Google Ad

Monday, December 3, 2012

Resep Tengkleng Kambing Khas Solo

Tengkleng adalah olahan kambing berkuah seperti gule yang sudah terkenal. Namun tengkleng ini lebih encer santannya daripada gule dan bagian daging kambing yang di pakai adalah bagian deket2 tulang dan jerohan. Konon dulu jaman penjajahan..kaum Belanda dan bangsawan lah yang bisa makan daging dan santan yang kental.....jadi lah kaum *kere*....para budak dan lain2....cuma bisa makan sisa2 bagian tulang tulangnya yang masih sedikit ketempelan daging dan jerohan dan di masak dengan santan encer . Jadinya masakan tengkleng ini..tapi sekarang tengkleng malah naik pamor..gak cuma kaum miskin..orang2 kaya pun suka je..hihi..ntah benar atau tidak..begitulah asal muasal si tengkleng. Tapi so far.....karena pakai santan cair.....memang rasa tengkleng ini lebih segar daripada gule. Apalagi di tambah ranjau cabe rawit merah....terasa pedas menyegarkan....kuahnya.Tambah oke lagi jika pakai acar makannya....jadinya segar...

Tapi tengkleng ku ini tengkleng kere atau bukan ya..hihi..soalnya aku pakai khusus bagian iga kambing yang tentu saja masih banyak dagingnya....daripada tulangnya....trus di bumbu juga ada tambahan cabai merahnya sedikit....jadi nggak pucat2 amat kuahnya....kayak tengkleng kalau beli gitu. Tapi yang jelas....rasanya enak....segar....pas di makan panas2 sama nasi.....dan jika masih....bisa di olah lanjut di masak jadi tongseng....dengan di tambah bawang putih goreng, bawang merah goreng, kol, tomat dan kecap manis...hehehe.

Ini resep tengklengnya ya....

Bahan :

500 gram iga kambing, potong2 kecil, blansir ( rebus dengan air mendidih sebentar )
Lengkuas 1 cm, memarkan
Jahe 1 cm, memarkan
Serai 1 batang, memarkan
Daun jeruk 2 lembar
Air asam 1 sendok teh
Cengkih 2 butir
Kapulaga 1 butir
Klabet 3 butir
Santan cair / sedang 1000 ml
Gula merah atau gula pasir secukupnya
Garam & penyedap jika suka secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :

Bawang merah 6 butir
Bawang putih 3 siung
Cabai merah 4 buah
Cabai rawit sesuai selera
Ketumbar 1 sendok teh
Kemiri 3 butir, sangrai
Jintan 1/2 sendok teh, sangrai
Merica 1/2 sendok teh
Kunyit 1 - 2 cm 

Cara Membuat :

Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas , jahe , serai, dan daun jeruk  hingga harum dan matang.
Masukkan cengkih , kayu manis , kapulaga, dan klabet.
Masukkan iga, aduk rata.
Tuang santan, tambahkan air asam gula dan garam, lalu masak dengan ai kecil hingga iga lunak dan bumbu meresap sambil sesekali di aduk. Cicipin dan sesuaikan garam dan gula hingga rasanya pas.
Sajikan hangat.


Jika ada yang belum mengenal bumbu rempah2 seperti kapulaga dan lainnya....beli aja di pasar bumbu rempah gule komplit....nah pasti ada kapulaga....klabet dll....seperti di bawah ini bentuknya...tapi jika tidak ada yang tidak pakai gak pa2..cukup pakai bumbu halusnya dan rempah yang ada seperti daun jeruk dan serai..aromanya saja yang sedikit berbeda.




3

Friday, November 30, 2012

Resep Cabuk Rambak Khas Solo




Cabuk rambak adalah makanan khas Solo..yang sudah mulai langka ya..bisa di makan di waktu pagi hari untuk sarapan. Rasanya sangat unik..perpaduan wijen dan kelapa sangrai serta bumbu2..membuat hidangan sederhana ini..akan memberikan sensasi rasa tersendiri di lidah kita….sayangnya cabuk rambak cuma bisa di temui di Solo..salah satu tempat yang selalu ada penjual cabuk rambak adalah di pasar Gede Solo…Cuma..kalau kita ingin menikmati cabuk rambak di rumah..bikin sendiri saja..mudah kok..simak resepnya ya....yukks....kita lestarikan makanan2 khas dan unik asli Indonesia....biar gak punah...jadi sekali2 mencoba masakan ini..tidak masalah..paling tidak akan semakin memperkaya pengalaman kuliner kita..^^

Resep Cabuk Rambak Khas Solo

Bahan :
50 gram wijen putih
200 gram kelapa, parut memanjang
10 lembar daun jeruk purut
100 ml air panas
Bumbu2 , haluskan :
5 siung bawang putih
3 buah cabai merah keriting,goreng
5 lembar daun jeruk purut
1 ½ sendok the garam
50 gram gula merah, sisir
Pelengkap :
6 buah ( @ 100 gram ketupat,siap pakai ,potong2, iris tipis )
Kerupuk karak / gendar secukupnya
Cara Membuat :
Sangrai wijen dan kelapa parut secara terpisah hingga kering. Angkat, haluskan.
Campur bersama bumbu halus dan daun jeruk, aduk rata.
Aduk rata bumbu dengan air panas.
Atur irisan ketupat di pincuk daun pisang, tambahkan bumbu yang sudah di cairkan. Sajikan dengan kerupuk gendar.

7

Thursday, November 29, 2012

Kue Karipap Apam..crepes isi unti kelapa


Crepe ini sama aja sich kayak dadar gulung adonannya..cuma di tambah ragi..jadi ada aroma asam ragi yang mebuat tambah enak kulitnya. Selain itu kulitnya nggak di gulung..tapi di cetak menggunakan cetakan pastel..jadi lucu kan bentuknya teman2. Buat snack arisan..lucu juga kan..pasti banyak yang penasaran..kayak apa rasanya..^_^

0

Pia Pia Udang


Pia pia ini sebutan untuk bakwan udang kalau di semarang.....seperti bakwan sayur biasa, tapi di cetak menggunakan sendok sayur dan di beri toping udang..jadi rasanya lebih istimewa daripada bakwan sayur biasa...lebih gurih..dan penampilannya juga jadi lebih menarik..karena ada hiasan si udang ini..yukk mari bikin sendiri di  rumah..gampang kok..^^

Pia Pia Udang

Bahan  :
250 gr tepung terigu
Udang segar secukupnya
2 bh wortel ukuran sedang , serut
1/4 kol, iris tipis
2 btg daun bawang,iris halus
50 gram taoge
1 butir telur
300-400 ml air
minyak goreng

Bumbu dihaluskan :

2 siung bawang putih
1/2 sdt merica bubuk
1 bungkus kecil kaldu ayam bubuk
¼ sendok the gula pasir ( agar rasa gurih semakin menonjol )

Cara Membuat :
Haluskan bawang putih, campur dengan semua bahan dan bumbu, aduk rata.
Panaskan minyak goreng secukupnya, masukkan sendok sayur kosong sampai panas, lalu tuang adonan pia udang sampai penuh, letakkan satu 
buah udang di atasnya. Jika sudah agak matang congkel  dengan sutil kecil atau goyang2 agar terlepas dari cetakan sendok sayur. Lalu goreng hingga matang sempurna.
Lakukan sampai adonan habis.

0

Wednesday, November 28, 2012

Resep Nasi Megono Pekalongan


Berawal dari obrolan dengan teman2 di grup  FB tentang Nasi Megono ini akhirnya aku bikin sendiri juga....soalnya kalau beli....jauh....musti ke Pekalongan sana. Sepertinya memang nasi Megono ini tidak begitu populer di luar Pekalongan ya....jadi masih jarang yang jual selain di tempat asalnya tersebut. Nasi Megono....adalah nasi liwet yang di sajikan dengan lauk utamanya adalah urap nangka muda. Buat yang belum pernah makan pasti mengira2 enak tidak ....nangka muda di buat urap....jawabannya adalah....uenakk tenan....alias enak sekali.....hihi. Jadi gak cuma enak di buat gudeg Yogya lho nangka muda itu. 

Di Pekalongan sana...Nasi Megono ini udah jadi menu wajib sehari2 ya..baik untuk sarapan atau makan malam. Banyak warung2 sampai restoran menyediakan menu Nasi Megono ini. Biasanya selain urap nangka muda..di sajikan juga menu2 lauk pendamping yang lain..seperti telur balado, orek tempe, sayur lodeh, daging dll. Tidak lupa tempe mendoan atau tempe kemul, sambal terasi dan ikan asin tentu saja, di jamin tambah mantab dech.

Aku cari beberapa resep nasi Megono ini buat referensi resep otentiknya..cuma pada akhirnya tetep..resep ku sesuaikan seleraku..pakai feeling aja  kalau masak masakan itu....dan hasilnya..mantab..sedepp banget .....Selamat mencoba....


Bahan-bahan:

250 gram nangka muda, cincang kasar
1 bunga kecombrang ( Gak pake..soalnya gak ada yang jual di sini ..)
5 mata pete, kupas, potong serong kecil
175 gram kelapa agak tua, kupas, parut memanjang
1 cm lengkuas
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 batang serai serai
Cabe merah dan cabe hijau besar masing 2 buah , iris tipis

Haluskan:

6 buah cabai rawit merah
6 siung bawang merah
2 siung bawang putih
½ sendok teh ketumbar
1 cm kencur
2 butir kemiri sangrai
1 sendok teh terasi
1 sendok makan  gula merah
1 sdt garam / secukupnya

Cara Memasak :

1. Kukus ½ matang nangka muda , peras.
2. Aduk kelapa parut, bunga kecombrang, pete , lengkuas dan daun salam, daun jeruk  dengan bumbu halus hingga rata.
3. Susun nangka muda,  kelapa parut yang sudah dicampur dengan bumbu dalam panci pengukus
4. Kukus sampai matang. 
Campur semua bahan...cicipi dulu ya sebelum di sajikan..kurang garam atau gula tidak..jika kurang tinggal tambah sesuai selera...sampai rasanya pas sesuai selera..lalu kukus sebentar lagi.


Lauk Pendamping Sego Megono :

Orek tempe dan ikan asin goreng

Orek Tempe :
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

250 gram tempe, potong panjang, goreng
3 siung bawang putih, iris
5 butir bawang merah, iris
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, iris halus
5 buah cabai merah besar, iris serong
1 sendok teh kecap manis
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula merah
75 ml air
2 sendok makan minyak untuk menumis


Cara Pengolahan :
  1. Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas, dan serai sampai harum.
  2. Tambahkan cabai merah. Aduk sampai layu.
  3. Masukkan kecap manis, garam, dan gula merah. Aduk rata.
  4. Tuang air. Masak sampai mendidih.
  5. Masukkan tempe. Masak sambil diaduk sampai matang.
Mendoan tempe / tempe gembus


Resep tempe mendoan 
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
500 gram tempe, diiris tipis melebar ( tempe gembus juga enak lho )
250 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan tepung tapioka
400 ml air
2 batang daun bawang, diiris halus
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
1 1/2 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
3/4 sendok teh ketumbar
1 cm kencur ( kalau gak suka gak usah..ini ciri khas nya mendoan purwokerto aja soalnya ,klu aku gak pake..)

Bahan Sambal Kecap (aduk Rata):
5 sendok makan kecap manis
1 siung bawang putih, dihaluskan
4 buah cabai rawit merah, dihaluskan
1/8 sendok teh garam

Cara Pengolahan :
  1. Aduk rata tepung terigu, air, dan bumbu halus. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  2. Celup tempe ke dalam adonan tepung. Goreng sampai setengah kering / masih putih ,nggak kering krispi
Telur Balado :


Telur rebus yang di  goreng sampai berkulit, lalu di bumbu balado pedas.
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
6 buah telur ayam rebus
5 lembar daun jeruk, buang tulangnya
1 buah tomat, potong-potong
1 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir / gula merah
1/2 sendok makan air asam jawa, (dari 1/2 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan air)
100 ml minyak untuk menumis
minyak untuk menggoreng

Bumbu haluskan :
4 butir bawang merah
6 buah cabai merah besar
5 buah cabai merah keriting
1 sendok teh terasi

Cara Pengolahan :
  1. Goreng telur dengan minyak panas sampai berkulit. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan tomat sampai layu. Masukkan telur, garam, dan gula . Aduk rata.
  3. Masukkan air asam jawa. Aduk rata.

15

Tuesday, November 27, 2012

Sayur Godog Betawi




Sayur godog Betawi adalah sayur khas dari Betawi...yang biasa di sajikan di hari Lebaran..bersanding dengan ketupat. Kalau di Jawa ya mirip2 sambel goreng labu siam ya..yang untuk teman nasi liwet di Solo..atau nasi ayam di Semarang..cuma minus kacang panjangnya. Tapi rasanya sedikit beda...karena kalau sayur godog betawi ini..lebih terasa gurih karena memakai ebi sebagai bumbu khas utamanya. Sayur ini paling enak di nikmati dengan ketupat atau lontong..rasanya segar.....karena kuahnya tidak terlalu kental....tapi bumbunya terasa.....mau coba....silahkan.....resep dari majalah Femina....yang udah ku sesuaikan sama seleraku....^^

Sayur Godog Betawi

Bahan-bahan:
2 buah labu siam, kupas, iris tipis bentuk korek api, lemaskan dengan garam
1 ikat (10 batang) kacang panjang, iris panjang 1 cm
Udang kupas 100 gram
1 papan petai , iris serong
2 batang sereh, geprek
2 ruas lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
8 buah bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih,iris tipis
1,2  liter santan dari ½ butir kelapa
Garam / bumbu kaldu dan gula merah / pasir secukupnya
Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
10 cabai merah
30  gram ebi, direndam air panas sampai lunak

Cara Memasak :
• Tumis bawang merah dan bawang putih iris sampai harum
• Masukkan bumbu halus, sereh, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk, tumis sampai bumbu matang
• Masukkan labu siam dan kacang panjang, udang , tumis sampai sayuran layu
• Tuang santan, beri garam / bumbu kaldu dan gula secukupnya. Masak sampai mendidih.
• Angkat, hidangkan dengan ketupat atau lontong


0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel