Google Ad

Saturday, March 12, 2016

French Crullers..Potato Churos ala Perancis


Happy weekend teman-teman..hari ini nggak ke mana-mana dech. Selain karena Suami lagi ada kerjaan di luar..mba artku kok ya..nggak datang tanpa pesan..huhu. Jadinya beneran *single fighter* hari ini..semua sendiri. Yodha kalau Sabtu di rumah juga nich pengennya ngemil terus..hihi. Tadi jam 10 an udah minta cemilan..laper katanya. Akhirnya aku coba aja buat French Crullers, seperti churos ala Perancis, yang nggak sengaja aku lihat resep dan fotonya menarik, di Pinterest kemaren. Meanrik, karena adonan pakai potato flakes..kebetulan masih ada sedikit sisa potato flakes sedikit habis buat donat kemaren. Jadi biar  nggak bosan buat donat terus, kali ini aku buat cemilan yang beda untuk Yodha. Ternyata dia suka. 

Rasanya seperti Churos, tapi lebih lembut dan empuk, karena pakai campuran potato flakes. Tapi jika waktu masih hangat itu ya enak, crunchy gitu, karena memakai campuran tepung maizena juga. Jadi rasanya itu lebih gurih, di banding churos yang pakai tepung terigu aja. Cuma herannya,  di resep pakai telurnya, banyak banget..hihi. Akhirnya aku kurangi saja tadi aku cukup pakai 4 butir, itu aja adonan sudah pas kok..lha kalau sesuai di resep aku takut malah encer adonannya.

Menggoreng churos agar hasilnya garing di luar lembut di dalam, itu juga ada tehniknya, api kecil saja ya teman-teman. Kalau api besar, ya nanti akan lembek churosnya...seperti gorengan biasa. Churos kentang ini bisa di nikmati gitu aja udah manis, atau pakai taburan gula halus dan kayu manis, juga tambah enak. Jika mau pakai taburan gula, lebih baik di kurangi agar nggak terlalu manis. Ini resep takaran pakai cup, cup ukur itu lho teman-teman..ada di supermarket banyak yang jual ya..ada yang murah kok, yang plastik tuch cuma 15 ribu. Aku tuliskan resepnya ya, aku adptasi dari Saveur.com.

French Crullers

Ingredients

34 cup unsalted butter, cubed, plus more for greasing ( aku pakai margarin kira-kira 50 gram )
4 tsp. sugar ( aku pakai 3 sendok saja )
1 tsp. kosher salt ( 1 sendok teh garam )
2 cups (9 oz.) all-purpose flour, sifted ( 2 cup tepung terigu protein sedang )
12 cup instant potato flakes ( 1/2 cup tepung kentang flakes )
3 tbsp. cornstarch ( 3 sendok makan tepung maizena )
6 eggs, plus 4 egg whites ( aku pakai 4 butir aja )
Canola oil, for frying ( aku pakai minyak padat )
4 cups confectioners' sugar ( Gula halus donat )
2 tbsp. honey ( aku nggak pakai )

Instructions

Melt butter in a 1-qt. saucepan over medium-low heat.  ( Lelehkan margarin )
Bring melted butter, sugar, salt,  and 2 cups water to a boil in a 4-qt. saucepan over high heat. ( Campur margarin, gula, garam dan air, didihkan )
Reduce heat to medium, add flour, flakes, and cornstarch and cook, stirring constantly with a wooden spoon, until mixture pulls away from sides of pan, 2 to 3 minutes. ( Kecilkan api, masukkan tepung kentang flakes, tepung terigu, maizena, aduk rata hingga adonan mengental dan matang )
Transfer dough to bowl of a stand mixer fitted with a paddle attachment; beat until slightly cool, about 2 minutes. ( Dinginkan, atau mixer sekitra 2 ment agar suhu agak hangat )
Add eggs, one at a time, beating until completely absorbed, scraping sides of bowl as needed ( Tambahkan telur, kocok satu persatu, aduk rata bagian bawah agar adonan rata )
Transfer dough to a pastry bag fitted with a 34" star tip; refrigerate 1 hour. ( Pindahkan adonan ke kantong plastik segitiga secukupnya , diamkan 1 jam di kulkas, aku tadi langsung goreng aja )
Heat 2" oil in a 6-qt. saucepan until a deep-fry ( Panaskan minyak goreng )
Cook, flipping once until puffed and golden, about 15 minutes. Using a slotted spoon, transfer to a baking sheet with a wire rack; let cool completely. ( Goreng hingga matang dan dinginkan )
Whisk confectioners' sugar ( Sajikan dengan ayakan gula halus, aku tambah kayu manis juga tadi, harum..! )

Note :
Nyemprotnya pakai spuit yang 1 M hasilnya bagus teman-teman jika ada, atau spuit lain juga bisa. Biar rapi bulatnya sama, aku semprotkan adonan ke sutil donat, lalu tinggal celup ke minyak panas, adonan akan lepas, tapi bentuknya jadi rapi dan seragam bultanya. Tapi tadi aku lupa masukin ke kulkas adonannya, jadinya nggak terlalu keliatan ya, motif  *swirlnya..hihi.


3 comments :

  1. Wah Lezat bgt makanannya.. Terima kasih untuk resepnya

    ReplyDelete
  2. Mbak Didi, makasih resepnya, pengen nyoba, tp sepertinya takaran airnya belum ada ya Mbak?

    ReplyDelete
  3. Dicocol cokelat cair nyus bingit

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel