Google Ad

Friday, August 22, 2014

Resep Kuah Bakso


Akhirnya bisa posting resep kuah bakso ini teman2..padahal ya masakanya udah dari beberapa hari lalu karena banyak teman2 yang request resep kuah bakso homemade ya. Tapi baru sempat posting. Kuah bakso..itu bisa dari kaldu sapi..atau juga bisa dari kaldu ayam. Kalau dari kaldu sapi..biasa yang di gunakan adalah tulang sapi atau tulang kaki / sengkel..yang ada gandu atau sum sumnya itu lho teman2. Biasa di buat ya untuk kuah bakso sapi kayak di warung2 gitu. Sedang kuah bakso yang terbuat dari kaldu ayam...lebih cocok untuk bakso ayam..ikan udang dll..rasanya lebih ringan dan segar kalau pakai kaldu ayam. Sedang kalau pakai tulang sapi itu kuahnya sedep dan kuat ya aroma dagingnya. Kayak di warung2 bakso gitu lho teman2. Kalau di Semarang sini kuah bakso itu selain pakai daging atau tetelan..juga pakai jerohan sapi juga..jadi pekat gitu kuahnya. 

Resep kuah bakso ini versi yang alami pakai tulang kaki sapi ya teman2..jadi musti ada tulang kakinya biar sedep kuahnya. Kalau pakai daging aja juga kurang sip  gitu. Tulang sapi yang ada sum sumnya bisa di beli di tukang daging di pasar ya..kalau di sini sich 7 rb dapet satu..hihi. dapetnya..ya cuma tulangnya saja lah ya..jangan berharap masih ada daging2 yang nempel ya teman2..udah bersih daging..di seseti sama yang jual..hihi..dan di jual terpisah. Jadi memang kita cuma pakai kaldunya saja ya..tulang ini. Tapi kan ya nggak mungkin juga di makan..hihi..paling2 di ambil gandu atau sum sumnya masih bisa itu di ketok2. Kayak gini nich kaldu tulang kaki sapinya ya teman2..memang ndak bisa bening ya..kalau kaldu untuk kuah bakso ini. Sebelum di rebus di bilas air panas dulu atau di blansir di celup ke air mendidih ya tulang kaki sapinya. Setelah itu air di beri bumbu kuah bakso seperti biasa.

Resep Kuah Bakso 

Bahan :
1 buah tulang sapi 
1500 ml air
2 tangkai sledri, ikat
2 batang daun bawang, ikat
3 siung bawang putih, digoreng utuh, ulek kasar
1 sendok teh garam ( sesuai selera )
1/8 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir

Cara membuat :
Rebus tulang sapi dengan air, sledri dan daun bawang dengan pi kecil hingga keluar kaldunya . saring. Masukkan bawang putih goreng dan bumbu2 lain. Didihkan kembali. Koreksi rasa. Kuah bakso siap di gunakan.

Note : Resep di atas adalah kuah bakso homemade yang non penyedap..jika mau persis kayak di warung2 bakso bisa di tambahkan sedikit penyedap rasa sesuai selera,..tapi jika ndak suka ndak usah pake..pakai garam aja.
Dan jadilah bakso kuah homemade..kuahnya aja..hihi. Kalau baksonya beli aja..kalau bakso sapi..tobat aku nggilingnya teman2..soale food proccessor ku dah nggak bisa di pake gara2 hilang scrup kecilnya di ilangin mba art ku pas di cuci..huhu.. ( Makanya mak irit kalau beli alat dapur yang mahil dikit ya..jangan cuma cari murah aja..hihi..*Nasehat untuk diri sendiri * ). Yo wis besok minggu tak ke Ace hardware cari food processor yang bagus..nah lho...judulnya ngajak boros kalau ke sana ya...hihi. Tapi beneran lho teman2..kalau bikin bakso ayam..udang..ikan kan dagingnya lebih empuk dan lembut ya..jadi di cincang halus pakai pisau itu mudah banget habis itu tinggal di lumatkan dengan mixer..beres dech jadi adonan bakso lumat yang halus. Lha kalau daging sapi ini..pegel banget cincang2 nya dan ndak bisa halus gitu..huhu. Jadi jika teman2 mau bikin bakso sapi pakai * TEPUNG BAKSO * nya bisa banget lho..asal ya itu tadi dagingnya musti di giling halus dulu gitu ya..pakai food processor atau di gilingkan di pasar. Sayangnya di pasar deket rumahku kok ndak ada penggilingan daging..hihi. Jadilah kalau mau maem bakso sapi ya beli aja dulu..ya elah malah curhat..hihi. 








35 comments :

  1. Sedepe rek..... mau dong satu mangkuk mbak Di. Kapan2 tak coba deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..dah habis mba.,.hihi..ayukk coba di rumah ya..:)

      Delete
  2. mbaa,,tulangnya dmasukin pas air udh mendidih atw belum ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum mba..nanti kalau di masukin mendidih kaldu2 di dalam tulang malah ndak bisa keluar..:)

      Delete
  3. Gampang ya mak bikin kuah Bakso, ngiler liat tulangnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak..gampang aja kok..lebih bs sesuai selera jug akan bumbu2nya..yukk di coba ya..:)

      Delete
  4. enak di buat kuah sop ini mb.dah pnah nyoban sekal bkn kaldu pake tulang gini.kapok wiss,lamaaa n tulang septong aja airnya sak kedung,hehehe.itu FP apa ndak bsa d gntin sekrup bru mb?
    Di toko alat listrik biasanya jual,kmrn aku lhat FP mrah di ADA,mau beli kok ya pngeluaran dah bnyak,hihi.kalo di ACE emg bgus2 ya mb,tpi y mihil2'e.gak ada yg jual FP bkas y(ngarep hrga mede)''elmi''

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya beli yang kecil aja mba..tulangnya kalau aku,..:)
      Iya nich belum sempat ke distributornya mba..:)
      Sama ya..kalaumurah meriah bagus aku yo mau..hihi

      Delete
  5. Mb diah,aku tertarik nih ama tepung baksonya, kalo mau tau jualannya mb diah apa aja dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Nisrina..di kolom atas aneka tepung itu mba..ulasannya. Kalau web warungnya maish di buat.belum jadi. email aku aj tho mba..di bundadidi@gmail.com ya..:)

      Delete
  6. Mba diah, kalo ngrebus tulang sapi brp lama ya? Biasanya sy rebusnya 2 jam an, api kecil, sy tutup. Tapi aroma khas tulangnya koq jd ilang ya? Apa kelamaan ngrebusnya ato krn ditutup? Krn kalo ditutup, walo api kecil tetep aja airnya bergolak. Kalo ngga salah airnya tdk boleh smp bergolak kan mbak? Thanx sebelumnya ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Api kecil banget mba priscilla..nggak bergolak banget kok..itu biar sari2 kaldunya keluar. 1 jam cukup ..di tutup ndak pa2..:)

      Delete
  7. Trims ya mbak. Tapiiiii contact form yg dah kuisi koq ga da kabar beritanya ya mbak hiks..hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba...emailnya apa..kmrn soalnya dr contact form itu aku balas banyak yang mbalik juga..:)..maksudnya nggak ke kirim gitu mba..:)

      Delete
  8. Mbak....ajarin bikin kuah baso kayk di jogja donk.....kan rasa bw putihnya nendang bingitttt...hehehehe..klo bisa bikin dhewe kan lumayan ngilangin kangen ma bakso jogja :D

    ReplyDelete
  9. Mbak ini emailku: pris7universe@gmail.com. Email me ya mbak :) Coz aku pernah isi contact form, pernah email mbak Diah jg, tp tak ada tanda2 kehidupan dr mbak Diah :/ Btw mbak, mau tanya lg, kuah tulang sumsum ini di gambarnya koq tdk berminyak2 y mbak? Bgmn caranya agar tdk berlemak? Apakah minyaknya sdh dibuang? Thanx ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba..udah ku bales terus lho emailnya..hihi..mba yg gak bales balik dech kayaknya..yang pesan rebung juga to,,?

      Delete
    2. Huehehee...iya yg pesen bung. Soale pas sblm nulis komen di atas aku cek imel koq sik kosong melompong hehehee. Uda kubales barusan mbak. Mbak Diah, sori ngrepoti, mau tanya lg, kuah baksonya gimana kah caranya agar tdk brminyak (spt gambar di atas)? Apakah lemaknya diangkatin satu2 gt? Makasih ya mbak :)

      Delete
    3. di blansir dulu mba..tulangnya..di celup air mendidih sebelum di buat kalsu..jd biar lemaknya hilang..:)

      Delete
  10. Gak perlu pakai pala ya mbak?

    ReplyDelete
  11. Bagi yang membutuhkan gurita atau lobster untuk resep kulinernya, kami menyediakan gurita dan lobster air tawar untuk kebutuhan restauran seafood, rumah makan ikan bakar, maupun untuk konsumsi pribadi.

    HP: 085707105679, 087851343104, 031-72969303
    Lokasi: Surabaya
    http://www.lobstar.net

    ReplyDelete
  12. Mbak rikues kuah nya yg pake kaldu ayam donk... mklm ak ga makan daging sapi... makasih mbak diah.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ada mba..coba cek di resep cuanki..batagor kuah ya..:)

      Delete
  13. mbak didi tulungagung kah?dh tak coba resepnya maknyus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..aku dr Yogya mba..tggl di Semarang :)

      Delete
  14. Salam Dari malaysia....lama mencari resep bakso Indonesia.... Terima kasih..hari ini aku cuba ya...

    ReplyDelete
  15. Udah nyoba bwt lebaran,,, enak banget, mirip sm kuah2 bakso jualan, tp sy tambahin ro*co sapi, soalny bwtny 3x lipat dr resep, tq ya mb resepny, smga klg mb sll d beri kesehtn

    ReplyDelete
  16. mbak... saya tertarik mau pesan tepung bakso dan karengganan. berapa harganya?
    bagaimana cara pesannya? terima kasih

    ReplyDelete
  17. mba mhn bantuan gmn cara buat kuah bakso yg dijual di toko2 bakso chinese,bening,ringan tapi gurih dan gak mahtegh..

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel