Google Ad

Thursday, October 31, 2013

Lodeh Rebung



Semarang..kota lumpia..kota rebung..hihi. Soalnya di pasar tuch..ada aja rebung..mau rebung segar yang masih mentah..rebung yang sudah di rebus..bahkan..rebung yang sudah di iris2 korek api..buat lumpia..selalu ada di pasar. Begitu juga rebung buat sayur..yang masih muda banget dan di iris tipis2..mudah di jumpai di pasar. Jadi..sampai rumah tinggal di rebus sebentar..siap dech di olah jadi aneka masakan. Rebung enak di buat gule rebung..di oseng..sayur gurih..atau paling sering ya ku buat lodeh begini..karena suami suka banget. Emang..enak dan seger sich..rasa rebung yang kres2 renyah..enak banget di padu bumbu lodeh..apalagi tambahin kacang panjang dan daun so..tambah seger dech. Bumbunya..biar seger di iris aja..plus di kasih sedikit ebi..sedeppp..!

Rebung.atau bambu muda..memang tidak asing ya..buat masakan China..tapi di Jawapun..dari dulu rebung ya sudah biasa di olah sich jadi masakan..cuma masih terbatas sich..kalau di tempatku di Yogya..ya paling2 di sayur lodeh gini..hihi. Rebung Yogya sama Semarang tapi agak beda juga sich rasanya..kalau rebung di Yogya tuch ada rasa sedikit pahit2nya..kalau di Semarang itu nggak..rebungnya terasa manis aja..dan renyah..mungkin factor tanah kali ya. Tapi..karena aku suka rebung..yang oke2 aja..sich..mau agak pahit..manis..enak semua..hihi. Rebung ini juga banyak gizinya lho teman2..kandungan seratnya tinggi..jadi jangan ragu makan rebung ya. Di tempatku di Yogya dulu ada istilah lucu..kalau orang yang suka suka makan rebung..itu..di bilang rai gedhek..( rai : wajah..gedhek : anyaman bambu )...atau muka bambu..jadi pede,...berani malu gitu..hihi..ada aja ya..kalau aku sich..yang penting enak..mau di bilang rai gedhek..atau apa juga..^_^...

Oke..selamat maksi ya teman2..yukk..di cicip..sayur lodeh buatanku..^_^..seger lho..
Lodeh Rebung

Bahan :
250 gram rebung segar, iris tipis, lalau rebus hingga matang
10 lonjor kacang panjang, potong2
Segenggam daun melinjo
1000 ml santan sedang / cair aja
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok makan ebi, seduh air panas
Gula merah 1/2 sendok makan
Garam, kaldu bubuk secukupnya
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
8 buah cabai merah, iris tipis

Cara memasak :
Tumis bawang merah, bawang putih dan cabe hingga matang dan harum, masukkan ebi.
Masukkan santan, lengkuas, daun salam, tunggu sampai mendidih, baru masukkan rebung.
Masukkan  bumbu2 lain, masak sambil sesekali di aduk supaya santan nggak pecah dan sayuran lain matang. Koreksi rasa..sajikan.

No comments :

Post a Comment

Google Ad

Visit Our You Tube Channel