Google Ad

Monday, April 13, 2020

Sayur Kalakan, Mangut versi Pacitan

Sayur Kalakan

Pagi,

Sarapan dulu yukkk...Mangut Versi Pacitan ...๐Ÿ’•
๐Ÿ˜‹ Biar berasa kulineran walau di rumah saja ๐Ÿ˜…๐Ÿคฃ 

Sayur Kalakan

Bahan :
  • 5 potong ikan asap ( apa aja boleh..aslinya ikan hiu..hihi..atau pari, manyung..dll )
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 4 buah bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 buah cabai merah besar , iris tipis
  • 1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
  • 2 sendok teh kaldu ayam ( optional )
  • Garam sesuai selera
  • Santan 800 ml
Bumbu halus :
  • 4 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 2 cm kencur
  • 5 cabai merah
  • 5 cabai rawit
Cara membuat :
  • Tumis bawang merah dan putih, hingga layu dan harum, masukkan bumbu halus, tumis kembali hingga benar2 matang, masukkan cabai iris, aduk hingga cabai layu. 
  • Masukkan santan dan bumbu2 lain. Tunggu hingga mendidih, lalu masukkan ikan asap. 
  • Masak sambil sesekali di aduk dengan api kecil hingga kuah meresap ke bahan dan santan berkurang. Koreksi rasa. 
  • Sajikan
Selamat mencoba!

0

Friday, April 10, 2020

Balado Kentang Teri

Balado Kentang Teri

Sore.. Masih semangat kan walaupun di rumah saja teman2...? Nggak bisa belanja setiap hari, nggak usah khawatir..stok saja bahan2 yang awet, atau bahan2 kering.

Jadi walau di rumah saja tetap bisa masak enak, sehat...apalagi di saat seperti ini ngga bisa jajan keluar kan..kalau delivery kadang ya itu2 saja yang buka.

Pokoknya masakan rumahan itu tetep paling enak ya.

Mau masak sendiri males ribet ngulek2 bumbu? Sibuk dengan si kecil, dll..ya udah aku kasih solusi ya..nyetok saja bumbu dasar.

Bumbu dasar merah, putih, dan kuning....itu udah bisa masak aneka masakan kok setiap hari.
Nggak ada waktu bikin bumbu dasar?

Ya udah..aku kasih rekomendasi bumbu dasar siap pakai yang oke nich, terbuat dari rempah2 asli dan berkualitas, jadi rasanya juga homemade banget.
Bumbu dasar Rasana dari @rahsa.nusantara
ada tiga macam, bumbu dasar putih, kuning dan merah.

Udah komplit itu bisa menemani teman2 masak menu harian yang sehat.
Contoh nich yang bumbu dasar merah untuk aneka sambal goreng, balado, rica, tumis sayuran, nasi goreng pedas, dll.

Tinggal kita kombinasi aja dengan bahan yang ada di rumah.
Seperti hari ini, aku belum belanja...hanya ada kentang dan teri.. dengan bumbu dasar merah Rasana, jadi dech..Balado Kentang Teri yang yummy ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Resep bisa dilihat di video link ini: https://www.youtube.com/watch?v=fNqnZeLzO7U

Selamat mencoba!

0

Sop Masak

Sop Masak
Malam... Menu makan malam...masaknya masih di bantu Yodha ๐Ÿ’•๐Ÿ’• Yang gampang aja... cemplung2 semua sayuran dan protein jadi satu masakan ๐Ÿคฃ

Kali ini bikin Sop Masak..seger lah..gak usah pakai lauk..pakai kerupuk aja... ๐Ÿ˜‹

Bertahan..nggak jajan dulu..๐Ÿคฃ Resep dasar sama seperti di video dulu ya: #resepsopmasakbundadidi

Cuma kali ini nggak aku kasih cabe soalnya untuk Yodha sekalian, terus aku tambah telur puyuh rebus yang aku goreng, biar tambah proteinnya. Pokoknya di saat seperti ini apa yang ada di kulkas teman2 di karyakan saja jadi menu yang enak yo ..๐Ÿ˜…๐Ÿ’•

Sop Masak: Jamur Kuping, Wortel, Kol, Bakso Ikan, Telur Puyuh, Jamur Tiram.

Selamat mencoba!
0

Thursday, April 9, 2020

Gemblong Cotot

Gemblong Cotot
Pagi,

Temen berjemur tadi..Gemblong Cotot lagi... Beberapa hari agak meriang..sama suami suruh berjemur biar kena matahari pagi..enak sich memang punggung jadi hangat ya teman2

Tapi kayaknya kapok dulu berjemur... Tadi jatuh aku ke kolam ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ
Gara2 duduk di Gasebo belakang pakai dingklik, karena jam 8-9 pagi pas banget cahaya mataharinya terasa hangat posisi di situ..kan gesebo di atas kolam...terus karena hangat kan punggung kena matahari, nyaman..aku sambil bales komen teman2 tadi jadi gak perhatiin posisi..aku mundur2 rin dingklik..biar pas kena punggung matahari ya..e alah gubrak jatuh aku kecemplung ke kolam ๐Ÿ™„.. untung cuma badanku nyemplung kolam.. pinggang sama tanganku yang baret2 ..nahan agar gak kena batu2 di pinggir kolam.. bersyukur..terus kapok berjemur dech ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ Oh ya resep gemblong Cotot nya di video sini ya :


Cuma di video nggak di cetak pakai cetakan pastel...yang ini di cetak...๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Video cara membuatnya bisa dilihat di: https://www.youtube.com/watch?v=LkLPFhYydYg

Selamat mencoba!
1

Moto Maling

Moto Maling
Cemilan Jadul..Keripik Kulit Melinjo Pedas Manis. Nama cemilan jadul ini adalah Moto Maling..๐Ÿ’•๐Ÿ’• (Maaf jika namanya serem ya ..., Tapi memang itu namanya).

Terbuat dari kulit melinjo yang di goreng kering, terus di bumbuin pedas manis gurih.

Rasanya enak..khas...ada gurih pedes manis ..nagih, tapi yang di video di link terlampir adalah versi pedes yaa kalau gak suka pedes kurangi cabe ya ๐Ÿคฃ

Cara Membuat:
  • Oh ya sebelum di goreng kulit melinjo di rendam di air garam sedikit yaa biar makin gurih ๐Ÿ’•
  • Untuk membuat bumbu kripik pedes manis gini, aku halusin bumbu hingga benar2 halus, jadi pakai Chopper plus sedikit air ya teman2.
  • Panaskan bumbu hingga air menguap, baru masukkan sedikit minyak, jadi lebih cepat menumisnya.
Untuk lebih jelasnya, resep dan cara membuatnya bisa dilihat di link video ini: 

Selamat mcncoba!
1

Ayam Goreng Lamongan

Ayam Goreng Lamongan

Sore,

Menu hari ini.. Tadi pagi minta tolong suami beli ayam pejantan..eh habis, terus adanya ayam biasa...lagi murah katanya..sekilo Rp. 30 ribu. Yo wis lah gak papa, Ayam potong biasa gini ya enak kok di buat ayam goreng asal bumbunya pas.

Paling enak sich di buat Pecel ayam ala warung tenda Lamongan gitu ya...jadi jenis ayam goreng kuning gurih gak ada manisnya ๐Ÿ’•๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜‹ Katanya di daerah lain Ayam jenis ini lagi murah ya..di daerah teman2 brp per kg? Wah kasian juga peternak ya..kalau murah banget..tapi ya gimana lagi...cara kita bantu ya beli aja ya berapapun harganya yuk...๐Ÿ’• Tips ungkep ayam potong seperti ini.. biasanya kalau masak, tak kerat2 agar bumbu lebih meresap soalnya biasanya kan ayamnya gemuk2 dagingnya tebel ๐Ÿคญ

Terus ngungkep dengan bumbu air jangan terlalu byk karena ayam jenis ini cepat matang. Jadi agar gurih harus berani bumbu juga ya ..karena ngungkep ya jangan terlalu lama juga kalau terlalu lama ayam jadi menyusut keriput mengecil ๐Ÿคฃ... kurang cantik penampakannya ๐Ÿ’•

Ayam Goreng Lamongan
Ayam Goreng Lamongan, Bumbu Kuning.

Ayam Goreng Kuning

Bahan :
  • 1 kg ayam potong, potong sesuai selera
  • 500 ml air
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sendok teh kaldu ayam, 2 sdk teh garam ( secukupnya )...atau boleh di balik kaldu ayam yang lbh byk jk mau lebih gurih
  • 1 sendok teh gula pasir
Bumbu Halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 4 cm kunyit
  • 1 cm jahe
  • 1/2 sendok makan ketumbar
Cara membuat :
  • Campur semua bahan ke dalam panci
  • Ungkep dengan api sedang hingga matang dan bumbu meresap dan kuah menyusut
  • Angkat ayam, dinginkan
  • Goreng di minyak terendam

Sambal Tomat

Sambal

Bahan Sambal Tomat :
  • 8 cabai rawit merah
  • 5 cabai merah keriting
  • 2 siung bawang putih
  • 100 gram tomat ( 1 buah )
  • 1 sendok teh terasi
  • 1/4 sendok teh garam ( sedikit saja )
  • 1 sendok teh gula merah
Cara membuat :
  • Goreng cabai dan bawang, terasi, tomat hingga matang
  • Haluskan bersama bumbu lain
  • Kucuri jeruk limau
  • Koreksi rasa
  • Sajikan dengan Ayam dan lalapan sesuai selera
Atau bisa resepku yang lain, versi Sambel yang semi mentah, sudah pernah aku upload videonya :
  • Bahan sama, cuma Cabe mentah..lainnya di goreng,
  • Ulek bahan sambel, siram minyak panas
  • Kucuri jeruk limau
Selamat mencoba!
5

Tuesday, April 7, 2020

Tiwul Manis

Tiwul Manis
Sore...hujan2.. cemilannya ini aja ya...๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Tadi siang ada paket JNE Yes datang..atas nama Yodha... ternyata dari Budhenya di Yogya..dia udah seneng gitu..pas di buka..isinya emping garut, kulit melinjo sama tepung gaplek untuk bikin tiwul...Yodha langsung komen...: "Ini mah bukan paket untuk aku..soalnya isinya makanan kesukaan Mami semua..!.."...๐Ÿคญ๐Ÿ˜… Maaf ya Kak..ya makanan kampung kamu gak doyan sich..๐Ÿ™„.. padahal enak semua itu..dia langsung kaburr..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Cara membuat Tiwul tradisional dari tepung gaplek biasa..bukan tiwul instan ini ya teman2 ๐Ÿ’•๐Ÿ’• Ini versi jadul yang bergerindil Tiwulnya..bukan yang alus kayak Tiwul2 kekinian. Kalau mau jadi nasi Tiwul, di awur2 nya jangan terlalu basah lembab..jadi lebih mawur.

Cara membuatnya bisa dilihat di link YouTube berikut: https://www.youtube.com/watch?v=NJwOY5OfHpA, akan lebih mudah dilihat via YouTube.

0

Asem-Asem Daging Ala Demak

Asem-Asem Daging Ala Demak.

Siang,

Badan agak kurang fit.. beberapa hari ini kurang tidur, mulai galau kayaknya.. padahal ya gak ada masalah apa2..galau kebanyakan baca berita ๐Ÿ˜…..jadi minggu ini ngga berani ke pasar dulu.

Jadi lauknya ayam atau daging lagi..karena cuma minta tolong suami..ambil pesanan ke tukang ayam atau daging yang udah langgananku di luar pasar.. tinggal sms aja. Jadi menu hari ini Daging Tetelan lagi ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ.. Kali ini aku buat Asem2 Daging tapi beda versi lagi sama yang lalu..kali ini versi Demak... seperti kalau makan di Asem2 Rahayu yang terkenal itu.

Dan Alhamdulillah Yodha suka..seger katanya. Asem2 Demak ini kuahnya agak merah kecoklatan..karena pakai cabai merah halus dan sedikit kluwak. Rasanya unik.. segar. Biasanya di sajikan sama Bothok Telur asin..tapi belum sempat buat..padahal udah siap bahan juga sich tadi ..jadi lauknya Bacem Tahu aja ya...๐Ÿ˜… Yuk cobain teman2.. bahannya juga murah meriah kok.. daging Tetelan aja bisa ๐Ÿคฃ

Asem-Asem Daging Ala Demak

Bahan :
  • Daging tetelan 300 gram
  • Air 1000 ml
  • 2 buah tomat hijau, potong-potong
  • 2 sendok makan air asam Jawa
  • 1/2 sendok makan gula merah
  • 1 sendok makan kecap manis
  • ½ sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh kaldu sapi dan 1/4 sendok teh garam ( secukupnya )
  • 1 batang sere, 2 cm lengkuas, dan 2 lembar daun salam
  • 8 buah cabai rawit
Bumbu Halus :
  • 1 buah kluwak, seduh air panas jika kluwak kering
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah
Cara Membuat :
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah dan kluwak.
  • Tumis hingga harum dan matang.Tambahkan sere, laos dan salam. aduk rata.
  • Masukkan potongan daging, aduk hingga berubah warna
  • Tuangi air dan masukkan semua bumbu, kecuali tomat hijau. masak api kecil hingga meresap
  • Setelah daging matang, cek rasa
  • Masukkan tomat ijo
  • Sajikan hangat
Selamat mencoba!

3

Sayur Bening Kelor

Sayur Bening Kelor.

Malam,

Menu makan malam ini..Sayur Bening Kelor ๐Ÿ’•

Ini super, pertama makan daun kelor...๐Ÿคญ๐Ÿคฃ Bukan apa2..karena di tempatku di Yogya, ibuku jarang masak daun ini..walau dulu seingat ku di samping rumah dekat sungai ada pohonnya gede. Mungkin karena kepercayaan waktu itu daun ini identik dengan hal2 mistis gitu, kayak misal sebagai peluntur jimat atau susuk ..atau penangkal ilmu hitam..dll...๐Ÿ˜…๐Ÿ™„ ..Jadi gak pernah di masak kalau di kampung ku..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Eh sekarang Kelor makah nge trend ya karena khasiatnya yang banyak. 



Bahkan di dekat rumahku di Yogya ya banyak restoran yang menu serba kelor tapi mau coba ya belum sempat. Akhirnya masak ini tadi.. ternyata seger yaa..enak..๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Aku lebih bisa makan daun kelor ini di banding daun Katuk...nek daun katuk gak iso kolu ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ

Bahan :
  • 1 mangkuk daun kelor yang muda saja
  • 1 wortel
  • 1 labu siam
  • 2 cm temu kunci, memarkan
  • 3 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 1000 ml air
  • 1 sendok teh kaldu jamur dan 1/2 makan garam ( sesuai selera )
  • Gula merah 1 sendok makan

Cara Membuat :
  • Rebus air, temu kunci, bawang merah iris, salam dan garam, bumbu semua.. hingga mendidih, masukkan labu dan wortel, masak hingga hampir matang, lalu masukkan daun kelor, tunggu sebentar hingga berubah warna, angkat
  • Jangan lupa cek rasa.
Selamat mencoba!
1

Google Ad

Visit Our You Tube Channel