Google Ad

Monday, May 31, 2021

Bubur Tumpang Koyor Salatiga

 

Bubur Tumpang Koyor Salatiga


Selamat pagi teman-teman,

Bubur Tumpang Koyor ini adalah makanan khas dari kota kecil yang teduh dan indah, Kota Salatiga. Resep-resepnya pun sudah beberapa kali saya upload di blog ini maupun di IG @bunda_didi, jadi dalam kesempatan ini aku tidak menuliskan resep di sini. Aku cuma mau cerita saja tentang pengalaman semalam ketika diceritain oleh suami bahwa foto Bubur Tumpang Koyor asli Salatiga ini akan diajukan ke UNESCO untuk informasi wisata kuliner asli Salatiga. Teman suami malam kemarin meminta file asli dari foto-foto ini yang memang kami produksi sendiri, baik resep dan fotografinya.

Mungkin teman suamiku tahu informasi saat melakukan browsing di internet dan menemukan beberapa foto-fotoku yang sudah nangkring di internet lebih dari 5 tahun lalu. Kami pun sharing foto dan resep tersebut tanpa berpikir untuk bisa dilirik oleh pihak-pihak penting, karena hal ini sudah menjadi rutinitas kami dalam berkarya, yaitu sharing resep dan foto serta video baik dari blog, YouTube maupun Instagram. Jika dirasa hal ini sangat bermanfaat maka kami akan sangat bersyukur sekali.


Bubur Tumpang Koyor Salatiga

Bubur Tumpang Koyor Salatiga

Pesan yang ingin aku sampaikan hari ini adalah sebuah ajakan kepada teman-teman untuk terus menggali resep asli dan lokal dari semua daerah, karena dari pengalaman kami resep tersebut abadi bukan seperti resep-resep kekinian yang bersifat trend sesaat. Pada beberapa postingan kami yang terakhir-terakhir ini kami terus mencoba menggali resep-resep asli daerah dan kami coba duplikasi untuk bisa kami share kepada para pembaca. 

Daya tarik Indonesia, salah satunya adalah kuliner khas-nya, yang jika kita hitung maka kita harus siapkan kalkulatornya, karena setiap daerah mempunyai kuliner asli masing-masing. Jika satu daerah saja bisa menyumbang 5 menu asli daerah, berapa coba kekayaan resep kuliner di Indonesia? 

Andaikan lagi jika resep ini dikuasai oleh para chef-chef handal, maka mereka akan memiliki ide untuk membangun bisnis kuliner di Indonesia. Ada berapa banyak kuliner daerah asli yang akan muncul? Ada berapa banyak orang yang terserap untuk bekerja? Itulah dampak dari sebuah resep kuliner asli daerah, yang kelihatannya sepele namun berdaya dobrak tinggi untuk memulihkan ekonomi di Indonesia yang sedang terpuruk saat ini.

Indonesia butuh ide, Indosia butuh kreasi ... Mulailah dari sini, mulai peka terhadap kekayaan asli daerah kita sendiri. 

Resep Bubur Tumpang Koyor


Bahan :
  • 300 gram beras, cuci bersih
  • 1000 ml air
  • 1.5 sdk teh garam
  • 2 daun salam
Cara Membuat:
  • Masukkan semua bahan ke rice cooker Mito ... tekan tombol Bubur. (Link Video : https://www.instagram.com/p/CJnu7r6Lyac/)
  • Kalau Rice cooker digital gini kan ada tombol waktunya ya teman2..jadi 30 menit sebelum matang... masukkan santan kental 50 ml
  • Tutup lagi... lalu tunggu hingga matang
  • Sajikan dengan sayur rebus dan sambal tumpang Koyor ๐Ÿ’•๐Ÿ˜‹
  • Penampakan Sambal Tumpangnya..video slide ke 2 ya...

Resep Sambal Tumpang Koyor

Bahan :
  • 1 papan tempe semangit ( 300 gram )
  • (Tempe segar yang sudah di inapkan 2 harian..atau beli di pasar biasanya juga ada yang sudah jadi semangit )
  • 250 gram Koyor, presto bentar
  • Jika tidak ada ganti tetelan, kalau tetelan gak perlu di presto karena mudah empuk
  • 50 gram krecek
  • 1000 ml air
  • 300 ml santan

  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 2 daun jeruk
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam

  • 10 cabai merah
  • 5 cabai rawit
  • 8 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 Kemiri
  • 2 cm kencur
Cara Membuat :
  • Rebus semua bahan kecuali santan hingga tempe dan bumbu lunak
  • Ulek kasar bumbu
  • Masukkan kembali ke rebusan
  • Ulek kasar tempe..kasar aja..jangan terlalu halus agar kuah gak kentel banget
  • Masukkan kembali ke rebusan
  • Tambahkan santan
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
  • Sajikan dengan bubur dan rebusan sayuran
Selamat mencoba teman-teman ...!



0

Kupat Glabet Khas Tegal

 

Kupat Glabet Khas Tegal - IG @bunda_didi


Met Siang Teman-Teman,

Nah sekarang mikir menu makan siang nih, masih punya sisa ketupat gak? HeHe ... Ini menu yang aku buat waktu Lebaran Ketupat kemaren teman-teman ... aku simpan di kulkas kan, dan hari ini aku cek ketupatnya masih bagus dan menul-menul lho, karena aku buat ketupat pakai slow cooker menggunakan beras Fortune. Tapi kali stock ketupatnya sudah habis, ya bisa bikin lagi. HeHe

Biar nggak bosen kali ini aku buat olahan beda lagi ya teman-teman ... Memanfaatkan sisa ketupat, maka aku buat Kupat Glabet Khas Tegal.

Kupat Glabet Khas Tegal

Bahan :
  • 300 gram tempe, potong dadu, rebus di air mendidih sebentar, tiriskan
  • 700 ml santan encer
  • 200 ml santan kental
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1/2 sendok makan gula merah
  • 2 sendok teh kaldu sapi bubuk
  • Garam sesuai selera
Bumbu Halus :
  • 8 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri sangrai
  • 1 sendok teh ketumbar sangrai
  • 1/4 sendok teh terasi bakar
  • 2 cm kunyit bakar
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang. 
  • Masukkan santan, daun salam, serai dan lengkuas. 
  • Didihkan.
  • Masukkan tempe dan bumbu-bumbu lain
  • Masak dengan api kecil 30 menit hingga meresap, jangan lupa sesekali di koreksi rasanya, tambahkan garam atau gula jika masih kurang , sesuai selera.
  • Jika bumbu sudah meresap, dan kuah sedikit berkurang, masukkan santan kental masak sebentar lagi hingga meresap.
  • Potong-potong kupat, tuangi sayur tempe kuning dan kuahnya.
  • Taburi bawang merah goreng dan kerupuk mie, serta sambal dan kecap, dan sate telur atau kerang jika suka.

Bahan Sambal :
  • Cabai merah keriting secukupnya, di haluskan bersama bawang putih ( aku ulek kasar aja ) lalu di tumis hingga matang dan berminyak, beri garam dan gula secukupnya.

Walaupun ini menu yang sangat sederhana, tapi ini enak lho coba saja dech teman-teman ... Terasa pas  buat ngabisin sisa ketupat dan juga buat yang udah bosen menu ketupat dan daging atau ayam ... Coba dimasak seperti ini ya, bahan murah meriah ! Yaitu Tempe, tapi rasanya tetap sedep.

Teman-teman ada ide menu olahan sisa Lebaran yang istimewa ... Yuk upload di IG dan tag ke IG @fortunecermat ya ... Ada hadiah kitchen kabinet dari Dekoruma untuk resep terpilih lho .. !

Yuk ikutan ๐Ÿ’•
0

Pia-Pia Udang

Pia-Pia Udang - IG @bunda_didi

Met Sore... Ibu CerMat Fortune...๐Ÿ’•

Indonesia tuh, kaya akan menu gorengan yang khas dan enak-enak ... Tiap daerah memiliki gorengan khas masing-masing. Sebagai contoh di #Bandung yang kandangnya gorengan-gorengan terkini sering melahirkan kreasi gorengan baru-baru. Sebenarnya banyak sih makanan rakyat yang selain gorengan, namun bisa dipastikan yang booming dan viral adalah .... gorengan! Bener gak?!

Nah, kalau aku sih, suka aneka gorengan khas nusantara dan menu yang paling sering aku post di IG @bunda_didi ya gorengan.๐Ÿ˜€ Makanya, aku mau share satu persatu nih, terutama menu gorengan khas nusantara favorit keluargaku.

Pertama gorengan khas Semarang dulu ya .... Apa itu? PIA-PIA UDANG ! 
(Mungkin gorengan ini sudah me-nasional ya? Pastinya begitu ... He-He)

Walaupun aku udah pernah share sebelumnya, tapi kali ini aku mau share resep baru, versi kriuk renyah luarnya dan lembut di dalam. Apalagi aku gorengnya pakai minyak goreng Fortune, mantap deh, garing & renyahnya.

Gimana cantik kan Pia-Pia Udangnya, Bu? Yuk, buat juga di rumah dan pastikan gorengnya pakai minyak goreng Fortune, dari @fortunecermat yaa ๐Ÿ’•

Resep Pia-Pia Udang

Bahan:
  • 250 gram terigu
  • 1 sdk mkn tepung beras
  • 1 butir telur ukuran besar ( kalau kecil 2 butir )
  • 1 buah wortel, potong kotak kecil
  • 2 daun bawang, iris halus
  • 1 batang sledri, iris halus
  • 300 ml air
Bumbu:
  • 2 bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdk teh merica bubuk
  • 1-2 sdk teh kaldu ayam / jamur
  • Secukupnya garam

Toping :
  • 100 gram udang segar ukuran kecil
Cara Membuat :
  • Campur semua bahan, kecuali Udang
  • Cek rasa dulu ya dengan cara menggoreng sedikit adonan
  • Panaskan minyak goreng agak banyak ya
  • Celup cetakan Pia ( sendok sayur aluminium)..diamkan bbrp saat di minyak panas
  • Masukkan adonan ke sendok sayur hingga penuh
  • Beri toping udang segar
  • Celup kembali ke minyak panas
  • Setelah set, goyang2 kan cetakan agar adonan terlepas ke minyak
  • Lakukan 3 atau 4 kali cetak sekali goreng
  • Goreng hingga matang

Pia-Pia Uang IG @bunda-didi

Nah, kalo tampilannya sudah seperti di atas, segera dipamerin ke suami atau anak-anak yaa ... Tunggu berapa saat pia-pia udang ini bisa bertahan di meja. Ha-Ha .... Bahagia itu sederhana ya kan? Selamat mencoba!


#MinyakGorengFortune 

#IbuCerMatFortune 

#GorenganNusantara 

#FortuneCerMat 

#Gorengan 

#PiaPiaUdang 

#Renyah 

#Garing 

#Kriuk 

#ResepGorengan 

#ResepUdang 

#IdeMemasak

0

Monday, May 24, 2021

Brownies Almond Cookies

 

Brownies Almond Cookies


Malam teman-teman, 

Di rumah banyak kacang almond, mau buat apa ya? Eh kepikiran buat Brownies Cookies aja, kan bisa lebih awet buat stok cemilan nich. Kalau dibuat cookies gini lebih awet dan bisa disimpan lama, daripada bikin brownies biasa.

Terus bentuknya juga lucu kan ditaruh di cup kertas kecil imut gitu. Video resep aku share juga di YouTube ya teman-teman, nanti link-nya aku share. ๐Ÿ’•๐Ÿ’• 

Oh ya, kalau buat kue-kue coklat, brownies dll, aku pastin pakai Van Houten Cocoa Powder, rasanya tuh nyoklat banget teman-teman. Selain buat bikin kue-kue juga bisa buat puding atau minuman coklat.

Terus lebih nyoklat lagi brownies Cookies nya aku campur cincangan coklat almond Van Houten juga ...๐Ÿ’•

Oh ya, teman-teman jangan lupa ikutan kompetisi baking dari IG @vanhouten.kitchen ya, dengan cara upload dan share kreasi baking yang menggunakan Van Houten Cocoa Powder seperti yang aku pakai ini. Banyak hadiah seru dari Van Houten lho, yuk ikutan...#momenvanhouten

Brownies Cookies ๐Ÿช ๐Ÿช

Bahan :
  • 285 gram tepung terigu protein rendah
  • 2 sdk teh baking powder
  • 1/2 sdk teh garam
  • 300 gram gula
  • 175 ml minyak goreng
  • 50 gram Van Houten Cocoa Powder
  • 4 butir telur
  • 1/2 sdk the Vanili / vanilla
  • 1 pack Van Houten Coklat Almond, cincang.

Cara Membuat :
  • Kocok gula dan minyak hingga gula larut
  • Masukkan bubuk coklat, kocok rata hingga kental, masukkan telur, kocok rata kembali hingga kental
  • Masukkan coklat almond.
  • Tambahkan tepung, baking powder, vanili, aduk rata
  • Panaskan oven 160 C, api atas bawah
  • Siapkan cup kertas kecil, isi dengan adonan 2/3 bagian
  • Beri toping Almond utuh
  • Panggang selama kurang lebih 20 hgg 30 menit hingga matang dan renyah.
OK teman-teman, selamat mencoba! 
0

Monday, May 17, 2021

9 Jenis Kesenian Jawa Timur yang Wajib Anda Tahu.

 


Setiap daerah di Indonesia itu memiliki jenis kesenian yang unik. Satu daerah dengan daerah yang lain itu pasti ada bedanya. Baik itu seni tari, seni rupa, seni suara, atau pun seni pertunjukan. Yang jelas, setiap kesenian dari tiap daerah itu menambah keanekaragaman seni di nusantara.



Begitu juga dengan Jawa Timur. Provinsi di pulau Jawa yang paling timur ini juga memiliki jenis-jenis kesenian yang berbeda. Tiap daerah di provinsi tersebut memiliki kesenian yang khas. Yang tidak ada di daerah lain.

Apa saja jenis kesenian yang ada di Provinsi Jawa Timur? Berikut ini di antaranya.

1. Ketoprak atau Kethoprak

Dalam Bahasa Jawa ketoprak bisa diartikan sebagai sejenis pentas seni yang terdiri atas unsur sandiwara yang diselingi oleh lagu-lagu adat Jawa, dan diiringi dengan bunyi-bunyian dari gamelan. Adapun tema yang menjadi cerita dalam Ketoprak biasanya mengambil cerita legenda atau bahkan sejarah Jawa. Bahkan ada pula tentang cerita yang diambil dari luar negeri.

2. Reog Ponorogo

Ya, sesuai namanya, kesenian yang satu ini berasal dari Ponorogo. Kesenian yang begitu kental dengan hal-hal berbau mistis. Topeng kepala singa, sosok warok, dan juga gemblak merupakan tokoh-tokoh yang harus ada di dalam pertunjukan seni Reog Ponorogo. Adapun dalam pertunjukannya, seni Reog Ponorogo ini terdiri atas 2 sampai 3 tarian pembuka. Tarian pertama pada umumnya dibawakan oleh 6 hingga 8 pria yang gagah dan berani. Mereka memakai pakaian serba hitam, dengan wajah yang dipoles warna merah. Kemudian tarian lainnya dibawakan oleh 6 hingga 8 gadis yang naik kuda. Ah ya, dalam reog tradisional ini, penari yang terlihat seperti wanita juga tetap biasanya diperankan oleh penari laki-laki. Mereka hanya menggunakan pakaian wanita.

3. Karapan Sapi

Semua orang sepertinya tahu dengan kesenian ini. Ya, kesenian yang berasal dari Madura ini populer disebut sebagai Karapan Sapi. Sebuah pertunjukan pacuan sapi yang prosesnya berupa dua ekor sapi yang menarik sebentuk kereta. Sapi-sapi ini berlomba dengan sapi-sapi lain yang juga sama-sama menarik kereta dengan diiringan oleh gamelan Madura (Saronen). Sapi-sapi ini saling beradu cepat.

4. Ludruk

Kesenian yang satu ini termasuk ke dalam jenis seni pertunjukan. Pertunjukannya sendiri itu diperagakan oleh sekelompok orang. Ada pun tema yang diambil adalah mengenai tema kehidupan rakyat sehari-hari. Tujuannya jelas, ludruk dijadikan sebagai sarana hiburan rakyat. Hal ini bisa dilihat dari bahasa yang digunakannya, yaitu bahasa Surabaya atau Malang, yang jauh dari Bahasa intelektual yang rumit. Dan tentu, hal ini membuat pentas ludruk dapat menghibur semua lapisan masyarakat.

5. Tari Seblang

Kesenian yang satu ini merupakan ritual khas kesenian tradisional Jawa Timur. Tari seblang melambangkan kesakralan dan ritual pertemuan dua dunia. Sekaligus juga mengungkapkan rasa syukur atas karunia yang sudah diberikan Tuhan.

6. Jaran Bodhag

Kesenian Jaran bodhag berasal dari Probolinggo. Konon, kesenian Jaran Bodhag merupakan perkembangan dari seni Jaran Kecak. Kesenian ini sudah lama muncul dan dikenal oleh masyarakat. Tepatnya yaitu sejak awal kemerdekaan negara kita.

7. Wayang Topeng

Kesenian wayang topeng merupakan kesenian wayang yang dimainkan oleh orang dengan menggunakan topeng. Kesenian wayang topeng dimainkan dengan diiringi bunyi gamelan serta aneka tari-tarian. Pertunjukkan ini mirip sekali dengan pertunjukkan wayang orang.

8. Tari Remong

Tari remong berasal dari Surabaya. Kesenian ini merupakan bentuk simbol dari Jiwa kepahlawanan, keperkasaan, kejantanan, dan juga kegagahan. Tarian ini seringnya ditampilkan pada saat menyambut para tamu.

9. Gamelan

Semua pasti tahu gamelan. Ya, kesenian yang satu ini sebenarnya memang ada di tiap daerah yang ada di Jawa. Akan tetapi gamelan Jawa Timur adalah yang paling terkenal. Nada tangga yang dimainkan gamelan Jawa Timur itu biasanya berlaras Pelog dan juga Slendro. Gamelan Jawa ini terbagi lagi ke dalam beberapa bagian. Ada Gamelan Kodok Ngorek, Gamelan Monggang (Munggang), Gamelan Sekaten, dan Gamelan Gedhe

Itu dia 9 jenis kesenian yang berasal dari Jawa Timur. Masih banyak sebenarnya jenis kesenian lainnya. Pernah melihat kesemua jenis kesenian tersebut? Pasti sudah beberapa, kan?

Jika hendak ke Jawa Timur, pelajari terlebih dahulu peraturan penerbangan pesawat terupdate, ya. Soalnya ada beberapa pembaharuan yang mungkin belum Anda ketahui. Pastikan juga Anda selalu taat dengan protokol kesehatan. Biar tubuh selalu sehat, perjalanan pun jadi aman dan nyaman.

0

Sunday, May 16, 2021

Manisan Kolang-Kaling

 

Manisan Kolang-Kaling


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442H teman-teman, mohon maaf lahir dan batin yaa ...


Walaupun lebaran tahun ini seperti lebaran tahun kemarin, alias "di rumah aja" harus tetap bahagia dan semangat ya berkumpul bersama keluarga inti. ❤️

Kue kering aku malah gak sempat bikin banyak, nanti aja habis lebaran bikinin ponakan di Kerawang yang request kue nastar dll, tapi alhamdulilah malah dapat kiriman banyak hampers kue-kue dari para sahabat dan relasi.

Ada juga hampers cantik dari IG @emakuindonesia dan juga dari IG @tekwan_cek.khekei, terima kasih semuanya sih semuanya. Belum lagi dari relasi-relasi suami.

Aku udah gak masak menu bersantan hari ini, udah nyetok di freezer buat besok ๐Ÿ˜‚... Ada rendang dll dan udah bikin ketupat pakai rice cooker aja.

Tadi buka puasa pakai sop ikan aja seger, karena seharian bikin pempek sama ayam panggang, buat besok kumpul-kumpul di rumah Eyang Yodha, plus saat pergi ke pasar masih nemu kolang-kaling.

Resep Manisan Kolang Kaling, Enak Tidak Terlalu Manis.

Bahan :
  • 750 gram Kolang Kaling segar
  • 150 gram gula pasir
  • 3 daun pandan
  • 3 daun jeruk
  • 1000 ml air
  • 1/2 sdk teh garam
  • 1/4 sdk teh pewarna makanan
Cara Membuat:
  • Masukkan semua bahan ke panci..masak hingga meresap tapi kuah jangan habis
  • Dinginkan
  • Simpan di toples dengan sisa kuah kaling seger..jadi buat manisan aja ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
Selamat mencoba !

0

Friday, May 7, 2021

Es Pisang Ijo

 

Es Pisang Ijo

Selamat siang,

Mau buat takjil istimewa untuk keluarga, tapi gak ada bahan di rumah ? Langsung aja, cus! Buka #GrabMartID .. #Bisalah beli segala macam bahan dapur semua komplet gak perlu keluar rumah, … dan #SejamSampai.

Seperti hari ini aku buat "Es Pisang Ijo" memakai bahan-bahan yang aku beli di GrabMart.

Selain praktis, kita gak usah belanja keluar rumah. Banyak diskon-nya lho di se-antero supermarket #DijaminMurah & #Berkualitas teman-teman.

Pada jam 1-3 sore ada diskon 30% pakai kode promo “DIJAMINMURAHHM”, dan diskon 20% sepanjang hari pakai kode promo “DIJAMINDISKON” dijamin komplit, segar dan hemat dech kalau belanja di GrabMart ini teman-teman.

Oke, aku share resepnya yaa ...

Es Pisang Ijo Versi Kulit Dadar

Bahan Isi :
  • Pisang Raja yang ranum dan matang ya. Jika kurang matang nanti sepet rasanya
  • Pelengkap :
  • Es batu serut secukupnya
  • Sirup merah secukupnya

Bahan Kulit :
  • 100 gram Tepung Terigu
  • 1 sendok makan Tepung Beras
  • 1 sendok makan Tepung Kentang Pati ( bisa di ganti Tapioka, aku lagi kehabisan Tapioka kemaren )
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 250 ml air ( air bisa di sesuaikan selera, mau tebal atau tipis dadarnya, kalau aku suka agak tebal )

Cara Membuat :
  • Aduk rata semua bahan
  • Saring
  • Buat dadar dengan pan anti lengket
  • Waktu dadar masih panas, segera isi dengan satu buah Pisang, gulung dan padatkan agar merekat
  • Kukus 10 menit di api sedang, alasi daun ya pengukusnya, olesi sedikit minyak daunnya agak tidak lengket.

Siapkan bubur putihnya :
  • 300 ml santan
  • 30 gram Tepung beras
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam

Cara membuat :
  • Rebus semua bahan, sambil terus di aduk ya agar halus buburnya
  • Cicipi rasanya, sudah sesuai selera belum, buburnya kalau aku suka gurih aja sedikit manisnya, nanti kan masih pakai sirup penyajiannya. Tapi jika mau manis ya boleh saja, silahkan di tambah sendiri takaran gulanya ya.

Penyajian :
  • Potong-potong Pisang Ijonya
  • Letakkan di piring saji
  • Tambahkan Bubur putih secukupnya
  • Tuangi sirup merah secukupnya
  • Sewaktu akan di sajikan tambahkan es batu serut secukupnya..karena aku buat siang aku belum kasih es yaa....pas buka nanti baru di tambahkan es batu ๐Ÿ˜€๐Ÿ’•


Selamat mencoba!


0

Monday, May 3, 2021

Bitterballen Kentang

Bitterballen Kentang

Malam teman-teman,

Ini Bitterballen Kentang isi Keju Mozzarella, buatan Yodha tadi teman-teman ...๐Ÿ’• Bitterballen Kentang Isi Mozzarella. #Bitterballenbundadidi

Resepnya, aku buat sesuai bahan yang ada di rumah aja ya teman-teman, jadi walaupun aku udah pernah share resep di web tapi takarannya beda karena sesuai bahan yang ada dirumah tadi.๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Bitterballen Ala Chef Yodha

Bitterballen Kentang

Bahan :
  • 500 gram kentang, kukus, haluskan
  • 150 gram daging ayam, rebus, cincang kecil
  • 25 gram susu bubuk
  • 200 ml air
  • 50 gram terigu
  • 2 wortel, rebus, iris kecil-kecil
  • 2 batang seledri, cincang
  • 1/2 bawang bombai, cincang
  • 2 bawang putih, cincang
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • 1/4 sdk teh garam
  • 1 sdk mkn gula pasir
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1/4 sdk teh pala bubuk

Cara Membuat :
  • Tumis bawang bombai dan putih
  • Masukkan ayam, aduk-aduk
  • Masukkan terigu, aduk hingga berbutir
  • Masukkan air, susu bubuk, aduk-aduk hingga adonan lembut
  • Masuk kentang lumat, wortel, seledri
  • Masukkan semua bumbu
  • Aduk rata dan masak hingga meresap
  • Cek rasa hingga gurih sesuai selera..
  • Dinginkan
  • Bentuk bulat kecil diisi potongan keju mozzarella
Penyelesaian:
  • Siapkan 100 gram terigu
  • 2 telur, kocok lepas
  • 200 gram panir orange
  • Lumuri bulatan adonan dengan tepung
  • Celup kocokan telur
  • Baluri tepung panir
  • Simpan di kulkas sebentar agar set sebelum di goreng ya..agar tidak pecah.
  • Bisa juga disimpan untuk Frozen food.
  • Goreng secukupnya..ini hasil jadi lumayan banyak lho ๐Ÿ’•

Selamat mencoba teman-teman !

1

Opor Ayam

 

Opor Ayam

Selamat sore teman-teman,

Belum lebaran, tapi aku mulai nyicil berbagi resep Opor Ayam ya teman-teman, biar teman-teman gak perlu scroll ke bawah cari resepnya. ๐Ÿคฃ

Aku kasih tips juga ya agar Opor Ayam enak dan spesial .... 

Pertama, pilih ayam kampung atau pejantan lah minimal ya, biar lebih sedep dan istimewa apalagi untuk hari raya.๐Ÿ’•

Kalau aku, jika bikin opor lebih suka pakai ayam kampung, rasanya lebih enak dan jika memakai ayam kampung, penampilan opornya juga lebih cantik. Daging ayamnya gak mudah hancur, terus kuahnya juga jadi lebih sedep.๐Ÿ’•

Opor Ayam Bunda Didi


Bahan :
  • 1 ekor ayam kampung kecil
  • ( Tadi tak timbang sekitar 650 gram, potong sesuai selera )
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 daun jeruk
  • 1 sereh, geprek
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • 1/ 4 sdk teh garam ( sesuai selera )
  • 1000 ml santan
Bumbu Halus :
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 kemiri sangrai
  • 1 sdk teh ketumbar sangrai
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1/4 sdk teh jintan
  • 2 cm kunyit
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus
  • Masukkan ayam
  • Aduk hingga berubah warna
  • Masukkan santan dan semua bumbu
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa

Tapi menjelang lebaran biasanya harga ayam kampung atau pejantan meroket tinggi, sekarang aja ya ... harga ayam pejantan kecil seperti yang biasa aku masak itu udah Rp 60 rb. ๐Ÿ˜ณ Di pasar tradisional lho ya ... Apalagi Ayam Kampung ya ... pasti di atas Rp 100 rb kalau di pasar, terlebih nanti pas menjelang Lebaran.

Nah aku mau kasih solusi nich untuk daging ayam, tapi sementara buat teman-teman yang tinggal di Semarang dan sekitarnya dulu yaa ... bisa pesan ayam kampung dari sekarang ke IG @astamajayafarm, di sini harga ayam kampung masih normal, dan bisa pesan dari sekarang. Jadi untuk hari Raya nanti teman-teman bisa mulai memesan dari sekarang, karena di IG @astamajayafarm ini bukan Frozen Chicken, tetapi ayam hidup yang dipelihara, jika ada pesanan akan dipotong langsung dan bisa di antar langsung ke rumah kita. Hayoo, enak gak? Gak usah repot kan? ...๐Ÿ˜€

Aku aja untuk Lebaran nanti udah pesan 3 ekor, nanti akan diantar sesuai permintaan kita. Mau H minus berapa? Siap.๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Selamat mencoba resepnya ya teman-teman ... !

1

Google Ad

Visit Our You Tube Channel