Google Ad

Saturday, September 21, 2013

Simple Fruit Cake


Resep fruit cake ini adalah jenis buttercake yang padat dan kokoh..untuk di jadikan cupcake. Bahan2nya juga sederhana. Tehnik pengocokan telur di pisah..supaya volume cakenya lebih banyak dan hasilnya lebih moist. Tapi..jika malas mengocok telur secara terpisah..bisa juga di kocok bareng aja semua telurnya dengan mentega, jadi lebih praktis. 

Karena aku pakai buttercream di atasnya..jadi aku pakai cup yang agak besar..dan aku isi 2/3 aja cakenya biar nggak belepotan buttercreamnya. Jika mau di cover fondant..bisa pakai cup kertas Momma biasa yang kecil2.
  • Buah kering yang di pakai..bisa sesuai selera, aku pakai kismis, chery merah dan hijau, jika mau ekonomis, bisa pakai sukade juga.
  •  Selain butter cream bisa pakai ganache dari coklat leleh juga..
  •  Ciri putih telur yang mengembang..ujungnya membentuk tanda runcing seperti jambul..^^

Fruit Cake

Bahan :
150 gram margarin
100 gram gula pasir butiran kecil / halus ( 75 gram untuk di kocok dengan margarin, 25 gram di kocok bareng putih telur )
150 gram tepung terigu protein sedang
3 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
1/2 sendok teh baking powder
20 gram tepung maizena
50 gram susu cair
1/4 sendok teh esens vanila
100 gram buah kering campur

Cara Membuat :
Ayak tepung terigu, maizena dan baking powder
Kocok margarin, gula sampai lembut, masukkan kuning telur satu persatu bergantian dengan sedikit tepung sambil di kocok rata.  Masukkan esens vanila, kocok rata.
Masukkan sisa tepung terigu bergantian dengan susu cair sambil di ayak dan di kocok perlahan. Tambahkan buah campur, aduk rata dengan spatula. Sisihkan.
Kocok putih telur  dan gula hingga mengembang dan kaku. 
Masukkan ke adonan pertama sambil di aduk melipat perlahan2.
Tuang di cetakan cupcake atau di loyang tulban biasa.
Oven 25 menit di suhu 180 C ( atau tergantung oven masing2 )



9 comments :

  1. maaaak...resepnya enak-enak bangeeet.....ngiler kelas berat and I loveee all the photos...mantaaap mantaap....jadi semangat bongkar2 kardus et ngeluarin perlengkapanperang..dulu waktu ngg di Indonesia, saya buat apa-apa sendiri, maklum ngg ada yang jual...sejak pulang, apa2 tinggal beli jadi lamaa ngg seru-seruan di dapur..makasih sudah menginspirasi lagiii...cheers..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya ya Mak Indah..kalau tinggal di luar biasanya malah rajin ya..teman2 ku juga gitu...semua bikin sendiri..giliran di Indonesia..memang semua ada..di manjakan bener ya..kita ini..samape2 tukang sayur aja kadang sampai depan pintu dapur..delivery langsung..hihi..*apa hubungannya coba kue sama tukang sayur ya.hihi..ngelantur ceritanya..mksh ya Mak..udah mampir..:)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. mbak diah...ada yang salah ama resep di atas...
    ukuran gulanya gak ada...tpi di cara pembuatanya ada...
    soalnya penasaran ama si cupcake udah mau di eksekusi...tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ivanna..maaf...salah ketik..ngantuk tadi malam kayaknya..hihi..udah di revisi ya yang bener..^^..met coba mba

      Delete
  3. mantap tuh resepnya...walaupun cowo gw mau coba buat deh sypa tau berhasil...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas..Alexandro..selamat mencoba..bahan2nya minimalis kok..jadi buat coba2 nggak masalah..ngggak rugi2 amat..hihi..tapi aku doakan sukses ya..:)

      Delete
  4. Mbak Diah..., salam kenal :)
    Mbak, kalo margarin nya diganti sama minyak goreng/minyak sayur bisakah? takaran nya samakah?

    Oiya, kalo ngga pake baking powder kan juga bisa ya mbak? soalnya saya menghindari buat kue pake bahan tambahan sintetis gini... :) *emak rempong ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..salam kenal juga..:)
      Bisa di ganti minyak Mba..jumlah sama..tapi kalau baking powder kayaknya musti pakai sich..kalau mau hasilnya mau ngembang dan empuk..jika tidak pakai baking powder biasanya butter cake harus pakai byk telur Mba..:)

      Delete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel