Google Ad

Wednesday, July 4, 2018

Cumi Krispy Tabur Cabai Bawang


Menu tadi siang, sebelumnya bikin Udang tabur tumisan cabai bawang ludes tak tersisa, tapi bumbu taburan masih ada, akhirnya ganti dech jadi Cumi hihi. Mak irit nggak mau buang bumbu, jadi tinggal ganti aja jadi Cumi Goreng Krispy. Rasanya sama enaknya.

Untuk Cumi Krispy nya aku bikin versi praktis. Ini favorit cucuku kalau ke rumah sebelum Lebaran. Iya..cucu-cucuku hahah. Anaknya ponakan, kan jadinya cucu ya. Maklum, generasi era dulu, jaman dulu mah biasa, ponakan bisa seumuran atau kadang lebih tua dari kita haha.  Biasanya sebelum mudik ke Yogya pada mampir ke Semarang. Nah mesti pada request Cumi Krispy Oma Semarang kata mereka. Biasanya mereka susah makan, kalau pakai Cumi Krispy ini pada lahap. Yodha juga suka, cuma kadang bosan sering makan katanya haha. Gara-gara di Semarang cumi segar melimpah, sering banget masak Cumi, Yodha kadang bosan.

Kebetulan ada satu cucuku, anaknya ponakan yang cewek suka masak juga, si Shasa. Jadi kalau lagi di Semarang dia suka masak sendiri Cumi Krispy ini, sudah hafal cara dan bumbunya bahkan. Seru dech. Karena dia suka masak sendiri, makanya aku buatin resep yang simple aja, tapi hasilnya tetap enak kres renyah, empuk cuminya, luarnya keriting renyah.

Tipsnya, pakai Cumi segar, jadi terasa manis dan nggak amis ya teman-teman. Ciri Cumi segar itu badan masih keset, mengkilat dan kenyal jika di tekan. Tinta cuminya juga belum pecah. Terus menggoreng cumi juga jangan terlalu lama. Agar lapisan tepungnya tetap renyah, minyak harus benar-benar panas di api sedang, baru cumi masuk. Api sedang saja kalau kebesaran mudah gosong, kalau kekecilan Cumi lama matangnya malah jadi alot jika kelamaan di goreng, jadi musti pas apinya, tapi sudah panas minyaknya ya teman-teman.

Bahan :
250 gram Cumi segar, kupas, potong-potong
1 sendok teh kaldu jamur
1/4 sendok teh merica
50 ml air
2 siung bawang putih, haluskan

Campur semua bahan di atas, diamkan 15 menit.

Bahan lapisan :
Aku pakai Tepung krispy yang selalu ada di rumah

Cara membuat :
Tiriskan cumi, tambahkan setengah butir putih telur
Aduk rata
Panaskan minyak
Lumuri adonan cumi dengan tepung krispy, cubit-cubit hingga lapisan rata dan agar keriting
Kibaskan sisa kelebihan tepung
Goreng hingga luarnya renyah, jangan terlalu lama ya

Bahan Taburan 
2 sendok makan bawang putih cincang, 2 sendok makan cabai merah iris, 2 sendok makan daun bawang
Tumis semua bahan taburan dengan api kecil hingga matang dan kering
Bumbuin dengan sedikit garam dan merica atau plus kalsu jamur jika mau gurih, aduk rata
Koreksi rasa
Taburkan ke atas Cumi goreng
Yummy...!

Teman-teman yang mau order aneka tepung, tepung krispy dll. selalu ready ya, wa aja ke 089654712500



No comments :

Post a Comment

Google Ad

Visit Our You Tube Channel