Google Ad

Tuesday, October 7, 2014

Pindang Udang Palembang


Wah..habis mudik kemaren sehari ..lha kok kerjaan menumpuk..sampai nggak sempat bikin apa2 kemaren..jadi libur sehari posting resepnya kemaren. Tapi mestinya teman2 kan masih sibuk masak berdaging2 ya..hihi...jadi belum nengok2 resep baru kan. Kalau aku malah ganti menu nich hari ini..pengen yang seger2..berkuah bening asam manis..dan masak udang aja. Kali ini aku bikin pindnag udang ala Palembang.

Gara2 ke pasar beberapa hari lalu liat udang seger2 begini..langsung dech..di beli..karena kalau udang seger2 dan masih hidup gini, biarpun nggak langsung di masak..bisa tahan lama di simpan di freezer dan rasanya tetep manis seger udangnya. Dan mau di masak apa aja juag enak..kalau udangnya seger gini.


Pidang udang   yang aku coba kali ini yang versi Palembang..kalau di Jawa Tengah juga ada sich pindang serani khas Jepara..yang mirip2 pindang udang Palembang ini...tapi pakai ikan. Intinya sama..rasanya segar asam dan pedas..tapi kalau Palembang lebih dominan gurih kali ya..kalau aku ya tetep suka yang rada ada manis2nya..hihi. Biasa..kalau masak masakan luar Jawa yang gurih2..kayak masakan Padang dll..selalu dech aku mesti melenceng jadi selera Jawa..karena kau tambah gula..haha. Tapi menurutku gula itu biarpun cuma sedikit sangat penting dech buat penyeimbang rasa masakan dan membuat citarasa gurih semakin terangkat...jadi masakan tambah sedep gitu.

Jadi..ini resepnya asli pindang udang dari Palembang ya teman2..aku adaptasi dari resep di salah satu rumah makan khas Palembang yang di ulas di tabloid info kuliner..cuma aku tambahin gulanya..hihi. Rasanya..seger..sedikit asam..gurih pedas..dan..sedikit manis kalau versi aku. Jika suka rasa lebih asam segar..mungkin enak juga di tambah belimbing wuluh ya teman2..atau sedikit kucuran jeruk nipis..jadinya..kayak sop Tom Yam ala Thai kan..pedas..asam gurih..^^

Resep Pindang Udang Ala Palembang

Bahan :
250 gram udang segar
3 batang serai
3 lembar daun salam
5 cm jahe, memarkan
3 buah tomat, belah 4
50 gram nanas muda, potong2 kecil
Garam dan gula sesuai selera
Air 600 ml
Daun kemangi secukupnya

Bumbu halus :
5 buah cabai merah keriting
3 siung bawang putih
4 butir bawang merah

Cara membuat :
Bersihkan udang, kupas kepala, tapi kulit tidak perlu di kupas
Didihkan air, masukkan bumbu halus. Setelah mendidih masukkan udang dan bumbu2 lain, kecuali nanas muda. Lalu masak  15 menit hingga meresap, masukkan nanas muda dan daun kemangi , angkat..sajikan hangat.




No comments :

Post a Comment

Google Ad

Visit Our You Tube Channel