Google Ad

Saturday, March 15, 2014

Putu Ayu Labu Kuning



Hari ini beberapa Miss sekolah Yodha ada jadwal visit ke rumah..jadi pagi2 udah nguplek di dapur bikin kue. Untung di kulkas..masih ada stock labu. Pengen bikin cake labu kuning coklat lagi..tapi tak pikir2 kok bosan ya..dan nggak belajar hal baru..baiklah akhirnya pengen mereka2 si labu kuning ini jadi kue lain. Kepikiran sich pengen bikin putu ayu labu kuning dari kemaren. 

Jadilah pagi2 minta suami ambil kelapa di tukang sayur langganan yang masih mangkal di ujung jalan. Pas udah nyiapin bahan2..oh no..sp ku habis ternyata..mau ke TBK belum buka..ya udah..nekad aja bikin putu nya tanpa sp. Sekalian uji coba..ambil resiko dikit nggak pa2..soalnya dari kemaren kok banyak yang nanyain bikin cake kukus labu gini tanpa sp bisa nggak . Kalau menurut anilisaku sich bakalan kurang spongy dan kurang kokoh tekturenya. 

Dan..setelah aku uji coba bikin tadi tanpa bantuan sp..memang putu ayunya tetep jadi sich..cuma kurang kokoh aja tekturenya..kurang cakey gitu..tapi tetep sedikit berpori dan lembut..enak. Jadi yang membedakan dengan dan tanpa sp di cake kukus labu kayak gini..adalah benar seperti teori perkiraanku..cakenya jadi kurang kokoh aja tekturenya..dan sedikit turun dari jumlah adonan yang aku tuang ke cetakan. Jadi..semua kembali ke teman2 ya..mau pakai atau tidak. Jika tidak pakai sp..hal yang harus di perhatikan adalah..telur benar2 harus masih segar..supaya bisa mengembang sempurna dan tetep bisa sampai kaku dan berjejak kocokan telurnya. Terus..nggak boleh ngantri terlalu lama ngukusnya ya teman2..adonan cake kukus yang tanpa sp ini. 

Selain itu pencampuran bahan juga harus ekstra hati2..terutama saat mencampur labu dan santan ke adonan..adonan yang pakai sp aja..harus hati2..apalagi jika nggak pake..supaya kocokan telur yang udah kaku nggak turun lagi..karena kan nggak pakai sp..jadi mudah turun kocokan telurnya. Gitu dech analisaku teman2..tentang cake kukus labu dengan sp dan tanpa sp...semoga menjawab pertanyaan teman2 yang nanyain bisa tanpa sp nggak cake kukus labu kuning nya. Teori itu aku terapkan di pembuatan putu ayu kali ini..karena proses dan bahan2nya memang mirip sama cake kukus labu kuning...tapi ini resep versi baru hasil uji cobaku sendiri..dengan pemakaian labu kuning lebih banyak..hasilnya labunya lebih terasa lagi dan warnanya kuning cantik alami teman2..putu ayu nya..yummy..^^
Putu Ayu Labu Kuning

Bahan :
100 gram tepung terigu protein sedang
100 gram gula pasir
4 butir telur
150 gram labu kuning kukus, haluskan
100 ml santan kental
1 sendok teh sp ( jika mau lebih cakey dan kokoh putu ayunya )
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili bubuk

Cara membuat :
Siapkan cetakan putu ayu, olesi sedikit minyak hingga rata, lalu beri kelapa parut yang sudah di kukus dan di beri sedikit garam, ratakan di dasar cetakan.
Kocok telur, gula dan sp ( jika pakai ) sampai mengembang, kental berjejak dan kaku, masukkan garam dan vanili, kocok rata sebentar. Masukkan tepung terigu sambil di ayak, santan dan labu kuning kukus halus, aduk rata perlahan dengan spatula.

Panaskan panci pengukus berisi air hingga mendidih
Tuang di cetakan yang sudah di beri kelapa parut, lalu kukus selama 15 menit.
Tips :
Tutup penutup kukusan dengan serbet agar air tidak menetes di kue.


16 comments :

  1. Kapan yaa bisa nyoba2 bikin kue?? Boro2 mo bikin yg panggang bikin yg kukus aja ribet kayaknya klo udah ngebayangin bakalan direcokin sm anakku yg bayi.. mbak diah kok slalu sukses ya uji coba bikin kue, aku tuh dah punya cetakan putu ayu tp jadinya nganggur di dapur 2 tahun yg lalu sempet mo pratekin tp gk jd hbs takut gagal terus klo gagal kan sayang gk orang yg bisa disuruh buat ngabisin tuh kue.. nglihat kue2 buatan mba diah aku jd smngat pingin bikin tapii skr ngumpulin smangat aja deh yg byk uji cobanya ntar2an aja, hehe.. aku pny sodara mba di kulonprogo tepatnya dimana aku jg kurang jelas tp kira2 dket gk sm rumah ortunya mba diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Nadia..bikin kue..kenapa takut..hihi. Gagal..itu biasa Mba..aku dulu sebelum selalu berhasil ya sering gagal..jaman2 awal belajar bikin kue..tapi nggak pernah patah semangat kok..kalau gagal dan nggak enak..yang di buang saja..nggak usah di habisin..anggap aja biaya belajar gt..:)
      Aku di Jalan parangtritis km 9 Mba..masih agak jauh dari Kulonprogo..:)

      Delete
  2. mba diah klo bikin putu ayu bikin ngiler,soalnya bentuknya unik2,tp d psar dket rumahku g ad yg jual cetakan kya gitu mba

    ReplyDelete
  3. Di TBK..biasanya banyak Mba Wilda..murah2 kok..cuma berapa ribu gt selusin..atau beli online juga byk Mba..macam2..:)

    ReplyDelete
  4. toko apa mbak, progo bukan ? siapa tau bisa nitip temen yang di jokja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli di Yogya pas ada pameran kerajinan Mba..:)

      Delete
  5. Mba Diah, sdh lama gak mampir nih. Manis banget warna putu ayunya, bikin pengen nyomot :D

    ReplyDelete
  6. wahhh say aku ambl resepnya yahh.. thanks..thankss... kykx enak nihh buat berbuka

    ReplyDelete
  7. mbak, kenapa kelapa parutku jadi kuning setelah putu ayunya matang ya mbak? jadi nggak cantik deh. Makasih sebelumnya juga resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu artinya kelapanya kurang segar mba..jk berubah warna..atau kena adonan ?

      Delete
  8. Kelihatannya enak, kelapa parutnya butuh berapa banyak?

    ReplyDelete
  9. hasilnya bisa jadi berapa buah mbak ??

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel