Google Ad

Tuesday, April 16, 2013

Cerita di Balik Bakwan



Intermezo teman...soalnya mau posting resep baru belum masak nich..lagi kehabisan stock bahan..dan nunggu tukang sayur..jam segini kok belum datang..jadi cerita soal bakwan aja ya..^^ 

Bakwan..salah satu gorengan khas Indonesia..di pinggir jalan juga banyak yang jual ya..teman2 pasti juga udah pasti tahu ya..cara buatnya..cuma yang unik dari si bakwan ini..adalah bentuk dan rasa nya yang bisa berbeda2 ya..contoh paling simpel kita buat bakwan sayur…pasti hasilnya berbeda. Aku aja kalau bikin bakwan suka cemplang cemplung aja..bahan sesuai yang ada di dapur..dan hasilnya memang beda2 terus..soalnya kadang sengaja sich..aku pengen bakwan yang cempluk...ndut2..ya di banyakin tepungnya..kalau mau bakwan yang renyah dan tipis ..kayak foto di atas ya..di banyakin sayurannya. Gimana dengan teman2..suka bakwan yang gimana..renyah..garing, atau bentuk bulat2 ndut dengan rasa bakwan yang empuk..lembut di dalamnya..yang tepungnya..atau kalau rajin malah bisa di bentuk  pakai sendok sayur..biarpun kalau di Semarang namanya berubah jadi Pia2..tapi resep dasar dan rasanya ya tetep bakwan..^^

Satu lagi yang buat unik tentang si bakwan ini..yaitu variasinya..ada bakwan sayur..bakwan udang..bakwan jagung..bakwan tahu..bakwan jamur..bakwan kangkung..bakwan daun singkong juga enak lho..dll...intinya..kuliner kita memang top bgt ya..dari satu jenis makanan aja bisa di variasikan jadi berbagai menu yang seabrek jumlahnya..nah..ada juga lho...bakwan ala jadul yang udah mulai langka dan jarang di buat..yaitu bakwan telo..ya telo..singkong itu lho… juga di buat bakwan..cuma bumbunya musti kuat ya..biar teras gurih bakwannya..karena bakwan ini murni terbuat dari telo/ singkong. resepnya..di bawah ya..ntar ku kasih..masih pengen cerita soal bakwan..^^

Nah..kalau mau goreng bakwan yang enak ..jangan pakai telur ya..kalau aku lho ya..soalnya kalau pakai telur tuch pas hangat aja enak..tapi pas dingin jadi nggak enak lagi..juga kalau mau bakwan renyah..juga..jangan pakai  telur..tambahkan sedikit tepung beras ya. Nah tepung terigunya juga pakai tepung terigu protein yang rendah aja ya..yang khusus buat gorengan tuch..banyak di pasaran..murah..1 pack cuma 6500 - 7000 per Kg nya, jangan pakai yang protein tinggi ya...bisa alot bakwannya..karena pas tepung ketemu air..gluten di dalam tepung akan terbentuk selama proses pengadukan..jadinya alot..kalau pakai protein tinggi…yang tepung protein tinggi buat bikin donat aja ya..jangan buat bikin bakwan..^^

Goreng bakwan juga musti pakai minyak yang cukup ya..kalau bisa sampai terendam minyak nggorengnya..jadi matang sampai dalam2nya..dan juga bisa renyah hasilnya. Api cukup sedang aja..tapi konstan ya..terus..jangan memasukkan bakwan ke penggorengan terlalu banyak..kalau terlalu penuh di penggorengan..suhu minyak bisa turun..jadi bakwan tidak bisa mateng merata secara cepat dan minyaknya bisa terserap ke bakwannya..jadi bakwannya berminyak dech..^^

Ok..begitulah sedikit cerita tentang si bakwan..salah satu gorengan favoritku..bakwan apa aja aku suka..paling enak tuch makan bakwan pas masih anget2...sambil nyeplus cabe rawit..trus pas hujan2 gitu..^^..atau di sambil makan pecel sayur..tahu kupat..hemmm...bikin drooling ya..^^..yukk marie..berkreasi dengan bakwan..di jamin tidak akan bosan...karena bisa di ganti2 bahan dan isinya..nich ku kasih resep bakwan sayur udang dan bakwan telo ya..kalau bakwan lainnya pernah ku post resepnya..ada bakwan jagung dan bakwan jamur..search aja di postingan lama ya pakai search engine di sebelah kiri blog ini ya..

Bakwan Sayur Udang

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
150 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan tepung beras
100 gram udang, dikupas, dipotong kasar
3 lembar kol, diiris halus
100 gram wortel, dipotong korek api
25 gram taoge
1 batang daun bawang, diiris halus
1 tangkai seledri, diiris halus
300 ml air
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica
2 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
Cara Pengolahan :
Aduk rata semua bahan dan bumbu halus.Sendokkan adonan dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang. Goreng sampai matang.

Bakwan Telo 

Bakwan Telo ini simpel banget bahan2nya..cuma butuh singkong parut, tauge dan daun bawang..cekidot resepnya ya..

Bahan :
250 gram singkong parut ( peras sedikit airnya supaya kesat )
25 gran tauge
1 batang daun bawang ( iris halus )

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh gula   pasir
Garam dan bumbu kaldu bubuk secukupnya

Cara Buat :
Aduk singkong parut dengan semua bahan dan bumbu. Ambil sedikit adonan. Goreng dan cicipi rasanya. Jika sudah pas..lanjutkan proses membentuk dengan cara di kepal2 bulat dulu sampai padat, lalu pipihkan. Goreng sampai kecoklatan dan matang. hasilnya kayak di foto ini nich..selamat mencoba..^^ 
Jangan kuatir bakwan ambyar ya pas di goreng..kan singkong mengandung pati / tapioka..jadi bersifat mengikat dan lengket..jadi adonan akan menyatu pas di goreng..asal jangan di aduk2 / di bolak balik. Biarkan sampai satu sisi matang dulu..baru di balik ya.. 

 


3

Monday, April 15, 2013

Orek Tempe Cabai Hijau


Good Morning...selamat  pagi...!...Nggak terasa udah Senin lagi..cepat sekali ya hari berganti..pengennya sich lebih cepat lagi..biar segera setahun berlalu..^_^..dan bisa segera program punya baby lagi..Alah..pagi2 udah lebay ya....

Sarapan dulu yukks..teman2..hari ini menunya Nasi merah ya...pengen mulai hidup sehat lagi nich..jadi..mulai sering masak nasi merah lagi nich...menu lauk yang pas buat sarapan sama nasi merah ini..adalah Orek tempe cabe hijau...serasa di wonosari dech..kan di sana menu khasnya begini..nasi merah..pakai orek tempe atau sayur tempe santan cabai hijau..enak semua..lauk..tinggal sesuaikan apa yang ada di rumah ..pakai telur ceplok atau dadar aja juga sudah enak..^_^

Ada yang suka nasi merah..?..Jika belum pernah coba..ayo cobain..lebih sehat lho..di banding nasi putih...ini dia kelebihannya :

1. Mengandung Serat Tinggi
Nasi akan memberi Anda nutrisi seperti magnesium, zat besi, serat, protein dan niacin. Namun perlu diperhatikan jenis nasi yang dikonsumsi. Pilihlah nasi merah, brown rice atau beras hitam ketimbang nasi putih yang merupakan karbohidrat sederhana. Mereka lebih baik karena kandungan serat yang tinggi serta memiliki karbohidrat kompleks yang lebih sehat.

2. GLycemic Index Rendah
Makanan dengan karbohidrat kompleks, salah satunya beras merah, memiliki tingkat glycemic index rendah yang berguna dalam pengaturan kadar gula darah dan produksi insulin. Selain itu juga menyediakan energi untuk memaksimalkan manfaat kesehatan.

3. Cepat Kenyang
Beras merah mengandung karbohidrat kompleks; jenis karbohidrat yang lama dicerna dalam tubuh. Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan, mengonsumsi karbohidrat kompleks (kentang, oatmeal dan beras merah) bisa membuat Anda kenyang hingga berjam-jam dan makan kurang dari 320 kalori per hari. Saat makan siang atau malam, ganti nasi putih atau mie dengan nasi merah.

4. Sumber yang Baik untuk Zat Besi
Zat besi atau mangan membantu tubuh untuk menghasilkan energi dari makanan yang Anda konsumsi. Mangan juga merupakan komponen penting dari enzim dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas yang biasanya terbentuk selama proses produksi energi. Jadi, daya tahan tubuh meningkat dan energi bisa digunakan lebih optimal.

5. Kaya akan Zinc
Mineral ini membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun berfungsi dengan baik. Zinc juga kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel dan jaringan tubuh.

6. Mengandung Vitamin B-6
Satu porsi nasi merah bisa memenuhi 23 persen kebutuhan harian dari vitamin B6. Jumlah itu yang memang diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsi organ. Vitamin ini membantu menjaga keseimbangan dari pembentukan hormon serotonin (hormon pengatur mood), sel darah merah dan produksi sel-sel DNA.

7. Menurunkan Kolesterol
Nasi atau beras merah mengandung minyak yang bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Maka dari itu, disarankan untuk menjalani diet beras merah dan gandum utuh dengan tujuan meningkatkan level kolesterol baik. Jadikan nasi merah sebagai makanan pokok dan sumber karbohidrat sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

Mungkin ada yang berpikir Nasi merah sepo rasa nya ya..memang iya..tapi jika kita makan dengan di padukan lauk2 yang berbumbu kuat ..tetep enak kok..salah    satu lauk yang pas yang orek tempe ini...selamat mencoba...^_^..

Orek Tempe Cabe Hijau

Bahan :

Tempe 1 papan ( kira2 250 gram )
Cabe hijau 10 buah
Bawang merah 6 siung
Bawang putih 3 siung
Kencur 1 cm
Air 500 ml
Garam / bumbu kaldu secukupnya
Gula merah 50 gram
Kecap manis secukupnya

Cara Membuat :

Iris tipis tempe.
Iris serong cabai hijau.
Iris tipis bawang merah dan putih, kencur haluskan.
Tumis Bawang merah, bawang putih, kencur sampai harum. Masukkan cabe hijau.
Tambahkan air dan bumbu2 lain. Masukkan tempe.
Masak sampai tempe empuk, bumbu meresap dan kering.





1

Sunday, April 14, 2013

Hidangan Ringan di Akhir Pekan


Hai teman2..sudah makan siang ?..Pasti udah ya..atau masih sibuk mempersiapkan makan siang buat keluarga tercinta..atau lagi mau siap2 jajan di luar..well..selamat makan siang semuanya ya. Weekend..paling enak memang jalan2 ber wisata kuliner..coba resto2 baru..atau bahkan makanan kaki lima tapi rasanya khas dan enak. Aku juga gitu, sama suami dan Yodha..paling seneng wis kul pas weekend..cuma nich karena dari kemaren makan pagi di luar...makan malam juga di luar...trus tadi juga kita udah hunting sarapan di luar.."Si Boss "..lama2 bisa tekor..^_^..akhirnya giliran masak di rumah dech siang ini. 

Karena kalau weekend di rumah pada males makan nasi..ya udah hari ini bikin yang enteng2 aja tadi buat makan siang...yaitu Dim sum...tau kan Dim sum...salah satu Chinese food yang sudah jadi menu keseharian kita di rumah ya..apalagi buat keluarga ku yang suka banget Dim sum..jadi sering banget aku bikin sendiri di rumah. Well..apa itu Dim sum....Dim sum ..dari bahasa China..artinya makanan kecil..yang biasa di sajikan buat sarapan atau waktu " brunch " di sela2 makan pagi dan siang..jenisnya ada  macem2 ya..salah satunya ya siomay...ada yang di kukus..ada yang di goreng..nah Dim sum yang paling sering ku bikin  ya si siomay ini..dengan satu adonan yang sama..bisa jadi macam2 Dim sum..bisa jadi siomay kukus..atau bisa di goreng..bisa jadi isian buat Wantan sup..bisa buat rollade unuk sup ( nah yang rollade dan Wantan sup ini menyimpang dari aturan Dim sum ya..^_^..just my idea..tapi enak juga lho...kalau pas adonan Dim sum nya masih sisa..ya di buat ini buat stock aja di kulkas ) ..jadi dech kayak pangsit goreng dan bakso kumis naga kayak yang ku buat siang ini nich. nah..siomay goreng ini bisa di makan gitu aja..dengan sambal pedas khusus Dim sum..atau cocolan saus sesuai selera. Tapi hari ini aku pengen yang seger2..jadilah bikin bakso kuah kosongan..yang isinya cuma kuah bakso dan bakso aja..jadi dech siomay gorengnya jadi pelengkap bakso kuah yang yummy. Kenyang kah cuma makan begitu ?..Ya..kenyang aja tuch..^_^..soalnya kami udah terbiasa nggak makan nasi...jadi oke2 aja..Nah..yang mau coba..ayokk..sesekali buat hidangan yang enteng2 aja di akhir minggu pasti keluarga suka..karena beda dari menu2 sehari2 ya..tapi..kalau memang terbiasa harus makan nasi..ya..siomay gorengnya buat cemilan aja di sore hari juga woke..selamat mencoba..

Adonan dasar Dim sum ( Ini sesuai selera ku aja ya..maaf kalau nggak otentik ala Chinese food..^_^ ..tapi rasanya enak lho..^_^...)

Bahan :
Ayam 200 gram ( bagian daging  dadanya aja ya..)
Udang 200 gram
Bawang putih 2 siung
1 sendok makan lemak ayam ( dari 100 gram kulit ayam yang di panaskan sampai keluar minyaknya )
1 sendok teh bumbu kaldu bubuk rasa ayam / garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir
Merica 1/4 sendok teh
Kecap ikan 1 sendok teh
Minyak wijen 1 sendok teh 
daun bawang 1 batang , iris halus
Tepung sagu 2 sendok makan
putih telur 1 butir
Kulit pangsit khusus buat yang di goreng dan kuah

Cara Membuat :
Cincang udang dan ayam sampai halus ( lebih mudah jika punya food processor..jika tidak ada gunakan tenaga kita buat mencincang manual ya..mudah kok..^_^ )
Haluskan bawang putih, campur dengan cincangan ayam dan udang. Masukkan semua bumbu dan bahan lain. Aduk rata... lalu test rasa dulu. Caranya..ambil sedikit adonan..lalu goreng di minyak panas..cicipi dan koreksi rasanya...jika sudah pas sesuai selera..baru dech siap di olah selanjutnya jadi berbagai macam Din sum.

Untuk pangsit goreng : siapkan kulit pangsit yang khusus buat pangsit goreng, ambil selembar kulit, beri adonan isi setengah sendok makan..lalu lipat dan ratakan ke empat ujungnya. Goreng hingga kuning keemasan.
Untuk Bakso kumis naga : Ambil kulit pangsit khusus pangsit goreng , lalu iris halus panjang2. Ambil setengah sendok makan adonan Dim sum alu gulingkan di potongan kulit pangsit  , goreng hingga kecoklatan juga.

Untuk siomay kukus : ambil kulit pangsit khusus yang kuah, ambil 1 sendok makan adonan, lalu letakan di cucing plastik yang biasa buat bikin kue mangkuk, yang sudah di oles minyak. Tabur atasnya dengan wortel serut, lalu kukus hingga matang kira2 20 menit. Semprot kulit siomaynya dengan sedikit air sebelum di kukus supaya hasilnya lebih lembut.

Sudah siap semua Dim sum nya..sajikan..bisa dengan bakso kuah..atau dengan sambal kacang.. saus sambal..atau sambal khusus Dim sum yang pedas manis gitu ..ini resepnya :

Bahan Sambal Dim sum:
8 buah (25 gram) cabai merah keriting , dibuang bijinya, direbus
6 buah (10 gram) cabai rawit merah , direbus
2 siung bawang putih utuh , direbus
150 air
3 sendok makan gula pasir
3/4 sendok teh garam
1 sendok teh cuka
1 sendok teh tepung sagu dan 1 sendok teh air, dilarutkan untuk mengentalkan

Cara Membuat 
Blender cabai merah keriting, cabai merah besar, cabai rawit, dan bawang putih sampai halus.Masukkan gula pasir. Masak sampai mendidih. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Aduk sampai meletup-letup.



10

Friday, April 12, 2013

Crispy Onion Ring


Bawang bombay goreng....mungkin buat yang belum pernah atau belum terbiasa makan..mikir...aneh..bawang bombay kok di goreng..kayak aku dulu..^_^..padahal yang udah sering ketemu bawang bombay goreng ya..kalau makan tempura di restoran Jepang tuch paling tidak kan ada satu atau  dua slice bawang bombay gorengnya..tapi kalau makan tempura dulu ya di sisihin aja..milih udang dan lainnya..^_^. Nah...perkenalanku makan bawang bombay goreng yang sesungguhnya ya pas makan di resto Chicken Buffet di Yogya..resto tempat makan sehari2 yag berkonsep modern..all you can eat..tapi ada sebagian masakan yang fresh dari open kitchennya..nah..dari berbagai menu tuch ada goreng2an yang selalu fresh...hangat tersaji seperti chicken crispy...barbeque..dll. nah pas ambil chicken crispy tuch di sampingnya ada gorengan juga..wah..calamaries alias cumi goreng nich..ku pikir..bentuknya bulat2..dan di goreng renyah..setalah ku makan..nah ..kok  beda rasanya sama cumi..ada rasa bawang..oalah ternyata bawang bombay goreng..tapi rasanya enak sekali..gurih dan manis..jadi ternyata bawang bombay itu kalau di masak atau di goreng tersendiri..citarasanya jadi manis lho...soalnya kan selama ini taunya bawang bombay ya buat bumbu aja aku...Nah sejak itulah aku ketagihan bawang bombay goreng. dari coba2 berbagai resep dari luar sampai me reka2 goreng sendiri sampai akhirnya nemu yang pas..yang rasanya seperti yang sering ku makan di resto  itu. 

Kalau di luar negeri bawang bombay goreng ini juga cukup lazim ya..di jadikan cemilan...cuma di sebutnya onion blossom..dulu aku pernah posting juga tentang onion blossom ini. Cuma kalau si onion blosson ini bawang bombay utuh yang di potong2 kecil2 perkelopaknya dengan alat khusus..sehingga menyerupai bunga yang mekar..terus di celup adonan tepung basah yang terbuat dari terigu, susu, telur dan bumbu2. Rasanya enak juga..aku pernah bikin. Cuma aku lebih suka versi onion ring Indonesia..yang lebih renyah..biasalah..orang Indonesia kan suka gorengan yang kriuk2 ya..^_^. Kalau di luar negeri..onion blosson atau ring ini biasa jadi menu pembuka..atau camilan di resto2 steak atau pasta ya..di Indonesia kata suamiku..juga sudah ada beberapa resto steak atau pasta yang ada menu onion ring gini..terutama di Jakarta..dulu sering makan katanya kalau pas lagi tugas di Jakarta. Jadi pas kau bikin sendiri..suami juga suka..bahkan sempat sampai suka sekali..karena sering banget minta di buatin..Yodha pun suka..kadang mereka rebutan..kalau aku goreng onion ring ini..^_^. Cuma karena saking seringnya bikin..akhirnya suami bosan juga..^_^..suamiku emang begitu...kalau di buatin makanan yang sama terlalu sering..akhirnya malah jadi bosan dan nggak mau makan lagi..walaupun awalnya suka....beda sama aku..kalau suka ya suka terus..^_^..dasar tukang makan ya....

Nah akhirnya aku sering dech bikin menu cemilan unik ini..eh buat lauk juga enak lho..gurih..sampai2 kalau ada acara keluarga besar ngumpul..aku sering bikin onion ring ini dan semua pada suka lho..terutama Eyang kakungnya Yodha..suka banget..yang makan pada bilang kalau onion ringin ini lebih enak daripada cumi goreng lho..jadi..yukk..cobain teman2...jika di rumah lagi nggak ada stock lauk..dan cuma ada bawang bombay..tenang..bisa jadi lauk yang enak kok..lebih enak dari cumi goreng dan yang jelas murah meriah...^_^...simak cara buatnya ya..

Crispy Onion Ring

Bahan :

2 buah bawang bombay ( yang lokal ya..jangan yang impor..soalnya rasanya lebih manis yang lokal dech..kalau bawang bombay impor tuch rasanya anyep..atau sepo..nggak manis dech )

Bahan pencelup :

100 gram tepung bumbu serbaguna ( cari yang tidak asin ya..karena ada beberapa merk tepung bumbu serbaguna yang rasanya asin dan aneh..kalau aku..cocoknya buat onion ring crispy ini adalah tepung bumbu KFC nya Sasa..enak..pas bumbunya  )
100 ml air es

Bahan lapisan :
100 gram tepung terigu
25 gram tepung beras
1 sendok makan tepung sagu
1 sendok teh bawang putih halus ( kalau nggak ada yang nggak usah pake..tetep enak kok )
1/2 sendok teh backing powder 
1/2 - 1 sendok teh bumbu kaldu bubuk rasa ayam ( sesaui selera aja..jika tidak suka..ganti garam biasa )
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat :
 Iris melintang bawang bombay . Lepaskan satu persatu sesuai ruasnya sampai berbentuk ring.
Aduk bahan pencelup dan air.
Aduk rata dan ayak bahan pelapis keringnya.
Celupkan bawang bombay ke bahan pencelup..lalu gulingkan ke bahan pelapis kering sambil di cubit2 hingga keriting.
Goreng hingga kecoklatan dan renyah.
Sajikan dengan saus sambal..sesuai selera..atau buat teman lauk nasi ..yummy.

Tips..jika tidak suka atau tidak ada tepung bumbu instan ..ganti aja pakai tepung bumbu racikan sendiri..caranya buat lagi bahan tepung lapisan dalam jumlah yang sama..lalu larutkan dengan air es..jadi dech.

10

Thursday, April 11, 2013

Es Dawet


Es dawet..samakah dengan es cendol ?..menurutku tidak sama..karena dawet terbuat dari lebih banyak tepung beras daripada bahan lain..atau malah murni dari tepung beras..sedangkan cendol..bisa di buat dari berbagai macam bahan..seperti tepung hungkwe..tepung sagu..tepung umbi2 lain seperti tepung garut dll..bahkan aku pernah buat cendol dari tepung ketan..enak juga kok..apalagi pas bulan puasa..sering banget aku bikin es dawet atau es cendol ini. Dari jaman kecil..kayaknya es dawet lah yang banyak di temui di pasar2 tradisional ya..beda sama sekarang..mungkin karena harga tepung beras lebih mahal dari tepung2 lain..makanya jarang sekarang di temui ya dawet yang bener2 dari tepung beras di pasar2 tradisional..ya..jaman semakin modern..orang2 yang jual di pasar..sudah tidak lagi menganut teori jajan pasar seperti jaman nenek nenek kita dulu..semua serba di akali..supaya lebih murah..lebih praktis..dan bisa dapet untung banyak...bahkan ada yang di kasih pengawet dan bahan2 berbahaya lain..hii..serem banget ya....seperti pengalamanku kalau lagi keluyuran di pasar,..suka iseng aja..tanya ke penjual jajan pasar..kayak lopis..tiwul, cenil dll..nah di situ kan biasanya ada putu mayang ya..kalau putu mayang yang asli kan dari tepung beras yang di masak dulu dengan santan..trus di cetak  dan di kukus..nah yang sering ku liat di pasar adalah putu mayang dari bihun..jadi bihun yang di kasih warna warni..terus di kukus..jadi bentuknya kan mirip putu mayang kan..iseng ku tanya yang jual, ini putu mayang dari bihun ya..eh yang jual malah marah dan ngotot..itu dari tepung beras....padahal dari bentuknya aja aku udah tahu kalau itu dari bihun..tapi ya ada benernya juga sich..bihun kan juga dari tepung beras..^_^...tapi kan bukan asli putu mayang lagi namanya...so..kenapa nggak jujur aja ya penjual2 jajan pasar itu..kenapa nggak bilang.ini putu mayang bihun..inovasi baru gitu..^_^....sangat di sayangkan ya..memanipulasi jajan pasar..sebel !..lho..kok sebel?..iya sich..jadi kadang males aja beli jajan pasar di pasar tradisional sekarang..sudah banyak di manipulasi..gulanya kadang nggak pake gula asli..pewarna yang dulu pakai daun suji dan lain..yang alami di ubah pakai pewarna yang genjreng2 aneh..dan..lain2 dech penyimpangan dari rumus jajan pasar asli..makanya sekarang aku lebih suka bikin sendiri jajan pasar...kalau lagi pengen..kecuali kalau pas ke Yogya.. ya..masih banyak embah2 penjual jajan pasar yang setia dengan keaslian rasa dan bentuk dari jajan pasar..jadi serasa bener2 nostalgia jaman kecil dech..hoho..mulai dech cerita nggak penting lagi ya teman2..maaf ya..kalau mulai sekarang aku jadi banyak omong dan cerita di blog ini..ya..lumayan sich buat terapi jiwaku....supaya bener2 pulih dari luka hati ini..^_^..thanks udah baca ya teman..jika males..lewati saja ya..dan langsung liat resepnya..^_^.......

Nah..kali ini aku mau posting resep es dawet ya...sebenernya sudah lama sich buatnya..dan buatnya juga pas dulu..belum punya cetakan untuk buat dawet..aku pakai saringan yang besar gitu..jadi bentuk dawetnya rada aneh ya bentuknya..hihi..kurang bagus dan nggak beraturan..tapi yang penting rasanya..enak dan lembut dawetnya..saking seringnya bikin cendol atau dawet pas puasa kemaren aku sampai beli cetakan dawet online..hihi..karena nggak nemu di pasar cetakannya..eh tapi setiap bikin nggak di foto2 lagi..jadi punyanya cuma foto es dawet yang kurang cantik bentuknya .nggak pa2 ya ..nanti kalau buat lagi ku potretin lagi yang lebih ok...buat Mba Susy yang kemaren email nanyain resep dawet ..ini resepnya ya..juga buat teman2 lain yang suka dawet..yukk di simak resepnya....untuk bikin dawet yang lembut..kuncinya adalah perbandingan airnya..harus pas..dan juga sedikit di tambahkan tepung sagu..supaya dawetnya bisa mulus pas di cetak dan rasanya lebih sedikit lentur...Selamat mencoba..^_^.....

Dawet Tepung beras

Bahan2 :
120 gram tepung beras
2 Sendok makan tepung sagu
650 ml air
50 ml air daun suji (dr 30 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan). Jika tidak ada, ganti dengan pewarna hijau/esen pandan
1 sendok teh garam
Sirup gula merah yang dicairkan secukupnya.

Kuah santan :

500 ml santan dr ½ butir kelapa
½ sendok teh garam
2 lembar daun pandan
( didihkan semua bahan )

Cara Membuat :

1. Larutkan tepung dengan air, garam air daun suji. Lalu masak hingga kental dan meletup-letup.

2. Cetak dengan cetakan cendol dan tampung dengan air dingin supaya mulus pas di cetak dan tidak saling 

    menempel dawetnya.

3. Sajikan dengan santan dan sirup gula merah serta es batu. Lebih enak lagi ditambah nangka atau biji 

    selasih.



6

Wednesday, April 10, 2013

Udang Goreng Renyah Ala Bu Rudi



Masak apa teman2 hari ini..?..Masak apapun..pasti..kalau di masak dengan penuh cinta..buat keluarga tercinta..pasti terasa enak ya..ya..masakan rumah memang istimewa. Buktinya..sampai dewasa pun..kadang kita merindukan masakan rumah..yang dulu sering di masak oleh ibu kita sehari2..itulah..kekuatan cinta seorang ibu..kepada anak..suami dan semua keluarga..hanya dengan masakan..cinta itu akan melekat sampai kapanpun...jadi..luangkan sedikit waktu teman..buat memasak untuk keluarga tercinta di rumah. Walah..jam segini udah ngelantur ya ceritanya..^_^...bawaan perasaan..yang masih melow2 terus nich. Itu lah mengapa..aku suka posting menu2 sederhana saja..yang biasa kita masak sehari2 buat keluarga..ya walau sesekali..tidak ada ruginya mencoba sesuatu yang spesial dan menu2 baru yang berbeda dari daerah atau luar..paling tidak untuk menyalurkan hasrat mencoba resep2 baru..tapi pada akhirnya dalam keseharian..menu2 sehari2 khas rumahan lah yang sering tersaji di dapur kecilku..jadi jangan bosan ya teman2..baca blog ku..yang banyak yang bilang..blog yang sederhana.." down to earth "..ya itulah aku..^_^...jadi jangan berharap juga foto2 yang indah..dari blog ini..kadang dalam membuat foto makanan aku cuma ikut naluriku aja..bahwa makanan adalah sesuatu yang mengundang selera..yang bisa membuat orang ingin mencicipinya..walau lewat foto..jadi..walau ada kamera yang lumayan bagus..buat bikin2 foto makan yang lebih artistic..sampai sekarang kok belum terlaksana ya..tapi jangan kawatir teman..nanti aku akan berusaha belajar ya...buat nampilin sesuatu yang lebih baik lagi di blog ini...........^_^

Buatku sekarang kalau masak..prioritas utama adalah apa yang si sukai suami dan anak..ya..cuma dengan masakan rumah lah..aku bisa membahagiakan mereka..membuat mereka sehat..kuat untuk menjalani hari....jadi,..buat diriku sendiri....kalau nggak suka masakan yang di sukai anak dan suami..ya...gampang..tinggal nyambel aja nich..kayak sambel terasi..atau sambel mentah..udah..lauknya bisa apa aja..tinggal di makan sama lalapan..beres dech..kebutuhan sayur juga terpenuhi ya..itulah seoarang Ibu ya..tiap hari yang ku tanya pada suami dan anak..adalah..sore mau makan apa..ingin di masakin apa..?..jadi karena mereka makan di rumah yang komplet   kan cuma sore atau malam hari..karena kalau pagi aku suka masak yang simple2 aja buat sarapan..jadi sore..waktunya kasih ke suami dan anak..hidangan yang spesial...

Bicara menu buat diri sendiri..siang hari..aku selalu makan siang di rumah sendiri..jadi..masak yang simple2 aja..habis itu baru masak masakan komplet buat suami dan anak..biar tetep fresh buat sore hari..kalau buatku....cukup sambel terasi....udang goreng renyah seperti yang ku masak ini ..sama lalapan.....enak..?..pasti..selama ada sambal..makanan apa sich ya jadi gak enak..^_^..buatku lho..dan juga mungkin buat teman2 penyuka sambal ya..Oh ya..udang goreng renyah ini pakai udang yang kecil2 ya..jadi bisa renyah sampai ke kulit2 dan kepalanya..soalnya kalau pakai udang yang besar..kan keras tuch kulit dan kepalanya..kalau yang kecil2 gini enak..di makan semuanya..kan kulit dan kepala udang juga bergizi lho..mengandung banyak anti oksidan yang bagus buat tubuh..jadi..cara enak makan kulit dan kepala udang ya ..udah di goreng renyah seperti ini...di jamin..kriuk2..enak..dech..tapi tetep harus hati2 ya makannya..kunyah dengan baik..soalnya kan banyak bagian yang tajam ya..dari kepala udang ..^_^.

Kalau di Surabaya..ada masakan udang renyah gini ya yang sangat terkenal..namanya Nasi udang Bu Rudi..ya kira2 mirip gitu dech..udang goreng renyah..plus sambel yang pedas..yang khas dari Bu Rudi..sampai2 sambalnya juga banyak di jadikan oleh2 ya..ada yang  suka atau pernah coba teman2?..Tapi daripada jauh2 ke Surabaya buat cobain..kenapa nggak goreng udang sendiri di rumah...so simple kok..di makan..pakai sambal ala  sendiri..nggak perlu ala2 Bu Rudi..juga enak kok..^_^..selamat makan siang teman2..( masih belum waktunya ya..tapi aku  ko udah laper ya..jadi duluan ya..soalnya tadi cuma sarapan pecel sayur aja..tanpa nasi..^_^..) So...buat yang belum masak..masak dulu ya..simak bahan2..cuma sedikit kok :

Udang Goreng Renyah

Bahan :

Udang Segar pilih yang kecil2..250 gram
Tepung beras 100 gram
Bawang putih 2 siung
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Garam secukupnya
Bumbu kaldu bubuk 1/2 sendok teh ( abaikan jika tak suka )

Cara Memasak :

Cuci bersih udang, berishkan bagian kotorannya. Haluskan bawang putih , beri garam dan merica, serta bumbu kaldu bubuk, dan sedikit air. Campur udang dengan bumbu halus. Tiriskan..taburi udang yang sudah berbumbu dengan tepung beras. Balur2 kan sampai rata, lalu goreng hingga kering dan renyah. Sajikan dengan sambal bawang atau sambal terasi atau sambal lain sesuai selera serta lalapan. Jadi dech Nasi Udang ..^^..Selamat mencoba.



27

Google Ad

Visit Our You Tube Channel