Google Ad

Friday, January 25, 2013

Cake Zebra Pisang


Zebra cake..again...hihi..iya..aku suka bikin cake yang motifnya menarik..soalnya selain rasanya enak..motifnya pun cantik..jadi semangat dech baking. Buat suguhan tamu juga jadi lebih menarik. Kali ini pengen buat zebra cake tapi dengan tambahan pisang di dalamnya. Resepnya beda sich dari zebra cake yang pernah ku posting sebelumnya. Kalau sebelumnya kan cakenya lembut banget..karena pemakaian telur lebih banyak daripada tepung..kali ini pemakaian  tepung lebih banyak..jadi volume cake juga lebih besar..tapi karena ada penambahan pisang di adonan.hasil cakenya tetep lembut..empuk dan moist..tuch liat sendiri tekturenya...jelas kan..nampak lembut. Oh ya kalau bikin satu resep..pakai loyang yang besar ya..aku tadi cuma bikin separo resep aja...jadinya udah lumayan besar.....selamat mencoba  ya teman2....bagi dua dulu resepnya ya..kalau mau nyoba separuh resep..selamat berzebra ria..^_^....Oh ya..dengan resep ini juga..dulu aku coba bikin zebra cake tape..pastanya ganti pasta pandan yang hijau..hemmm..enak juga lho..jadi silahkan mencoba yang mana..sesuai selera....

18

Thursday, January 24, 2013

Sayur Lompong / Batang Talas


Wah..hari ini libur ya..tanggal merah..selamat liburan teman2..kalau libur gini aku suka ke pasar dech...mumpung santai...sambil cari2 kebutuhan dapur yang habis. Tapi..seperti biasa..kalau ke pasar..bawaannya laper mata..hihi..semua di beli....lha kalau lauk pauk daging2 ..ikan dsb nya masih bisa di simpan di freezer ya..tapi kadang sayur mayur pun  di borong....padahal gak tahan lama ya..lagian juga tiap hari udah langganan 2 tukang sayur yang nyamperin ke rumah..hihi..beginilah..si tukang masak kalau ke pasar...borong..apa aja yang ada. Apalagi kalau nemu sayuran atau bahan makanan unik yang jarang di bawa tukang sayur..wis langsung dech di beli..kayak tadi..tumben ada yang jual lompong...itu lho..batang talas yang biasa di masak sayur..duch dari kemaren pengen sayur  ini..tapi kok gak pernah nemu ada yang jual..eh tadi pucuk di cinta ulam tiba..ada yang jual..walau cuma tinggal seikat..langsung..angkut...hihi. Jadi hari ini menunya lagi kangen sama masakan rumahan kampung..yang dulu jaman kecil sering di masak ibu ku. Kalau dulu mah tinggal ambil di kebun ya..lha di rumahku di Yogya..kebunnya lumayan masih luas di sekitar rumah yang di tanami bermacam2 tanaman..jadi kalau dulu..sayur buat masakan sehari2 mah gak usah beli..tinggal metik di kebun..seperti nangka muda..pepaya..daun singkong..dll..semua ada..kalau sekarang mah..harus beli semua..^_^...oh ya..buat yang suka sayur lompong..ini dia ya resep dan tips2 mengolah batang  talas / lompong ini....

Sayur Lompong / Batang Talas

Bahan-bahan :
 

1 ikat batang talas ( lupa nimbang..tadi..tipsnya..kupas kulit ari lompong dengan cara di gurat bagian atas..lalu tarik kulitnya ke bawah sampai terkelupas, lalu cuci bersih, potong2 dan taburi garam sedikit kemudian peras sampai kandungan airnya habis / keset, jadinya semangkuk beasar lompong yang siap olah tadi )
6 butir bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, dimemarkan
1 sendok makan rese ( udang kecil2 yang udah kering ), pete jika suka secukupnya

50 gram tempe semangit, potong kecil
5 buah cabai merah besar, dipotong serong
2 buah cabai merah di ulek kasar + 1/2 sendok teh terasi
1 bungkus kecil bumbu kaldu sapi dan garam secukupnya
½  sendok makan gula merah ( atau sesuai selera )
1000 ml santan encer dari 1/2 butir kelapa



Cara Membuat:
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan rese, cabai merah besar iris dan cabe ulek, daun salam dan lengkuas, tumis lagi sebentar sampai harum.
  3. Tuang santan. Masukan lompong dan bumbu2 lain. Masak sampai lunak dan bumbu meresap.
  4. Tips dari ibuku..setelah semua bahan masuk..tutup panci dan masak sampai sayur matang dan bumbu meresap. Jika suka santan yang lebih kental..bisa di tambahkan terakhir, waktu mau di cicipi dan mau di angkat, tambahkan santan kental..lalu masak sebentar lagi sampai meresap. 
  5.  
2

Monday, January 21, 2013

Sayur Lodeh Iris



Sayur lodeh..sayur sederhana..menu sehari2 yang biasa kita makan dan sering terhidang di meja makan rumah. Kalau di rumahku di Yogya sayuran gini di sebut *jangan pedes*..hihi. Lucu ya namanya..iya sayur bersantan di Yogya di sebut *jangan* dan ada dua versi…yaitu jangan pedes dan jangan anyep..kalau jangan pedes yang kayak lodeh gini..pakai cabai..kalau jangan anyep..bersantan juga tapi bumbu gurih..memakai bumbu dasar putih yang tanpa cabe. Tapi enak lho..sayur ini seger rasanya dan juga bisa di variasikan dengan bebagai macam sayuran. Sayur lodeh menurutku lebih enak kalau bumbunya di iris..jadi lebih segar gitu….dan tidak terlalu berat rasanya..untuk mengimbangi..lengkapi dengan lauk pauk yang berbumbu kuat..seperti balado..ikan asin..ikan goreng..ayam goreng , tempe goreng..dll….dan lengkapi juga dengan sambal terasi..wah…enak dech pasti…selamat mencoba…
Sayur Lodeh Bumbu Iris
Bahan-bahan :
200 gram nangka muda, dipotong-potong, direbus
50 gram kacang panjang
25 gram daun melinjo
6 butir bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, dimemarkan
1 sendok makan ebi, diseduh, dimemarkan, disangrai
2 butir cabai merah besar, dipotong serong
2 buah cabai hijau besar, dipotong serong
1 bungkus kecil bumbu kaldu sapi dan garam secukupnya
½  sendok makan gula merah ( atau sesuai selera )
1000 ml santan encer atau sedang dari 1/2 butir kelapa
Cara Membuat:
  1. Tumisbawang merah dan bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan ebi, cabai merah besar, cabai hijau besar, daun salam dan lengkuas
  3. Tuang santan. Masukan nangka muda dan sayuran serta bumbu2 lain. Masak sampai lunak dan bumbu meresap.
Sayuran bisa di ganti sesuai selera, misal labu siam, terong ,  tahu , tempe dll. Lebih enak juga jika pakai tetelan sapi.

Di makannya sama lauk gini nich, enyakkkk....






6

Friday, January 18, 2013

Tahu Krispi


Sore2..mendung2 gini..maunya ngemil melulu..hihi..apalagi yang di goreng2..enakkk..sambil nyeplus cabe rawit dan nge teh..pasti enak. Tengok dapur..kok cuma punya tahu soka asin..mau bikin gorengan tahu isi gak komplet isinya..ya udah..ke inget tahu krispi aja dech..itu lho..tahu balut tepung renyah yang suka di jual  di gerobak pinggir jalan, kulit luarnya aja sich yang renyah..kalau dalemnya yang tetep empuk tahu..hihi. Cuma kalau beli tuch kadang bukannya renyah..tapi malah atos..alias keras balutan tepungnya..karena pakainya tepung beras. Putar putak dech..akhirnya mereka2 sendiri tahu krispi ala aku..yang renyah tapi tetep empuk balutan tepungnya...hihi. Kunci utama membuat tahu krispi yang enak adalah tahunya sendiri musti tahu yang enak..tidak asam..tidak berair seperti tahu2 di pasar itu. Kalau ada sich yang udah asin..siap goreng..atau tahu sumedang ..tapi kalau belum asin  ya di rendam dulu tahunya dengan garam dan bawang putih agak lama di kulkas biar meresap.Oke..buat yang suka tahu goreng krispi..ini resepnya ya...ala aku sendiri tentunya..^_^....

Tahu Krispi

Bahan :
250 gram tahu soka yang sudah asin , potong kotak2 kecil ( atau tahu  putih biasa tapi yang kesat, rendam di bumbu garam dan bawang putih halus agak lama..biar gurih )
125 gram tepung terigu protein tinggi ( cakra kembar )
1 bungkus kecil bumbu kaldu rasa ayam
baking powder 1/2 sendok teh
merica bubuk 1/4 sendok teh
putih telur 1 butir

Cara Membuat :
Campur tepung terigu, bumbu kaldu , merica dan baking powder, aduk rata / ayak bila perlu.
Ambil sedikit tepung berbumbu, guling2kan tahu yang sudah di potong2.
Kocok putih telur pakai garpu, lalu celupkan potongan tahu yang sudah berlapis tepung , lalu gulingkan kembali ke tepung berbumbu kering sambil di cubit2. Kalau mau lapisan tepungnya tebal..ulangi dua kali proses mencelup di putih telur dan tepungnya..tapi musti nambah putih telurnya berarti, tidak cukup satu. Goreng hingga kering dan kuning keemasan kulitnya.
Sajikan hangat....enyakkkk..^_^

Kalau tepung pelapis masih sisa..jangan di buang ya...bisa di manfaatin juga buat goreng tempe..atau sosis..jadi dech..sosis krispi..^_^

6

Sambel Tumpang Plus Krecek


Sambal Tumpang ini menu favoritku. Sambel ndeso sich..hihi..sambel ajaib..karena terbuat dari tempe yang sudah semangit. Bener2 dech kita harus bersyukur punya kuliner khas Indonesia yaitu tempe. Tempe yang masih segar tentu saja enak banget di masak apa saja. Tapi..tempe yang sudah * setengah busuk * a.k.a semangit pun tetep enak di olah jadi berbagai masakan. Aroma dan rasanya yang khas justru membuat masakan semakin nikmat..buat yang suka lho..hihi..kayak aku. Tempe semangit ini bisa di buat campuran aneka oseng sayur..di buat sambal kelapa..dan yang spesial bisa di masak sambel tumpang ini..karena komponen utamanya ya si tempe semangit ini..rasanya..enak banget lah...pedas..gurih..sedikit manis dan aroma tempe semangit membuatnya sangat sedap. Bisa di makan dengan nasi gitu aja..atau di buat bumbu siram aneka sayuran rebus seperti bayam..kacang panjang, kenikir dll..Biar lebih enak bisa juga di tambahkan tetelan sapi, krecek ataupun tahu yang berkulit...pas masaknya. Buat yang suka masakan Jawa..yukk cobain sambel unik ini..^^

10

Cake Pisang Praktis


Aku suka cake pisang..tapi selama ini coba berbagai resep cake pisang belum ada yang bener2 sreg dan sesuai selera. Paling2 mentok ke resep cake pisangnya Yasaboga..udah lumayan enak sich..tapi tetep terus mencari dan mencoba cake pisang yang bener2 sesuai selera.

Pokoknya kalau punya stock pisang langsung dech bereksplorasi dengan resep baru. Kali ini aku coba cake pisang yang praktis pembuatannya..sistem kocok all in one..liat resepnya di blog Azlita Masam Manis..tapi dasar nekad..udah tau bahan2 kurang tetep aja di bikin..hihi..akhirnya beneran dech..jadi tapi tidak maksimal..pas di oven sich mengembang bagus..abis kue mateng dan dingin jadi mengempis sedikit…hihi..soalnya pas buat tadi tepung terigunya cuma tinggal 160 gram di dapur..akhirnya pisangnya yang ku tambahin..tapi..hasilnya enak banget lho..malah tambah legit..wangi pisang....cakenya juga lembut ..enak banget..dah kayaknya cocok dech sama resep ini..next time mau coba pake takaran resep yang bener ahhh..biar tau bedanya…hemmm…pokoknya pagi tadi wangi aroma cake pisang memenuhi seluruh rumah.

Jadi..ayukk..yang  baru belajar bikin cake..cobain resep praktis ini..nggak perlu takut  nyampur adonan dengan spatula..karena semua bahan di kocok bareng..tuang di loyang..oven..jadi dech cake pisang yang harum dan legit…selamat mencoba..tapi ikut resep saja ya..jangan ikut2 an mengubrak abrik resep kayak aku..hihi...


Cake Pisang Praktis
Bahan2 :

150 gram pisang haluskan 
200 gram tepung terigu ( aku tadi cuma 160 gram..sesuai stock tepung yang ada )
160 gram gula pasir halus 
3 butir telur
120 gram minyak goreng
1 sdk makan ovalatte / SP / TBM
1 sdk teh baking soda
1 sdk teh baking powder

Cara Membuat :
Panaskan oven pada suhu 170 C
Siapkan loyang tulban
Olesi Loyang dengan margarine dan taburi sedikit terigu
Masukkan semua bahan di mangkuk , lalu kocok dengan mixer sampai mengental dan mengembang.
Tuangkan dalam loyang dan oven selama 45 menit ~ 1 jam bergantung pada oven masing-masing.



 




75

Thursday, January 17, 2013

Pis Pisang Singkong


Ini proyek iseng lagi..liat di dapur punya stock singkong kok cuma 1 buah ukuran sedang..ku timbang cuma 250 gram..punya pisang ambon..cuma 2 biji....langsung mikir..bikin apa ya buat iseng2 cemilan hujan2 gini..langsung dech keingat bikin pis pisang singkong..cukuplah bahan2nya untuk beberapa biji aja..hihi..daun pisang juga ada. Langsung dech..action...bikin sebentar..jadi dech..dah rasanya enak banget  ..legit..wangi pisang ambon..dan legit singkong plus gula merah..lembut lagi..plus gurih di makan sama kelapa parut..top dech..habis makan wangi pisangnya masih kerasa di mulut..next time bikinnya di niatin ahhh..biar jadi lumayan banyak..ini tadi karena versi iseng..ya cuma jadi 6 biji..tapi lumayan lah buat ngemil sambil nge teh pagi2 tadi...jadi jangan sepelekan singkong ya..kalau kita bisa mengolahnya ..akan jadi kudapan yang enak juga lho...hihi.
Bikinnya gampang banget :

Bahan :
250 gram singkong parut
2 pisang ambon ukuran sedang ( kurang lebih 200 gram )
50 gram gula merah
2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam
Kelapa parut panjang untuk taburan secukupnya
Daun pisang untuk membungkus

Cara emmbuat :
Campur singkong parut dan pisang ambon yang sudah di haluskan, tambahkan gula merah yang sudah disisir halus, gula pasir dan garam. Aduk rata. Bentuk segitiga atau sesuai selera dengan daun pisang selama 20 - 30 menit. Sambil ngukus pis nya kukus juga kelapa parut yang sudah di beri sedikit garam.
Angkat dan dinginkan setelah matang.sajikan dengan kelapa parut.

Tips memilih singkong yang bagus dan tidak pahit :
Pilih singkong yang kulit ari dalamnya berwarna pink, dan ketika di kelupas mudah. Cukup di buat satu garis saja..kulit singkong mudah di kelupas melingkar, itu lah singkong yang enak di buat aneka jajan pasar.
0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel