Google Ad

Tuesday, August 18, 2015

Misoa Cup Mini Ayam Jamur


Wah...udah sore aja..padahal baru selesai masak..dan mau posting resep baru..hihi. Mohon sabar ya teman-teman..jika mampir ke dapurku tiap hari..jika menunya telat terus..karena memang mau berkomitmen sebisa mungkin, untuk memberi resep beserta step by step..otomatis butuh waktu lebih lama untuk memasak. Sebenernya memasaknya sich cepat..tapi persiapan dan proses foto-fotonya yang jadi lama..apalagi dapurnya di atas..otomatis selama masak musti naik turun..jika ambil sesuatu ada di dapur bawah..hihi. Jadi mohon maaf juga jika kadang telat bales sms, inbox atau email order..itu  berarti aku lagi di atas..masak, motret atau lagi di depan komputer seperti sekarang ini teman-teman. Jadi mohon bersabar ya..pasti aku balas kok..jika sudah selesai semua pekerjaan. 

Nah..hari ini sudah mulai masak-masak lagi nich untuk menu di web..masih..dengan menu simple, sederhana tapi enak dong. Kali ini aku buat misoa goreng lagi..tapi kali ini lengkap dengan cara memasak step by step..karena walaupun sudah pernah aku posting ternyata banyak yang belum mengerti cara membuat adonan misoa..dan masih sering dech dapat pertanyaan..kok nggak pakai telur..kok nggak di kukus, dll. Membuat misoa goreng ala Semarang memang nggak perlu di kukus teman-teman..karena jika di kukus, nanti malah jadi remuk dan padat misoanya..bukan misoa lagi..tapi bakwan..hihi..karena jadi adonan tepung lagi. Jika adonan tidak di kukus..maka tektur lembut dari misoa masih terasa dan bentuknya juga masih cantik berbentuk mie..walau sudah di goreng.

Untuk membuat misoa goreng ini..takaran air harus pas ya..jangan kurang atau lebih..agar ketika air habis..misoa sudah matang dan mengembang sempurna. Misoa ini beda dnegan mie biasa, jadi lebih lembut dan mudah menggumpal..jadi nggak perlu telur..jika di cetak nanti akan lengket dan menggumpal. Nah..biasanya pada kesulitan waktu memotong misoa ya..jika di cetak dengan loyang. Tipsnya..dinginkan dulu hingga benar-benar dingin atau masukkan kulkas hingga agak padat sebentar, baru di potong-potong. Namun ada cara lebih mudah dan praktis, jika kesulitan memotong misoa, maka cetak saja di loyang muffin atau cetakan lain sesuai selera..misal cetakan kue sakura atau cetakan talam juga bisa. Jadi lebih praktis dan lebih cantik juga hasilnya..nggak perlu repot-repot motong. Buat bekal anak-anak..pasti mereka suka..apalagi jika di cetak dengan bentuk sesuai favorit mereka ya teman-teman.


Oke..mau coba..yuk..simak step by step nya ya..hasil nguplek di dapur atas tadi..foto-foto..hemm..jika bisa pengen *live streaming* sekalian kali ya...biar praktis..nggak perlu repot-repot ngedit banyak foto..hihi...jadi sekalian syuting pas aku masak tiap hari...hihi. Tapi sik..tak nabung dulu buat beli peralatan syuting kayak di tipi-tipi itu ya teman-teman..hahah. Biar jadi chef di dapur sendiri....lol..! Wis ah..balik maning masak yuk..siang-siang kok ngayal......:D

Ok..mari buat misoa yukk buat cemilan anak atau bekal sekolah mereka besok..^^

Pertama, siapkan dulu bahan-bahan ya, kali ini biar beda dari resep misoa yang dulu pernah aku posting, aku pakai tambahan jamur juga..wah..rasanya tambah enak sekali.

Misoa Cup Mini Ayam Jamur

Bahan :

1 bungkus misoa
100 gram daging ayam rebus, cincang kasar
50 gram jamur kancing atau jamur lain, cincang
1 buah wortel kecil, potong dadu
1 batang daun bawang, iris halus
1/2 buah bawang bombai, iris halus
600 ml air
1 sendok teh kaldu ayam ( atau garam sesuai selera )
1 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica



Yang belum tau..bentuk misoa mentah..kayak gini ya teman-teman. Mie nya kecil-kecil dan halus..jika di masak jadi lembut sekali tekturenya.


Cara membuat :
Oke..lanjut ya masaknya. Siapkan bumbu halus, 1 siung bawang putih dan 2 buah bawang merah, haluskan. Tumis hingga matang dan harum.


 Masukkan ayam dan jamur, aduk rata.


 Masukkan air, tunggu hingga mendidih. Masukkan misoa.


Masak hingga misoa lemas, masukkan semua bumbu lain.


Aduk rata dan masak hingga misoa matang dan empuk, serta mengembang. Koreksi rasa hingga pas gurih sesuai selera.


Jika sudah matang, misoa akan mengembang dan matang sempurna seperti ini, tekturenya agak lengket, nggak masalah, segera cetak sewaktu masih hangat.


Cetak misoa dengan cetakan sesuai selera, kalau aku pakai cetakan muffin mini tadi nyetaknya..jadi imut-imut mini..lucu misoanya..hihi.



Siapkan penggorengan, beri minyak secukupnya, panaskan. Kocok satu butir telur dan sedikit garam. Celup misoa mini ke kocokan telur, lalu masukkan ke minyak yang sudah di panaskan.



Goreng misoa hingga kuning keemasan dan matang. Lakukan hingga semua adonan habis, atau bisa juga misoa yang sudah di cetak di simpan di freezer untuk stock persediaan cemilan atau bekal si kecil ke sekolah..atau buat usaha..wah...bakalan untung lumayan nich..secara misoa kan murah bahannya. Jika buat usaha..nggak perlu pakai  ayam dan jamur juga udah enak lho..hihi..biar ekonomis gitu dan untungnya banyak..:D

Oke..selamat mencoba ya teman-teman..semoga bermanfaat.




23 comments :

  1. Lama gak bikin misoa goreng...jadi kangen pengen bikin lagi, kebetulan aku punya cetakan muffin yg kecil2 seperti punya mba Diah. Jadi praktis ya mba..ga pake acara motong2 segala. Dapurnya cantiiiik mba Di...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba erti..nich juga request Yodha..makanya di buat lucu misoanya..hihi. Makasih mba..biar makin rajin posting dan masak..sengaja biar sederhana dapurnya tapi di buat lucu2..:D

      Delete
  2. Wah jajanan masa kecil nih mba, kebetulan di rumah jualan misoa juga. Boleh nih dcoba. Mkasih resepnya mba... dah kebayang ma lembutnya misoa, selama ini cuma dimasak sop aja e mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain mba Gita..enak pakai banget..awas lho..nanti ndak bisa berhenti cemal cemil..:D

      Delete
  3. Mbk tiap kali posting aku mau tanya lupa terus mbk . Kompornya itu pk listrik apa ya?wattnya brp?kyknya praktis bgt

    ReplyDelete
  4. Iya mba Rara,,itu kompor listrik produk Jepang..praktis buat dapur bersih mba..:D Watt pertama pemakaian ngankatnya 200, jk udah di pakai dan jalan masaknya..hanya 70 an aja wattnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Didi seriuskah 200?ngga salah ketik 2000 watt?aku lg hunting bgt kompor listrik yg watt kecil begitu ih,,biasanya di atas 700 watt bs sampe 2000an hiks

      Delete
  5. 1 bks misoa kira2 brp gram tu mbak?

    ReplyDelete
  6. oot ni mbak kompornya beli dimana mbak

    ReplyDelete
  7. pantesan bentuknya rata ternyata pakai cetakan ya mbak :)

    ReplyDelete
  8. kalo saya biasanya pake cetakan bolu kukus hehehe...

    ReplyDelete
  9. Beli dimana kompor listriknya? mba diah. pengorengannya yang warna hijau itu merk apa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dl ku beli pas ada pameran mba di carefour sini,.pan nya merk Eco Pan..udah pernah ku ulas..:)

      Delete
  10. Mbak, aku kok juga fokusnya ke kompor ya .. Boleh tau mbak, kompornya merk apa, beli di mana & berapa harganya ? Mbak, diulas dong tentang pemakaian kompor listrik ... makasih ya mbak .. -irene

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shiga mba...merk Jepang, 1, 9 jt dl ku beli :D iyach kapan2 di ulas ya :)

      Delete
  11. Mbaak,misoa yg udah d cetak tahannya berapa lama ya dlam freezer?

    ReplyDelete
  12. Mbaak,misoa yg udah d cetak tahannya berapa lama ya dlam freezer?

    ReplyDelete
  13. mbaaa.. misal dicetak di loyang besar trus dipotong2 kotak bisa gak yaaaah?

    ReplyDelete
  14. Mba didi..resepny endes endes..izin minta resepny ya mba...

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel