Google Ad

Friday, April 1, 2016

Mangut Ndas Manyung Ala Pati



Ndas Manyung..bukan kasar ya pengucapannya teman-teman..memang begitulah nama makanan ini di daerah Pantura. *Ndas...dalam bahasa Jawa berarti Kepala. Jadi ini adalah kepala ikan. Tapi bukan kepala ikan yang kecil..tapi agak besar..dan kadang ada yang beneran besar..hihi. Kepala Ikan Manyung ini adalah hasil olahan ikan dari daerah Pantura hingga Semarang dan sekitarnya pun banyak di jumpai bahan makanan ini banyak di jual di pasar. Salah satunya di pasar dekat rumahku..sudah pasti banyak bergelimpangan Ndas Manyung ini di lapak penjual ikan asap. 

6

Thursday, March 31, 2016

Babat Iso Gongso Khas Semarang


Setelah aku posting review Babat Iso Gongso Pak Karmin yang legendaris di Semarang kemaren..banyak teman, terutama yang tinggal di luar negeri menanyakan resepnya, karena pernah merasakan enaknya Babat Gongso yang legendaris, Pak Karmin dan ingin mencobanya di rumah. Dulu aku pernah posting resep Babat Gongso sich, tapi ala aku sendiri..yang bumbunya beda..lebih lengkap..pakai kemiri , dll. Sedang di Karmin itu aku itu citarasanya lebih soft, dan bumbunya tidak pakai kemiri. Baiklah..aku coba *membedah resep Babat Gongso ala Pak Karmin ya teman-teman..dan hasilnya seperti ini..sudah mirip rasanya..dan bahkan menurutku lebih sesuai seleraku..pedasnya..gurihnya, dll..tapi jenis citarasanya..sudah mirip sama Pak Karmin. Semoga buat teman-teman di luar yang rindu masakan ini..bisa mencobanya di rumah ya.
13

Wednesday, March 30, 2016

Tips Usaha Lumpia Frozen


Lumpia lagi..hihi. Dalam rangka menghabiskan sisa kulit lumpia yang aku beli di Kampung Kranggan kemaren, aku buat aja semua jadi lumpia..lalu aku simpan di freezer. Jadi bisa buat stock kalau ada tamu, atau pengen ngemil mendadak..nggak perlu repot lagi. Jadi pengen nulis tentang usaha Lumpia Frozen nich..semoga bermanfaat ya buat teman-teman..yang lagi mau usaha apa gitu..dan belum ada bayangan.
28

Tuesday, March 29, 2016

Lumpia Segitiga


Waktu mau bikin snack buat tukang yang kerja di rumah tadi mikir..mau buat apa ya. Soalnya stock bahan menipis. Akhirnya aku ingat kulit lumpia lebar-lebar yang aku beli dari Kranggan Dalam di sentra industri kulit Lumpia kemaren. Mau buat martabak..kok nggak punya daun bawang banyak. Tunggu Budhe sayur..cuma dapat 1 batang daun bawang..hihi. Wah ya sangat kurang jika di buat martabak. Akhirnya nengok bahan lain di gerobak Budhe sayur..adanya tahu lagi..tahu lagi..yo wis lah di angkut aja ke dapur. Dan akhirnya jadi juga snack untuk tukang yang kerja di rumah..Lumpia sayur tahu. 

7

Monday, March 28, 2016

Dapurku Istanaku..:D



Beberapa waktu ini di social media Fb..lagi heboh *fenomena* posting dapur ya....hihi. Mungkin udah beberapa waktu atau baru-baru aja..aku kurang tau juga..apa mungkin aku yang nggak update..karena kebanyakan sibuk kerja..jadi jarang bisa mantengin fb sampai lama. Sekalinya lihat-lihat wall Fb itu banyak berseliweran postingan dapur..dari yang kekinian..hingga *kekunoan kaatnya..dari dapur modern serba canggih dan mewah sampai dapur Simbah jaman dulupun di pinjam buat di foto..dll. Pokoknya heboh banget..di bumbui dengan berbagai pro dan kontra, intrik, dll..kok kayake seru banget ya..hahah. Ikutan senyum-senyum aja sich kalau aku pas baca beraneka macam postingan tentang dapur itu...di Fb.
32

Sup Krim Sayuran


Setelah kemaren makan yang berat-berat..saatnya menu sehat untuk sarapan..hihi. Tadi..ke pasar..di tukang ayam langganan ada sepotong ayam kampung 1/4 ekor kali ya..langsung aku beli aja..lumayan buat bikin kaldu dan sup. Kalau hari Senin gini beli ayam kampung di pasar ngga harus utuh..bisa sepotong juga..hihi. Pilihan menu kali ini jatuh pada sup krim aja yang ringan buat sarapan. Supnya centil...hahah. Cocoknya sich untuk menu anak-anak kali ya..sehat dan bergizi. Tapi tadi tak kasih suamiku yo suka tuch..hihi.

8

Sunday, March 27, 2016

Babat Iso Gongso dan Nasi Goreng Babat Iso Legendaris Pak Karmin Mberok


Yodha..kalau lagi jalan keluar..kalau di tanya makan apa ?..Jawabannya pasti..kalau nggak ayam goreng ya..nasi goreng..hihi. Jadilah untuk ke sekian kalinya..kami makan di Nasi Goreng Babat Iso pak Karmin Mberok. Salah satu warung nasi goreng yang legendaris dan terkenal di Semarang. Biarpun udah sering makan ke situ..tapi kok ya mesti pas nggak bawa kamera..atau pas penuh sesak..jadi males motret. Tadi kok pas agak sepi..jadi enak bisa foto-foto dulu..sebelum makan.

8

Jalan-Jalan ke Kampung Kranggan Dalam..Sentra Industri Kulit Lumpia Semarang


Weekend..waktunya kabur..dari rutinitas packing dll..hihi. Hari ini sengaja dari pagi memang sudah keluar rumah..dari sarapan hingga makan siang di luar. Jadwal pertama makan pecel di Pecel Bu Sumo..kangen lenthonya..hihi. Abis itu lanjut di niatin ke Kampung Kranggan Dalam..tempat sentra industri kulit lumpia khas Semarang yang kulitnya tipis dan transparan, karena cara pembuatannya itu unik..bukan di dadar, tapi di beset. Dari dulu sich sering mendengar ketenaran kampung ini..cuma dari dulu mau ke sana kok nggak jadi-jadi. Waktu kemaren aku mengisi pelatihan di Sriboga..ngobrol-ngobrol sama Pak Panca dari Sriboga..dan di beritahu kalau warga Kampung Kranggan yang mayoritas banyak membuat kulit lumpia untuk pekerjaan sehari-hari ini adalah warga binaan Sriboga juga. Akhirnya tadi beneran di niatin ke sana..dan yeay..dapat ilmu baru..melihat langsung proses pembuatan lumpia dengan cara di beset ini.
17

Saturday, March 26, 2016

Banana Cup Cake Praktis


Dapurku masih berantakan habis syuting kemaren..biarin wis..urusan mba artku..hihi. Lanjut berantakin dapur sekalian dech. Pagi tadi *mruput bikin cup cake. Sahabat Yodha sakit..Yodha mau nengok ke rumahnya. Jadinya bisa sekalian di bawa ke rumah temen Yodha nanti kuenya...nggak enak kalau nengok teman kok tangan kosong. Sementara aku udah kapok beli kue-kue di bakery..hemm..udah mahal..cantik luar aja..tapi rasanya..biasa aja..hihi. Beneran teman-teman..kalau mau kue enak itu..buat sendiri saja lebih sreg rasanya..dan tentunya lebih ekonomis.
22

Google Ad

Visit Our You Tube Channel