Google Ad

Tuesday, March 7, 2017

Cara Membuat Es Goyang


Waktu kemaren kita kulineran ke Kampung Semawis, aku nemu es Goyang..es jadul yang di buat langsung di gerobak dengan cara di goyang-goyang. Rasanya memang enak..unik dan fresh, karena di buat dadakan, bukan dari freezer. Rasa es Goyang itu legit..lembut dan lumer di mulut. Ah..pokoknya enak. Yodha juga suka..katanya lebih enak dari es krim..hihi.

Jadilah kita penasaran tehniknya, kok bisa di goyang-goyang jadi es gitu..kata Yodha. Akhirnya kita cari tau di You Tube...dan ternyata ada triknya, yaitu pakai es batu dan garam krasak di bawah esnya yang di letakkan di bawah cetakan Es goyangnya. Jadinya dengan cara di goyang-goyang adonan jadi membeku dan set, lalu tinggal di celup ke adonan coklat...hemm..langsung bisa di nikmati...enak dech. Garam yang di pakai untuk membuat Es Goyang ini harus garam Krasak ( kasar ) ya teman-teman..bukan garam halus yang buat masak..hihi.

Begini penampakan Gerobak penjual es Goyang, jadi di bawah cetakan itu di letakkan Es batu dan garam...

Akhirnya kemaren uji coba bikin Es Goyang, pakai garam krasak dan es batu..beneran bisa jadi, tapi butuh perjuangan untuk menggoyang-nggoyang hingga jadi es...hahah. Harusnya sambil nonton drama Korea kali ya..jadi nggak akan bosan menunggu jadi esnya. Kemaren aku sanggup cuma separo adonan, itupun baru tahap mau jadi dan masih berbentuk es puter..aku menyerah, karena susah aku pakai cetakan Tuppy yang atasnya berlubang, takut kecipratan es asinnya..hihi. Akhirnya aku masukkin freezer dech.

Nah, sisa adonan aku bungkus plastik...aku ikat rapat dan aku lanjut pakai proses goyang menggoyangnya di es batu dan garam, hasilnya lebih cepat jadi ternyata, karena bisa di goyang-goyang dengan keras, tanpa takut kena es asinnya. Dan ajaib, memang hasilnya lebih enak yang dengan cara di goyang-goyang..hihi. Lebih lembut dan creamy..serta fresh. Aku goyang-goyang 15 menit, hasil jadinya seperti es puter, aku cicipin sama Yodha enak banget...akhirnya malah nggak jadi di lanjutkan, langsung kita makan jadi es putar...hahah. Enak banget..kata Yodha..rasanya seperti es puter kalau kita makan di acara hajatan itu lho teman-teman..itu kan juga fresh kan.. di buat langsung.

Ini hasil es puter yang langsung di habisin Yodha semangkuk...hihi..


Ah..jadi malah nggak sengaja tau cara membuat es puter juga..hihi. Untuk yang di foto yang pakai cetakan tuppy itu yang aku masukkan ke freezer..lebih praktis dan mudah sich..tapi rasanya beda. Rasa manisnya jadi berkurang, serta kurang creamy fresh. jadi jika mau mencoba aku sarankan pakai cara tradisional saja ya teman-teman, pakai es batu dan garam. Bisa di ember kok buatnya. Tinggal kita masukkan es batu yang banyak, taburi garam krasak banyak  juga, aduk rata. Masukkan adonan es yang sudah di bungkus di plastik, lalu di putar-putar hingga adonan membeku. Jika mau bikin seperti es goyang,  pakai cetakan es mambo aja, jika mau bikin es puter, pakai plastik besar sekalian nggak apa-apa.

Okey, selamat mencoba ya teman-teman...jika suka es puter atau Es Goyang, resep di bawah ini bisa di buat keduanya kok...:D

Es Goyang 

Bahan :
500 ml santan 
100 gram gula pasir
20 gram tepung hungkwe
1 sachet susu bubuk ( 25 gram )
1/4 sendok teh garam

Lapisan :
100 gram coklat blok, lelehkan dengan cara di tim ( jika esnya sudah jadi ya )

Cara membuat :
Campur semua  bahan, masak dengan api kecil hingga mendidih dan agak mengental, tapi jangan sampai pecah ya..santannya.
dinginkan
Siapkan ember, isi dengan es batu yang banyak, dan taburi banyak garam krasak juga ( aku pakai setengah kg dan es batu sekitar 5 kantong yang aku hancurin kasar )
Masukkan ke plastik atau cetakan, lalu letakkan di es batu yang di campur garam kasar
Goyang atau putar-putar sekitar 15 - 30 menit hingga adonan membeku dan keras dan menjadi es
Segera celup ke coklat leleh, sajikan segera
Jika mau  bikin es puter, cukup hingga adonan menjadi beku creamy saja, bisa langsung di sajikan
Jika mau variasi rasa bisa di tambah kelapa muda, nangka, kacang hijau, dll


21 comments :

  1. Mbak diah, minta tolong foto bwt es puter yg diember step by stepnya ya. Penasaran bgmana caranya. Mau coba bwt tp sedikit saja. Trims mbak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spt yanga ku jelaskan di atas mba..ember kasih es dan garam, adonan di taruh plastik, di putar2 di es atau di goyang2...pokoknya sampai terkena es nya dan membeku :)

      Delete
  2. Mbk diah,Kalo mau dibikin model es mambo/lilin tinggal dimasukin ke kantong plastik es trus dibekuin aja ya enggak perlu di goyang" di ember ? , terimakasih sebelumnya ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya beda mba..jd kayak es gabus jika langsung di bekukan...enak yang di goyang2 :)

      Delete
  3. mb diy, kebalik kali ya..."takut kecipratan es asinnya..." mungkin maksudnya "takut kecipratan asin esnya"...hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..es nya di kasih garam jadi es nya asin..:D

      Delete
  4. Wah, baru denger nih mbak yg namanya es goyang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca2 di internet..byk informasi tentang es goyang :)

      Delete
  5. Hai mbak... saya suka coba2 resep mbak,kali ini menarik sekai...makasih resepnya

    ReplyDelete
  6. Hai mbak... saya suka coba2 resep mbak,kali ini menarik sekai...makasih resepnya

    ReplyDelete
  7. https://hkjitu4d.medium.com/
    https://hkjitu4d.jimdosite.com/
    https://datakeluaranhongkong.weebly.com/
    https://marketingsukses9989kbrmw.wixsite.com/website
    https://togelhongkong.sitew.us/
    HK JITU
    KELUARAN HK
    PREDIKSI HK

    ReplyDelete
  8. I am one of the followers of your blog and found great content on your website. Keep up the good work. Thanks for another excellent post. Where else could anybody get that type of info in such an ideal way of essay writing? It would very helpful for write my paper

    ReplyDelete
  9. It is the platform that is best known for providing Quality Check Services. We take proper care to maintain the quality that we provide. There is adherence to all the guidelines for the quality check. The content provided for every question is free from any grammatical errors and plagiarism. Such is the range of professional services which are under the budget of every service seeker. online curriculum development services

    ReplyDelete
  10. he trend for learning certified courses are ever increasing. Students and adults, both are on a constant lookout to learn new skills and enhance the existing ones. For this purpose, certification course development services are on a rise. Acadecraft is a sincere certification course development provider. We craft some of the best skill-based and academic courses across all levels. epub conversion services

    ReplyDelete


  11. As per our knowledge and our experience, we assist you with the most effective programming Assignment Help . We help you in writing all types of programming assignment and provide you an elaborated programming knowledge that you might need in the future.

    ReplyDelete
  12. Mba Assignment Helper is the best assignment help services provider on the market. MBA Assignment provides round-the-clock customer support anytime, anywhere. We are available 24/7 to assist you, so you can get your projects done with zero fuss.

    ReplyDelete
  13. MBA Assignment Help services for university and college students in the UK.

    ReplyDelete
  14. Thanks for sharing this excellent post! It's fantastic to know that you provide annotated bibliography assignment help. Crafting annotated bibliographies can be quite challenging, and your services can be a lifesaver for students seeking guidance. Your commitment to offering assistance for annotated bibliography assignments is truly admirable and will surely support students in their academic journeys. As someone who understands the value of reliable help, I applaud your dedication to making a positive impact. Keep up the outstanding work, and I'll definitely recommend your service to those in need of annotated bibliography assignment assistance. Looking forward to more informative posts from you!

    ReplyDelete
  15. Thanks! Keep going, dear. I've gained exceptionally useful insights from reading your blog, which have proven to be exactly what I needed

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel