Google Ad

Tuesday, February 8, 2022

Rollade Daun Singkong & Tahu

 


Rollade Daun Singkong & Tahu

Selamat pagi, 

Ini menu kemaren sore ya teman-teman, serba dedaunan. ๐Ÿ˜€ Rollade Daun Singkong & Tahu, dan Jangan (Sayur) Mbayung.


Jangan (Sayur) Mbayung.


Resep Jangan (Sayur) Mbayung

Bahan :
  • 1 ikat Mbayung ( daun Kacang Panjang Muda )
  • 100 gram tempe semangit
  • 700 ml santan sedang
  • 2 sendok teh kaldu sapi
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok makan gula merah
  • Garam sesuai selera
  • 1 sendok mkn rebon
  • 1/2 papan petai, kupas, potong jadi dua
  • Bumbu, Ulek kasar saja :
  • 6 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 1/4 sendok teh terasi bakar
  • 5 cabe merah, 3 cabai rawit merah ( sesuai selera )

Cara Membuat :
  • Petiki daun Mbayung bagian yang muda, cuci bersih dan sedikit di peras agar lemes
  • Tumis bumbu hingga matang dan harum
  • Masukkan santan dan semua bumbu, didihkan
  • Masukkan daun Mbayung, tempe semangit dan pete
  • Masak hingga Mbayung matang, koreksi rasa

Resep Rollade Tahu Daun Singkong

Bahan :
  • 300 gram tahu putih
  • 100 gram daun singkong rebus, peras dan campur dengan sedikit , bisa juga pas rebus daun singkong di tambah sdkt grm
  • Telur 1 butir untuk campuran dan 1 butir untuk pencelup
  • Bawang putih 1 siung
  • Kaldu bubuk rasa ayam 2 sdk teh
  • Gula pasir 1/4 sendok teh
  • Merica bubuk 1/4 sendok teh
Cara Membuat :
  • Haluskan tahu, campur dengan bawang putih halus dan bumbu2 lain...cek rasa. Tambahkan telur, aduk rata.
  • Ambil selembar daun pisang atau plastik tebal. Ratakan tahu halus di atasnya..taruh daun singkong rata menutupi tahu. Gulung dan bentuk seperti lontong. Kukus selama 20 -30 menit hingga matang. Satu adonan bisa jadi 2 bungkus rollade. Setelah dingin potong2
  • Celup ke adonan tepung seperti mendoan... goreng hingga matang.
Selamat mencoba!

0

Ayam Lodho


Ayam Lodho

 
Selamat sore,

Kita mau buka rahasia resep penghabis nasi sore ini. Alhamdulillah hujan-hujan bisa makan nikmat, asal mau kluthekan dulu masak di dapur ya teman-teman. ๐Ÿ˜€

Aku masak 'Ayam Lodho', urap dan nasi gurih yang merupakan paduan yang pas dan istimewa ini teman-teman. Wong londo bilang: PERFECT MATCH. Kalo orang Jawa bilang : ENTEK AKEH. ๐Ÿ’•

Ayam, salah satu menu yang paling sering muter di dapurku karena semua suka dan bahan mudah di dapat. Apalagi kalau di Semarang sini, walaupun malas belanja keluar rumah dan kalau mau masak ayam kampung kecil gini nich sangat mudah, karena bisa pesan ke IG @astamajayafarm.

Ayam kampung dari @astamajayafarm ini ayam kampungnya ukuran kecil, jadi pas jika dimasak utuh begini dan pas untuk keluarga kecilku teman-teman. Karena ukuran kecil tentu harga juga lebih ekonomis ya dibanding beli ayam kampung di pasar yang relatif lebih besar.

Jadi buat teman-teman di Semarang yang membutuhkan ayam kampung ukuran kecil untuk kebutuhan masak sehari-hari atau untuk acara khusus, atau bahkan untuk jualan menu ayam goreng, katering, dll. Pas banget nich ukuran kampung segini, bisa pesan di IG @astamajayafarm ini ya ... Untuk area Semarang, tanpa minimal order bisa antar ke rumah kita lho dan ayam selalu fresh dipotong ketika ada pesanan. ๐Ÿ’•๐Ÿ’•


Urap

RESEP AYAM LODHO

Bahan :
  • 1 ekor ayam kampung ukuran kecil atau sedang
  • 1000 ml santan sedang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 5 buah cabai rawit merah utuhan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sendok makan gula merah
  • 2 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya

Bumbu Halus :
  • 8 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 1 sendok teh ketumbar, sangrai
  • 1/2 sendok teh merica butiran
  • 1 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm kencur
  • 3 buah cabai merah, 5 cabai rawit ( jika suka lebih pedas cabe sesuaikan selera ya )

Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang, agak tidak langu.
  • Masukkan santan, dan semua bumbu lain.
  • Biarkan hampir mendidih.
  • Masukkan ayam yang sudah di bakar setengah matang, utuhan atau di potong sesuai selera.
  • Masak sambil sesekali di aduk hingga mengental kuahnya
  • Cek rasa
  • Sajikan hangat dengan urap dan nasi gurih
Selamat mencoba!
1

Bihun Jagung Goreng

 


Bihun Jagung Goreng

Selamat sore,

Wah hari ini dari pagi hujan terus baru berhenti siang di sini teman-teman. Mau ke pasar jadi mager, padahal sudah niat aku mau masak macam-macam. Untuk memenuhi request resep dari teman-teman besok ya? Semoga gak hujan dan bisa belanja lagi.

Akhirnya aku masak seadanya bahan aja tadi, oseng buncis dan bikin 'Bihun Jagung Goreng'.๐Ÿ˜€๐Ÿ’•

Tinggal tambah sambel goreng kentang ati, serundeng dan ayam goreng, udah jadi seperti menu nasi kotak kalau ada hajatan di Semarang. ๐Ÿ˜€

Aku suka bihun beras, tapi kadang-kadang ya kepengen bihun goreng ndeso pakai bihun jagung ala Semarangan gini. Biasa ini untuk isian nasi kotak atau di warung-warung nasi ramesan, dan juga banyak di jual di warung-warung jajanan atau di pasar. Seperti di depan pasar Rasamala ada yang jual mie dan bihun goreng ndeso yang enak.

Bedanya dengan bihun ndeso Yogya, kalau ala Yogya biasanya pakai bihun beras warna putihaa tanpa kecap, kalau bihun goreng Semarang gurih manis berkecap seperti ini.

Yuk bikin sendiri teman-teman, murah meriah enak lho!

RESEP BIHUN JAGUNG GORENG

Bahan :
  • 1 keping bihun jagung...merk Ibu atau Iboe ya itu yang di supermarket atau merk lain sesuai selera.
  • Berat kira2 140 gram
  • Rebus hingga mekar di air mendidih, tiriskan..campur dgn 2 sdk mkn kecap manis
  • 1/2 wortel, iris
  • 3-4 lembar kol, iris kasar
  • 2 daun bawang, potong2
  • 1 1/2 sdk teh kaldu ayam
  • Bawang goreng dan seledri cincang untuk taburan

Bumbu Halus:
  • 2 bawang putih
  • 2 kemiri sangrai
  • 1/2 sdk teh merica butiran
  • Kalau mau tambah sedikit ebi boleh ..cuma aku pas gak ada tadi..tapi tetap enak kok
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu halus hingga matang betul
  • Masukkan wortel, aduk hgg layu
  • Masukkan kol, daun bawang, aduk rata
  • Masukkan bihun, kaldu ayam
  • Aduk rata hingga meresap
  • Tidak perlu air yaa..jadi kalau bihun ndeso gini tekturenya gak lembab / basah..gak perlu air ...jadi di makan kondisi dingin tetap enak.
  • Cek rasa..jika suka lebih manis..tambah kecap seusai selera..kalau aku 2 sdk mkn udah pas rasanya..
  • Sajikan dengan taburan sledri cincang yang banyak biar sedep dan bawang goreng yaaa..

*) Aku gak pake garam ya teman-teman, aku ganti dari kaldu ayam kan udah ada garamnya dan aku suka makan bihun gini digado, sambil nyeplus lombok rawit ijo, jadi suka rasa gurih yang soft enak kalau digado. Beda lagi suamiku, bihun jagung goreng ini ditambah suwiran ayam goreng. Katanya kebiasaan sejak kecil. ๐Ÿ˜€

Selamat mencoba!
2

Monday, January 24, 2022

Mangut Campur Bunga Bawang

 


Mangut Campur Bunga Bawang

Selamat sore,

Menu sore ini sudah mateng semua, salah satunya ini, sengaja masaknya dari tadi siang biar sore sudah selesai buat semua video atau foto. Soalnya kalau sorean dikit mesti udah langsung ujan deres ya teman-teman, dan dingin. ๐Ÿ˜€ Motret ini aja ya sudah mendung-mendung gelap tadi.

Sekalian, kerjaan dan masak selesaikan semua biar makan malam udah siap semua, malam bisa nonton drakor Ghost Doctor ..๐Ÿคฃ Nich satu-satunya drama Korea baru yang aku suka tahun ini, yang lain kurang greget nonton-nya.๐Ÿ˜€

Aku masak Mangut lagi, aku campur tahu sama Bunga Bawang, bunga wawang lho ya, bukan daun bawang, ini sayuran enak. Rasanya krenyes-krenyes manis, enak dioseng, dicampur bothok, dll. Disayur santan sama tempe semangit enak, atau jika bosen, dicampur mangut ikan asap gini juga sedep teman-teman jadi praktis kan? Sudah ada lauk dan sayur dalam satu menu ya, tinggal tambah nasi saja.

Bunga Bawang ini, rasanya manis... krenyes-krenyes ๐Ÿ’• Nama lainnya Ilu - Ilu, atau mungkin ada nama yang lain ya? Biasanya beda daerah beda nama.

RESEP MANGUT CAMPUR BUNGA BAWANG

Bahan:
  • 1 ikat kecil bunga bawang...iris kecil-kecil
  • 5 ikan Manyung asap
  • 3 tahu kulit, potong serong
  • 3 cm lengkuas
  • 2 daun salam
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1000 ml santan

Bumbu Halus:
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 5 cabai merah
  • 5 cabai rawit
  • 4 kemiri
  • 2 cm kencur
  • 2 cm kunyit

Cara Membuat:
  • Tumis bumbu halus hingga matang
  • Masukkan salam, lengkuas
  • Masukkan santan dan bumbu2
  • Didihkan
  • Masukkan tahu dan iwak asap
  • Masak hingga meresap api kecil
  • Terakhir masukkan bunga bawang
  • Masak lagi sebentar hingga sedikit layu
  • Cek rasa, sajikan.
Selamat mencoba!
2

Babat Gongso Semarang

 

Selamat siang teman-teman,

Habis belanja nich, bebersih kulkas, nyusun belanjaan dan tahu-tahu koq sudah jam makan siang ya? HaHa ๐ŸคฃYa sudahlah manasin lauk-lauk kemaren sore saja, yang untuk liwetan masih ada jadi belum masak baru. Lauk untuk liwetan hari Sabut lalu saat aku ikut event online dengan DetikFood.Com dan juga Heinz ABC Sambal Nusantara. Aku kemarin masak 5 macam masakan untuk 5 macam sambal ABC Nusanatara. Aku share menu beberapa hari lalu saja dulu ya teman-teman ...

Menu Babat Gongso, resep ini adalah versi warung-warung 'Babat Gongso' yang masaknya cepat ya, apalagi karena babatnya sudah matang dan empuk. Praktis banget kan?!

Hanya di resep ini aku tambahin bawang merah iris kasar di akhir tahapan dan tomat, seperti di warung Babat Gongso langganan, bisa tambah enak lho teman-teman. Coba dech!

Untuk babat aku kemarin merebus banyak sekaligus untuk stock, jadi bisa untuk babat gongso seperti ini, atau untuk nasi goreng babat. Nah, pasti pengin tahu resepnya kan? Simak resep di bawah ini:

RESEP GONGSO BABAT ALA SEMARANG

Bahan & Cara Membuat:
  • 500 gr babat. Bersihkan hingga betul-betul bersih.
  • Rebus sekali hingga mendidih, tiriskan dan buang airnya.
  • Ganti air baru lalu presto dengan:
    • 6 bawang merah.
    • 2 bawang putih.
    • 1 sdk teh ketumbar.
    • 5 cm jahe, geprek.
    • 5 daun salam.
    • 1 sdk teh garam / secukupnya.
    • 1 sdk mkn gula merah.
    • Air secukupnya hingga terendam.
  • Presto hingga empuk.

Untuk bumbu gongsonya seperti di video ya, biar lebih jelas buka https://www.youtube.com/watch?v=F-tR1-p_0S4 . Selamat mencoba!

1

Pepes Bandeng Presto

 


Pepes Bandeng Presto


Selamat siang,

Makan siang dulu yuk teman-teman ...๐Ÿ’• Menu diet paling enak, menurutku itu 'pepes' karena dari sisi rasa, tetap berasa banget, dan sedep. ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜€

Ceritanya aku dan suami lagi suka makan menu sehat, tapi bukan berarti harus yang tawar dan hambar donk, tetap harus enak. Menu yang bisa jadi pilihan sehat adalah menu pepes, bothok dan yang paling sering di-request suami. Pas hari ini makan siang di rumah, jadi aku masakin menu favoritnya.

Hari ini aku bikin menu 'Pepes Bandeng Presto' , kebayang kan enaknya? Apalagi aku juga sedang masak lodeh lompong, yang endang banget. Benar-benar pasangan yang serasi. ๐Ÿคฃ 


Lodeh Lompong

Lodeh kan bersantan? Tenang, bisa pakai cream masak itu kan, sama enaknya kok rasanya buat bikin lodeh menu bersantan... ๐Ÿ˜€ Untuk bumbu pepes masih sama dengan 'Pepes Pindang' hanya takaran bumbu seperti cabe yang beda karena bandeng ukurannya kan lebih besar dari pindang.

RESEP PEPES BANDENG PRESTO

Bahan :
  • 3 bandeng presto kecil/sedang.

Bumbu:
  • 8 bawang merah.
  • 3 bawang putih.
  • 6 Kemiri sangrai.
  • 50 gram cabe campur merah sm rawit / sesuai selera.
  • 2 cm kunyit.
  • 2 cm jahe.
  • 1 sdk teh terasi, dibakar.
  • Haluskan semua bumbu di atas pakai 'chopper' hingga halus.
Tambahkan:
  • 1 sdk mkn gula merah.
  • 2 sdk teh kaldu sapi.
  • 1/4 sdk teh garam (atau sesuai selera, kalau suka asin boleh ditambah).
Cara Membuat:
  • Aduk rata bumbu, ikan bandeng presto, 1 genggam kemangi, 2 tomat potong-potong, cek rasa dulu ya, harus berani bumbu gurih pedes sedikit manis rasanya.
  • Ambil 2 daun pisang, bungkus pepes jadi 3 bungkus.
Selamat mencoba!

2

Friday, December 24, 2021

Pepes Pindang


Pepes Pindang

 Selamat Sore,

Pepes, adalah salah satu menu favorit aku dan suami jadi aku sering bikin di rumah teman-teman. Praktis, bisa cukup ditemani nasi putih hangat dan kerupuk saja. Sebenarnya kalau mau makan sehat, paling enak bikin pepesan begini teman-teman, bahan yang dipepes juga bisa banyak variasinya.

Pepes adalah lauk kukus yang enak, sedep, miroso, nglawuhi karena berbumbu banyak cuma kadang malah jadi gagal diet, kenapa? Karena ngabisin nasi. ๐Ÿคฃ Kali ini aku buat 'Pepes Pindang' enak sedep, tinggal menumis sayuran aja nanti sebelum waktu makan, biar fresh. ๐Ÿ’•

RESEP PEPES PINDANG

Bahan:
  • 2 ikan pindang ukuran agak besar, bersihin jerohan dalam, dibelah dua, dibuang tulangnya.
Bumbu:
  • 8 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 Kemiri
  • 10 cabai merah keriting
  • 5 cabai rawit merah
  • 1 sereh, ambil putih aja
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sdk teh terasi bakar
Semua bumbu di atas dihaluskan menggunakan Chopper hingga halus.

Tambahkan:
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • 1/4 sdk teh garam ( atau sesuai selera.. kalau suka asin boleh ditambah b)

Aduk rata bumbu, ikan, 1 genggam kemangi, 1- 2 tomat dipotong-potong, cek rasa dulu ya, harus berani bumbu agar gurih pedes sedikit manis rasanya.
Bungkus dengan daun pisang, jadi dua pepes kalau besar seperti punyaku, kalau bungkus kecil-kecil bisa jadi 4 bungkus.

Selamat mencoba!
1

Monday, December 20, 2021

Udang Krispi Sambal Bawang


Udang Krispi Sambal Bawang

 #Repost @fortunecermat

...

Lihat postingan teman yang kulineran melulu saat liburan akhir tahun bikin Ibu jadi kepingin juga? Jangan gelisah, Bu.. Gimana kalau hari ini kita buat menu kuliner yang populer di Surabaya? ๐Ÿ˜

Ini dia, Udang Krispi Sambal Bawang yang kelezatannya bikin Ibu terasa lagi kulineran juga!

Pastikan Ibu menggunakan Fortune #RajanyaGaring untuk dapatkan sensasi garing & renyah tahan lama. Sudah punya kemasan baru Fortune belum? Temukan sekarang di minimarket/supermarket/e-commerce kesayangan Ibu sekarang! ๐Ÿฅณ๐ŸŽ‰

---------------------------------------------
Resep Udang Krispi Sambal Bawang
---------------------------------------------

Bahan Udang Krispi:
  • Minyak Goreng Fortune
  • 1/4 kh udang uk. Kecil, buang kepalanya
  • 3 sdm tepung beras
  • 2 sdm tepung bumbu serbaguna
  • 2 sdm air
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • Sejumput garam & merica

Bahan Sambal Bawang:
  • 15 bh cabai merah keriting
  • 10 bh cabai rawit merah
  • 5 siung bawang merah
  • Secukupnya gula, garam, kaldu bubuk

Cara Membuat:
  1. Campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, merica, dan air. Aduk dan ratakan, lalu masukkan udang dan baluri di semua sisi. Diamkan 15 menit.
  2. Lumuri udang ke dalam tepung beras dan tepung bumbu serbaguna.
  3. Panaskan Minyak Goreng Fortune, lalu masukkan udang dan goreng hingga kering dan kecoklakatan.
  4. Siapkan sambal bawang dengan menggoreng cabai dan bawang sebentar. Angkat, lalu giling kasar. Tumis sambal menggunakan Minyak Goreng Fortune, masukkan gula, garam, dan kaldu bubuk, koreksi rasa. Sajikan bersama udang goreng Krispi.


Selamat mencoba!
0

Bandeng Bumbu Rujak


Bandeng Bumbu Rujak

 
Selamat sore,


Menu sore ini adalah menu daur ulang, ada sisa bandeng goreng tinggal kepala dua buah, mau aku masak bumbu rujak aja dan aku cemplungin telur ceplok biar tidak terlalu minimalis.๐Ÿ˜€ Teman-teman jika punya sisa ikan goreng apa aja bisa dimasak gini ya, jadi menu daur ulang namanya, gak papa yang penting enak dan tidak mubazir.๐Ÿ’•

RESEP BANDENG BUMBU RUJAK

Bahan :
  • Ikan bandeng goreng, seadanya, tinggal kepala bandeng 2 buah. Kalau mau goreng baru, 1 ekor cukup lah.
  • 3 telur, diceplok
  • 600 ml santan kelapa sedang (tidak terlalu tua).
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1/2 - 1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
  • 2 sendok teh kaldu bubuk dan garam secukupnya

Bumbu Halus :
  • 8 buah bawang merah
  • 3 buah bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 1/4 sendok teh ketumbar
  • 1 cm jahe

Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan benar2 matang.
  • Masukkan santan dan bumbu2 lain. Biarkan sampai mendidih, lalu masukkan ikan bandeng yang sudah di goreng, dan telur ceplok, lalu masak dengan api kecil sambil sesekali di aduk supaya santan tidak pecah. Masak sampai kuah menyusut dan mengental.
  • Sajikan.
Selamat mencoba!
0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel