Google Ad

Monday, May 17, 2021

9 Jenis Kesenian Jawa Timur yang Wajib Anda Tahu.

 


Setiap daerah di Indonesia itu memiliki jenis kesenian yang unik. Satu daerah dengan daerah yang lain itu pasti ada bedanya. Baik itu seni tari, seni rupa, seni suara, atau pun seni pertunjukan. Yang jelas, setiap kesenian dari tiap daerah itu menambah keanekaragaman seni di nusantara.



Begitu juga dengan Jawa Timur. Provinsi di pulau Jawa yang paling timur ini juga memiliki jenis-jenis kesenian yang berbeda. Tiap daerah di provinsi tersebut memiliki kesenian yang khas. Yang tidak ada di daerah lain.

Apa saja jenis kesenian yang ada di Provinsi Jawa Timur? Berikut ini di antaranya.

1. Ketoprak atau Kethoprak

Dalam Bahasa Jawa ketoprak bisa diartikan sebagai sejenis pentas seni yang terdiri atas unsur sandiwara yang diselingi oleh lagu-lagu adat Jawa, dan diiringi dengan bunyi-bunyian dari gamelan. Adapun tema yang menjadi cerita dalam Ketoprak biasanya mengambil cerita legenda atau bahkan sejarah Jawa. Bahkan ada pula tentang cerita yang diambil dari luar negeri.

2. Reog Ponorogo

Ya, sesuai namanya, kesenian yang satu ini berasal dari Ponorogo. Kesenian yang begitu kental dengan hal-hal berbau mistis. Topeng kepala singa, sosok warok, dan juga gemblak merupakan tokoh-tokoh yang harus ada di dalam pertunjukan seni Reog Ponorogo. Adapun dalam pertunjukannya, seni Reog Ponorogo ini terdiri atas 2 sampai 3 tarian pembuka. Tarian pertama pada umumnya dibawakan oleh 6 hingga 8 pria yang gagah dan berani. Mereka memakai pakaian serba hitam, dengan wajah yang dipoles warna merah. Kemudian tarian lainnya dibawakan oleh 6 hingga 8 gadis yang naik kuda. Ah ya, dalam reog tradisional ini, penari yang terlihat seperti wanita juga tetap biasanya diperankan oleh penari laki-laki. Mereka hanya menggunakan pakaian wanita.

3. Karapan Sapi

Semua orang sepertinya tahu dengan kesenian ini. Ya, kesenian yang berasal dari Madura ini populer disebut sebagai Karapan Sapi. Sebuah pertunjukan pacuan sapi yang prosesnya berupa dua ekor sapi yang menarik sebentuk kereta. Sapi-sapi ini berlomba dengan sapi-sapi lain yang juga sama-sama menarik kereta dengan diiringan oleh gamelan Madura (Saronen). Sapi-sapi ini saling beradu cepat.

4. Ludruk

Kesenian yang satu ini termasuk ke dalam jenis seni pertunjukan. Pertunjukannya sendiri itu diperagakan oleh sekelompok orang. Ada pun tema yang diambil adalah mengenai tema kehidupan rakyat sehari-hari. Tujuannya jelas, ludruk dijadikan sebagai sarana hiburan rakyat. Hal ini bisa dilihat dari bahasa yang digunakannya, yaitu bahasa Surabaya atau Malang, yang jauh dari Bahasa intelektual yang rumit. Dan tentu, hal ini membuat pentas ludruk dapat menghibur semua lapisan masyarakat.

5. Tari Seblang

Kesenian yang satu ini merupakan ritual khas kesenian tradisional Jawa Timur. Tari seblang melambangkan kesakralan dan ritual pertemuan dua dunia. Sekaligus juga mengungkapkan rasa syukur atas karunia yang sudah diberikan Tuhan.

6. Jaran Bodhag

Kesenian Jaran bodhag berasal dari Probolinggo. Konon, kesenian Jaran Bodhag merupakan perkembangan dari seni Jaran Kecak. Kesenian ini sudah lama muncul dan dikenal oleh masyarakat. Tepatnya yaitu sejak awal kemerdekaan negara kita.

7. Wayang Topeng

Kesenian wayang topeng merupakan kesenian wayang yang dimainkan oleh orang dengan menggunakan topeng. Kesenian wayang topeng dimainkan dengan diiringi bunyi gamelan serta aneka tari-tarian. Pertunjukkan ini mirip sekali dengan pertunjukkan wayang orang.

8. Tari Remong

Tari remong berasal dari Surabaya. Kesenian ini merupakan bentuk simbol dari Jiwa kepahlawanan, keperkasaan, kejantanan, dan juga kegagahan. Tarian ini seringnya ditampilkan pada saat menyambut para tamu.

9. Gamelan

Semua pasti tahu gamelan. Ya, kesenian yang satu ini sebenarnya memang ada di tiap daerah yang ada di Jawa. Akan tetapi gamelan Jawa Timur adalah yang paling terkenal. Nada tangga yang dimainkan gamelan Jawa Timur itu biasanya berlaras Pelog dan juga Slendro. Gamelan Jawa ini terbagi lagi ke dalam beberapa bagian. Ada Gamelan Kodok Ngorek, Gamelan Monggang (Munggang), Gamelan Sekaten, dan Gamelan Gedhe

Itu dia 9 jenis kesenian yang berasal dari Jawa Timur. Masih banyak sebenarnya jenis kesenian lainnya. Pernah melihat kesemua jenis kesenian tersebut? Pasti sudah beberapa, kan?

Jika hendak ke Jawa Timur, pelajari terlebih dahulu peraturan penerbangan pesawat terupdate, ya. Soalnya ada beberapa pembaharuan yang mungkin belum Anda ketahui. Pastikan juga Anda selalu taat dengan protokol kesehatan. Biar tubuh selalu sehat, perjalanan pun jadi aman dan nyaman.

1 comment :

  1. Ternyata beragam ya kesenian yang ada di Jawa Timur, keren banget deh.

    Kunjungi juga website kami yuk di walisongo.ac.id

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel