Main Menu

Wednesday, June 8, 2016

Soto Kemiri Khas Pati


Tadi seharian bantuin masak di rumah mertua..acara 40 hari meninggalnya Eyang Yodha..jadi nggak masak dech. Ini menu kemaren..Soto Kemiri khas Pati. Sotonya itu unik teman-teman..karena penyajiannya minimalis isinya. Hanya kuah soto bersantan..nasi putih, taoge, sledri dan bawang goreng serta potongan ayam.

Namun yang jadi ciri khas Soto Kemiri ini kalau beli di warung-warung Soto di sana..itu tidak di sajikan dengan sate..tapi ayam goreng dalam bentuk potongan gitu. Jadi manteb lauknya..hihi. Porsi Yodha tuch..potongan ayamnya besar..sampai lupa kasih suwiran ayamnya ketika di foto.

Yang khas dari Soto Kemiri itu penyajiannya. Ketika ada yang beli di mangkuk itu di guyur kuah berulang-ulang..hingga nasi jadi hangat dan kuah terserap ke nasi..baru di guyur lagi kuah...jadi setiap mengguyur kuah di kembalikan ke kuali Soto. Tapi ya agak gimana gitu ya..jika kuah guyuran kembali ke kuali kuah soto..hihi. Jika yang terakhir makan kan sudah berkurang bumbunya..hahah.

Oke dech jika  belum mencicipi langsung ke Pati..buat sendiri aja yuk teman-teman..enak untuk buka puasa..Soto dengan bumbu utama kemiri dan santan ini. Selamat mencoba ya..


Soto Kemiri

Bahan :
1 ekor ayam kampung atau pejantan
500 ml santan kental
3 lembar daun jeruk
1 batang daun seledri
1 batang serai.
3 lembar daun salam.

50 gram taoge rendam dengan air panas
Bawang goreng untuk taburan.

Jeruk nipis secukupnya
Sambal rawit dan kecap secukupnya

Bumbu halus :

6 butir kemiri yang telah disangrai.
5 siung bawang merah.
3 siung bawang putih.
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1/2 sendok teh Jintan
1 sendok teh merica butiran 

1 sendok teh kaldu ayam
Garam secukupnya
2 sendok teh gula pasir ( secukupnya )


Cara membuat :
Rebus ayam dengan api kecil bersama 1000 ml hingga keluar kaldu bening
Angkat ayam dan masak dengan bumbu seperti membuat ayam goreng gurih biasa, sisakan sepotong untuk suwiran sotonya
Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng di tempat yang terpisah, setelah harum masukkan ke dalam kaldu rebusan ayam.
Tambahkan santan dan semua bumbu lain

mask dengan api kecil hingga  bumbu meresap dan koreksi rasa hingga pas rasanya
Sajikan kuah soto di dalam mangkok dan taburi bawang goreng dan cincangan sledri serta ayam goreng gurih. Sajikan bersama jeruk nipis, sambal dan kecap jika suka.



2 comments:

  1. Itu tekniknya sama dengan penyajian masakan korea mba. Nasi sup ala korea atau biasa disebut Gukbap.

    Nama tekniknya: to-rhyum. Dimana nasi yang dingin disiram kuah panas, ditiriskan dan diulang2 kembali sampai beberapa kali. Tujuannya agar kuah sup meresap ke dalam nasi hingga membuatnya bertambah lezat dan membuatnya tidak terlalu panas ketika disantap.

    Ini info aku dapet hasil nonton drakor Lets Eat 1 episode terakhir, hehehe...
    Pas baca ini, langsung ingat sama episode itu. Duh jadi pingin icip nih soto kemiri khas pati nya. Nampak sangat menggiurkan :)

    Btw, salam kenal ya mba, aku follower blognya mba. Blog nya selalu sukses bikin aku ngiler ^_^

    ReplyDelete
  2. Wahh kemarin aku bikin soto kaya gini tapi ga bersantan, hahaha kirain soto yg kemarin aku buat resep asal2an ternyata ada versi aslinya hehhe

    ReplyDelete