Google Ad

Monday, December 30, 2019

Pempek Lenggang Goreng


Kemaren Sore aku buat Pempek Lenjer.

Aku pakai resep yang versi praktis aja yang biasa aku buat tanpa telur. Lagi bosan dengan Pempek yang terlalu empuk yang pakai biang terigu..hihi. Kalau yang versi praktis ini tekturenya oke ada kenyal-kenyal sedikit jadi lebih mantep gigitannya..hihi.

Nggak tau beberapa waktu lalau aku buatin yang versi empuk malah protes Yodha dan papinya minta yang versi Lenjer ini yang biasa aku bikin. Bisa langsung di goreng di sajikan dengan kuah Cuko atau bisa di lanjut jadi Pempek lenggang goreng..yaitu Pempek yang di goreng dengan kocokan telur.

Pempek Lenjernya di potong tipis-tipis. Rasanya sangat enak lho teman-teman. Makin gurih rasanya....karena di goreng pakai kocokan telur.  Sajikan dengan kuah cuko. Kalau di Jawa sich di sajikan dengan mie atau bihun..hihi. Di lengkapi irisan ketimun, dan bubuk ebi...makin sedep rasanya.

Aku buat Cukonya agak banyak kemaren dan ternyata setelah menginap makin enak rasanya. Wah jadi ngak perlu repot bolak balik bikin kuah cuko dech. Iya sich kalau di pikir-pikir di resto Pempek gitu biasa di taruh di botol gitu ya, makanya makin sedep rasanya.

Oke, aku share cara membuatnya komplet ya teman-teman dari awal bikin lenjernya hingga jadi Pempek Lenggangnya ya. Selamat mencoba teman-teman, jika suka ya. Tipsnya agar Pempek tanpa telur ini jangan di uleni terlalu kuat ya waktu mencapur tepungnya teman-teman, agar tidak alot.

Pempek Lenjer Tanpa Telur Praktis

Bahan :

  • 200 gram Ikan Tenggiri Fillet ( sudah bersih daging ikannya saja )
  • 200 gram tepung Sagu / Tapioka
  • 100 ml air es
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam
  • 1 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :

  • Masukkan ikan Tenggiri, air es, dan semua bumbu, kecuali tepung
  • Masukkan ke dalam food processor, proses hingga lembut dan menjadi pasta ikan
  • Pindahkan ke mangkuk
  • Masukkan tepung sedikit demi sedikit, sambil di aduk hingga rata hingga adonan bisa di pulung, namun tetap lembut
  • Siapkan panci berisi air, didihkan, beri sedikit minyak
  • Timbang adonan menjadi 10 bagian
  • Oles tangan dengan sedikit minyak, ambil satu bagian adonan, pulung bentuk lonjong memanjang
  • Masukkan ke air mendidih
  • Lakukan hingga adonan habis
  • Rebus hingga mengapung dan matang
  • Tiriskan
  • Dinginkan

Bahan Saus :

  • 400 ml air
  • 2 sendok makan air asam pekat
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 100 gram gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan ebi, sangrai, haluskan dengan blender kering
  • Cabai rawit jika suka pedas, sesuai selera
Cara Membuat :
Masak semua bahan saus, koreksi  rasa hingga pas rasa asam manis dan gurihnya sesuai selera

Untuk membuat jadi Pempek Lenggang :

Bahan per porsi : 

  • 2 butir telur, 1/4 sendok teh garam / kaldu ayam / kaldu jamur
  • 2 Pempek lenjer, iris tipis


Cara membuat :

  • Kocok telur, campur dengan bahan lain
  • Goreng hingga matang seperti membuat telur dadar
  • Sajikan dengan Saus Cuko


Selamat mencoba dan visit instagram: @bunda_didi 
5

Wednesday, December 25, 2019

Bothok Jamur

Bothok Jamur.

Pagi,

Teman2 masih semangat masak atau udah otw liburan nich? ๐Ÿค”๐Ÿ˜ƒ Kalau aku, selama masih di rumah ya tetep masak dan share menu2 baru ya, yang mau liburan selamat berlibur ya ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Ini menu kemaren sore, suamiku lagi suka di masakin menu kukus2, ..mau diet mungkin ๐Ÿคญ๐Ÿค”๐Ÿคฃ... Jadi aku bikin Bothok lagi, Bothok Jamur Kancing.

Bothok kok nggak pakai kelapa mba? Iya.. Bothok macam2 kok...nggak semua Bothok pakai kelapa atau santan. kalau Pakai Kelapa yang Bothok Mlanding. Ada Bothok telur asin dari Demak, udah ku share beberapa waktu lalu, ada Bothok Jamur ini, ada Bothok Pedes Patin dari Klaten, malah di bumbu pedes aja tanpa telur tanpa santan.

Tapi kalau Jamur ini, bumbunya simple saja, nggak selengkap Bothok Ati Ampela kemaren.

Karena jamur sendiri sudah sangat gurih rasanya ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Yuk bikin, simple banget kok resepnya teman2:

Bahan:
  • 300 gram jamur kancing, cuci bersih, celup sebentar di air mendidih, tiriskan, potong2
  • 2 butir telur
  • 1 bawang putih, 2 kemiri sangrai, haluskan
  • 3 bawang merah, 5 cabai rawit, iris2
  • 1 sdk teh kaldu jamur
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 1/4 sdk teh merica bubuk
Cara Membuat:
  • Campur semua bahan, kecuali telur
  • Cek rasa dulu, jika perlu atau kurang asin tambah sedikit garam. Jika sudah pas rasa, baru masukkan telur
  • Ambil 2 lembar daun pisang
  • Tambahkan 1 sdk sayur jamur yang sudah di bumbuin
  • Bentuk tum
  • Kukus selama 20 menit
  • Dinginkan & Sajikan
Selamat mencoba!
0

Mangut Boros Kunci.

Mangut Boros Kunci.
Menu penggagal diet di musim hujan ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ 
Mangut di campur Boros Kunci, lauknya ikan Layur krispy, sama kerupuk, udah dech... ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… Resep di video sebelumnya ya teman2 ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜


0

Soto Kemiri

Soto Kemiri.
Siang... Tadi ke pasar nemu ayam kampung ukuran kecil cuma 45 ribu, jadilah aku pengen masak Soto Kemiri khas Pati yang di sajikan sama ayam goreng kampung kecil-kecil gini

Soto khas Pati ini uniknya, kalau beli di warung penyajiannya, di tuang kuah berkali-kecil biar bumbu meresap ke nasi, dan nasi juga jadi panas.

Kali ini aku bikin versi tanpa santan ya, biar seger pas hujan2 gini makan Soto. Ada juga versi yang pakai santan.

Resep ini sudah aku post di webku juga sich ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Apa beda Soto Kemiri dengan Soto Kuning yang lain?

Gak usah di cari bedanya..yuk di coba saja ya ๐Ÿคญ๐Ÿ˜ƒ Soto itu unik...dari berbagai daerah di Indonesia bumbu mirip2, tapi pelengkap dan cara penyajian beda ya udah beda kok ya teman2.

Jadi kalau aku ya suka menyebut sesuai Soto daerah yang aku masak, kali ini aku bikin Soto ala Pati, jadi namanya Soto Kemiri

Soto Kemiri Tanpa Santan

Bahan :
  • 1 ekor ayam kampung atau pejantan
  • 1000 ml air kaldu ayam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang daun seledri
  • 1 batang serai.
  • 3 lembar daun salam.
  • 50 gram taoge rendam dengan air panas
  • Bawang goreng untuk taburan.
  • Jeruk nipis secukupnya
  • Sambal rawit dan kecap secukupnya
Bumbu halus :
  • 6 butir kemiri sangrai.
  • 5 siung bawang merah.
  • 3 siung bawang putih.
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe
  • 1/2 sendok teh Jintan
  • 1 sendok teh merica butiran
  • 1/2 sendok mkn kaldu ayam
  • Garam secukupnya
  • 2 sendok teh gula pasir ( secukupnya )

Cara membuat :
  • Rebus ayam dengan api kecil bersama 1500 ml hingga jd kaldu bening.
  • Angkat ayam dan masak terpisah dgn bumbu seperti membuat ayam goreng gurih biasa, sisakan sepotong untuk suwiran sotonya, sisanya di goreng.
  • Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng di tempat yang terpisah, setelah harum masukkan ke dalam kaldu rebusan ayam.
  • Tambahkan semua bumbu lain.
  • masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan koreksi rasa hingga pas rasanya. Sajikan soto di dalam mangkok dengan nasi dan pelengkap, dan taburi bawang goreng dan cincangan sledri serta ayam goreng suwir. Sajikan bersama jeruk nipis, sambal dan kecap.
Selamat mencoba!
0

Monday, December 23, 2019

Lodeh Terong Boros Kunci

Lodeh Terong Boros Kunci


Siang, Menu Boros Kunci, yang bikin Boros Nasi lagi..
Boros Kunci lagi musim banget di pasar deket rumahku, sekarang sudah turun harga, se ikat cuma 2500. Jadi hampir tiap hari aku masak aneka olahan Boros Kunci ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…
Di orak arik pedo udah, di oblok2 udah, campuran mangut udah, di bothok udah, hari ini aku masak lodeh sama terong. Ya ampun diet gagal lagi hihi...sedep banget ini teman2, beneran... ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ Minggu depan gantian di urap yang belum
Lodeh Terong Boros Kunci

Bahan :
  • 2 ikat boros kunci, ambil bag putih dan tunas daun, buang kulit merahnya, iris2
  • 2 terong, iris
  • 100 gram tempe semangit, iris
  • 1 sdk makan rese / rebon
  • 1000 ml santan
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 2 cm lengkuas
  • 2 daun salam

Bumbu iris :
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 5 cabai rawit
  • 5 cabai merah
  • 5 cabai hijau
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu, masukkan santan, dan bumbu2 lain
  • Didihkan
  • Masukkan tempe, boros, dan terong
  • Masak api kecil sambil di aduk sesekali, hingga meresap
  • Cek rasa
Selamat mencoba!
0

Monday, December 9, 2019

Sosis & Bakso Bakar

Sosis & Bakso Bakar - DiahDidi.Com

Siang,

Menu Yodha tadi siang..hari Ini minta sosis bakar dan bakso bakar aja, karena mau nyoba Mamayo dari @javaegg_id

Mamayo Ini mayonnaise original, terkuat dari bahan berkualitas, rasanya enak lho..beda dengan yang lain, lebih bercitarasa lokal gitu cocok untuk lidahku..dan Yodha pun bilang enak... ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Teman2 udah pernah coba Mamayo Ini?

Info lebih detail cek di ig @javaegg_id ya... ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ 

Sosis Bakar

Bumbu olesan sosis / bakso bakar :
  • 1 bawang putih, cincang
  • 1/2 bawang bombay, cincang
  • 50 gram saus tomat
  • 25 gram saus sambal
  • 1 sdk mkn saus tiram
  • 3 sdk mkn kecap manis
  • 1/4 sdk teh merica bubuk
Cara Membuat :
  • Tumis duo bawang
  • Angkat, masukkan semua saus dan merica
  • aduk rata
  • Oleskan ke sosis yang sudah di kerat2
  • Panggang hingga matang sambil di bolak balik
  • Angkat
  • Sajikan dengan Mamayo
Video resep bisa dilihat di: https://www.youtube.com/watch?v=ih3VjheoO5M

0

Sunday, December 1, 2019

Tongseng Ayam

Tongseng Ayam 
Malam,

Menu makan malam tadi... Tongseng Ayam... ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Siang tadi Yodha pulang cepet selesai tes, jadi maksi di rumah. Untuk menu makan malam tak tanya mau Ayam Goreng atau Ayam Bakar..katanya kok lagi bosen. Terus aku tanya mau makan apa..adanya di freezer cuma Ayam. Kata Yodha..: "Coba menu Ayam yang lain..kasih kejutan ke aku Mi... katanya.. ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‚ Walah.. malah nantangin Emaknya untuk bikin menu beda lagi ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… Akhirnya tak buatin Ini, Tongseng Ayam..dan pas makan lahap dech Yodha...ngakuin kalau enakkk ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ Lumayan satu lagi menu baru, berbahan Ayam favorit Yodha..setelah kemaren suka Ayam Gongso. Oh ya..teman2 yang mencari resep Ayam Gongso yang hilang dari postinganku kemaren, di webku ya..klik aja link bioku. Postingan kemaren kena blokir di ig ku..yang bikin error ig ku kemaren ya itu, jadi aku pindah web aja ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… 

Tongseng Ayam

Bahan :
  • 1 ekor Ayam pejantan, potong kecil
  • 1000 ml santan
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 2 daun jeruk
  • 1 serai
  • 2 cm kayu manis
  • 3 kapulaga
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 1/2 sdk mkn gula merah

Bumbu Halus Gulai :
  • 6 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 4 kemiri
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 1/2 sdk teh merica bubuk
  • 1/4 sdk teh jintan
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm jahe

Cara membuat :

  • Tumis bumbu halus hingga harum
  • Masukkan Ayam, aduk hingga berubah warna
  • Masukkan Santan, dan semua bumbu
  • Masak api kevin hingga meresap
  • Cek rasa

Bumbu Tambahan :
  • 5 bawang merah, iris
  • 2 bawang putih, iris
  • 1/4 kol, iris kasar
  • 2 daun bawang, iris kasar
  • 8 cabai rawit
  • 2 tomat
  • Bawang goreng Secukupnya
  • Tumis bawang merah dan putih
  • Masukkan Gulai Ayam
  • Tambahkan sayuran
  • Mask hingga sayuran layu
  • Masukkan kecap manis 2-3 sdk mkn
  • aduk rata, cek rasa
  • Sajikan segera
Selamat mencoba!
4

Wednesday, November 27, 2019

Timlo Goreng Solo

Timlo Goreng Solo
Pagi... Ini resep Timlo Goreng Solo Kemaren ya teman2, resep isian sebentar ya.. di video satunya

Timlo goreng Ini seperti sosis solo tapi isinya tumisan ayam, soun..wortel, jamur.. ayam dan wortel bisa di iris kecil2, tapi aku biar praktis tak cincang saja pakai chopper.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜€ Untuk adonan kulit Ini aku mau kulit yang kokoh dan tidak menyerap minyak, setelah beberapa kali uji coba sendiri, takaran ini paling pas. Tapi kalau adonan di aduk biasa dan di saring, hasil masih agak tebal. Akhirnya aku coba akali pakai chopper mitochiba, kan ada alat khusus untuk mengaduk adonan basah seperti Ini teman2...jadi adonan kulit jadi halus, lentur dan tercampur rata, tanpa perlu di saring.

Jadinya.. kulit jadi lebih lentur dan tipis tapi pas di goreng kokoh, nggak nyerap minyak..pas dech.

Jadi chopper Mitochiba, kalau kita beli akan dapet wadah besar untuk ngalusin daging, ayam, dll
Walah kecil untuk ngalusin bumbu, terus ada alat yang untuk bikin adonan basah juga...seperti bikin adonan kulit seperti Ini ya teman2.

Resep bisa dilihat di link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=pS7DLU38Iak

Selamat mencoba!
0

Tuesday, November 26, 2019

Nasi Ayam Khas Semarang

DiahDidi.Com - Nasi Ayam Khas Semarang

Hello, Ini resep nasi ayam khas Semarang ya teman-teman ...

Opor Ayam Suwir

Bahan :
  • 1/2 ekor ayam kampung dan jerohannya jika suka
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 400 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  • 500 ml santan encer ( dari sisa perasan santan kental )
  • 1 batang serai, di ambil putihnya
  • 3 lembar daun jeruk, sobek buang tulangnya

Bumbu halus :
  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 cm kunyit, di bakar
  • 1/ 4 sendok teh merica butiran
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/8 sendok teh jintan
  • 1 sendok teh garam / kaldu ayam bubuk secukupnya
  • 1 sendok teh gula merah

Cara membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan santan encer , tunggu sampai mendidih, lalu masukan ayam, jerohan dan bumbu2 lain. Masak hingga meresap dengan api kecil hingga santan cair menyusut, lalu tambahkan santan kental...masak lagi hingga meresap. Angkat ayam, suwir2. Jerohan di tusuki pakai tusuk sate.

Note : Jika pakai jerohan ati, usus dll, di rebus terpisah dulu dengan salam dan lengkuas dan sedikit garam, agar tidak amis ketika di campur ke Opornya.

Sambel Goreng Labu Siam & Krecek

Bahan :
  • 300 gram labu siam, 100 gram krecek, cuci bersih
  • 3 siung bawang putih, di iris tipis
  • 6 buah bawang merah , di iris tipis
  • 5 buah cabai merah, rebus sebntar ,lalu di haluskan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 600 ml santan dari 1/ 2 butir kelapa

Cara Membuat :
  • Cuci bersih labu siam dengan sedikit garam supaya getahnya hilang. rendam Krecek jika pakai jenis yang liat. Jika pakai yang mudah empuk, cuci saja.
  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukan daun salam, tambahkan labu siam, aduk sampai labu layu. Masukkan bumbu2 lain dan santan serta Krecek. Masak hingga bumbu meresap dan matang.
  • Jika suka bisa di tambah tahu kulit juga.
  • Pelengkap :
  • Telur Pindang dan aneka Sate jerohan bumbu Opor

Beda dengan nasi liwet solo, nasi liwet solo pakai dua macam Areh, Areh kuning dan putih.
Selamat mencoba!
0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel