Google Ad

Monday, April 8, 2013

Donat Ubi Ungu




Aku suka banget sama ubi ungu...selain warnanya cantik..rasanya juga enak..dan kalau di buat campuran macam2 kue juga jadi menarik. Kemaren pas ke Pasar kok nemu ubi ungu bagus2..langsung beli banyak dech buat stock...soalnya suka susah cari ubi ungu nich di pasar..kecuali di supermarket selalu ada sich..cuma kok harganya mahal..kalau di pasar 4 ribu per kg..di supermarket deket rumah bisa 20 ribu per kg....^_^.

Sebenernya ubi ungu di kukus aja aku sudah suka..selain sehat rasanya juga unik..enak..ada aroma khas yang beda dari ubi kuning atau ubi putih biasa...tapi seperti biasanya..tangan nich selalu gatal berkreasi bikin macam2 kalau punya ubi ungu...akhirnya ya...di buat donat juga sebagian kemaren..padahal Papinya Yodha udah bosan donat..karena sering banget ku buatin macam2 donat..kalau Yodha paling makan 1 atau 2..jadi dech aku yang cemal cemil  donat ubi ungu sendiri kemaren..enak sich..empuk dan gurih..ada aroma khas ubi ungu..untung ada teman2 papinya Yodha juga yang main ke rumah..jadi lumayan ada yang bantuin ngabisin..soalnya jadinya banyak..tadi pagi masih ada 6 biji..ku panasin sebentar pakai oven..lumayan buat snack tukang kebun yang hari ini datang buat bersihin halaman. Biasanya sich kalau bikin2 sesuatu ku bagi2 aja ke tukang sayur langganan kalau nggak habis..prinsipku..pantang dech nyimpen makanan lama2..walaupun makanan enak dan aku suka...selain bikin ndut sendiri..juga kan semakin cepat di bagi2 atau di makan orang lain..jadi nggak mubazir..dan yang di bagi juga masih ngerasain makanan yang fresh..jadi bukan makanan yang di simpan lama..trus kalau kita nggak habis..baru di kasih orang. Yang penting  ..bisa tetap  berkreasi di dapur...yach...resiko keluarga kecil  nich..kalau bikin cemilan...nggak ada yang ngabisin..^_^...seru kali ya..buat keluarga yang anaknya banyak gitu..jadi rebutan dan langsung habis gitu kalau ibunya bikin cemilan di rumah..duch jadi ingat masa kecil..karena aku di besarkan di keluarga yang banyak anak..^_^. 

Cerita soal makanan lagi...kalau masih ada ..kadang mau di bagi2 ke tetangga..kalau nggak semua kebagian juga nggak enak hati...jadi suka ku kasih orang2 terdekat yang tiap hari bantuin aja di rumah..atau tukang sayur..satpam..tukang sampah..dll..Sampai tukang sayur langganan ku komen..anaknya suka heran..ibunya suka bawa kue macam2..kayak dr toko kue....ya..paling nggak bisa menyenangkan orang lain. Walah..jadi ngelantur nich ya ceritanya teman2....tapi dah..lega dech habis sudah donat ubi ungu ku kemaren..yukk coabin teman2..ini resepnya ya...satu resep jadi lumayan banyak kok..pas di fermentasi donatnya jadi cantik berwarna ungu gt...tapi pas di goreng kulit luarnya jadi kecoklatan...tapi nggak gosong lho itu..dalemnya yang tetep jadi ungu cantik warna donatnya...jadi biar enak dan cantik...di bedakin dulu ya pakai gula halus khusus donat ..^_^...

Donat Ubi Ungu
Bahan-bahan :
300 gram tepung terigu protein tinggi
1/2 sendok makan (6 gram) ragi instan
35 gram gula pasir
15 gram susu bubuk
150 gram ubi ungu kukus, haluskan
1 butir telur
100 ml air es
30 gram margarin
1 sendok teh garam
minyak  untuk menggoreng

Bahan Taburan:
Gula halus khusus donat secukupnya 
Cara Pengolahan :
1.     Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata. Tambahkan ubi. Uleni rata.
2.     Masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. ( Air tidak perlu di habiskan ya..jika adonan sudah kalis..soalnya tergantung tingkta kelembekan ubinya juga pengaruh ke adonan ) Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
3.     Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 15 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
4.     Pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Diamkan 40 menit sampai mengembang di loyang yang ditabur tepung.
5.     Goreng hingga matang..pas menggoreng sesekali putar2 donat dengan lidi atau tusuk sate di lubang tengahnya supaya bentuknya bagus .
6.     Gulingkan ke gula donat atau bisa di toping dengan coklat dll. sesuai selera.



 



2

Sunday, April 7, 2013

Nikmatnya Makan Bebek " Perawan " di resto Bebek Judes Cabang Semarang......recommended !!


Sudah pernah dengar tentang resto Bebek Judes teman2..?..Buat yang tinggal di Bekasi dan sekitarnya ..pasti sudah tahu ya. Resto Bebek Judes ini memang pusatnya di Bekasi..nah belum lama  ini di buka cabangnya di Semarang atas..di dekat rumah. Resto dengan menu andalan aneka olahan Bebek ini konsepnya memang franchise dan sudah ada beberapa cabang seperti di Bandung dan kota2 lain...walaupun belum lama bukanya. Jadi aku ya baru tahu tentang Bebek Judes ini setelah di buka cabangnya yang di Semarang. Bebek Judes..artinya Bebek Juara Pedes..sebenernya yang pedes sambelnya sich..bukan olahan bebeknya.

Akhirnya kemaren kita coba juga makan di Bebek Judes....setelah di komporin sama suami yang udah coba duluan sama teman2nya..dan bilang enak banget. Sebenernya dari awal buka kemaren sudah pengen coba..karena selain deket rumah dan sering kelewatan terus kalau pergi ke mana2..juga yang punya adalah teman papinya Yodha..cuma karena kalau lewat kok kelihatan sepi..akhirnya ketunda2 terus..juga aku sendiri sebenernya agak pemilih kalau makan bebek..nggak  begitu suka..kecuali yang bener2 enak kayak bebek ala Pengging Boyolali gitu. Selain itu kita juga mikir..wah..bebek di masak pedes nich..jadi nggak cocok untuk anak2..Yodha nggak bisa ikutan makan...ternyata...bukan bebeknya yang judes..tapi sambelnya...bener2 judes..maut dech pedesnya....dan setelah coba makan bebek "Perawan" nya..wow..memang enak enak banget ternyata..^_^. Yodha aja yang biasanya "alergi " sama ayam dan bebek goreng / bakar..karena biasanya susah di kunyah....jadi suka ..bahkan ketagihan..terutama nasi goreng bebeknya..dia suka banget..sampai siangnya udah makan..dan bungkus bebek perawannya buat di makan sore di rumah..malemnya minta lagi di beliin nasi goreng bebek..eh siang ini tadi..minta lagi nasi goreng bebek..^_^...waduh..dapet saingan ya Kak..masakan Mami..yang biasanya jadi favoritmu...tapi karena saking senengnya Kakak doyan makan dan lahap..ya di beliin juga sama papinya dech..wis nggak pa2...weekend makan bebek terus ya Kak..^_^........

Bebek " Perawan " adalah menu andalan di Bebek Judes...kenapa di sebut bebek perawan..seru juga ya namanya..^_^..mungkin karena bebek yang di olah jadi menu andalan ini adalah bebek muda..yang katanya baru berumur 3 bulanan..dan belum pernah bertelur..jadi masih " perawan" gitu..^_^. Hasil olahannya bisa di goreng atau di bakar..di bumbu balado dll. Tadi kita cobain yang bakar...wah..mantab dech rasanya...bebeknya kayaknya di ungkep dulu dengan  sistem slow cooking agak lama dengan bumbu2 rempah..yang rasanya soft aja sich..nggak berlebih..tapi pas..gurih..ada manisnya sedikit juga..enak dech pokoknya...jadi bebeknya empuk....bumbunya merasuk masuk sampai ke dalam2 daging...malah lebih empuk dan enak dari ayam kampung ..baru ini dech ngerasain bebek yang top   markotop rasanya..selain bebek ala Pengging Boyolali favorit ku. Oh iya..satu lagi yang bikin mak yoss rasanya adalah sambal mentahnya yang super pedas..bener2 judes dech sambalnya..alias juara pedes...sampai keringatan dech makan sambalnya..awas yang nggak suka pedas...pilihlah sambal terasi atau sambal mangganya saja ya..yang juga tak kalah sedap .

Konsep resto Bebek Judes sendiri lebih ke arah modern ya untuk interiornya..beda dengan resto2 bebek lainya yang biasanya mengusung tema tradisional..ruangan di desain cerah dan penuh warna..jadi terkesan bersih, simple dan rapi..tapi ini jadi satu kelemahan juga mungkin ya..jadi  orang2 malah takut untuk mencoba makan di situ...karena mungkin perkiraan orang2..harganya mahal..kalau makan di situ..padahal..enggak lho..harga makanannya masih ramah kok di kantong..bahkan sama dengan harga kaki lima lah...sebagian menu2 nya..kayak nasi goreng bebek..cuma 12 ribu...kecuali Bebek Perawannya yang memang spesial..jadi harganya rada beda..satu porsi 22 ribu untuk bebek bakarnya...tapi sesuai lah ..rasa dengan harganya...Untuk mahasiswa dan pelajar ada paket2 khusus yang hemat pula.

Jadi yang suka olahan bebek..ayo cobain..jangan takut..mahal..harganya masih wajar kok dan rasanya di jamin bikin ketagihan...contohnya Yodha tuch..^_^....minta terus...Semoga Resto Bebek Judes ini semakin ramai dan berkembang bagus,..nggak bernasib sama seperti resto2 franchise lain yang sebelumnya ada di Semarang atas ini..yang baru beberapa bulan buka..udah menghilang lagi..karena nggak sabar untuk berpromosi..dan di kenal orang..lha kalau nanti sebentar aja dah tutup..masak harus ke Bekasi kalau Yodha pengen makan bebek yang dia suka..atau kalau mau masak sendiri.di mana coba beli bebek mentah yang masih berumur 3 bulanan..^_^.....

Alamat Bebek Judesnya di sini ya :
Jl. Sukun Raya 41 Block B3 Banyumanik Semarang...Telp 024 - 70603100..melayani pesan antar juga kok..jika males keluar rumah tapi mau makan bebek yang yummy.....selamat berwisata kuliner ya teman2....

Nich..Kak Yodha dan sepupunya Dik Icha ...serius banget makan Bebek  nya..pedas,..tapi enak Mi..katanya...^_^...


    Ini dia menu andalan di resto Bebek Judes : Bebek "Perawan" Bakar..rasanya..yummy...bikin nagih..nasi
    gorengnya juga layak di coba.....favorit Kak Yodha......


11

Friday, April 5, 2013

Udang Bago Bumbu Balado


Barusan selesai masak ini tadi..ketika telp rumah berdering..surprise..ternyata Mba Susy dari Amerika telp..makasih ya Mba..udah nyempat2 tin telp dan kasih perhatian buat aku. Makasih juga saran2nya..iya Mba..mulai sekarang aku akan semangat dan nggak boleh berlarut2 dalam kesedihan...Senengnya ..dari nulis di blog ini aku punya banyak teman2 baik..dan selalu kasih suport ke aku untuk bangkit..GBU ..all..my friends..

Memang bener sich teman2..sibuk bisa membuat aku lebih baik..beberapa hari ini aku sudah kembali bergaul dengan peralatan dapur dan kamera lagi.....jadi jiwa ini tidak lagi kosong...dan suami dan anak juga suka..karena sudah makan masakan rumah yang sehat dan enak lagi......so..menu hari ini adalah..menu favorit suami ku..Udang Balado. Kemaren Sabtu kita sempat ke Pasar khusus ikan di Semarang bawah..belanja sekalian berbagai macam sea food segar..jadi jika di simpan di freezer masih ok..dan kebetulan nemu udang bago gede2 yang seger..jadi dech beberapa hari kemaren berbagai menu udang ada di meja makan..nanti ku posting satu2 ya..hari ini Udang Baladonya dulu....buat penyuka pedas..ayo di coba..pasti suka......

Balado Udang

Bahan-bahan :
300 gram Udang Bago,  dikerat punggungnya ( jika tidak ada udang bago..ganti udang biasa yang kecil2 juga enak.)
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk

100 ml minyak goreng untuk menumis
3 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
1 sendok teh garam / bumbu kaldu ayam
1/2 sendok teh gula pasir / atau 1 sendok teh gula merah ( sesuai selera saja )

Bumbu Tumbuk :
4 buah cabai merah besar
3 buah cabai merah keriting
3 buah cabai rawit merah
1 sendok teh terasi, dibakar
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Cara Membuat :
  1. Lumuri udang bersama garam dan merica bubuk. Diamkan 10 menit. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu tumbuk  dan daun jeruk sampai harum. Masukkan udang. Aduk sampai berubah warna.
  3. Tambahkan garam / bumbu kaldu dan gula . Masak sampai matang.
Tips..setelah di kerat...buang kotoran udang di bagian belakang yang beerbentuk seperti benang panjang ya..agar bersih dan lebih enak udangnya.


7

Puding Santan Gula Merah


Puding santan dan gula merah...puding paling simple dan praktis. Bahan2nya murah...tapi   rasanya enak , lembut dan seger. Puding gula merah adalah favorit suami. Kalau pas puasa Senin Kamis..kalau lagi males bikin menu pembuka yang ribet2..bikin puding ini aja suami sudah seneng. Rasa original santan dan gula merah saja sudah enak..tapi jika ingin variasi rasa..bisa di tambahkan juga pisang raja yang matang..di kukus dulu sebentar..potong2..terus di campur di adonan puding..rasanya tambah kaya rasa. Atau di tambahkan nangka juga enak..harum dan legit...atau di tambahkan daging kelapa muda juga enak...sesuai selera saja.

Tapi versi originalnya juga tak kalah enak kok..penampilannya juga cantik..karena setelah di tuang di cetakan..nanti adonan santan dan gula merahnya akan terlihat terpisah sehingga seperti dua lapis pudingnya..padahal nggak di lapis itu..langsung tuang aja ke cetakan...mau coba Bunda..silahkan..ini resepnya..puding ini hasilnya lembut..karena takaran cairan nya tidak sesuai di kemasan bungkus agar2 ya..aku suka puding yang lembut..nggak keras..jadi jumlah cairan pasti ku tambahin sendiri  kalau bikin puding. Tapi puding ini lumayan kokoh juga kok..jika di buat isian snack box..bisa di masukkan ke cup2 plastik kecil gitu juga cantik..selamat mencoba.....

Puding Santan Gula Merah

Bahan :

1 bungkus agar agar bubuk putih.
200 gram gula merah ( pilih yang warna coklat gelap, biar hasil pudingnya cantik )
1 sendok makan gula pasir
Santan kental 200 ml
Air 800 ml
Garam 1/2 sendok teh
Daun pandan 2 lembar

Cara Membuat :

Rebus gula merah dan air sampai gula larut. Saring.
Campur air gula merah dan santan kental, masukkan agar2 bubuk, gula pasir , garam dan daun pandan.
Masak sambil di aduk hingga mendidih.
Tuang di cetakan puding sesuai selera. Dinginkan di kulkas. Sajikan.



20

Monday, April 1, 2013

SD Semesta Bilingual School Semarang..Mendidik dengan Cinta

 Kak Yodha..pakai T-shirt biru..dan teman2 sekolahnya...


Alhamdulillah..Sabtu kemaren ambil rapot Kak Yodha..hasilnya bagus..nilai rata2 semua pelajarannya 9 lebih..hampir sama dengan nilai rata2 kelas..berarti memang pinter semua ..murid kelas 1 SD Semesta...^_^..Itulah ..mengapa aku ingin mengulas sedikit tentang SD Kakak ini di blog..sebagai rasa terima kasih karena telah mendidik Yodha dengan baik..baik dari segi pelajaran..pendidikan dasar..agama.. maupun budi pekerti yang baik. Siapa tahu..buat Bunda2 di Semarang ya lagi bingung memilih sekolah SD terbaik untuk putra putrinya.. bisa buat gambaran.

Dulu..waktu mau memilih SD buat Yodha juga sedikit bingung..karena maunya Yodha dapat pendidikan terbaik di SD..karena SD adalah pendidikan dasar yang paling lama ya..yang menjadi dasar pola pikir anak..perilaku dan perkembangan kreatifitas dan skillnya. Di Semarang atas..ada beberapa alternatif sekolah favorit sich..yang sudah punya nama....dan banyak sekali dari kalangan atas dan dari Semarang bawah ...yang meneyekolahkan anaknya di situ. Awalnya sich..mau ke salah satu dari dua sekolah favorit tersebut..tapi..pas banyak cari informasi seputar sekolah2 favorit tersebut kok..masih kurang sreg..dengan kurikulum dan sistem pembelajarannya. Dari kecil..Yodha terbiasa sekolah di tempat yang sistem pembelajarannya modern..seperti toodlernya dulu di Tumble Tots..terus TK nya juga di Bilingual School..jadi sayang aja ya...kalau akhirnya di SD dengan kurikulum  biasa..akhirnya ketemu dech sekolah yang menurutku terbaik di Semarang atas,..dari kurikulum maupun sistem belajarnya....yaitu SD Semesta, yang ada di jalan Setiabudi Semarang atas..jadi nggak terlalu jauh juga dari rumah. SD Semesta ini adalah bagian dari Yayasan Passiad dari Turki..selain SD..ada juga SMP dan SMA yang sudah lebih dahulu ada sebagai salah    satu sekolah unggulan terbaik di Semarang.

Yodha juga sangat enjoy belajar di SD Semesta..belajar buat dia..jadi tidak ada beban..walaupun sekolah sampai sore hari..tapi Sabtu libur..jadi malah efektif..belajarnya...dan pas weekend bisa santai . Belajarpun tidak usah di paksa2 atau di suruh2..dengan senang hati Yodha mengerjakan tugas2 sekolah dll. Kadang kalau sedang tes..dia pun tetep santai..cuma baca sekali aja mengulang pelajaran..dan hasilnya juga alhamdulillah selalu bagus..mungkin karena pengajaran di sekolah sudah bagus ya..jadi tanpa di ulang2 un..sudah masuk ke otak. 

Sistem pembelajaran di SD Semesta juga bagus..1 kelas di batasi maksimal 20 anak..dengan 2 orang guru . Dengan sistem bilingual..untuk pelajaran inti seperti pelajaran matematika..Sience..dll..di sampaikan dalam Bahasa Inggris..dan untuk pelajaran seperti bahasa Indonesia..agama..sosial dl..tetep menggunakan bahasa Indonesia. Apakah anak bingung dengan sistem bilingual seperti itu...tidak sama sekali..seperti Yodha..ya ngalir aja ..belajar..kalau belajar pakai buku berbahasa Inggris dia mengerti dengan baik..pakai buku yang berbahasa Indonsia..dia juga mengerti dengan baik..semua itu karena kebiasaan saja..anak2..masih memungkinkan untuk belajar dan mengggunakan beberapa bahasa sekaligus dalam kesehariannya. Teman2nya juga banyak dari berbagai negara..dia juga bisa bergaul dengan baik.

Di SD Semesta cara mendidiknya juga dengan pendekatan yang lebih personal ke anak..seperti sekolah2 di luar negeri yang sering kita lihat di film2 anak2 gitu..^_^...tidak ada hukuman dan lain2 yang membuat anak trauma..guru dan anak bisa dekat satu sama lain..bahkan dengan orangtua murid juga selalu berkomunikasi tentang perkembangan anak di sekolah. Jadi orangtua pun bisa aktif mengikuti perkembangan dan kegiatan belajar anak di sekolah dari rumah. Fasilitas dan sarana pendidikan juga bagus..modern..bangunan dan gedungnya besar dan luas..bersih dan rapi....sehingga anak2 bisa beraktifitas dengan nyaman dan bebas..aku kurang suka aja..sekolah..walapun sekolah favorit tapi di gedung kecil yang bertingkat2..kayaknya anak2 jadi kurang bebas aja belajar dan bermain.

Dari segi biaya pendidikan..juga tidak terlalu mahal sebenarnya..walau uang SPP lebih tinggi dari SD favorit lain..tapi setiap ada kegiatan di sekolah..seperti kegiatan outing..dll..sudah tidak di pungut biaya lagi..jadi sudah all in.
Jadi..buat Bunda2 yang lagi cari info buat SD yang bagus di Semarang..kunjungi aja blog SD Semesta ya..untuk info lengkapnya http://sd-semesta.blogspot.com/2011/11/curriculum.html atau bisa datang langsung..pendaftaran siswa baru sudah di mulai kok..

SD Semesta
Untuk INFORMASI PENDAFTARAN ,hubungi:
Telp :(024) 7472958-7475263-33040210
SMS : 085640689751 / 081575050260
Contact person : Miss Betty
E-mail : semestabes@e-semesta.com 

Foto2 Kakak di sekolahnya 






27

Thursday, March 28, 2013

Nugget Daging Sapi




Sibuk di dapur..lumayan mengurangi beban pikiran..apalagi untuk aktif lagi ketemu teman dan komunitas..di fb..dll yang tahu bener perjuanganku untuk dapat adiknya yodha….belum bisa…soalnya pasti akan mewek terus kalau ketemu teman2 dekat..baik di lingkungan rumah..di sekolah Yodha..teman kantor suami..masih trauma…..masih takut di tanya2 dan mengulang2 cerita sedih yang sama..masih pengen sendiri rasanya..jadi lebih baik sibuk di dapur..dan berbagi di blog ini…kasihan juga suami dan anak..makan makanan dari luar terus..now waktunya untuk memanjakan mereka lagi dengan masakan rumah..yang pastinya lebih sehat dan bersih.


Aku bikin nugget daging ini..karena kepikiran Yodha nggak suka daging sapi..kecuali di buat galantine atau bakso..sosis dan daging olahan lain yang sudah empuk. Nah kemaren kepikiran di buat nugget aja..biar nggak bosan..dan hasilnya enak ..gurih…dagingnya masih kerasa banget..dan tentu saja lebih sehat..karena homemade..bebas bahan pengawet serta bisa di sesuaikan selera bumbunya. Kalau nugget ayam sich gampang ya..di pasaran banyak yang jual..kalau nugget daging kan lumayan jarang ya..jadi..ayo di coba bunda2..jika punya putra putri yang nggak suka makan daging..di buat nugget gini pasti suka..suami yang biasanya nggak suka nugget kemaren juga jadi suka..karena terbuat dari daging, jadi lebih gurih. Membuatnya juga sangat mudah. Selamat mencoba…….


Nugget Daging


Bahan :

200 gram daging giling ( Bisa beli di supermarket atau toko daging..pilih yang kualitas bagus. Namun jika tidak ada..pakai daging segar biasa beli di pasar juga bisa..tetapi musti cincang sendiri sampai halus ya..kecuali punya food processor..ya mudah saja..tinggal masukin..jadi dech daging giling halus, tapi jangan di blender ya..kalau di blender biasa kan perlu di tambah air..hasilnya nanti terlalu halus dan kurang enak )

50 gram tepung roti halus ( jika tidak ada..ambil..2 keping roti tawar, panggang di oven sampai kering lalu haluskan dengan blender kering, atau tumbuk manual sampai halus..jadi dech tepung roti halus homemade )

2 butir telur

50 ml susu cair

¼ buah bawang bombay, cincang halus

1 sendok teh bumbu kaldu rasa sapi ( jika tidak suka ganti garam biasa aja )

½ sendok teh merica bubuk

¼ sendok teh pala bubuk

½ sendok the gula pasir



Bahan Pelapis :

2 butir telur, kocok lepas

50 gram tepung terigu

Tepung panir orange khusus nugget secukupnya ( kalau tidak ada ya pakai tepung panir kasar putih yang banyak di jual toko2..seperti merk Mamasuka )


Cara Membuat :

Aduk rata semua bahan.

Tuang di loyang yang sudah di oles minyak dan di lapisi plastik

Kukus selama 30 menit

Potong2 tipis sesuai selera, gulingkan ke tepung terigu, celup ke kocokan telur, lalu gulingkan ke tepung panir sampai di tekan2 hingga tepung panir menempel.

Diamkan di kulkas kurang lebih 1 jam supaya tepung panir menempel sempurna .

Goreng sampai kuning keemasan.



Tips :

Jika mau di simpan..simpan nugget yang sudah di panir dalam wadah kedap udara lalu simpan dalam freezer, jika mau di goreng biarkan sampai suhu ruang terlebih dahulu. Nugget homemade..bebas pengawet..siap jadi stock lauk kapan aja..
Jika ingin mencicipi rasa nugget sebelum di panir, ambil sedikit adonan , lalu goreng..cicipi rasanya..jika bumbu sudah pas..lanjutkan proses mengukus, jika belum tambahkan bumbu sesuai selera.

Nugget daging yang sudah di panir...siap di simpan di freezer


30

Wednesday, March 27, 2013

Sentiling


Hemm..sebenernya jadi sedih juga mau posting resep sentiling ini..karena ini adalah kenangan terakhir..aku masak2..waktu Dedek Paramitha masih bersamaku..tapi nggak pa2 dech....semoga resep jajanan murah meriah ini berguna ya buat teman2. 

Ini adalah salah satu jajan pasar khas Semarang favorit suami,..jadi lumayan sering bikin. Mungkin di daerah lain juga ada ya..jajanan seperti ini..cuma beda nama. Kalau aku kenal jajanan ini ya sejak tinggal di Semarang. Di pasar jajanan ini di kemas dengan potongan kotak kecil2, lalu di taruh di plastik mika kecil...kalau di bakery bakery terkenal di Semarang..yang juga menjual aneka jajan pasar..sentiling ini biasanya di potong kotak kotak kecil..kemudian di tusuk dengan tusukan sate..lalu di bungkus dengan plastik..jadi kesannya lebih modern dan rapi..serta menarik ya..dengan cara penyajian di tusuk sate. Warnanya yang meriah juga menjadi salah satu ciri khas dan daya tarik si sentiling ini.Tapi selalu gunakan pewarna makanan yang bagus dan aman ya..untuk tubuh. Selain bahannya murah..sentiling ini membuatnya juga mudah..dan rasanya enak sekali....manis..gurih ..sedikit kenyal tapi lembut karena memakai campuran agar2..lumayan Bunda..buat cemilan si kecil pasti suka..karena tampilannya warna warni dan di tusuk di tusukan sate...kecuali Yodhaku..kalau di kasih cemilan dari singkong..dia bilang..aku alergi singkong Mi..^_^..ada aja alasannya kalau di suruh ngemil...kalau buat snack arisan..lebih bagus sich di kemas di plastik mika kecil2...Selamat mencoba ya...

Sentiling

Bahan :

500 gram singkong parut
110 gram gula pasir
1/2 bungkus agar agar bubuk warna putih.
1 bungkus kecil / 1/2 sendok teh vanili bubuk
175 ml air / air kelapa
1/2 sendok teh garam
1/4 butir kelapa setengah tua untuk taburan, kupas bersih kulit arinya dan parut panjang, campur dengan 1/4 sendok teh garam, lalu kukus selama 15 menit.

Cara Membuat :
Campur semua bahan, kecuali kelapa parut..aduk rata. Lalu blender sampai halus, agar adonan lebih lembut, bening ketika matang  dan tidak ada serat2 singkongnya. Tapi jika menyukai sentiling yang masih terasa serat2 singkongnya..ya tidak usah di blender. Bagi adonan menjadi tiga bagian, timbang sama berat,  masing2 beri pewarna merah,  kuning dan hijau. Lalu letakkan bersebelahan di loyang yang sudah di alasi dengan plastik, atau di loyang kecil2 secara terpisah. Ratakan.Kukus selama 30 menit. Lalu potong2 kecil kotak dengan pisau yang di lapisi plastik supaya rapi potongannya dan gulingkan ke kelapa parut. Sajikan . Dinginkan sebentar di kulkas akan lebih enak.

Tips : 
Resep Sentiling di atas hasilnya manisnya pas..cukup menurutku..tapi jika ada yang suka lebih manis, tambahkan jumlah gula  sesuai selera. Atau bisa juga setelah matang di taburi gula pasir  sedikit bersama dengan taburan kelapa parutnya..rasanya juga  tambah enak dan unik.
Untuk membuat jajan pasar dari singkong..pilihlah singkong yang kesat dan tidak pahit. Ciri singkong yang bagus adalah..kulit bagian dalamnya berwarna pink..dan ketika di kupas gampang , kita tinggal kerat sekali kulitnya, lalu kita tarik  kulitnya.


11

Saturday, March 9, 2013

Jajan Pasar Murah Enak dan Murah dari Singkong

Wua.....beberapa hari ini kok kumat malesnya ya..badan semakin berat nich mendekati HPL..jadi belum bisa coba2 resep baru..tapi ngemil masih jalan..hihi..jadi kadang beli jajanan..tapi nggak puas dengan rasanya..ya akhirnya tetep harus nguplek sendiri di dapur. Nah karena lagi ngurangi yang goreng2..bikin  aku lagi suka jajan pasar yang di kukus2 aja dech..dari singkong. Singkong nich murah meriah..tapi kalau kita bisa mengolahnya bisa jadi cemilan yang enak dan sehat juga kok..seperti  resep2 berikut..klepon singkong,  jongkong ala Semarang dan talam singkong. Semuanya menggunakan bahan utama singkong...rasanya enak..tak kalah dengan jajan pasar lain lho..bahan2 nya juga murah meriah..yukk cobain..simak resepnya ya ..sepintas bahan2 nya memang sama ..tapi setelah di olah akan jadi beberapa jajanan yang berbeda dan citarasanya pun beda..jadi tidak akan bosan dech....selamat mencoba..teman2..^_^.....

Klepon Singkong

Bahan-bahan  :

300 gram singkong parut, peras airnya 50 ml
50 ml santan kental instan
1/4 sendok teh garam
2 tetes pewarna hijau muda

Bahan Isi:
50 gram gula merah sisir

Bahan Pelapis:
100 gram kelapa parut kasar
1 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam

Cara Pengolahan :
  1. Campur singkong, santan kental instan dan garam. Aduk rata.
  2. Tambahkan pewarna hijau muda. Aduk rata.
  3. Ambil salah satu adonan. Beri isi. Bentuk bulat.
  4. Letakkan di kukusan yang dialas plastik.
  5. Kukus 20 menit dengan api sedang sampai matang.
  6. Segera gulingkan di parutan kelapa.
Jongkong Semarang

Jongkong Semarang ini biasanya di makan dengan kelapa parut..jadi rasanya tambah istimewa..biasanya di jual di pasar2 dalam bentuk di bungkus daun pisang atau sudah di potong2 kecil2..bareng sama cenil..klepon dan teman2nya..rasanya enak..manis..legit......^_^


Bahan-bahan :

Bahan:
500 gram singkong parut, diperas airnya , diukur 50 ml dan dibuang
1/2 sendok teh garam
50 ml santan dari 1/4 butir kelapa
50 gram gula merah, disisir
daun pisang untuk membungkus

Bahan Taburan:
150 gram kelapa parut muda
1/4 sendok teh garam


Cara membuat:
  1. Campur singkong, garam, dan santan. Aduk rata.
  2. Ambil daun pisang. Beri sejumput gula merah sisir diatasnya.
  3. Tambahkan campuran singkong. Pipihkan. Bungkus seperti kue pisang atau bulat panjang seperti lontong.
  4. Kukus 30 menit dengan pengukus yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang. Potong2 setelah dingin.
  5. Taburan: campur kelapa parut dan garam. Aduk rata. Kukus 15 menit diatas api sedang sampai matang.
  6. Sajikan jongkong dengan bahan taburan.
Talam Singkong Tabur Nangka

Bahan I :

500 gram singkong parut, diperas 50 ml airnya dan buang
1/2 sendok teh garam
150 gram gula pasir
200 ml santan kental
50 ml air daun suji (dari 25 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan atau pasat pandan )

Bahan II :
250 ml santan hangat dari 1/2 butir kelapa
25 gram tepung beras
35 gram tepung sagu
1/4 sendok teh garam
50 gram nangka, potong kecil2


Cara Pengolahan :
  1. Bahan I: remas-remas singkong parut, garam, dan gula pasir. Tambahkan santan dan air daun suji / pasta pandan . Aduk rata.
  2. Tuang di cetakan kue mangkuk sebanyak 2/3 tinggi cetakan yang sudah dioles tipis minyak . Kukus 20 menit sampai setengah matang.
  3. Bahan II: aduk rata tepung beras, tepung sagu, dan garam. Aduk rata. Tambahkan santan hangat sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tabur nangka
  4. Tuang bahan II diatas bahan I.
  5. Kukus 20 menit sampai matang.
9

Google Ad

Visit Our You Tube Channel