Google Ad

Friday, October 18, 2019

Rica-Rica Sayap Ayam

Rica-Rica Sayap Ayam

Sore,

Kemaren pas aku makan Rica2 Jawa Sayap di Sowak Yodha nyicip..enak katanya..tapi pedes 🀣🀣..jadi hari ini request di buatkan yang ngga terlalu pedes, πŸ˜‹πŸ˜‹ Resep bentar ya, belum di edit video nya teman2, kalau mau buru2 masak ya di webku udah ada πŸ€—πŸ€—

Video resep bisa disaksikan di: https://www.youtube.com/watch?v=F9mkTn6hQRA

0

Wednesday, October 16, 2019

Pecel Lele

Pecel Lele
Siang,

Menu maksiku..kok kepengen Pecel Lele.. Udah setahun lebih mungkin ngga makan lele, gara2 Yodha pelihara lele di kolam belakang, dalam setahun itu dari ukuran anak lele sebesar jempol, setelah setahun bisa gede2, hampir 4 kg kemaren beratnya per ekor πŸ˜…πŸ˜… Tapi karena musim kemarau ini, kasihan kolamnya asat..akhirnya di panen aku bagi2 aja Lelenya, beberapa bulan lalu.

Nah ini baru kepengen lele lagi ..beli di pasar aja yang kecil2..πŸ€£πŸ˜‹ Note : maaf kepala lelenya nongol serem gitu yaa...kurang di kondisikan tadi keburu laper motretnya jam 2 baru sempat makan siang 🀣🀣 Goreng Lele, udah bisa semua kan caranya ?
Aku share resep sambel penyetnya aja ya , untuk video detailnya sudah di YouTube ku ya, klik aja link di bioku, jika bingung cara bikin sambal cabe mentah dan bahan lainnya matang ini ya.

Bahan:
  • Cabai rawit merah 7 - 10 buah, mentah
  • Bawang putih 2 siung, goreng
  • Terasi 2 sendok teh, goreng
  • Tomat merah ukuran sedang 2 buah ( 75 - 100 gram ), goreng
  • 1/4 sdk teh garam dan 1/2 sdk teh gula merah. (Tergantung terasinya, aku pakai terasi yang udah pas gurih manisnya, jadi garam dan gula aku pakai sedikit aja)
Cara Membuat: 
  • Uleg semua bahan sambel..siram minyak panas bekas menggoreng terasi ( minyak harus benar2 panas, agar cabe tidak langu ya )
  • Kucuri jeruk limau, yang kecil2 itu... sajikan segera.
Silahkan mencoba!
0

Nasi Goreng Ayam Praktis Bumbu Sajiku

Nasi Goreng Ayam Praktis Bumbu Sajiku

Malam,

Menu makan malam hari ini untuk Yodha dan papinya.

Masih punya sisa ayam goreng beberapa potong, tapi Yodha bosen kalau di makan pakai sambal. Akhirnya dia ingin bikin nasi goreng sendiri. Pas aku lagi sibuk kerjaan, akhirnya yodha bikin nasi goreng sendiri Bikinnya mudah, pakai Bumbu Nasi Goreng dari Sajiku, tinggal cemplung cemplung bahan, jadi dech...😘

Semudah itu pakai bumbu nasi goreng siap pakai dari Sajiku, Yodha aja bisa bikin nasi goreng sendiri.. lumayan membantu Emaknya ini jika pas lagi sibuk-sibuknya πŸ˜ƒ

Untuk resep menarik lainnya, bunda bisa cek di instagramnya @dapurumami.id ya teman2..😘😘

0

Tuesday, October 15, 2019

Haruan Masak Habang

Haruan Masak Habang

Siang,

Sudah matang nich teman2.. langsung coba cabe kering asli dari Banjar.. ternyata bentuk cabenya beda ya teman2, setelah di rendam air panas jadi tau bentuk asli cabenya..cabenya lebih ndut2 dan warna nya cantik banget di pakai masak...😘😘 Ini punyaku jadi merah banget ya.. padahal cuma pakai dikit cabenya tadi ini... πŸ˜…πŸ˜… Ini masih uji coba pertama ya bikin menu Habang gini..nanti aku coba lagi pakai bahan lain ya teman2 :

Bahan:
  • 2 ekor ikan gabus / haruan uk kecil, rendam garam sedikit, goreng
Bumbu Halus :
  • 8 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 8 cabe kering Banjar, potong2 rebus
  • 1 cm jahe
  • 1 cm kencur
  • 1 sdk teh terasi
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu halus
  • Masukkan air 700 ml, kayu manis 2 cm,
  • Beri bumbu kaldu ayam , garam secukupnya
  • Beri gula merah 1 - 2 sdk mkn
  • Masukkan ikan
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa

Cabai Kering Habang
Ini penampakan cabe kering yang biasa untuk masak menu bumbu Habang yang aku post tadi ya teman2, tadi ada beberapa teman request fotonya ya..yang belakang 2, itu yang sudah aku seduh air mendidih, jadi kembali nyempluk2 cabenya🀣🀣 Jadi kira2 seperti itu ya bentuk cabe aslinya sebelum kering. Bagian atas itu besar nyempluk2 gitu terus meruncing mengecil ke bawah. Kalau cabe Jawa kan langsing2 panjang πŸ˜€πŸ˜€ Cabe ini bentuknya beda sama Cabe Merah Besar ( Cabe Teropong ) di Jawa, bentuk beda, warnanya juga beda. Ini warnanya merah menyala, seperti paprika. Kalau Cabe Teropong Jawa lebih ke merah oranye ya warna nya kalau di masak, kalau cabe Banjar ini merah tua cantik menyala tapi rasa tidak pedas. Ini cara ngolahnya di potong2, buang biji dulu, di seduh air panas / rebus sebelum di haluskan. Itu aku tadi tak rebus utuh dua biji tadi...cuma untuk nunjukin temen yang request tadi ya, semoga tidak penasaran lagi bentuk asli cabenya πŸ˜ƒπŸ˜ƒ
0

Friday, October 11, 2019

Bubur Ayam Semur

Bubur Ayam Semur

Pagi,

Weekend gini paling enak sarapan bubur yuk teman2, kali ini aku buat bubur ayam, kuah semur ayam 😘😘 Bubur semur gini paling enak di makan sama cakwe....πŸ˜‹πŸ˜‹ 

Bubur Ayam

Bahan bubur ayam :
  • 150 gram beras, dicuci bersih
  • 1 cm jahe, dimemarkan
  • 1.750 ml air kaldu ayam
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat :
  • Masukkan semua bahan ke dalam rice cooker, pilih opsi tombol bubur, tunggu hingga matang, aduk2.. jadi dech bubur dengan sendirinya.
  • Tapi jika nggak ada tombol khusus bubur di rice cooker..di masak seperti masak nasi biasa ya..tapi sesekali di cek dan di aduk2..hingga jadi bubur yang lembut dan kental... karena kalau rice cooker yang biasa ngga ada timer khusus untuk bubur.

Semur Ayam :
  • 250 gram daging ayam, potong kecil2 sesuai selera
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh merica butiran
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Kecap 4 sendok makan
  • Garam secukupnya, air 500 ml

Cara membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ayam , air dan bumbu2 lain.
  • Masak dengan api kecil hingga meresap dan kuah agak mengental
  • Sajikan dengan bubur, telur pindang, cakwe, sate telur puyuh, sate usus, daun bawang, sambal, bawang goreng, kerupuk πŸ˜˜πŸ˜‹
0

Pia-Pia Udang

Pia-Pia Udang.
Malam,

Cemilan sore tadi, favorit di rumah...ngga pernah bosen..sama gorengan yang satu ini 😘😘 Bikin sedikit adonan saja, satu adonan jadi 7 buah thok, anget2 di makannya πŸ˜‹πŸ˜‹ Resep udah sering aku upload ya di sini, yang versi adonan sedikit ini barusan aku upload juga di YouTube ya, cara gorengnya lebih detail kalau di YouTube, serta tips2 ya.


1

Gulai Nangka Muda

GULAI NANGKA Muda.

Sore,

Yodha hari ini request Ayam Pop lagi, jadi aku iseng masak Gulai Nangka Muda ala Padang..cuma *ala* lho ini..soale aku tetap kasih sedikit gula masaknya 🀣🀣 

Bahan:
  • 250 gram nangka muda, rebus sebentar setengah empuk
  • 5 lembar kol
  • 5 lonjor kacang panjang
  • 200 gram Tetelan, potong kecil
  • 2 daun jeruk
  • 1 serai
  • 2 cm lengkuas
  • 1500 ml santan
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam, gula jika perlu
Bumbu halus:
  • 8 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 kemiri sangrai
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 10 cabai merah keriting
Cara membuat :
  • Tumis bumbu halus (bisa juga tanpa di tumis)
  • Masukkan tetelan, aduk hingga berubah warna.
  • (Tetelan tidak perlu di rebus dulu karena di masak lama dengan nangka, nanti empuk juga) 
  • Masukkan santan, bumbu lain
  • Didihkan
  • Masukkan nangka, kol, kacang
  • Masak api kecil hingga meresap
Selamat mencoba!

1

Thursday, October 10, 2019

Tahu Isi Rebung

Tahu Isi Rebung.
Cemilan Yodha sore ini,


Dia suka tahu isi, biar nggak bosen isi sayur biasa, aku isi tumisan rebung, seperti isian lumpia yang gurih manis.

Ini rasanya enak banget, kalau orang Semarang mesti banyak yang tau ini biasa di jual di tukang gorengan juga atau di pasar, kadang di bakery yang jual jajanan tradisional juga ada.

Pertama makan dulu awal2 pindah Semarang agak heran, tahu isinya rebung tapi langsung suka, karena rasanya enak sekali. Jadi ingat dulu sering beli ini pagi2 di Mbah2 yang jual Pecel, Gorengan, sama Setup Pisang. Yaa..Setup Pisang di jual pagi hari malahan kalau di Semarang πŸ˜ƒπŸ˜ƒ #reseptahuisirebungdiahdidi

Selamat mencoba!


0

Wednesday, October 9, 2019

Kue Krasikan

Kue Krasikan
Mumpung masih punya beras ketan banyak, aku lagi semangat nich bikin kue2 tradisional dari ketan.

Kali ini aku bikin kue krasikan..kue jadul..yang bikinnya kelihatan ribet, tapi sebenarnya mudah kok.

Resep Krasikan bisa dilihat di link video: https://www.youtube.com/watch?v=H3DQcssvodY

Siapa yang suka krasikan..ini resep dari ibuku, tanpa santan, jadi lebih awet ngga mudah tengik..asal ketan dan kelapa nya di sangrai hingga matang betul dan kering..rasanya sudah pas, manis ngga berlebihan, terus gurih dari kelapa, dan ada rasa krenyes2 khas krasikan, karena beras ketan nya di haluskan hingga berbutir2 kecil saja, tidak sampai halus ya.. πŸ˜‹πŸ˜‹ Selamat mencoba teman2 jika suka ya... Chopper yang aku pakai untuk menghaluskan ketan dan kelapa sangrai, Mitochiba..ada dua macam ya...ini infonya :

Mitochiba CH 100 ( 2 pisau)
πŸ”ΉHarga 459 Rb
πŸ”ΉDapet 2 Gelas : 1.5 Liter dan 700 Ml πŸ”ΉPisau 2 Lapis 1 di indonesia ( Double blade)
πŸ”Ήbisa cincang daging/ ayam/ikan/bumbu dapur/ buah/ es batu sampai haluss sekali πŸ”ΉGaransi 1 Tahun
πŸ”ΉFollow IG @mitochiba.id ❤ Mitochiba CH 200 ( Triple Blade)
✅Harga Rp.599 rb
✅Chopper Terbesar, Terkuat di Indonesia
✅ Pisau Triple Blade ( 3 tingkat) 1 di indonesia
✅Stainless steel
✅2 Kecepatan ( medium, high)
✅bisa cincang daging/ayam/ikan/ sayur/buah/bumbudapur/esbatu sampe halus
✅garansi 1 tahun
✅24 service center seluruh indonesia
#No 1 Best Seller seluruh Indonesia
✅Chopper Terkuat dikelasnyaπŸ‘πŸ»
✅DM / Shoppe : mitochibaelectronic




1

Google Ad

Visit Our You Tube Channel