Google Ad

Showing posts with label Inspirasi Menu Buka Puasa. Show all posts
Showing posts with label Inspirasi Menu Buka Puasa. Show all posts

Saturday, July 20, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 12..Pindang Serani Seafood ( Jepara )


Pindang Serani..adalah masakan khas Jepara Jawa Tengah. Seperti halnya aneka menu pindang asam segar yang sudah pernah ku posting sebelumnya..pindang serani ini juga memakai bumbu2 yang di bakar dulu atau di sangrai, baru di haluskan, sehingga citarasanya jadi khas ada aroma bakaran di bumbunya. Nah..yang membedakan pindang serani dengan pindang asam segar dari daerah lain..adalah bahan utamanya yang berupa hasil laut. Di Jepara biasanya menggunakan ikan tenggiri atau kakap segar. Selain itu..bisa juga pakai udang atau seafood lain..seperti yang ku buat ini..memakai udang dan cumi cumi. Selain itu kekhasan lain dari pindang Serani Jepara ini adalah adanya tambahan kemangi, yang membuat aroma dan citarasa pindang serani ini jadi berbeda dengan pindang lain. Hemm..pokoknya segar dech..cobain sendiri dech teman2. Kalau Thailand punya sup asam segar. yaitu sop tom yam..Indonesia kita juga punya sebenarnya..ya..pindang serani ini..hihi. tapi aku pilih pindang serani ini daripada sup tom yam Thailand..rasanya lebih segar dan kaya rasa aneka bumbu khas Indonesia..^^
0

Wednesday, July 17, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 9 ( Soto Betawi dari Jakarta )


Indonesia..surganya soto..aneka ragam soto ada ya..di masing2 daerah..beberapa malah sudah terkenal di mana2..tidak hanya di daerah asalnya. Aku suka soto..bebagai macam soto dari berbagai daerah di Indonesia..sering ku coba..seneng aja..menemukan citarasa baru  yang berbeda beda..setiap membuat macam2 soto. Walaupun kadang pada dasarnya bumbu intinya sama..tapi bisa menciptakan rasa yang beda..karena ada tambahan sambal atau bahan khas..yang berbeda. Seperti Soto Sokaraja..sebenernya soto ayam biasa..tapi karena di makan dengan sambal kacang..kuahnya jadi  beda..tambah kental. Soto Slawi juga sama..soto ayam biasa..tapi di makan dengan sambal tauco..udah jadi beda lagi dech citarasanya. Jadi berasa berkelana makan soto ke daerah2 di Indonesia dech..hihi..dengan mencoba sendiri resepnya di rumah.
2

Tuesday, July 16, 2013

Inspirasi menu Buka Puasa Hari ke 8 ( Sup Ayam Pecok dari Klaten )



Di Klaten..ada salah satu kuliner khas yang terkenal..yaitu Sop Ayam Pecok. Beberapa nama warungnya yang sudah terkenal...bahkan sudah banyak buka cabang di kota2 lain. Mungkin teman2 pernah coba juga..sop ayam kampung pecok ini. Pecok dalam bahasa Jawa artinya di potong2. Jadi dalam sop ayam pecok ini..kita tidak akan menemukan potongan ayam kecil2..kalau kita bikin sop di rumah..tapi dalam ukuran besar2. Kalau kita datang ke warung makan sop ayam Klaten ini..kita bisa memilih sendiri, bagian daging ayam apa yang kita sukai..misal bagian dada, sayap, paha, kepala, dll sesuai selera.  Setelah kita memilih..pegawai warung makannya akan memotong2 ayam dalam beberapa bagian. Motong2nya pakai golok kecil yang tajam gitu..jadi ayamnya di pecok..kayak orang Jawa..yang mecok kayu pakai golok gitu..hihi..jadi itulah kenapa di namakan ayam pecok mungkin ya..^^
21

Monday, July 15, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa / Sahur Hari ke 7 ( Nasi Ayam Semarang )


Jika Solo punya kuliner khas * Nasi Liwet Solo *..yang sudah cukup populer..Semarang juga punya masakan dan kuliner khas yang hampir mirip nasi liwet Solo , yaitu * Nasi Ayam Semarang *. Tapi..walaupun mirip..tapi ada bedanya juga keduanya. Kemiripannya dulu ya..dua2 nya, baik nasi liwet atau nasi ayam, sama2 pakai nasi gurih yang pulen..karena nasi nya memang di masak dengan cara tradisional ( di liwet ). Pelengkapnya hampir mirip, yaitu sambal goreng labu siam dan opor ayam, serta telur dan kuah areh kental. 

9

Sunday, July 14, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 6 ( Karedok Dari Bandung )


Kalau di luar negeri banyak masakan salad yang terkenal..di Indonesia...banyak juga ya sebenernya....salad salad ala Indonesia..hihi. salah satunya..karedok nich..semuanya mentah juga..di padu saus juga..cuma..saus kacang yang enak..jadi aku tetep pilih karedok ketimbang caesar salad ala luar..hihi. * lidah lokal..*
11

Saturday, July 13, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari Ke 5 ( Pindang Bandeng Betawi )


Sudah punya menu buka puasa untuk hari ini teman2..?..Jika belum..mungkin mau coba pindang bandeng khas Betawi ini. Yappp....masih sejenis pindang2 segar yang lain..pindang Betawi ini bumbunya juga di bakar dulu. Dulu aku pernah buat yag bumbu2nya di cemplungin utuh aja..setelah di bakar..nah kemaren aku coba versi yang di ulek bumbu2nya..ternyata..lebih enak dan terasa bumbu2nya. Pindang bandeng ini juga enak buat saur..masaknya bisa sore..karena akan semakin meresap bumbu2nya. Mungkin ada yang berpikir amis..gitu ya bandeng di masak kuah..tidak sama sekali teman2..asal bandengnya pilih yang benar2 segar ya..dengan bumbu rempah yang banyak dan kuat..nggak akan amis..yang ada cuma rasa enak..dan segar..lebih enak dari Sop Tom Yam ala Thailand yang terkenal itu lho..hihi. Ya iyalah..ini kan bumbu2 Indonesia..lebih komplet..asam..sedikit manis..dan segar banget.

6

Wednesday, July 10, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa / Sahur Hari ke 2 ( Pindang Iga Cemplung Khas Jawa Timur )


Menu pindang daging yang rasanya asam manis, pedas segar ini..mungkin banyak yang belum kenal ya teman2..karena memang tidak sepopuler olahan daging lain dari Jawa Timur...kalau aku kebetulan kakak ipar ku juga ada yang dari Jawa Timur..jadi sedikit akrab juga dengan menu2 ala Jawa Timuran..^^  Tapi pindang ini berbeda dengan menu Pindang Ayam Kudus yang ku posting kemaren..namanya sama2  pindang namanya..tapi ini versi yang pindang segar denga ciri khas utama bumbu2 di bakar dan kuahnya asam segar. Kalau yang pindang ayam khas Kudus bumbu utamanya kluwak..jadi walaupun sama2 pindang namanya..tapi rasanya..berbeda.
5

Tuesday, July 9, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa... Hari ke 1 ( Resep Pindang Ayam Kudus )


Alhamdulillah besok udah mulai puasa..atau mungkin ada juga teman2 yang sudah mulai puasa hari ini..selamat menunaikan ibadah puasa ya..! Nah..sesuai niatku kemaren..tiap hari aku akan posting menu2 khas dari berbagai daerah untuk menu buka puasa..siapa tahu bisa menjadi inspirasi buat teman2 yang suka bingung mau masak apa gitu yang beda untuk menu berbuka atau sahur...jika sesuai selera..^^ Memang kalau bulan puasa..aku selalu bikin menu2 yang agak beda buat keluarga kecilku di rumah.

20

Google Ad

Visit Our You Tube Channel