Google Ad

Thursday, October 9, 2014

Tiwul Ayu


Masih..mengulas..menu per *tiwul* an dan per *gaplek* an teman2..hihi. Gaplek..jika di buat tepung..jadilah tepung tiwul, yang biasa di buat tiwul kukus atau nasi tiwul. Nah..tepung tiwul atau tepung gaplek ini jika di olah lagi..bisa jadi aneka jajanan juga lho..selain di jadiin tiwul kukus manis atau nasi tiwul. Bisa di buat aneka kue modern, seperti brownies..dll. kalau aku tetep suka yang aliran tradisional sich kalau bikin jajanan dari tiwul ini..salah satunya ya..tiwul ayu ini..atau putu ayu dari tiwul. Besok next eksperimen..mau bikin bolu emprit..itu tuch kayak kue kering jadul yang dulu warnanya putih agak kusam kusam, rasanya lumer di mulut dan khas sekali teman2..karena terbuat dari tepung gaplek..jadi warnanya bisa kusam. Selain itu bisa di buat mie gaplek juga..wah..pengen coba semua..semoga waktunya bisa dech.

Untuk hari ini..bikin tiwul ayu dulu ya. Ini pakai tepung tiwul atau tepung gaplek yang aku jual..hihi. Kemaren sebenernya mau beliin titipan temen2 yang pesen aja..karena takut nggak laku, tapi ku pikir2 udah jauh2 cuma ada di Yogya..aku ambil banyak sekalian..buat di jual..hihi. Apalagi dapat tepungnya baru giling di produsennya..jadi masih benar2 fresh..ya udah akhirnya beli banyak. Alhamdulillah..laku juga..hihi. Rupanya banyak teman2 yang kangen sama jajanan jadul ini ya. Buat yang mau pesan juga ini..masih ada stock lho..nanti kalau habis tak mudik lagi..hihi..sekalian kulakan  gaplek keringnya yang buat gatot..banyak yang pesan juga. Dasar dech..apa2 di jual ya teman2..seru aja gitu bisa nemu jajanan langka gini dan membantu teman2 yang kangen jajanan tradisional Jawa ini.

Untuk bikin putu ayu...tepung tiwulnya di blender kering dulu hingga halus ya teman2, terus di ayak, tapi jika malas..aku juga sedia yang versi halus nich tepung gapleknya..yang bisa buat  tiwul ayu ini atau buat brownies tiwul, cake tiwul, bolu emprit dll. kalau yang standart biasa kan buat tiwul kukus dan nasi tiwul dan jajanan lain, kalau yang versi halus ini udah halus banget kayak terigu. Di Yogya memang banyak di pakai untuk buat tiwul ayu seperti ini teman2. 

Tepung tiwul halusnya kayak gini ncih..udah hampir kayak terigu dech halusnya..tapi aromanya khas banget..aroma tiwul..hihi. 


Oke..buat teman2 yang mau coba tiwul ayu..yukk simak resepnya ya..jika beli di pasar tradisional tepung tiwulnya masih agak kasar, bisa di blender kering hingga halus ya. Rasanya..enak bingits...antara rasa putu ayu..dan tiwul..hihi..jadi ada aroma khas tiwul..gurih, legit dan lembut menul2..jadi satu dech..^^
Tiwul Ayu

Bahan :
100 gram tepung gaplek / tepung tiwul
25 gram tepung terigu protein sedang
2 butir telur
100 gram gula merah sisir ( aku pakai gula merah semut / gula merah halus )
1/4 sendok teh garam
1/8 sendok teh vanili
Santan 100 ml
Kelapa parut 100 gram dan sejimpit garam, aduk rata, lalu kukus 10 menit.

Cara membuat :
Olesi cetakan putu ayu dengan minyak tipis2 dan rata, taruh kelapa parut secukupnya di dasar cetakan.
Panaskan kukusan, jangan lupa alasi tutup kukusan dengan kain bersih.
Kocok telur dan gula merah hingga mengembang dan kental, masukkan vanili, garam, tepung gaplek, dan santan, kocok rata dengan kecepatan mixer rendah saja hingga rata.
Tuang di cetakan hingga hampir penuh.
Kukus selama 20 menit di api sedang hingga matang. Sajikan
Tiwul ayu yang ayu nan menul2..siap di santapp...! ^^
Note :
Aku pakai gula merah butiran..atau di kenal dengan nama gula semut..ini juga salah satu daftar jualanku..hihi..tapi belum sempat ku posting..dan ku ulas. Jadi gula merah semut ini adalah gula merah yang berbentuk butiran2 kecil seperti semut..makanya di sebut gula semut kali ya. Produsennya sama dengan yang produksi gula merah cair yang iklannya ada di atas web ku ini..hihi. Gula merah semut ini sangat praktis di pakai untuk bikin kue2 teman2..misal putu ayau..cake gula merah, bolu kukus gula merah dll..karena sudah bentuk kayak pasir ..ndak perlu nyisir2 gula merah lagi. Dan ketika di kocok dengan telur hasilnya bisa ngembang bagus juga..wah..sayangnya lupa motret tadi. Besok dech..tak buat bolu kukus gula merah dulu ya..jadi biar bisa di foto hasil kocokan telur pakai gula semut ini. Tenang..ndak ada semutnya kok..hihi..beda sama gula merah di pasar tuch yang kadang2 ada semut beneran di dalamnya ketika kita cairkan terus di saring..kan banyak ampas2 macam2 ya..hihi. Kalau gula semut ini..selain gula merah murni..juga bersih sekali.,jadi praktis dan sehat kan teman2..bisa buat minuman juga lho. Stop ah..promonya..ntar pada kabur semua ini teman2 yang baca..hihihi. Jiwa sales sejati..lol..! Tapi boleh dong di intip dulu teman2..penampakan gula merah semutnya..kayak gini ya..hihi.


Buat yang mau pesan tepung tiwulnya..oke silahkan lho..di tunggu..hihi. Oh ya..sebelumnya..mau colek Ibu Sri hayati...yang 3 kali kirim pesan via contact form..mau order tepungnya..udah saya balas terus Ibu..tapi alamat email punya ibu sepertinya sudah tidak aktif, jadi ketika Saya balas, gagal ..mohon maaf ya bu..bisa tinggalkan no hape saja di contact form..nanti Saya sms..^^





17 comments :

  1. Mba Diah, kalo di tempatku namanya Brown Sugar.

    ReplyDelete
  2. Mbak Diah, saya langsung coba akhir pekan ini. Semua bahan sdh tersedia. Tepung gaplek dari mbak Diah masih ada sekitar 300g. Akhir pekan lalu saya coba bikin roti manis dg resep yg biasa saya pake, tapi saya ganti tepung terigu dg tepung gaplek. Hasilnya.... jauh dari harapan he..he... Bisa dimakan sih, tp kurang enak. Habis nunggu resep2 dari mbak Diah dg dasar tepung gaplek (selain tiwul), gak nongol2. Mbak Diah sibuk bingits. Saya mau habiskan stok tepung gapleknya, dan setelah habis mau order tepung ketan hitam, spy lemarinya gak penuh dg macam2 tepung. Jadi saya ngarang sendiri, tp krn amatiran, ya begitu deh. Untuk resep ini, saya bisa pakai tepung gaplek dari mbak kan? Itu lho, yg gak ada labelnya, produksi tradisional. Apa perlu diayak dulu? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.iya mba..maafken..pengen coba macam2 dr kemaren..waktunya yang mepet terus..akhirnya jadi tggl dikit ya mba tepung gapleknya. tapi kalau di buat roti memang hrs pakai terigu mba di campur..lha kan.ndak ada kandungan guletnya..yang bisa membuat ngembang adonannya..hihi. Kalau buat cake2 masih oke. Iya..di blender halus lagi, terus di ayak ya Mba..biar halus. tapi misalnya nggak halsu banget pun ndak pa2..nanti tekture tiwul ayunya agak2 kasar kayak beremah gitu tapi ya tetep enak..hihi

      Delete
  3. Wkt itu saya pake metode water roux, ada terigunya dikit. Lalu adonan roti kelembekan, dan saya tambah terigu sekitar 50g. Adonan mengembang tapi tdk maksimal, roti mengembang ke samping tdk ke atas, hi..hi... Rasanya ya krenyes2 gitu, mama gak mau coba, akhirnya ya harus dihabiskan sendiri. Gak papa, buat pengalaman seru. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..buat pelajaran di dapur ya..seru..besok jika ada waktu tak buat donat tiwul mba..hihi

      Delete
  4. Mba,bbrp waktu lalu sempet bikin putu ayu yg pke terigu biasa tp kok berasa telurnya...amis...ni kan mau cb bikin yg pke tepung tiwul biar ga bau amis gmn ya mbak? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ngocok telurnya sampai benar2 mengambang mba..kalau aku bikin nggak amis ini..aroma khas legit manis tiwul dan wangi vanili..hihi.

      Delete
  5. Mbak Diah, kemarin sdh saya coba, dan berhasil! Begitu jadi, langsung bikin lagi krn bahan masih ada. Enak, gak berasa apek sama sekali, manisnya juga pas. Adik saya kebetulan ke rumah, dan saya kasih icip 1, lalu bawa pulang 2 untuk anak2nya. Wah, untung bikin 2 resep. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba Sisca..syukurlah jika suka ya..iya mba..aku suka yang manisnya sedang aja kalau bikin kue2..:)

      Delete
  6. Kemarin saya pake santan Bxxxs sesuai saran mbak. Ya, jauh lebih enak dari Kxxa. Saya tunggu resep2 dg tepung gaplek, sekarang tersisa 200g saja. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  7. untuk membuat tiwul ayu gak perlu pke ovalet ya mb..?seperti membuat putu ayu..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ini nggak perlu mba..ada resep lain juga yang pakai..:)

      Delete
  8. mbak diah, mau tanya donk.. saya ria. klo beli tepung tiwul / gaplek, belinya dimana ya?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jual mba..email aja di bundadidi@gmail.com ya jika minat..:)

      Delete
  9. mbak diah, kmrn udh ku coba resep tiwul ayu nya dan berhasil.... makasih yaa...enak banget dan manisnya pas...:) tetap sharing2 resep ya mbak..
    oh iya, kmrn sy jg coba adonan tiwulnya msh blm berhasil. tdk seperti punya mbak.. bagus banget... padahal sich sy udh ikutan resep mbak.... salah dimana ya, mbak? mohon masukannya ya
    trima kasih
    Ria

    ReplyDelete
  10. Kmr sy bt gk pke mixer kok hsilnya kurang maksimal n agak bantat itu mbk...gm geh

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel