Google Ad

Tuesday, February 8, 2022

Bihun Jagung Goreng

 


Bihun Jagung Goreng

Selamat sore,

Wah hari ini dari pagi hujan terus baru berhenti siang di sini teman-teman. Mau ke pasar jadi mager, padahal sudah niat aku mau masak macam-macam. Untuk memenuhi request resep dari teman-teman besok ya? Semoga gak hujan dan bisa belanja lagi.

Akhirnya aku masak seadanya bahan aja tadi, oseng buncis dan bikin 'Bihun Jagung Goreng'.😀💕

Tinggal tambah sambel goreng kentang ati, serundeng dan ayam goreng, udah jadi seperti menu nasi kotak kalau ada hajatan di Semarang. 😀

Aku suka bihun beras, tapi kadang-kadang ya kepengen bihun goreng ndeso pakai bihun jagung ala Semarangan gini. Biasa ini untuk isian nasi kotak atau di warung-warung nasi ramesan, dan juga banyak di jual di warung-warung jajanan atau di pasar. Seperti di depan pasar Rasamala ada yang jual mie dan bihun goreng ndeso yang enak.

Bedanya dengan bihun ndeso Yogya, kalau ala Yogya biasanya pakai bihun beras warna putihaa tanpa kecap, kalau bihun goreng Semarang gurih manis berkecap seperti ini.

Yuk bikin sendiri teman-teman, murah meriah enak lho!

RESEP BIHUN JAGUNG GORENG

Bahan :
  • 1 keping bihun jagung...merk Ibu atau Iboe ya itu yang di supermarket atau merk lain sesuai selera.
  • Berat kira2 140 gram
  • Rebus hingga mekar di air mendidih, tiriskan..campur dgn 2 sdk mkn kecap manis
  • 1/2 wortel, iris
  • 3-4 lembar kol, iris kasar
  • 2 daun bawang, potong2
  • 1 1/2 sdk teh kaldu ayam
  • Bawang goreng dan seledri cincang untuk taburan

Bumbu Halus:
  • 2 bawang putih
  • 2 kemiri sangrai
  • 1/2 sdk teh merica butiran
  • Kalau mau tambah sedikit ebi boleh ..cuma aku pas gak ada tadi..tapi tetap enak kok
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu halus hingga matang betul
  • Masukkan wortel, aduk hgg layu
  • Masukkan kol, daun bawang, aduk rata
  • Masukkan bihun, kaldu ayam
  • Aduk rata hingga meresap
  • Tidak perlu air yaa..jadi kalau bihun ndeso gini tekturenya gak lembab / basah..gak perlu air ...jadi di makan kondisi dingin tetap enak.
  • Cek rasa..jika suka lebih manis..tambah kecap seusai selera..kalau aku 2 sdk mkn udah pas rasanya..
  • Sajikan dengan taburan sledri cincang yang banyak biar sedep dan bawang goreng yaaa..

*) Aku gak pake garam ya teman-teman, aku ganti dari kaldu ayam kan udah ada garamnya dan aku suka makan bihun gini digado, sambil nyeplus lombok rawit ijo, jadi suka rasa gurih yang soft enak kalau digado. Beda lagi suamiku, bihun jagung goreng ini ditambah suwiran ayam goreng. Katanya kebiasaan sejak kecil. 😀

Selamat mencoba!

3 comments :

  1. betflixคุณสามารถเข้าร่วมเดิมพันเกม ได้ทุกเกมตลอดเวลา pg slot ฝาก ถอน ไม่มีขั้นต่ำ เดิมพันเท่าไหร่ก็ได้ เล่นได้ไม่ว่าคุณจะมีทุนมาก หรือทุนน้อย ก็สามารถทำกำไรได้มากมาย ak47th

    ReplyDelete
  2. betflixสามารถใช้บริการตอนไหน เวลาใด ก็ไม่มีปัญหาอย่างแน่นอน เราพร้อมในการให้บริการท่าน ในการเล่นบาคาร่าที่ดีและเหมาะสม ผ่านทางเว็บไซต์ที่ให้บริการ อยู่บนพื้นฐานของความน่าเชื่อถือ และความรวดเร็วในการให้บริการ ตลอด 24 ชม.โปรโมชั่น

    ReplyDelete
  3. Langsung cuba ah.. 😍😍

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel