Google Ad

Wednesday, November 7, 2012

Tips membuat sayur asem yang enak...



Sayur asem...siapa sich yang tidak suka..hayo ? Sayur..segar..dan sehat ini pasti di sukai semua orang. Buktinya tuch..di warung2 atau restoran..banyak menu pendamping untuk lauk pauknya ya..si sayur asem ini. Rasanya yang asam..gurih , sedikit manis dan segar, pasti lah semakin menambah nafsu makan. Apalagi jika di makan bersama sambal terasi...tahu tempe goreng dan lauk pauk lain seperti ayam goreng atau ikan asin..sedap dech ....memang masakan Indonesia ! Sayur asem sendiri ada beberapa versi..ada yang berkuah bening atau ada yang sedikit kental kuahnya, karena memakai kemiri dan terasi di bumbunya. seperti sayur asem ala Jakarta. Aku sendiri lebih suka sayur asem ala Jakarta yang pakai bumbu kemiri ini..lebih mantab rasanya.

Biar sayur asem tambah nendang rasanya, gunakan juga air kaldu daging sapi ya...kalau suka tambahkan sekalian daging tetelannya..pasti lebih sedap rasanya. Sayuran juga musti komplit..biar rasanya tambah seger nano2..hehe..jangan lupakan jagung muda dan daun melinjo nya..itu yang bikin aroma khas sayur asem tambah menggoda selera. Jika suka bisa juga di tambahkankacang tanah,  buah dan  kulit melinjo nya sekalian..jadi ada sensasi rasa klethis2 rasanya.

Yuk...masak sendiri sayuran sehat ini....mudah dan tidak perlu repot tumis menumis.....tinggal cemplang cemplungin bahan...jadi dech....^^

 Bahan2 :

100gr daging tetelan , rebus dan  sisihkan kaldunya
1 buah labu siam, kupas dan potong kotak
5 lonjor kacang panjang, potong potong
1 buah labu siam kecil,potong kotak
1 buah terong ukuran kecil.potong serasi dengan labu nya
1 buah jagung, potong 2
1 genggam daun melinjo
2 lembar daun salam, 1cm lengkuas, memarkan 
1 1/2 sdm asam jawa, larutkan dengan air panas 
Garam,bumbu kaldu rasa sapi   secukupnya  
Gula merah 1 sendok makan
1500 air kaldu daging 
1 sendok makan kecap manis
kacang tanah..buah melinjo jika suka ( aku gak pake..pas gak ada )

Bumbu (haluskan) :

6 butir bawang merah
1 siung bawang putih ( tambahan ku sendiri ini..biar tambah sedep..kalau resep aslinya gak pake )
3 buah cabai merah keriting
4 butir kemiri
1 sdt terasi bakar

Cara Membuat :
Masukkan bumbu halus dan bumbu2 lain kecuali kecap ke air kaldu yang sudah di didihkan, masukkan jagung dan kacang tanah, melinjo ( jika pakai ) terlebih dahulu..karena matangnya perlu waktu lebih lama dari sayuran lain....sampai setengah matang, baru masukkan sayuran lain. jika sayur sudah matang semua..tambahkan kecap manis. Sajikan hangat dengan sambal terasi.



1 comment :

  1. segernya mbk diah!!! nyontek ya..hehe. biasanya bikin sayur asam yg bening..tp lebih suka yg spt ini nih... :)
    trims

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel