Google Ad

Friday, November 10, 2017

Misoa Goreng Versi Adonan Kukus


Misoa, salah satu cemilan favorit di rumah. Sering bikin, tapi yang versi prkatis, yang setelah di masak, langsung di dinginkan, di potong-potong, lalu di goreng dengan adonan tepung pencelup atau kocokan Telur. Jadi hasil Misoanya lembut dan masih terasa tekture Mienya.

3

Thursday, November 9, 2017

Mie ala Aceh


Kemaren aku mencoba bikin Mie pedas ala Aceh buat sarapan..alhamdulillah enak. Pertama ragu..Mie di bumbuin banyak dan ada rempah-rempahnya..hihi. Ternyata jika semua bumbunya balance, enak juga lho teman-teman. 
0

Tuesday, November 7, 2017

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, dan Kulit Melinjo


Hari ini hujan seharian, udah rencana mau motret banyak, karena udah nyiapin beberapa menu untuk Buku, gak jadi dech. Aku lebih suka ngandalin cahaya alami luar ruangan untuk motret. Nggak tau..kurang sreg aja..jika di dalam ruangan hasilnya, walau di dalam ruangan ya banyak tempat dan bisa pakai cahaya buatan.
0

Monday, November 6, 2017

Nasi Goreng Rasa Rendang


Tadi pagi aku masak Nasi Goreng buat sarapan. Bukan Nasi goreng biasa sich, tapi pakai bumbu Rendang..jadi ala-ala Padang gitu. Walau pernah baca resep Nasi Goreng Padang malah nggak pakai bumbu Rendang ya..hihi. Tapi kalau makan di salah satu warung terkenal di sini, ada menu Nasi goreng bumbu Rendang, di kasih judul kok Nasi Goreng Padang. Baiklah..aku kasih judul Nasi Goreng bumbu rendang aja dech.
5

Aneka Tepung Cake Praktis


Hari ini mau share hasil baking kemaren, tapi karena lagi males nakar-nakar bahan, pakai Tepung premiks aneka cake aja jualanku hihi. Sudah lama nggak nulis tentang Tepung ini. Brand lokal aja dari Jawa Tengah, tapi di produksi oleh pabrik yang di kelola ahli baking yang sudah mengeluarkan buku juga, A - Z Bakery.
0

Sunday, November 5, 2017

Sayur Daun Lembayung



Sayur ini favorit aku banget...Sayur Daun Lembayung, atau jika dalam bahasa Jawa kadang di sebut Mbayung..gitu aja. Sayur Mbayung..sayur harian jika  di rumahku di yogya dulu. Bisa di masak Sayur pedes biasa seperti Lodeh, di urap, di masak dengan kelapa parut, dll..enak semua.
2

Friday, November 3, 2017

Ikan Gurame Goreng Bumbu Acar Kuning


Yodha sekarang mulai bosan Ikan bakar..hahah. Yach begitulah, jika suka suatu menu, minta terus akhirnya *mblenger ( bosan ) sendiri dia menu berkecap. Nah..biar nggak bosan, Emaknya putar otak menu Ikan lain yang kira-kira dia suka. Kemaren waktu aku buatin Lele Kremes, dia suka. Resep Lele Kremes sudah aku posting di SINI ya teman-teman.
1

Thursday, November 2, 2017

Nasi Bakar Kongbap Isi Ayam Pedas


Ini menu Nasi Bakar yang aku demokan di event Rice Festival Kongbap kemaren teman-teman. Aku share sekalian ya resepnya. Karena aku masak pakai Kongbap, jadi namanya Nasi Bakar Kongbap aja ya..hihi. Untuk isian aku buat Ayam Suwir Pedas. terinspirasi dari Ayam Sisit khas Bali, tapi aku buat versi yang lebih njawani..hihi. Jadi nggak cuma pedes asin, tapi ada rasa gurih dan sedikit manis yang seimbang rasanya.

Alhamdulilah kok pada suka kemaren yang mencicipi Nasi Bakar buatanku..wakatu acara rice Festival di Unika Semarang kemaren. banyak mahasiwa asing juga yang mencoba, dan pada suka, cuma sedikit pedas kata mereka..hihi..tapi kok pada nambah juga, akhirnya mereka makannya di campur Nasi yang banyak..hahah.

Nasi Bakar ini versi sehat dan praktis. Lebih sehat karena Nasinya memakai campuran Kongbap. Tau kan Kongbap teman-teman ?..Itu lho campuran aneka biji-bijian kaya serat yang di pakai sebagai campuran sewaktu kita menanak Nasi. Dengan di beri campuran Kongbap, Nasi lebih sehat dan juga kaya serat.

Bahkan menurut penelitian Professor dari Fakultas Tehnologi Pertanian UGM, belum lama ini, beras yang di beri campuran Kongbap sewaktu menanak Nasi, menghasilkan Nasi yangg kandungan Indek Glikemiks ( peningkatan kadar gula darah ) menjadi lebih rendah. Jika Nasi putih biasa, kadar glikemiksnya 100, dengan campuran kongbap turun menjadi 60. Wah..jadi sudah pasti sehatnya ya teman-teman. Aku kalau lagi pengen diet, suka juga Kongbap aja yang aku makan, aku campur Beras merah, jadi lebih sehat lagi..hihi.

Oke, langsung aja ya aku share resep Nasi Bakar Kongbap nya ya teman-teman:
Nasi Bakar Kongbap Isi Ayam Suwir Pedas

Bahan :
250 gram Beras putih, plus satu sachet kongbap, 1/2 sendok teh garam, dua lembar daun salam
air secukupnya seperti kita menanak nasi, tapi plus 50 ml, karena ada tambahan Kongbap nya...agar Nasinya tetap pulen.
Bahan Isian Ayam Suwir

Bahan :
500 gram Daging Ayam bagian dada, rebus, suwir-suwir
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 sendok makan kecap manis
1 sendok makan saus tiram
secukupnya garam
1/2 sendok teh gula pasir
2 sendok teh kaldu ayam 

Bumbu Halus :
8 - 10 butir Bawang merah ( tergantung ukuran besar atau kecilnya )
4 siung Bawang Putih
5 butir kemiri, sangrai
1 ruas jari kunyit, 1 ruas jari jahe, 1 ruas jari lengkuas 
( kira-kira 2 - 3 cm masing-masing )
1/2 sendok teh Terasi bakar

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang
Masukkan Ayam, 100 ml air, dan semua bumbu lain
Masak hingga meresap

Penyelesaian :
Ambil Nasi Kongbap secukupnya, letakkan di daun pisang, beri isian Ayam Suwir, dan  boleh di tmbah kemangi jika suka.
Bungkus bentuk seperti Pepes, Bakar hingga matang
 

1

Tuesday, October 31, 2017

Rice Festival Kongbap di Unika Semarang



Hari ini aku mengisi acara cooking demo di Rice Festival yang di adakan oleh Kongbap bekerja sama dengan Fakultas Technologi Pangan Unika Semarang dalam memperingati hari pangan sedunia. Acaranya seru, ada bagi-bagi Nasi Bakar gratis, nggak tanggung-tanggung..1500 Nasi Bakar yang di sediakan oleh Kongbap. Biasanya aku kerjasama dengan Kongbap memasak di rumah di dapurku, kali ini sedikit berbeda, aku memasak di event luar.

Oh ya teman-teman udah tau Kongbap, itu lho aneka biji-bjian yang kaya serat untuk campuran Nasi, Dulu sering aku posting ya ulasan mengenai Kongbap ini dan juga aneka variasi resep dari Nasi Kongbap, di Youtube aku juga ada.

Kongbap itu terdiri aneka macam biji-bijian yang bermanfaat dan kaya serat. Jadi dengan menambahkan satu sache Kongbap di Nasi yang kita masak, akan menambah asupan gizi dan serat ke dalam Nasi putih. Jadilah Nasi yang lebih sehat...dan kaya serat. Cara pemakaian Kongbap ini sangat praktis, cukup di masak bersama dnegan beras putih, seperti kita memasak Nasi biasa.


Menu yang aku masak di cooking demo tadi Nasi Bakar juga, sesuai dengan menu yang di bagikan secara gratis. Aku masak Nasi Bakar dengan dua varian isi, Nasi Bakar Ayam Suwir pedas bumbu ala Bali dan juga isi Orak Arik Peda.


Alhamdulillah tadi pada suka hasil masakanku..hihi. Baru di bungkus aja belum sempat di bakar sudah pada di serbu. malahan ada banyak mahasiswa dari luar yang belajar di Unika antusias sekali ikutan belajar membuat Nasi Bakar Kongbap nya. Seru dech..sampai akhirnya belum sempat di bakar udah habis Nasinya.

Ini sekilas keseruan acara tadi, ada banyak game seru juga. Semoga acara seperti ini sering di adakan oleh Kongbap nich, sangat bagus dan mendidik generasi muda untuk mengkonsumsi menu yang sehat. Tapi Nasi Bakar buatanku nggak sempat kefoto tadi, sudah habis langsung tadi..hihi. Besok dech aku buat lagi untuk di foto dan di post resepnya sekalian ya teman-teman.













0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel