Google Ad

Sunday, December 11, 2011

Antara widaran dan telur gabus.............

 
 
Ini hasil uji coba resep lombokan manis resep dari Mbak Nina langsung enak, yang konon katanya ini resep andalan jualan dari mertua Beliau. Lombokan kalau di jawa di kenal juga dengan widaran ya ,  kalau dari tepung ketan bahannya, sedangkan yang pakai tepung sagu , namanya jadi telur gabus. Tapi kemaren pas coba sich..telur yang di kocok kok ngembang terus..gak cair2..hehe..ternyata oh ternyata  , kata Mba Nina musti di kocok sampai 1 jam..busyet dech..bisa kemeng tangan pegangin miixer. Akhirnya nekad aja kemaren 15 menit udah di masukin tepung, hasilnya jadi lembek. Karena tepung ketan habis , jadi tambahn tepung sagu aja dech........
Kemaren..hasilnya sich gak seputih punya Mba nina ya..karena gulanya ku kurangi 100 gram..biar gak manis banget...tapi rasanya enak, walau perpaduan widaran dan telur gabus..malah empuk..hehe..
*Yodha yang biasanya gak pernah nyenggol cemilan tradisional gt, pas liat Mamanya cemal cemil di depan dia..nanya..itu apa sich Ma?..trus buka mulut minta di suapin..eh pas udah ngarasain..dia komentar..kok Mama gak bilang2 sich kalau enak..dari tadi makan sendiri..haha..* Papanya juga doyan..jadi gak rugi hasilnya buanyakk banget..^_^...tinggal coba yang full tepung ketan dech besok kapan2..biar tahu rasa aslinya....
Ini dia resepnya......*ijin copas ya Mba Nina* 
BAHAN:
500 gr telur
500 gr tepung ketan
500 gr gula pasir
100 ml air
2 sdt garam
2 sdt baking powder
minyak goreng

CARA MEMBUAT:
  • Mixer telur, garam, dan baking powder dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kemudian agak cair.
  • Masukkan tepung ketan dan uleni hingga kalis. Bila diperlukan tambahkan tepung ketan secukupnya. Adonan tidak boleh terlalu padat ya. 
  • Tuangkan minyak di wajan, dalam keadaan dingin, ambil sejumput adonan, buat jadi seperti lombok/cabai. Lakukan hingga sebatas minyak dapat merendam si lombokan. Nyalakan api kecil saja dan lombokan akan mengembang, aduk-aduk terus hingga kuning kecokelatan. Tiriskan.
  • Didihkan gula dengan 100 ml air hingga larut. Aduk-aduk hingga gula berbuih-buih. Masukkan lombohan, aduk hingga rata. Dinginkan lombokan di tampah. Sajikan.

TIPS & TRIK:
  • Kalau menggorengnya terpaksa 2 kali sesi, biarkan minyak mendingin dulu baru adonan lombokan masuk. Prinsipnya harus mulai dari minyak dingin dulu supaya bentuk lombokan mulus.
  • Cara untuk tahu lombokan sudah siap matang saat digoreng adalah dengan mematahkannya jadi dua... bila tengah adonan masih putih, berarti masih kurang matang.

7

Saturday, December 10, 2011

Nastar Apel

Nastar isi selai nanas pasti udah sering kita buat ya , nah untuk variasi rasa lain..enak juga lho di isi dengan selai apel..rasanya tak kalah enak..gunakan apel Malang agar selai lebih segar rasanya..



Nastar Apel
Bahan :
150 gram margarine
50 gram gula tepung
1 butir kuning telur
150 gram tepung terigu protein rendah
20 gram tepung maizena
20 gram susu bubuk

Bahan Isi :
500 gram apel
30 gram gula palm
¼ sdk the air jeruk lemon
3 cm kayumanis
Bahan Olesan :
2 kuning telur
Cara membuat :
Panaskan oven 140’c
Isi : masak apel dan kayumanis sampai meresap,tambahkan gula dan garam, masak sampai kering.
Kocok margarine dan gula 30 detik, tambahkan kuning telur,kocok rata.
Tambahkan terigu, maizena dan susu bubuk sambil diayak dan di aduk rata.
Ambil sedikit adonan.pipihkan,beri isi.bentuk bulat , pipihkan sedikit , gurat bagian atasnya dengan garpu agar bentuknya cantik. Oven 15 menit dengan suhu 150 ‘c. oles bahan olesan, oven 5 menit, ulangi proses pengolesan..lalu oven lagi 8 menit.
4

Friday, December 9, 2011

Bikin Ebi sendiri Yukk...

Kemaren beli Ebi  kering di pasar...ya ampun mahal amat yach..1000 cuma dapet seuprit..padahal harga udang kan gak mahal2 amat.. Lha kalau bikin sumpia isi ebi yang kudu pakai banyak ebi buat isiannya kan bisa bangkrut..hehe. Akhirnya browsing..cari resep bikin ebi sendiri..nemu dech..dari http://binaukm.com , gampang caranya ternyata :



BAHAN

Bahan baku yang digunakan adalah udang segar. Umumnya udang yang digunakan berukuran kecil sampai sedang, sehingga lebih ekonomis.

ALAT

Peralatan yang digunakan dalam pembuatan ebi cukup sederhana, yaitu :
  • Panci
  • Kompor (tungku)
  • Saringan
  • Tampah (nyiru)
  • Karung
  • Kantong plastik atau kemasan lainnya

CARA PEMBUATAN

Cara pembuatan ebi sangat mudah, sehingga bisa dilakukan oleh siapapun. Tahapannya adalah sebagai berikut :
  1. Bersihkan udang segar dari kotoran yang melekat, kemudian rebus udang yang sudah bersih dalam panci selama kurang lebih 30 menit;
  2. Selanjutnya udang yang direbus diangkat dan tiriskan,
  3. Setelah air rebusan cukup tiris selanjutnya udang rebus dijemur sampai kering; umumnya penjemuran masih dilakuakn secara tradisional dengan memanfaatkan sinar matahari.
  4. Setelah udang benar- benar kering, pisahkan kulit dari dagingnya dengan cara memasukkan udang kering ke dalam karung lalu tumbuk pelan-pelan;
  5. Tampi dan pisahkan antara kulit dan daging udang
  6. Tahapan terakhir adalah pengemasan ebi umumnya menggunakan kantung plastik dan siap disimpan atau dipasarkan.

Dalam kondisi kering, udang olahan (ebi) ini mempunyai daya simpan yang cukup lama. Proses penyimpanan pasca produksi juga perlu diperhatikan agar kualitas ebi ini dapat dipertahankan dan bisa disimpan lama.

Nah..Kalau udah jadi ebinya..tinggal dibikin isi sumpia dech atau buat campuran oseng2..kuah empek2..dll..banyak kok gunanya. Ini resep isi sumpia ebi :

Bumbu yang dihaluskan :
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 4 butir
  • Ketumbar 1/2 sendok teh
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
Cara membuat Sumpia Ebi :
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Masukkan ebi dan daun jeruk, masak hingga kering dan bumbu meresap. Angkat dan dinginkan.

4

Thursday, December 8, 2011

Cake Tape.........again..!!


Gak kapok2..coba berbagai resep cake tape..hehe. Emang cake tape ini enak banget....spesial....karena bukan sekedar cake yang rasa telur dan tepung..tapi bener2 kaya rasa. Aku suka cake tape yang bener2 tape rasanya..jadi kalau ada resep cake tape yang cuma pakai tape 100 gram.....lewat dech., tidak akan ku coba..karena ntar rasanya cuma semriwing tape..hehe. Sebenernya udah nemu sich kemaren cake tape yang enak dan pas di lidah..
                                                                     
Resep..bisa di search di cake tape postinganku sebelumnya ya..^^


2

Wednesday, December 7, 2011

Akhirnya cobain melted brownies juga...

Beginilah kalau suka blog walking ..apalagi foody blog...bawanya terkompori aja pengen coba resep2 yang menurut review yang udah buat enak..hehe. Kemaren coba melted brownies ya karena penasaran gitu..kok katanya enak banget..sampai di niatin..pagi2..sesudah Papa berangkat kerja dan Yodha sekolah..mulai dech bikin nich brownies..hasilnya..kok malah eneg ya..mblenger..kebanyakan coklat..hehe. Buatku sepotong aja dah cukup..untung Yodha doyan ..jadi gak rugi2 amat dech coba bikin..masih enak brownies pangggang yang terkenal satu lagi yang pakai coklat bubuk aja dan chocohip..nah yang itu gak bisa  berhenti makan dan semua orang yang pernah ku kasih pada suka..Karena tidak memuaskan..jadinya gak di foto dech..cuma buat mengingatkan diri sendiri aja..bahwa udah pernah bikin brownies itu ..jadi gak bakal penasaran lagi..Kapok coba2 resep baru??..Tentu tidakk....karena itulah proses belajar..perlu usaha dan pengorbanan..korban bahan yang mahal2..hehe.
1

Google Ad

Visit Our You Tube Channel