Google Ad

Sunday, June 14, 2020

Soto Lenthuk

Soto Lenthuk

Sore,

Menu makan malam ini Soto LENTHUK, buat tombo kangen Yogya πŸ’•πŸ’• Lenthuk itu semacam perkedel tapi dari singkong, kalau jaman kecilku dulu ya buat cemilan, tidak harus buat makan Soto 🀭🀣 Lenthuk dulu biasa di jual di pasar bersanding sama gethuk goreng manis yang bulat-bulat warna- warni. Rasa Lenthuk gurih semriwing ada aroma ketumbar bikin khas rasanya πŸ’•πŸ’• Kalau bikin lenthuk yang enak itu singkongnya yang mempur empuk ya teman-teman, jadi rasanya itu medhuk empuk, tidak liat (alot), kalau digoreng jadi lembut di dalam dan luarnya kres.

Resep Soto Lenthuk Seger

Bahan :
  • 1/2 ekor ayam kampung / pejantan.
  • 1500 ml air
  • Soun 1 ikat kecil
  • Kol 5 lembar, iris kecil-kecil bisa di goreng hingga layu dulu atau mentah
  • Daun bawang 2 batang, iris kecil-kecil
  • Daun seledri 2 batang, iris halus
  • Bawang goreng secukupnya.
  • Lethuk goreng secukupnya
  • Taoge seduh
  • Daun salam 2 lembar
  • Daun jeruk purut 3 lembar
  • Lengkuas 3 cm, geprek
  • Serai 2 batang,memarkan
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk ayam 2 sdk teh
  • 1 sdk teh gula pasir
  • Kecap manis secukupnya
  • Sambal cabe rawit jika suka pedas secukupnya
  • Jeruk nipis secukupnya

Bumbu Halus :

  • 6 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 cm kunyit ( kunyit jangan terlalu banyak..karena soto Yogya nggak terlalu kuning warna kuahnya )
  • 1 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
  • Rebus ayam dengan air di api kecil,hingga keluar kaldu beningnya.
  • Tumis bumbu halus hingga benar2 matang. Masukkan ke air rebusan ayam. tambahkan bumbu dan rempah2 lain, lalu masak hingga bumbu meresap .
  • Angkat ayam, goreng , lalu suwir suwir secukupnya.
  • Sajikan soto dgn pelengkap

Resep Lenthuk di video ya udah aku post tadi , klik aja #reseplenthukbundadidi πŸ’•
Selamat mencoba!

0

Saturday, June 13, 2020

Brambang Asem Kangkung

Brambang Asem Kangkung

Pagi
Sarapan pagi ini serba Kangkung..🀣🀣 
Tadi malam dapat kiriman kangkung organik dari keponakan yang sedang merintis usaha bercocok tanam hidroponik, pagi ini langsung dimasak buat sarapan.

Walau bertiga tapi selera beda-beda 🀣

Menu pertama, Brambang Asem Kangkung untukku, menu kedua Petis Kangkung untuk papinya Yodha, nah yang kangkung mentahan untuk Yodha 🀭🀣 Eh salah, Yodha minta ditumis saus tiram pakai bakso πŸ‘Œ Teman-teman suka yang mana ? πŸ’•

Brambang Asem, sambal untuk rebusan sayur khas Solo, Semarang dan sekitarnya. Biasanya kalau di Semarang pakai daun glandir (daun ubi rambat), tapi diganti sayuran rebus apa saja bisa kok. Aku sering pakai bayam, coba daun pepaya rebus, kangkung dll. Rasanya seger, pedes manis, sedep, ada asem-asem-nya enak.

Bumbu :
  • 3 cabai rawit merah, mentah
  • 2 cabai merah, mentah
  • 5 bawang merah, bakar atau panggang di teflon
  • 1 1/2 sdk teh terasi bakar
  • 1/4 sdk teh garam
  • 2 sdk mkn gula merah
  • 5 mata asam
Cara Membuat :
  • Ulek cabe, bawang garam (kalau aku suka ulek kasar saja, jadi ada krenyes-krenyes bawang merah bakarnya sedep)
  • Masukkan gula dan asam, aduk rata
  • Cek rasa hingga rasanya pedes manis gurih sedep seger pokoknya
  • Sajikan dengan sayur rebus sesuai selera, bisa daun glandir, bayam..kali ini aku pakai kangkung
Note :

Kalau aku tidak tambah air, karena nanti pas dicampur sayur rebus kan ada sedikit airnya, rasanya malah pas, terasa banget bumbu-bumbunya. Tapi mau di tambah sedikit air panas juga boleh.

Ini digado (dimakan tanpa nasi) aja enak lho, biasa pakai baceman, gembus bacem enak banget, tempe atau tahu bacem atau bakwan juga aduhai, tapi aku gak sempat bikin semua itu 🀣 Makanya jadilah pakai lenthuk sisa kemaren sore yang aku panasin di airfryer 🀭

Selamat mencoba!

Petis Kangkung

Kangkung Organik
0

Wednesday, June 10, 2020

Sayur Asem

Sayur Asem

Menu makan malam tadi..πŸ’•πŸ’• Simple aja teman-teman, karena belum belanja ke pasar lagi aku belanja sayur online aja di @freshgro_id. Pokoknya walaupun banyak pasar di Semarang yang secara bergantian di tutup sementara, tapi kita tetap belanja sayuran segar kok teman-teman, tetapi via online.

Aku suka belanja di @freshgro_id karena prosesnya belanja di website-nya cepet, gak ribet terus barang-barangnya fresh, seperti di foto di bawah ini kondisi belanjaannya teman-teman.

Belanja dari @FreshGro.Id

Sayuran fresh, dan.ada beberapa paket, misal paket sayur asem, paket lodeh dan lain-lain.

Cuma untuk keluarga kecil kayak aku paket sayur asemnya kebanyakan..jadi dua kali masak dech πŸ˜ƒπŸ˜ƒ Teman-teman yang tinggal di Semarang dan sekitarnya kalau besok belum bisa belanja ke pasar yuk belanja online aja di @freshgro_id, komplit dan aku beli ikan layur dan tempe bungkus favorit untuk teman makan sayur asem aja ada tadi πŸ’•πŸ’• Terus tadi aku pesan tetelan lho, malah dapat koyor juga, jadi separo buat sayur asem dan separo koyor besok aku masak lain. Teman-teman yang masih kesulitan cari koyor, ada nich di sini πŸ˜ƒπŸ˜ƒ 

Sayur Asem Komplit
Sambel

Sayur Asem Komplet


Bahan :
  • 150 gram tetelan sapi yang sudah di rebus
  • Labu siam 1/2 buah, potong kotak
  • 5 lonjor kacang panjang, potong-potong
  • 1 buah terong, potong-potong
  • 1 genggam kulit melinjo
  • 1 genggan daun so
  • 25 gram kacang tanah
  • 1 buah jagung manis, potong-potong
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 - 3 sendok makan air asam pekat
  • 2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
  • 2 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
Bumbu Halus :
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawnag putih
  • 4 butir kemiri
  • 5 buah cabai merah
  • 1 sendok teh terasi bakar
Cara Membuat :
  • Rebus 1500 ml air , masukkan daging tetelan dan bumbu halus serta bumbu lain
  • Masukkan sayuran yang lama matang dulu, seperti jagung dan labu siam
  • Jika sudah setengah matang jagungnya, masukkan sayuran lain
  • Koreksi rasa hingga benar-benar pas asam, manis, dan gurihnya
  • Angkat jika semua sayuran sudah matang
  • Sajikan hangat
Selamat mencoba teman-teman!







2

Tuesday, June 9, 2020

Jangan Terong

Jangan Terong

Pagi teman-teman,

Menu sarapan pagi ini...Lontong plus Jangan Terong.. cemplungin iwak panggang biar kuah makin sedep.

Jangan Terong Bumbu 

Bahan:
  • Iris aja semuaTerong ijo ndeso 2 buah, iris-iris.
  • Iwak panggang 5 potong
  • Tempe semangit beberapa potong
Bumbu:
  • 6 bawang merah, iris
  • 3 bawang putih, iris
  • 8 cabai merah
  • 8 cabai hijau
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 daun salam
  • Santan 1000 ml
  • Garam secukupnya
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • 1 sdk makan gula merah
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu hingga matang dan harum
  • Masukkan santan, dan bumbu lain
  • Didihkan
  • Masukkan iwak Panggang, dan terong
  • Masak api kecil hingga meresap

Se-simple itu bumbunya kalau ..nggak usah pakai ketumbar atau kemiri seperti lodeh ya..ini citarasa lebih seger dan ringan, rasa sedep kuahnya bertambah.. dari iwak panggangnya..jadi pas untuk di makan sama Lontong πŸ’•πŸ’•

Selamat mencoba!

0

Sunday, June 7, 2020

Cap Jae


Cap Jae (Red : Cap Cay)


Pagi,

Selamat menikmati akhir pekan teman-teman .. .Ini menu tadi malam.. memanfaatkan sisa kekian udang πŸ’•πŸ’• 


Bahan kekian:
  • 200 Gram tepung terigu protein rendah atau sedang
  • 250 ml air, atau secukupnya utk bikin adonan,spt adonan bakwan,tapi kosong gak pakai isi sayuran

Bumbu kekian :
  • 1 siung bawang putih
  • 2 sdk teh kaldu bubuk rasa ayam
  • 1/4 sdk teh merica bubuk
  • 1 butir telur
  • jika mau pakai udang, tambahkan udang kupas, haluskan 50 gram

Pelengkap:
  • Wortel,potong bulat tipis
  • Kol/kobis ,potong kasar, sawi hijau secukupnya
  • daun bawang 2 btg,potong kasar juga
  • Daun sledri dan bawang goreng utk taburan
  • Bumbu cap cay :
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • Merica butiran 1/4 sdk teh
  • bumbu kaldu ayam 1 sdk teh
  • aku tambahin juga udang dikit sama bawang Bombay pas numis biar makin gurih..kalau bumbu aslinya di Yogya biasanya ulek aja spt di atas ya.
Cara memasak :
  • Campur adonan kekiannya, terigu, air, dan bumbu halus, sampai adonan kental seperti bakwan, goreng sesendok demi sendok ke minyak panas,sampai adonan habis.
  • Setelah dingin potong-potong kecil memanjang atau sesuai selera.
  • Haluskan bawang putih,merica,kemiri,tumis hingga matang dan harum,masukkan sayuran,aduk sampai layu, tambahkan sdkt air jika perlu,beri bumbu kaldu/garam, gula pasir sdkt,stlh itu masukkan kekian ..Aduk sampai bumbu meresap dan kering.Sajikan dengan taburan bawang nerah goreng dan irisan sledri..di makan hangat 2 dgn cabe rawit enak.

Aku bikin versi gurih polosan, agak kering...ala kampungku di Yogya..kalau di Semarang agak nyemek-nyemek basah, versi manis, biasanya di kasih sedikit kecap kalau Cap Jae Jowo yang di jual di mie Jowo di Semarang...sesuai selera saja ya teman2.

Oh ya aku masaknya pakai pan Green Pan, bisa di pesan di website SESA.ID atau via wa 0858-8862-9921. Buat teman2 yang mencari rekomendasi pan yang sehat, Green Pan ini bisa menjadi salah satu pilihan. Karena pan anti lengket ini lebih sehat, lapisan luar terbuat dari bahan ceramic pasir alami sehingga aman di gunakan untuk memasak dan tidak mudah tergores.

Memakai minyak sedikit pun tidak akan lengket waktu memasak.
Pan ini cocok untuk berbagai jenis kompor.

Bahan tebal dan kuat, bebas PFOA..dll zat berbahaya...πŸ’•πŸ’•
0

Friday, June 5, 2020

Gudeg Paket Komplit

Terik Ayam Telur

Sudah siap makan malam teman-teman? πŸ˜ƒ

Udah komplit nich Gudeg dan kawan-kawannya, se-paket. Sayangnya Sambal Goreng Kreceknya kurang Kacang Tolo, khas Yogya, padahal kreceknya sudah otentik dari Yogya dikirimi oleh kakak lebaran kemaren. Gara-gara pasar deket rumah ditutup (lock down 3 hari) maka gak bisa nyari Kacang Tolo🀣 Nah ini resep bisa diikuti dibawah ini: (Sambil nemenin Yodha makan) 🀭

Sambel Goreng Tempe Krecek


Sambel Goreng Tempe Krecek

Bahan :
  • 1 papan kecil tempe, potong2
  • 50 gram krecek / rambak sayur, aku pakai Krecek Yogya yang mudah lembut..jadi tidak perlu di rendam, di cuci aja.
  • 1500 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1 - 2 sendok makan gula merah atau sesuai selera
  • 8 bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 cabai teropong, belah dua, iris halus
  • 8 buah cabai merah keriting, rebus sebentar, haluskan
Cara Membuat :
  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu, masukkan cabe, tumis hgg matang dan harum
  • Masukkan santan dan semua bumbu lain
  • Didihkan
  • Masukkan tempe dan krecek, masak dengan api kecil hingga meresap
  • Cek rasa

Gudeg Kering


Gudeg Kering

Bahan :
  • 1/2 buah nangka muda ukuran sedang
  • 4 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 100 gram gula merah
  • 2 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
  • 1000 ml air kelapa
  • 500 ml santan
Bumbu Halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 1/2 sendok makan ketumbar
Cara Membuat :
  • Nangka di rebus sebentar di air mendidih sebentar biar steril ( kalau beli nangka dari pasar kan udah di potong-potong tuch biasanya sama yang jual 🀣 ) jangan di rebus sampai empuk dulu ya..nanti belum meresep udah keempukan..kalau di masak lama jadi lodrok.
  • Campur nangka dan semua bahan serta bumbu
  • Masak hingga mendidih
  • Koreksi rasa, jika sudah pas gurih manisnya ( namun jangan terlalu asin dulu ya ), tutup panci dan masak dengan api kecil hingga matang selama berjam-jam, minimal 5 jam ..api kecil, api paling kecil di kompor pokokmen,...sekali koreksi rasa kembali jika sudah empuk nangkanya, masak hingga kuah habis.
Tandanya sudah matang akan tercium wangi aroma gudeg dan nangkanya sudah empuk, warna berubah kecoklatan. Ini aku masak tanpa daun jati, tetap bisa coklat warnanya..karena akunpakai gula merah yang gelap dan air kelapa.

Untuk resep terik ayam, bisa di-search di Google resep DiahDidi.Com untuk Terik Ayam atau di YouTuber Resep DiahDidi.Com Terik Ayam.

Selamat mencoba!


1

Wednesday, June 3, 2020

Klappertaart Singkong Kukus

KlapperTaart Singkong Kukus

Siang,

Lanjut lagi aku share inspirasi menu untuk usaha rumahan di saat pandemi Covid-19 ini, resep yang mengangkat tema tradisional dan mengusung bahan-bahan lokal dan tentunya masih bertema singkong.

Kali ini aku kreasikan menjadi Menu Klappertaart Singkong. Rasanya enak teman-teman, otentik cobain dech!πŸ’•πŸ’• Resep ini semoga menjadi ide baru untuk teman-teman UMKM jika mau menambah varian produk baru yaa ... dengan memberdayakan bahan-bahan lokal yang ada di sekitar kita sehingga menambah keunikan produk dan daya jual.

Di saat seperti ini semoga teman-teman UMKM tetap semangat .. selalu berkreasi dengan produk-produk baru dan inovatif πŸ’•πŸ‘

Video ini di persembahkan oleh:

IG @diskopukmjateng
Twitter : @dinkopjateng
FB : Diskop UKM Jateng
Youtube : Diskop UKM Jateng

IG @balatkop.jateng
Twitter : @balatkopUMKM
FB : balatkopukm.provjateng
Youtube : Balatkop Jateng

Buat teman-teman UMKM di Jawa Tengah yang ingin mendapatkan pendampingan usaha, monggo bisa bergabung menjadi binaan IG @diskopukmjateng..banyak pelatihan dan aneka kegiatan yang bisa menambah ilmu, wawasan dan jaringan usaha teman-teman ya.

Video ini di produksi oleh :
IG @hetero.space
Youtube : Hetero Space

Resep Klappertaart Singkong

Video Link : https://www.youtube.com/watch?v=YhKagFiDMtE

Bahan:
  • 500 gram singkong kukus
  • 200 ml santan kental instan
  • 600 ml air kelapa
  • 125 gram gula pasir
  • 100 gram margarin, cairkan
  • 75 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir kelapa muda, dikerok dagingnya
  • 50 gram kenari, dicincang halus
  • 2 butir telur
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sdk teh garam

Bahan Toping :
  • 50 gram kismis, dibelah dua
  • Kenari 50 gram

Cara membuat:
  • Blender singkong dengan air kelapa. Sisihkan.
  • Rebus santan, margarin, gula, aduk rata.
  • Masukkan tepung terigu. Aduk sampai licin.
  • Tambahkan campuran singkong dan vanili. Aduk sampai meletup-letup. Matikan api.
  • Masukkan kelapa muda dan kenari cincang. Aduk rata. Biarkan agak dingin.
  • Kocok lepas telur, masukkan ke dalam adonan. Aduk rata.
  • Tuang adonan ke cup alumunium foil kotak. Taburkan bahan toping.
  • Kukus selama 30 menit atau
  • Oven 30 menit di loyang yang di beri air panas sampai matang
Selamat mencoba!
0

Browies Singkong

Brownies Singkong


Pagi, 

Hari ini aku mau share resep baru ya teman-teman, Resep Brownies Singkong! Ini enak banget brownies-nya, Yodha yang biasanya udah agak bosen sama brownies kemaren sukaaa bingitz, habis beberapa potong dia πŸ˜ƒπŸ˜ƒ Mungkin karena penambahan singkong rasa brownies jadi lebih moist .. tapi citarasa-nya tetep dapet nyoklat khas browniesnya.

Resep ini semoga menjadi ide baru untuk teman-teman UMKM jika mau menambah varian usaha baru yaa ... dengan memberdayakan bahan-bahan lokal yang ada di sekitar kita sehingga menambah keunikan produk dan daya jual.

Di saat seperti ini semoga teman-teman UMKM harus tetap semangat dan selalu berkreasi dengan produk-produk baru yang inovatif πŸ’•πŸ‘


Brownies Singkong


Video ini di persembahkan oleh:

IG @diskopukmjateng
Twitter : @dinkopjateng
FB : Diskop UKM Jateng
Youtube : Diskop UKM Jateng

IG @balatkop.jateng
Twitter : @balatkopUMKM
FB : balatkopukm.provjateng
Youtube : Balatkop Jateng

Buat teman2 UMKM di Jawa Tengah yang ingin mendapatkan pendampingan usaha, monggo bisa bergabung menjadi binaan @diskopukmjateng..banyak pelatihan dan aneka kegiatan yang bisa menambah ilmu..wawasan dan jaringan usaha teman2 ya.

Video ini di produksi oleh :
IG @hetero.space
Youtube : Hetero Space


Resep Brownies Singkong

Bahan :
  • 75 gram margarin, 75 gram minyak goreng
  • 150 gram cokelat masak pekat, dipotong-potong
  • 100 gram singkong parut halus, peras airnya
  • 3 butir telur
  • 150 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 15 gram cokelat bubuk
  • 15 gram susu bubuk
  • 1/2 sendok baking powder
  • 1/4 sdk teh vanili bubuk
Bahan Taburan:
  • 50 gram kacang Mede, belah dua
Cara Membuat:
  • Panaskan margarin. Masukkan potongan cokelat masak pekat. Aduk sampai larut. Biarkan dingin. Tambahkan singkong parut. Aduk rata. Sisihkan.
  • Kocok telur dan gula pasir 4 - 5 menit sampai kental.
  • Masukkan campuran cokelat. Kocok perlahan.
  • Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan di aduk perlahan.
  • Tuang diloyang Brownies yang sudah dioles margarin dan dialas kertas roti. Taburkan mede
  • Oven 45 menit dengan suhu 180 derajat Celcius sampai matang.
Selamat mencoba!

0

Ayam Bakar Solo

Ayam Bakar Solo


Siang,

Menu hari ini aku buat Ayam Bakar Kecap yang enak dan sedep banget..karena aku memakai Kecap Lombok Gandaria untuk bumbunya...πŸ’•πŸ’• Kecap Lombok Gandaria ini Kecap tradisional yang difermentasi secara alami selama 4 bulan, sehingga rasanya lebih mantap, tanpa tambahan MSG, dan kandungan rempah-rempah alaminya juga sangat bagus untuk tubuh. Jadi selain bisa makan enak, bisa dapat manfaat dari rempah-rempahnya.

Ayam Bakar Solo

Bahan :
  • 1 ekor ayam kampung ( atau ayam pejantan ), potong-potong sesuai selera
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang sereh, memarkan
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1/2 sendok makan gula merah
  • 4 sendok makan kecap Lombok Gandaria
  • 1 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya, atau garam aja jika suka
  • Air kelapa 600 ml
Bumbu  Halus :
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 snedok teh ketumbar
  • 1/4 sendok teh merica butiran
  • 1/8 sendok teh jintan
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
  • Masukkan air kelapa dan semua bumbu lain, serta ayam
  • Tutup panci dan ungkep dengan api kecil hingga kuah habis dan mengental menyelimuti ayam (Jangan lupa di tengah2 memasak di cicipi dulu sudah pas belum rasanya, sebelum kuah mengering).
  • Bakar di atas bara api atau pakai Grill Pan juga bisa.
  • Sajikan dengan sambal sesuai selera dan lalapan jika suka.

Oiya buruan beli di blibli.com karena lagi ada diskon sampe dengan 20% teman-teman https://www.blibli.com/merchant/lombok-gandaria-official-store/LOG-60029

1

Google Ad

Visit Our You Tube Channel