat proses pembuatan Rempeyeknya. Jaman dulu kalau agi ada hajatan paling suka, karena dua hari sebelumnya sudah sibuk bikin Rempeyek. Karena bikin dalam jumlah banyak, sehari sebelumnya bikin *aluman, atau Rempeyek gorengan pertama yang masih peloh ( lembek ) belum krispi, di angin-anginkan semalaman, jadi besoknya tinggal di goreng lagi hingga kering.  Apalagi jaman dulu numbuk beras sendiri ya jadi tepung, jadi berasa enak banget Rempeyeknya hahah.

Kalau sekarang mah tinggal beli tepung beras siap pakai hihi atau nggiling tepung di pasar ada jasa penggilingan kalau di Yogya. Kalau di Semarang kok belum nemu jasa penggilingan tepung. Enak banget padahal kalau tepung fresh habis di giling jika bikin rempeyek ini...atau jajanan lain. Oh ya, kali ini aku bikin Rempeyek Teri teman-teman, ini enak banegt dan cocok untuk menemani sayur lodeh, sayur bening dll. Yuk di coba...

Rempeyek Teri

Bahan :
50 gram Teri
250 gram tepung beras
20 gram tepung tapioka
2 butir kuning telur
350 ml air / santan
2 lembar daun jeruk purut, iris halus
1 sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera
1/8 sendok teh gula pasir

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar

Cara Membuat :
Campur semua bahan rempeyek dan bumbu halus
Panaskan minyak goreng, lebih bagus jika pakai wajan cekung, seperti wok besi
Tuang satu sendok sayur kecil adonan, sambil di tipiskan di pinggiran wajan
Siram-siram minyak panas hingga terlepas
Goreng hingga matang dan renyah
Dinginkan
Simpan di toples



No comments :

Post a Comment

Google Ad

Visit Our You Tube Channel